logo kabupaten semarangTahukah kamu? Kabupaten Semarang merupakan salah satu kabupaten terbesar di Indonesia yang berada di provinsi Jawa Tengah, memiliki luas 981,95 km dengan 19 kecamatan. Kabupaten Semarang sendiri berada di wilayah dataran tinggi, tak heran bila Kabupaten Semarang memiliki udara yang sejuk dan segar. Kabupaten Semarang juga tidak kalah mempesonanya dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Indonesia, bahkan dengan daerah lain yang berada di mancanegara. Baik budaya, kuliner, tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang semuanya memberikan warna tersendiri untuk Provinsi Jawa Tengah dan tentunya untuk Indonesia.

Bagi saya pribadi sebagai seorang mahasiswa, Kabupaten Semarang merupakan daerah tempat pelarian saya ketika sedang penat maupun stress dari tugas-tugas kuliah yang sedang menumpuk. Ya, saya merupakan mahasiswa di salah satu universitas yang berada di Kota Semarang. Meskipun kampus saya berada di Kota Semarang, tapi Kabupaten Semarang merupakan tempat yang nyaman untuk menenangkan diri alias refreshing dari banyaknya tugas kuliah serta bising dan panasnya cuaca di Kota Semarang, oleh karena itulah Kabupaten Semarang sudah seperti daerah tempat tinggal saya sendiri.

pesona kabupaten semarang by badrulmuhammad

Kenapa? seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bagi saya Kabupaten Semarang memiliki udara yang sejuk dan segar, maklumlah ya Kabupaten Semarang berada di dataran tinggi. Tak hanya itu, Kabupaten Semarang juga memiliki tempat-tempat wisata yang nyaman untuk menenangkan diri dan yang jelas tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang cocok buat berfoto-foto alias kekinian bagi anak muda. Tak hanya saya, teman-teman kuliah saya juga berpikiran seperti saya, kalau mau menenangkan diri atau ada acara kampus seperti makrab, maupun acara organisasi mahasiswa lainnya pasti larinya ke Ambarawa, Ungaran, Bandungan dan daerah lainnya yang ada di Kabupaten Semarang.

Lalu Mana Sajakah Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang cocok untuk menenangkan diri sekaligus cocok untuk berfoto-foto?

Berikut adalah tempat-tempat wisata di Kabupaten Semarang yang wajib kamu kunjungi :

rawa pening by badrulmuhammad

Rawa Pening yang sudah lama terkenal dengan legendanya ini merupakan sebuah danau alam yang berada di Bawen, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Danau Rawa Pening tersebut menempati 4 kecamatan, yaitu: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru yang berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau seluas 2.670 hektar ini juga ditumbuhi oleh enceng gondok yang bermanfaat sebagai tempat favorit ikan untuk berlindung dari sengatan matahari. Bagi sebagian masyarakat, danau Rawa Pening dimanfaatkan sebagai lahan mereka untuk mencari ikan. Maka tak heran jika banyak perahu-perahu kecil berada di sekitar danau.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain menyajikan pemandangan rawa yang indah, Rawa Pening juga dijadikan tempat memancing. Rawa Pening juga menarik dengan adanya restoran apung dengan berbagai menu masakan ikan yang membuat destinasi ini makin ramai dikunjungi dari berbagai pelosok negeri. Kamu juga dapat berkeliling Rawa Pening dengan menyewa perahu. Kamu dapat berkunjung ke Rawa Pening mulai pukul 08.00 hingga 21.00 malam dengan membayar Rp 2.500/orang. Ada juga beberapa wahana permainan yang tersedia disini, seperti: bebek air, becak mini, ATV, perahu karet, serta wisata perahu untuk berkeliling Danau Rawa Pening. Setiap wahana permainan tersebut akan dikenakan biaya yang bervariasi. Untuk becak air kamu harus membayar sekitar Rp 15.000 untuk 15 menit sedangkan untuk ATV kamu harus membayar sekitar Rp 30.000 untuk 15 menit. Pas lah ya dikantong mahasiswa, hehe.

