Menikmati Sunset di Kebun Buah Mangunan
Menikmati Sunset di Kebun Buah Mangunan

Menikmati Indahnya Sunset Di Kebun Buah Imogiri Mangunan, Kabupaten Bantul – Kebun Buah Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan dibangun oleh Pemerintah Bantul pada Tahun 2003 diatas tanah seluas 23,3415 Hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut.

Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan
Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan

Singkat cerita waktu itu saya ketika berlibur ke Jogja selama 1 hari dari Kota Semarang, saya nekat melakukan liburan ke Jogja selama 1 hari menggunakan motor dengan pasangan saya. Waktu itu adalah pertama kali kami berlibur ke Jogja menggunakan motor dan belum punya pengalaman akan jalan menuju Jogja. Sesampainya di Kota Jogja kami bingung mau kemana dulu nih, ntah kenapa kami langsung saja menuju kearah baratdaya Kota Jogja setengah perjalanan kami baru menyadari bahwa jalan yang kami tuju ini adalah jalan ke arah KulonProgo yang memang lokasi dari Wisata Kalibiru yang sedang populer, yasudah malah beneran ini mah, langsung saja kami menuju ke Wisata Kalibiru dulu saja, yang bisa kamu baca di tulisan saya :

Baca juga: Explore Jogja: Menjelajahi Ke-Istimewaan Wisata Alam Kalibiru Di Kulon Progo

Kemudian kami melanjutkan petualangan menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Parangtritis, Bantul. Namun, sudah 80% perjalanan menuju ke Gumuk Pasir, pasangan saya berubah pikiran dan menyuruh saya untuk tidak menuju ke Gumuk Pasir, entah karena alasan apa. Akhirnya pun kami menuju ke Kawasan Wisata Mangunan Dlingo, Bantul saja yang dekat dengan posisi kami terakhir. Di Kawasan Mangunan Dlingo, Bantul ini memang terdapat beberapa tempat/lokasi/spot untuk berfoto yang memang masih sangat populer. Waktu itu yang kami tuju pertama kali di Kawasan Mangunan Dlingo adalah Hutan Pinus Mangunan, yang bisa kamu baca di tulisan saya:

Baca juga: Hutan Pinus Mangunan Memang Istimewa

Kemudian sehabisnya kami dari Hutan Pinus Mangunan kami menuju ke lokasi berikutnya yakni Kebun Buah Mangunan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Hutan Pinus Mangunan.

Lalu Apa Saja Keistimewaan Kebun Buah Mangunan, Dlingo ?

Berikut adalah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Kebun Buah Mangunan

1. Lokasi Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan
Lokasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kebun Buah Mangunan merupakan Kebun Buah yang berdiri diatas tanah seluas 23,3415 Hektar pada ketinggian 150-200 mdpl yang dibangun oleh Pemerintah Bantul Pada Tahun 2003.  Oleh sebab itu Kebun Buah Mangunan memiliki udara yang sejuk serta bisa milihat pemandangan pegunungan sewu yang dibalut dengan awan.

2. Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan

Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan
Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan

Di Puncak Kebun Buah Mangunan (Gardu Pandang) kami bisa melihat pemandangan yang sangat indah, yakni pegunungan sewu dengan sungainya yang eksotis. Namun sayangnya kami tidak bisa melihat Sunset yang kami harapkan, karena di Puncak Kebun Buah Mangunan saat itu cuaca sedang mendung. Dan memang Puncak Kebun Buah Mangunan (Gardu Pandang) lebih pas untuk melihat Sunrise (Matahari Terbit) karena kalau pengunjung beruntung akan mendapatkan pemandangan Pegunungan Sewu yang diselimuti awan dengan Matahari Terbit.

Kami pun tidak mendapatkan Sunset (Matahari Tenggelam) dari Kebun Buah Mangunan, loh photo yang diatas itu apa? yah itu udah saya edit, aslinya sih begini :

Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan
Pemandangan di Puncak Kebun Buah Mangunan

Saran saja kalau mau ke Kebun Buah Mangunan perkirakan cuaca terlebih dahulu dan datang pagi hari untuk bisa melihat pemandangan yang istimewa dari Kebun Buah Mangunan.

3. Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan buka Setiap Hari pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Baca juga: Wisata Malam Jogja

4. Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan sangat terjangkau yakni sebesar Rp 5.000/orang* sebagai tiket retribusi saja, untuk parkir gratis. Murah bukan berwisata ke Kebun Buah Mangunan?

*Harga tiket per Febuari 2017

5. Fasilitas Yang Ada Di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas Kebun Buah Mangunan
Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan selain menyuguhkan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohon seperti Pohon Durian, Pohon Jambu Air, Pohon Jeruk, Pohon Mangga, 40 Ekor Sapi, dan Aneka tanaman dan buah-buah lainnya, juga menyediakan fasilitas bermain seperti Ruang pertemuan, Flying Fox, Jembatan Goyang, Bumi Perkemahan, Penginapan, dll.

Di Kebun Buah Mangunan kita bisa melihat proses pembibitan sapi, yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman dan pohon yang ada disana. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan untuk memetik buah yang ada di Kebun Buah Mangunan.

Itulah 5 Keistimewaan dari Kebun Buah Mangunan versi Badrul Muhammad yang kami dapatkan sewaktu mengunjungi Kebun Buah Mangunan pada Febuari 2017 lalu.

Catatan Tentang Kebun Buah Mangunan:
Nama Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan
Lokasi Desa Mangunan. Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta
Jam Buka Kebun Buah Mangunan Setiap Hari Pukul 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk Rp 5.000/orang
Harga Tiket Parkir Gratis
Ketinggian Tempat Wisata 150-200 mdpl
Luas Tempat Wisata 23,3415 Hektar

Sekian artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Menikmati Indahnya Sunset Dari Puncak Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan, Kabupaten Bantul semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga:

Iklan

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s