Gunung Sumbing (3.371Mdpl) Gunung Kembar Jawa Tengah – Gunung Sumbing adalah salah satu gunung api yang ada di pulau jawa, tepatnya ada di Jawa Tengah, Indonesia. Ketinggian Gunung Sumbing ini adalah 3.371Mdpl,

Gunung Sumbing merupakan Gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, Seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai “Kledung Pass”.

sumbing

Baca Juga : Fakta dan Mitos Gunung Andong

Tidak diketahui pasti kapan Gunung Sumbing meletus, tetapi di puncaknya terdapat kawah yang masih aktif.

Keistimewaan Gunung Sumbing

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah kereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian.

gunung-sumbing

img_20110926235040_4e80ad60e5330

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung adalah jalur pendakian paling favorit bagi para pendaki. Garung adalah sebuah nama desa di kaki gunung Sumbing bagian utara. Dekat dengan desa Garung tersebut atau berseberangan, para pendaki bisa menemui basecamp untuk pendakian gunung Sindoro.

Letak gunung Sumbing dan gunung Sindoro saling berhadapan. Banyak disebut oleh masyarakat bahwa gunung Sumbing-Sindoro adalah gunung kembar layaknya gunung Merapi-Merbabu. Tinggi yang tidak jauh berbeda, dan juga kondisi alam gunung yang juga hampir sama. Namun bagi para pendaki yang sudah naik dua-duanya mereka lebih bilang kalau gunung. Sumbing treknya lebih berat ketimbang gunung Sindoro. Tapi kedua-duanya sama-sama indah sekali pemandangannya.

Baca juga : Gunung Prau Spot Sunrise Terbaik di Asia Tenggara

Notulen :

Nama                   : Gunung Sumbing

Ketinggian         : 3.371 Mdpl

Lokasi                  : Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Status Gunung  : Masih Aktif

Waktu Tempuh : Kurang Lebih 4 – 7 jam

Gunung Tertinggi ke 3 di Pulau Jawa

Iklan

5 komentar

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s