Harga Tiket Masuk Rp 2.500/orang
Berbagai Jenis Permainan Rp 10.000 per 15 menit
ATV Rp 30.000 per 15 menit
Jam Buka 08.00 – 21.00 WIB

Akses menuju Rawa Pening sangatlah mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Berlokasi di Kampoeng Wisata Rawa terletak di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah jalan yang digunakan sebagai jalur perjalanan antara Yogyakarta dan Semarang. Sekitar 34 km dari pusat kota Semarang atau dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Semarang.

gedong songo by badrulmuhammad

Gedong Songo (Sembilan Bangunan) merupakan sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu, berada di bukit pegunungan Ungaran. Candi Gedong Songo terletak  terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl dengan suhu sekitar 19 – 27 °C. Lokasi Candi Gedong Songo sangat mudah di jangkau dari berbagai kota yang ada di sekitarnya. Lokasinya merupakan jalur deretan alternatif  Ungaran – Temanggung. Apabila Petualang memulai dari Kota Semarang cukup ke selatan menuju Kota Ungaran – Bandungan – Gedong Songo. Bisa di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Apabila dari Yogyakarta bisa melalui Kota Ambarawa (Tugu Palagan Ambarawa) – Bandungan – Gedong Songo, waktu perjalanan sekitar 2 jam. Harga tiket masuk hanya sebesar Rp.6.000/orang pada hari Senin s/d Jumat dan Rp.7.500/orang pada saat weekend & libur nasional. Candi Gedong Songo buka dari pukul 06.00 dan tutup pada pukul 17.00 wib.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 6.000/orang (Senin – Jum’at)
Rp 7.500/orang (Weekend & Libur Nasional
Jam Buka 06.00 – 17.00 WIB

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Candi Gedong Songo yaitu :

  • Trekking dari candi Gedong 1 hingga Gedong 5 sembari menikmati indahnya pemandangan hamparan hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Anda juga bisa menyewa kuda untuk mengitari candi dari candi pertama hingga terakhir dengan harga yang bervariatif tergantung berat badan, jarak tempuh dan hari berkunjung. Berikut kisaran harganya:
    – Wisata Desa Rp. 25.000,-
    – Sampai pemandian air panas Rp. 40.000,-
    – Sampai candi Gedong dua Rp. 30.000,-
    – Paket candi Songo Rp 50.000,-
  • Di sekitar area wisata, terdapat area camping ground (area perkemahan) yang dapat dijadikan untuk mengadakan kegiatan camping.
  • Menikmati hangatnya berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang yang dipercaya secara klinis dapat mengobati penyakit kulit.
  • Selain untuk kegiatan wisata, keindahan suasana alam Candi Gedong Songo sering dijadikan sebagai tempat untuk foto Pre Wedding.


setya aji flower farm by badrulmuhammad

Setya Aji Flower Farm merupakan sebuah kebun bunga yang ditumbuhi berbagai jenis bunga krisan, berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kira-kira butuh waktu 10 menit menuju kebun bunga ini dari pasar Bandungan.

Warna-warna bunga di Setya Aji Flower Farm begitu cantik. Sangat cocok untuk digunakan sebagai latar belakang foto kamu. Apalagi kamu berfoto menggunakan kostum yang kontras dengan warna bunga, terlihat lebih menarik untuk dipandang. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati kebun bunga yang warna-warni dan menyegarkan mata. Cahaya matahari pagi pun sangat pas untuk memotret. Hasil foto kamu di kebun bunga pasti akan terlihat cantik dengan pencahayaan yang pas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Harga Tiket Masuk Rp 7.500/orang
Jam Buka 07.00 – 18.00 WIB

Kebun bunga Setya Aji buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB. Biaya tiket masuk ke destinasi wisata ini sebesar Rp 7500 per orang. Ayo ajak temanmu, pasanganmu, maupun keluargamu mengunjungi kebun bunga ini. Selain kamu bisa berfoto-foto, kamu juga bisa membeli bunga-bunga di Setya Aji Flower Farm. Batang bunga krisan di jual seharga Rp 5000. Pilih dan rangkailah bunga sesuai warna favoritmu. Lokasi kebun bunga Setya Aji tidak jauh dari Gedong Songo.

eling bening by badrulmuhammad

Eling Bening merupakan sebuah restoran dengan konsep alam dan menawarkan pemandangan yang sangat indah yang terbuka untuk umum. Disini kamu bisa menemukan pelataran Eling Bening, terutama di dekat kolam renang, yang menjadi tempat terbaik untuk melihat sebuah lukisan Tuhan. Dari atas sini, kamu dapat menikmati 8 deret pegunungan di Jawa, keindahan rawa pening dari jauh, hamparan sawah, perkebunan kopi, jalur kereta uap, serta bonus matahari terbit dan tenggelam bisa kamu dapat. Penikmat ketinggian, ini cara lain yang bisa kamu lakukan selain mendaki gunung. Dengan tarif tiket seharga Rp 15.000/orang, kamu bisa menukar keindahan puncak pegunungan dengan Eling Bening. Simpan tiket untuk ditukar minuman gratis atau bisa digunakan untuk diskon harga jika kamu memesan makanan, cocok banget buat mahasiswa yang lagi penat pengen liburan tapi gak punya uang haha. Walaupun tempat ini bergaya elegan seperti di luar negeri, namun menu makanan yang tersedia tetap bercita-rasa lokal Indonesia: ikan, sup, ayam goreng, pecel, asem-asem, soto, sate, dan masih banyak lainnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 15.000/orang
Parkir sudah termasuk tiket masuk
Jam Buka 09.00 – 22.00 WIB

