Pada tanggal 8 Febuari 2017 tepatnya pada hari Rabu, saya dengan pacar saya berlibur ke Jogja dengan menggunakan sepeda motor dari Kota Semarang. Sebenarnya rencana liburan ke Jogja itu sudah direncanakan dari tahun 2016, tapi baru bisa kesampaian pada awal tahun 2017. Maklumlah ya mahasiswa udah semester tua banyak tugas, belum lagi karena 3 faktor utama, yaitu : waktu, cuaca dan keuangan.3 faktor penghambat liburanmu badrulmozila.png

Yang jelas, saya tidak menginginkan jika liburan saya itu nanti zonk alias sia-sia dan hanya menghabiskan uang saja.

Nah, sebelum hari H atau H-1 kami pun bagi-bagi tugas dalam menyiapkan kebutuhan yang akan dibawa ke Jogja nanti, terutama kamera. Saat itu kami masih menggunakan jasa sewa kamera, bagi kami kamera adalah barang wajib yang harus dibawa kalau sedang jalan-jalan, apalagi jalan-jalan keluar daerah. Nah ini sedikit saran dari saya, ketika kamu akan berlibur dengan pasanganmu alangkah baiknya kamu dan pasanganmu bagi-bagi tugas dalam hal persiapan barang, transportasi, maupun kebutuhan yang lainnya. Saat itu saya tugaskan diri saya sendiri untuk menyiapkan kebutuhan dibagian transportasi (menyiapkan dan mengecek kondisi motor) dan bagian yang menyiapkan kamera.5 barang wajib dibawa liburan badrulmozila.png

Sedikit cerita mengenai sewa kamera, nah saat itu saya sudah janjian sama pemiliki jasa sewa kameranya bahwa nanti malam kameranya mau saya ambil, eh pas malamnya malah hujan deras, yah terpaksa kameranya diambil pas hari H.

Padahal rencana awal mau berangkat ke Jogja dari Semarang sehabis shubuh atau sekitar pukul 4 pagi, eh terpaksa molor sedikit buat ambil kameranya. Tapi tidak apa-apalah ya, yang penting bisa liburan untuk refreshing, setelah banyaknya tugas kuliah.

infografis semarang - jogja

Pukul 6 Pagi, Kami berangkat dari Kota Semarang menggunakan sepeda motor dan menempuh jarak sekitar 123 km untuk sampai di Jogja.

Pukul 12 Siang, kami sampai di Kota Jogja, berbeda dengan prediksi di Google Maps yang hanya menempuh 3 jam perjalanan saja. Mungkin karena kami juga sempat berhenti mengisi bahan bakar dan juga sempat berhenti menggunakan jas hujan sewaktu kami melintasi daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, karena hujan ringan. Kami bingung mau ke tempat wisata yang mana dulu, jujur saat itu kami baru pertama kali liburan ke Jogja dengan menggunakan sepeda motor. Kami saat sedang Hujan, Harapan dan Keberkahan selalu kami panjatkan, supaya liburannya lancar. Setelah berhenti dan berundingan sebentar, kami memutuskan untuk ke Wisata Alam Kalibiru dulu, mumpung masih siang. Sayangnya lagi kami belum mengetahui lokasi dari Wisata Alam Kalibiru, yasudah berhenti lagi deh, nah disinilah manfaat dari Smartphone + kuota, langsung tuh buka maps, dan ternyata Wisata Alam Kalibiru berada di Kabupaten Kulon Progo dan lokasi kami saat itu berada di Kota Jogja. Wah jarak tempuh kesana pun cukup jauh yakni sekitar 38 km.

