Tempat Wisata di Jogja
Tempat Wisata di Jogja

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi – Jogja merupakan sebuah provinsi yang menyimpan sejuta tempat wisata yang indah dan bersejarah. Jogja sendiri adalah salah satu provinsi tujuan destinasi wisata favorit wisatawan Mancanegara maupun wisatawan Indonesia selain Lombok dan Bali. Alasannya cukup simpel, yakni Tempat Wisata di Jogja yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat wisata lain di Indonesia. Baik itu Kulinernya, Sejarahnya, Budayanya, dan Alamnya, Jogja punya semua hal tersebut.

Berikut Adalah Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Tempat Wisata di Jogja : Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata Di Jogja : Hutan Pinus Mangunan
Tempat Wisata Di Jogja : Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Merupakan Tempat Wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Jogja. Berlokasi di Kawasan Wisata Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang menjulang tinggi nan banyak yang indah. Hutan Pinus Mangunan populer pada tahun 2016, banyak netizen atau anak ABG yang berfoto di Hutan Pinus Mangunan lalu mengunggahnya ke media sosial mereka, sehingga Hutan Pinus Mangunan hingga sekarang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Biaya tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni sebesar Rp 2.000 per spot kamu bisa menikmati sepuasnya suasana Hutan Pinus Mangunan yang asri dan tenang.

2. Tempat Wisata di Jogja : Kebun Buah Mangunan

Tempat Wisata di Jogja : Kebun Buah Mangunan
Tempat Wisata di Jogja : Kebun Buah Mangunan

Selanjutnya masih di kawasan yang sama yakni Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja Terdapat Tempat Wisata yang tak kalah menarik dengan Hutan Pinus Mangunan, yakni Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan merupakan Kebun Buah yang sama seperti pada umumnya kebun buah, namun yang membedakannya disini adalah Kebun Buah Mangunan ini dibangun diatas tanah seluas 23,3145 Hektar di ketinggian 150-200 mdpl. Nah yang lebih istimewanya lagi dari Kebun Buah Mangunan ini terdapat Puncak atau Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan, yang menyuguhkan pemandangan Pegunungan Sewu dengan sungai yang melekuk-lekuk nan eksotis. Saran saya datanglah pagi hari, untuk melihat Sunrise dari Puncak Kebun Buah Mangunan, karena jika kamu beruntung, kamu akan bisa melihat pemandangan Pegunungan Sewu yang diselimuti Awan, seperti halnya Negeri di Atas Awan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah sana. Harga Tiket masuknya pun terbilang sangat terjangkau, yakni sebesar Rp 5.000/orang sudah termasuk parkir.

3. Tempat Wisata di Jogja : Wisata Alam Kalibiru

Tempat Wisata di Jogja : Wisata Alam Kalibiru
Tempat Wisata di Jogja : Wisata Alam Kalibiru

Beralih ke Kabupaten Kulon Progo, tempat wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam bisa kita temui di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata yang satu ini dinamakan Wisata Alam Kalibiru, berjarak sekitar 37-40 km dari pusat Kota Jogja. Wisata Alam Kalibiru menawarkan pemandangan Waduk Sermo yang indah dari ketinggian 450 mdpl. Jika kamu tidak membawa kamera yang bagus, kamu bisa menyewa jasa fotografer dengan harga Rp 5.000/foto minimal ambil 5 foto/orang, jadi kamu akan difoto sebanyak mungkin oleh fotografer dan kemudian kamu bisa memilih foto terbaik versimu sendiri.

Baca selengkapnya mengenai Jasa Fotografer di Wisata Alam Kalibiru di :

Biaya masuk Kalibiru sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tempat wisata yang telah saya sebutkan diatas namun tetap terjangkau, ada beberapa loket pembayaran yang akan kamu temui, diantaranya adalah loket Waduk Sermo yang dikenakan sebesar Rp 5.000/orang, kemudian sesampainya di lokasi Kawasan Wisata Alam Kalibiru kamu akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Selanjutnya kamu akan dikenakan biaya tiket masuk Wisata Alam Kalibiru sebesar Rp 5.000/orang.