Eling Bening terletak di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Akses jalan untuk menuju Eling Bening pun terbilang cukup mudah, apalagi dibantu dengan adanya plang petunjuk jalan dari arah Semarang menuju ke arah Jogja/Magelang. Soal fasilitas yang ada di Eling Bening cukup komplit seperti gazebo, mushola, meeting room, flying fox, wahana permainan, kolam renang, dan tentunya restoran dengan menu yang beragam dan pastinya menggugah selera. Eling Bening buka dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.

umbul sidomukti by badrulmuhammad

Umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini dengan didukung fasilitas & servis seperti : Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam. Terdapat lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 4.000/orang (Senin – Jum’at)
Rp 5.000/orang (Weekend & Libur Nasional
Jam Buka 06.00 – 17.00 WIB

Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm. Seperti biasa, flying fox dapat dilakukan dengan memilih gaya terlungkup seperti superman sedang terbang, atau gaya duduk biasanya. Tarif karcis flying fox lembah ini hanya Rp 12.000, tak mahal untuk sekedar menguji keberanian.

Tiket masuk untuk hari biasa Rp 4.000/orang dan Rp 5.000/orang pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Ingin mencoba marine bridge? Siapkan Rp 7.000 untuk tiketnya. Rp 6.000 untuk rapeling, dan Rp 15.000 – Rp 20.000 untuk 3x putaran ATV. Selain tiket reguler, pengelola juga menawarkan paket untuk kelompok berisi minimum 20 orang untuk corporate event seperti trekking.

Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuiskan sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

curug lawe by badrulmuhammad

Curug Lawe adalah air terjun yang berada di Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lebih tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran, sudah jelas bagaimana suasana dan keindahan yang ada. Berada 12 km dari Kota Semarang dan dari Ungaran sekitar 7 km. Untuk menuju ke Curug Lawe ini kamu harus berjalan kaki dari parkiran yang sudah disediakan oleh pengelola. Namun tenang, sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu dapat melakukan sesi foto dengan latar belakang yang indah.

Di Curug Lawe airnya benar-benar bersih dan tentu kondisi alam di sekitarnya sangat indah. Disebut Curug Lawe karena air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih, yang dalam bahasa jawa disebut lawe. Versi lain menjelaskan dinamakan Curug Lawe karena konon jumlah air terjun yang ada, baik dari yang besar hingga yang terkecil berjumlah 25 buah yang dalam bahasa jawa Selawe.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 5.000/orang
Parkir Rp 2.000(Motor)
Rp 5.000(Mobil)
Jam Buka 06.30 – 15.00 WIB

Nah disini cocok buat ngadem dari panasnya Kota Semarang. Harga tiket masuk Rp 5.000/orang, sementara untuk parkir kendaraan dua dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, sangat terjangkau lah di kantong mahasiswa. Curug Lawe buka dari pukul 06.30 – 15.00 WIB.

gunung ungaran by badrulmuhammad

Gunung Ungaran merupakan gunung berapi bertipe Stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan ketinggian 2.050 mdpl. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo.

Tak heran Gunung Ungaran menjadi destinasi mendaki para mahasiswa-mahasiswi dari Semarang yang sedang ingin menghabiskan libur pendek semester, termasuk saya sendiri. Selain itu memang Gunung Ungaran memiliki ketinggian yang masih tidak terlalu tinggi dibandingkan gunung lain yang ada di Indonesia. Soal pemandangan, Gunung Ungaran memiliki pemandangan yang sangat indah dan tentunya kamu bisa melihat negeri di atas awan.

Harga Tiket Masuk Rp 5.000/orang
Parkir Rp 5.000(Motor)
Rp 10.000(Mobil)
Jam Buka 24 Jam

Untuk mendaki ke Gunung Ungaran kamu bisa melalui basecamp mawar yang berada tak jauh dari lokasi tempat wisata umbul sidomukti, tepatnya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Seperti biasa, jam operasional camp pendakian adalah 24 jam, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang, parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan parkir mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 murah banget bukan?

lering kelir by badrulmuhammad

Lereng Kelir merupakan sebuah tempat wisata alam baru yang ada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa, Jawa Tengah. Lereng Kelir memiliki keunikan dan pemandangan alam yang sangat indah dan pastinya cocok dibuat berfoto-foto atau sekedar refreshing, tak heran dengan sangat cepat Lereng Kelir menjadi populer terutama dikalangan netizen dan anak muda sekarang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 5.000/orang (Senin – Jum’at)
Rp 7.000/orang (weekend)
Parkir Rp 5.000(Motor)
Rp 10.000(Mobil)
Jam Buka 24 Jam