Baca Juga : Wisata Alam Kalibiru

Jalan akses menuju Wisata Alam Kalibiru sangat mudah karena ada petunjuk jalan yang jelas dan akurat. Kondisi jalanannya pun sangat baik, bahkan bisa dilalui oleh kendaraan mobil, tapi saya sarankan kalau mau bawa mobil ke Wisata Alam Kalibiru, sebaiknya kamu sudah mahir menggunakannya, karena jalan yang menanjak dan curam. Untuk menuju ke Wisata Alam Kalibiru, kami harus membayar tiket masuk di beberapa titik seperti di kawasan Waduk Sermo diwajibkan membayar Rp 5.000/orang. Seperti yang sudah saya bilang, untuk menuju Wisata Alam Kalibiru, kami harus melewati jalanan yang menanjak, karena Wisata Alam Kalibiru ini terletak di ketinggian 450 mdpl. Beruntungnya kami kesini hari rabu atau hari kerja jadi ya cukup sepi, kalau weekend beh.. bakal macet dah.indahnya bumi indonesia

Sesampainya di lokasi Wisata Alam Kalibiru kami harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar biaya parkir motor sebesar Rp 2.000, untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp 5.000, dan biaya masuk objek Wisata Alam Kalibiru sebesar Rp 5.000/orang sangat terjangkau lah ya. Tapi bagi kami pengeluaran uang tersebut tidak sia-sia, karena kami bisa menikmati keindahan hamparan pepohonan Kulon Progo yang lebat dengan pemandangan Waduk Sermo yang sangat eksotis, alhamdulillah sesuai dengan ekspektasi.

Nah untuk mengabadikan momen di Wisata Alam Kalibiru, tersedia Spot foto Wisata Alam Kalibiru untuk narsis, tapi yang jelas dikenakan biaya yang berbeda setiap spot fotonya. Dan sedihnya, untuk berfoto di spot-spot panggung di Kawasan Wisata Alam Kalibiru harus antri setidaknya 30 menit (itu hari rabu loh), bahkan bisa sampai berjam-jam untuk bergantian berfoto.

Tapi untungnya bisa sambil makan, jajan dulu disekitar spot foto. Banyak warung-warung disekitar yang menjual makan ringan di Wisata Alam Kalibiru. Di Wisata Alam Kalibiru juga terdapat Mushola, dan kalian bisa menyewa penginapan di Wisata Alam Kalibiru. Ada Tahu Bulat juga oi!! enak-enak enyoiii haha

Jenis Biaya Harga
Tiket Masuk Waduk Sermo Rp 5.000/orang
Tiket Masuk Kawasan Kalibiru Rp 5.000/orang
Parkir Motor Rp 2.000/motor
Parkir Mobil Rp 5.000/mobil
Spot Foto Kalibiru 1 Rp 15.000/orang
Spot Foto Kalibiru 2 Rp 10.000/orang
Spot Foto Kalibiru 3 Rp 10.000/orang
Spot Foto Panggung Kalibiru Rp 15.000/orang
Spot Foto Bundar Kalibiru Rp 15.000/orang
Spot Foto High Rope Game Kalibiru Rp 35.000/orang
Jasa Fotografer Rp 5.000/foto, 1 orang min ambil 4 foto
Makanan Rp 1.000 – Rp 10.000

Setelah lama menunggu antrian, akhirnya giliran kami untuk narsis. Kami diberi waktu sekitar maksimal 15 menit untuk berfoto, jadi saat itu kami memilih spot foto 2 yang dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000/orang. Nah untuk foto, kami memilih jasa fotografer, jadi untuk biaya sewa fotografer ini sistemnya nanti fotografer akan memfoto sebanyak mungkin yang kita inginkan, dan nanti kamu bisa memilih dilaptop yang telah disediakan dan mengambil foto minimal 5 foto dengan biaya Rp 5.000/foto. cukup terjangkaulah ya.

