Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

 

Kebanyakan pembaca pasti sudah tau apa itu Mahasiswa, Mahasiswa itu sendiri menurut yang saya cari dari mbah Google adalah sebagai berikut :

apa itu mahasiswa.jpg
Gambar 1

Seperti yang dijelaskan pada Gambar 1, bahwa Mahasiswa itu adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut, atau akademi. Ya gampangannya Mahasiswa itu pelajar, pelajar yang sudah menempuh pendidikan SMA/SMK/Sederajat dan kemudian meneruskan pendidikan lagi ke jenjang perguruan tinggi.

Nah bicara mengenai Mahasiswa, Mahasiswa juga punya penyakit yang ditakuti. Yaelah drul, namanya juga manusia!, iya sih..

Tapi berikut ini adalah penyakit – penyakit yang ditakuti Mahasiswa :

 

1. Lupa

pelupa

Setiap manusia/orang, laki-laki/perempuan, ataupun orang kaya/orang miskin. Pasti pernah mengalami Lupa, tak lain halnya dengan Mahasiswa, Mahasiswa pun juga pasti pernah mengalami Lupa, apalagi yang Lupa Mendadak itu penyakit yang paling ditakuti Mahasiswa. Lha kok bisa? lah secara pas mau presentasi yang awalnya tadi ingat-ingat aja tentang teori presentasinya sendiri, setelah maju malah Mendadak Lupa.

Mendadak Lupa buat tugaslah, padahal H-1 masih ingat kalau besok ada tugas yang harus dikumpulin. Apalagi pas waktu ujian, Wahhh bahaya! Belum lagi pas sidang, di depan Dosen Killer pula! Kelar uripmu mas-mas, :’D

tips-presentasi depan kelas-rasa takut-sukses presentasi-belajar ke luar negeri- kuliah di luar negeri.jpg

Saya sendiri sebagai Mahasiswa juga sering, iya sering, sering mengalami Lupa, baru-baru ini saya juga mengalaminya.

Jadi, begini ceritanya :

Alkisah, waktu itu saya ada jam kuliah pukul 12.30, dari kos dengan cuaca grimis-grimis manis nan romantis pakai motor, nah mengingat saat itu sedang grimis, karena ruang kuliah saya berada di Gedung depan (Gedung H), saya memarkirkan motor saya di Gedung D saja toh juga karena ada atap teduhnya biar motor gak kehujanan, karena waktu itu saya udah terlambat, saya terburu-buru buka jaket dan masukin jaket ke jok motor, habis itu saya asal main lari aja ke Gedung H di lantai 4. Di tengah perkuliahan, seperti biasa kalau saya sedang bosan dengan perkuliahan, pasti iseng raba-raba kantong celana, nah disitu saya mulai panik tuh kunci motor saya kok gak ada di dalam kantong celana saya.

trouser-pockets-1439412__180

Padahal saya terbiasa kalau naruh kunci motor ya di kantong celana, dalam hati saya bilang “ah palingan di tas“, daripada penasaran langsung tuh saya geledah tas saya, barang udah saya keluarin satu per satu sambil saya goyang-goyang pula gak nemuin tuh kunci, gak kedengaran pula tuh kunci.

IMG_1573.JPG
Kunci Ketinggalan di Motor

Ah ya sudah berarti ketinggalan di motor waktu tadi, mampus lah mengingat hari itu mau pulang kampung pula. Mau keluar cek dimotor eh pas kuliahnya Pak Kaprogdi pula. Ya udah nunggu kuliah selesai sambil cemas-cemas panik dah.

cemas

Alhamdulillah kuliah udah kelar, langsung tuh saya lari ke parkir Gedung belakang (Gedung D), sambil jalan lewat pos penjagaan parkir, eh liat kunci kok perasaan gak asing sama tuh kunci, ya udah saya nanya langsung aja ke penjaganya, gak usah liat ke motor dulu, “Mas, tadi nemuin kunci motor Voria gak? kuncinya kayak mobil mas (sambil songong dikitlah)” soal malu belakangan coi :3

Terus penjaganya bilang “Coba cek di meja mas, ini mas, yang mana kuncinya? (sambil nunjukin semua kunci yang ditemuin penjaganya)

Lalu saya jawab “Nah yang ini mas” saya ingat betul kalau kunci motor saya ya ada kunci rumah sama kunci kos.

Penjaga bilang “Bawa STNKnya gak mas?

Lalu saya jawab “Bawa mas, ini STNKnya mas

Penjaganya lalu bilang “Yaudah tulis nama, nim, nama motor, nomor plat motor, sama tanda tangan disini” (sambil nunjukin buku data parkiran dan ngecek STNK saya)

Saya “Udah mas

Penjaga “Iya udah ini kunci motornya

Saya “Makasih mas

IMG_1567.JPG
Penjagaan Parkir

Buahaha alhamdulillah lega, kapok saya ngulangin lagi, meskipun itu kejadian yang kesekian kalinya. Untungnya lagi, saya kuliah di kampus unggulan di Semarang, jadi dengan model parkiran kayak gitu, aman motor saya. Ramah pula penjaga parkirannya, sangat bersahabat dengan mahasiswa.

 

2. Nervous/Grogi

presentation-nerves-1 (1).jpg

Sama seperti halnya Lupa, perasaan Grogi juga pernah dialami hampir setiap orang, tak berbeda juga dengan Mahasiswa. Bahkan perasaan Grogi pasti pernah dialami oleh sebagian besar Mahasiswa, tak terkecuali laki-laki yang notabenenya manusia dengan mental terbaik dibandingkan dengan perempuan.