Di puncak Lereng Kelir, kamu akan di kelilingi oleh pemandangan alam yang terhampar sejauh mata memandang. Di sini ada satu spot menarik yang telah di buat oleh pihak pengelola. Sebuah menara pandang yang terbuat dari bambu yang letaknya di puncak Lereng Kelir. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, pada hari biasa dikenakan biaya sebesar Rp 5.000/orang dan weekend akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.000/orang.

museum kereta api ambarawa by badrulmuhammad

Museum Kereta Api Ambarawa, mengisi liburan panjang atau akhir pakan bersama keluarga, cobalah menikmati tur wisata kereta api tua, mulai uap hingga diesel yang tersedia di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah. Di museum yang juga merupakan stasiun kuno ini, terdapat beberapa pilihan perjalanan, baik reguler maupun sewa, dengan dua alternatif kereta dan tujuan. Untuk pilihan kereta, kamu bisa memilih menggunakan kereta uap yang berusia ratusan tahun, maupun kereta diesel kuno.

Sedangkan rute yang dipilih ada Ambarawa-Tuntang yang menyuguhkan pemandangan gunung dan melintasi Rawa Pening. Sedangkan rute Ambarawa-Bedono melintasi perbukitan, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu dengan lintasan menanjak. Rute Ambarawa-Bedono hanya bisa menggunakan kereta uap, karena menggunakan roda gerigi untuk menaklukkan lintasan menanjak ke bukit.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Tiket Masuk Rp 5.000/orang (Anak-anak)
Rp 10.000/orang (Dewasa)
Jam Buka 08.00 – 16.00 WIB

Sementara wisata kereta reguler menggunakan lokomotif diesel, yang menarik tiga gerbong tua sekaligus. Dengan gerbong yang berkapasitas 40 orang dalam tiga kali perjalanan. Selain itu hanya melayani jalur wisata Ambarawa-Tuntang, karena rute landai yang masih memungkinkan dilalui secara terus-menerus.

Sesampainya di stasiun Tuntang, wisatawan diperbolehkan turun untuk berfoto, ke kamar kecil maupun mengeksplor stasiun tua tersebut, sembari menunggu lokomotif menukar posisinya ke depan Wisatawan dapat memilih jam perjalanan pagi, pukul 10.00, siang pukul 12.00,  atau sore mulai pukul 14.00 WIB. Lama perjalanan pulang pergi Ambarawa-Tuntang selama satu jam. Wisatawan dapat membeli tiket di Museum Kereta Ambarawa mulai pukul 08.00 sejak stasiun tersebut buka. Harga tiket untuk perjalanan wisata reguler Rp 50.000. Saran saya untuk perjalanan reguler di akhir pekan, antrilah sejak pagi hari, karena ada pembatasan kuota tiap perjalanan

Pilihan kedua, kamu bisa menikmati perjalanan kereta uap dengan medan perbukitan dengan cara menyewanya terlebih dahulu. Nah untuk tur yang satu ini biasanya digunakan bersama keluarga besar, kantor, reuni, maupun grup lainnya.

Nah itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang yang cocok untuk menenangkan diri maupun sekedar berfoto-foto. Tapi sebetulnya masih banyak tempat wisata di Kabupaten Semarang yang menarik lainnya, yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu karena begitu banyak tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Tempat wisata di Kabupaten Semarang itu sangat lengkap, mau yang alam ada, mau yang kekian juga ada, mau ketinggian juga ada. Tapi yang terpenting, tempat wisata di Kabupaten Semarang murah meriah dan pas dikantong mahasiswa maupun pelajar.

Tapi perlu diingat, pesona Kabupaten Semarang tidak dilihat dari tempat-tempat wisata yang terkenal saja, namun Pesona Kabupaten Semarang juga bisa dilihat dari budaya, sejarah dan kulinernya. Untuk itu, sempatkanlah membaca artikel saya yang selanjutnya mengenai Lengkapi Liburanmu di Kabupaten Semarang Dengan Menyantap Kuliner Khas Kabupaten Semarang

Mana Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Favoritmu?

 

Ayo ke Kabupaten Semarang..

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang”

Advertisements
Iklan

14 comments

    1. Beda mas, Kota Semarang seperti lawang sewu, tugu muda, simpang lima, nah Kabupaten Semarang ibukotanya Kota Ungaran, jadi seperti Rawa Pening, Gedong Songo, Gunung Ungaran, dsb yang kita kenal itu masuk daerah Kabupaten Semarang mas..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.