Didalam Wisata Alam Kalibiru terdapat beberapa spot untuk berfoto atau mengabadikan momen mengunjungi Tempat Wisata di Jogja, Harga per spot foto berbeda-beda yang bisa kamu baca di :

4. Tempat Wisata di Jogja : Taman Tebing Breksi

Tempat Wisata di Jogja : Taman Tebing Breksi
Tempat Wisata di Jogja : Taman Tebing Breksi

Terletak di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogja, Tempat Wisata di Jogja yang satu ini bernuansa Seni, kita tahu sendiri, selain budaya, kuliner, masayarakat Jogja juga pandai dalam hal kesenian. Taman Breksi ini merupakan Tambang Batu Breksi, ketika dilakukan sebuah penelitian, ternyata Tebing Breksi tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul  dan tebing tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi. Oleh sebab itu, pemerintah mulai mengelola tempat tambang batu breksi tersebut menjadi sebuah tempat wisata Tebing Breksi yang nantinya akan di sulap menjadi sebuah Taman Tebing Breksi. Ukiran Tebing Breksi inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Tempat Wisata di Jogja yang satu ini. Tidak ada tarif khusus yang harus dibayarkan, pengunjung hanya dikenakan biaya penitipan kendaraan Sebesar Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Paling Asyik

5. Tempat Wisata di Jogja : Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat Wisata di Jogja : Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Tempat Wisata di Jogja : Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat Wisata di Jogja yang satu ini bernuansa sejarah dan budaya, yakni Keraton Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Terletak di jantung provinsi Jogja (DIY), Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini memiliki nuansa budaya Jawa yang masih kental. Tiket masuk ke Keraton Jogja sangat terjangkau, hanya menyisihkan uang sekitar Rp. 10.000,- bisa menikmati hampir semua lingkungan istana yang berdiri megah dan indah. Petualang di haruskan untuk tidak memakai topi atau kaca mata bila masuk ke lingkungan keraton, bukan apa-apa hanya untuk menghormati kebudayaan jawa. Jam berkunjung ke Keraton untuk hari Ahad dan hari lainnya di batasi dari pukul 07:00 WIB – 12:00 WIB. Silahkan untuk datang ke Keraton Jogja sekitar pukul 09:00 WIB, karena ada pementasan tari khas jawa seperti Serimpi yang dilakukan secara apik dan menajubkan.

6. Tempat Wisata di Jogja : Kawasan Malioboro

Tempat Wisata di Jogja : Kawasan Malioboro
Tempat Wisata di Jogja : Kawasan Malioboro

Ke Jogja tak lengkap rasanya bila tidak membeli oleh-oleh. Nah, Tempat Wisata di Jogja yang satu ini mungkin tak asing lagi ditelinga wisatawan asal Indonesia, dikenal dengan sebutan Jalan Malioboro, disini kamu bisa berbelanja oleh-oleh sesuai yang kamu butuhkan, karena disini adalah pusat belanja oleh-oleh khas Jogja terlengkap. Terletak di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Tempat Wisata di Jogja yang satu ini adalah pelengkap liburanmu di Jogja.

Jadi, Kapan Kamu Akan Mengunjungi Tempat Wisata di Jogja ?

Itulah 6 Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Versi BadrulMuhammad Blog. Jika kamu punya rekomendasi Tempat Wisata di Jogja lainnya, kamu bisa tulis di kolom komentar, dan tentunya jangan lupa Berlangganan, supaya tidak ketinggalan Tempat Wisata yang ada di daerah lain.

Advertisements
Iklan

15 comments

  1. Ping-balik: Tempat Wisata Di Singapura : Tempatwisata.biz.id Terkenal – Badrul Muhammad
  2. Ping-balik: Tempat Wisata Di Singapura : Tempatwisata.biz.id Terpopuler – Badrul Muhammad
  3. Ping-balik: Tempat Wisata Di Singapura : Tempatwisata.biz.id Terkenal – Badrul Muhammad
  4. Ping-balik: Tempat Wisata Di Singapura : TempatWisata.biz.id Terbaik – Badrul Muhammad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.