Grogi saat melakukan presentasi di depan dosen, disuruh maju dosen ke depan saat kuliah, saat nunggu antrian sidang, apalagi Grogi waktu sidang dengan 5 penguji bisa membuat harga diri, point nilai, dan citra Mahasiswa menurun dan bahkan memburuk di depan Mahasiswa yang lainnya termasuk dosen/penguji.

Melamar-kerja.jpg
Grogi saat nunggu antrian sidang

Saya sendiri juga sering mengalaminya. “Terus solusinya drul?” kalau saya sendiri sih, saya bikin asik aja kalau disuruh maju ke depan dosen atau presentasi, saya bayangkan dosen itu teman saya sendiri, cuman tetap sopan. Apalagi saya kuliah di kampus berbasis teknologi dan kewirausahaan coi. Gak cuman di peruntukkan untuk bisa membuat sistem/program saja, tetapi juga harus terbiasa berbicara di depan orang banyak dan orang-orang petinggi/penting.

BusinessPresentation

Jadi, harus bisa mengontrol rasa Grogi, supaya presentasi di depan audience bisa lancar, dan usaha saya nantinya bisa lancar, gak cuman bisa sistem dan program saja tetapi juga soft skillnya harus bisa di olah dengan baik, biar seimbang, dan sukses, Aamiin.

 

3. Malas

ilustrasi-pemalas-630x355.jpg

Ya mungkin ini lebih kedalam kebiasaan ya, tapi inilah yang sering dialami Mahasiswa. Apalagi anak kos, godaan malas belajar, malas ngerjain tugas, malas berangkat kuliah cuman minta titip absen (TA). Nanti bisa bahaya, bisa-bisa tugas bisa numpuk malah kamu sendiri yang jadi stress.

sleep-learning.jpg

Saya sendiri juga pernah mengalami rasa malas, dan meminta teman saya buat tanda tanganin absensi saya “eh dosen saya baca artikel saya ini di blog gak ya?” kalau ketahuan gak bisa ikut UTS nanti nih, ahaha (adegan ini bukan untuk ditiru oleh Mahasiswa lainnya).

“Lalu solusinya drul?” Solusinya ya rubah pola kebiasaan yang membuat malas itu datang coi, misal : biasakan menghargai waktu, jangan ditunda-tunda kalau ada aktivitas kuliah/aktivitas positif lainnya, kalau masih ngantuk ya segera mandi biar gak ngantuk lagi.

Belajar-Lebih-Menghargai-Waktu.jpg

Terus kalau masih belum bisa drul?” ya satu-satunya jalan berarti kamu bayangin tuh dikampus ada gebetan yang ngebet ketemu kamu, dah itu aja insyaallah gak lah yang namanya malas.

Rahasia-Kecantikan-Muslimah.jpg
Subhanallah, andai gebetan bisa dipilih kayak milih image di Google ^-^ WARNING, gambar ini hanya diperuntukkan untuk kaum adam 

 

3.  Sakit Gigi

i-experience-toothache-and-its-really-painful-what-to-do.jpg

“Lah ini mah penyakit beneran drul!” ya emang penyakit beneran coi, Mahasiswa juga males, kalau sedang mengalami penyakit yang satu ini. Gimana enggak? orang ini penyakit paling gak bikin nyaman. Dibuat makan, minum gak nyamanlah, belum lagi pas hari-H maju presentasi tugas, wah kacau dah! apalagi pas hari-H sidang skripsi, wah amit-amit dah, naudzubillah. 

Mosok iya bilang sama ke 5 penguji pas hari-H sidang “maaf pak, saya hari ini tidak bisa sidang, dikarenakan saya sedang sakit gigi” padahal hari H-1 sudah siap untuk sidang, iya kali kalau ke-5 pengujimu saudara kamu semua, lah kalau dosen paling killermu? kelar sudah :’)

 

4. Batuk + Pilek

CoughCold-page.png

Nah ini nih penyakit paling ditakuti mahasiswa setelah Lupa. Gimana enggak, lha secara penyakit yang satu ini bikin malu Mahasiswa coi, bayangkan saja ketika kamu sedang mengalami penyakit yang satu ini dan kamu sebenarnya gak mau berangkat dan memaksakan berangkat karena berhubungan hari itu kamu maju presentasi di mata kuliahnya dosen ter-killer ya sudah, pas! maju di depan diliatin banyak temanmu dan kamu satu-satunya anak yang lagi terkena penyakit ini,  atau kamu maju presentasi sendiri.

Udah batuk, pilek pula dan kamu lagi menjelaskan materi yang ada di presentasimu sambil batuk-batuk nahan ingusmu keluar, ya itu kalau ingusmu gak keluar, ya kalau keluar? malu seumur iduplah !

1458348_1437670791.jpg

Pernah dulu saya satu kelas punya teman tuh, dia disuruh maju kedepan membaca dengan menghadap ke teman-teman saya yang lain, nah di tengah-tengah dia membaca, gak ada hujan gak ada pesawat lewat eh dia batuk terus ingusnya keluar noh sampai kena buku yang dia baca, iuhhh sampai sekarangpun saya masih ingat, gimana kagak malu coba??.

 

Nah itulah opini saya, mengenai penyakit yang ditakuti para Mahasiswa. Dan buat calon Mahasiswa, persiapkan diri kamu dari sekarang, dan berusahalah terhindar dari penyakit-penyakit diatas, Menakutkan bukan?

 

Terimakasih atas perhatiannya, Wassalammu’alaikum warahmatullah wabaraktuh.

banner-lomba-blog-udinus-2017
Artikel ini diikut sertakan dalam blog competition yang di persembahkan oleh Universitas Dian Nuswantoro 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s