Pukul 2 Siang, kami pun bergegas untuk sholat dan langsung menuju tempat wisata di Jogja yang selanjutnya. Awalnya pacar saya ingin ke Gumuk Pasir Kabupaten Bantul, tapi hampir sampai di lokasi pacar saya mengurungkan niatnya, ya sudah akhirnya kami pun memutuskan untuk ke Kawasan Wisata Mangunan. Kami sebelumnya mengetahui kawasan wisata ini dari sosial media dan penasaran.indahnya bumi indonesia hutan pinus mangunan.png

Awalnya saya mengira Hutan Pinus di Mangunan ini adalah hutan pinus biasa yang sama dengan hutan pinus lainnya yang pernah saya kunjungi. Ternyata sampai di lokasi saya pun tercengang dengan pemandangan hutan pinus yang ada di kawasan wisata ini.

Sangat berbeda dengan hutan pinus yang pernah saya kunjungi, dan berbeda sekali pemandangan yang saya lihat secara langsung saat itu dengan yang saya lihat di sosial media sebelumnya. Saya seperti semut diantara pohon pinus itu. Subhanallah, indah sekali bro/sist, enak buat relaxasi, cocok nih buat kalian yang lagi mumet, banyak pikiran mikirin tugas kuliah, kantor, ya disini tempatnya buat nenangin.

Baca Juga : Hutan Pinus Mangunan

Di kawasan hutan pinus mangunan ini terdapat beberapa spot foto yang tentunya bagus untuk dibuat dokumentasi, apalagi buat foto prewed, harga masuknya pun terbilang sangat terjangkau menurut saya, kita hanya cukup membayar parkir dan tiket masuk spot foto. Tiket parkirnya cuman Rp 2.000/motor dan Rp 10.000/mobil. Kemudian untuk masuk ke spot-spot foto tertentu bayar lagi, sebesar Rp 2.000/orang terjangkau bangetlah ini. Di tempat wisata yang satu ini juga sudah terdapat mushola dan fasilitas lainnya yang bersih, termasuk airnya bersih dan seger banget dah.

Pukul 4 Sore, kami pun langsung melanjutkan ke tempat wisata yang terkahir, yaitu Kebun Buah Mangunan yang jaraknya tak jauh dari tempat wisata Hutan Pinus Mangunan. Lagi-lagi biaya yang kami keluarkan untuk memasuki tempat wisata di Jogja sangat terjangkau sekali, di Kebun Buah Mangunan kami hanya mengeluarkan Rp 5.000/orang, itupun sudah termasuk parkir. indahnya bumi indonesia kebun buah mangunan jogja.png

Kebun Buah Mangunan ini berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kebun Buah Mangunan merupakan Kebun Buah yang berdiri diatas tanah seluas sekitar 23 Hektar pada ketinggian 150-200 mdpl yang dibangun oleh Pemerintah Bantul Pada Tahun 2003.

Nah yang spesial dari kebun buah yang satu ini adalah, di Puncak Kebun Buah Mangunan kami bisa melihat pemandangan yang sangat indah, yakni pegunungan sewu dengan sungainya yang eksotis. Namun sayangnya kami tidak bisa melihat Sunset yang kami harapkan, karena di Puncak Kebun Buah Mangunan saat itu cuaca sedang mendung. Memang Puncak Kebun Buah Mangunan lebih pas untuk melihat Matahari Terbit karena kalau kamu beruntung akan mendapatkan pemandangan Pegunungan Sewu yang diselimuti awan dengan Matahari Terbit.

Pukul 5 Sore, kami memutuskan untuk pulang dan mencari makan di Jogja. Sesampai di Kota Jogja, kami memutuskan untuk mencari mushola, karena kebetulan sudah adzan maghrib. setelah istirahat dan makan, kami pun melanjutkan perjalanan pulang menuju ke Kota Semarang.

Pukul 11 Malam, alhamdulillah kami sampai di Kota Semarang dengan selamat. Capek sih iya, tapi liburan kami kali ini setidaknya tidak sia-sia. Itulah pengalaman liburan saya menjelajahi Yogyakarta dalam waktu kurang dari 24 Jam. Betapa Indahnya Bumi Indonesia.

Baca juga :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s