gunung gede gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : tribunnews.com

7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat (Seven Summit Jawa Barat) – Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahui gunung-gunung yang ada di Jawa Barat, apalagi gunung yang masuk kedalam daftar 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat atau Seven Summit Jawa Barat, nah artikel saya kali ini akan mengupas dan membahas mengenai 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, sebelumnya saya juga membahas mengenai 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah bagi yang belum membaca bisa baca di :

Wilayah Indonesia memang dikenal sebagai wilayah cincin api yaitu wilayah yang dikelilingi gunung-gunung api yang masih aktif, jadi tak heran bila dibeberapa wilayah di Indonesia sering mengalami Gempa Bumi. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki beberapa gunung yang masih aktif yaitu Provinsi Jawa Barat. Daftar gunung tertinggi dalam dunia pendakian dikenal dengan istilah “Seven Summit” yang berarti Puncak Gunung Tertinggi. Lantas gunung di Jawa Barat mana saja yang masuk kedalam daftar “Seven Summit Jawa Barat” ? Berikut ulasannya :

1. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Ciremai (3.078 MDPL)

gunung ciremai gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : wisatamajalengka.com

Tahukah kamu? Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 mdpl yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunug Ciremai secara administratif terletak di 3 wilayah yakni Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai memiliki 3 jalur pendakian yakni Jalur Palutungan dan Jalur Linggarjati yang berada di Kabupaten Kuningan, serta Jalur Apuy yang berada di Kabupaten Majalengka.

Saat ini Gunung Ciremai masuk kedalam wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang luas totalnya mencapai 15 ribu hektar. Gunung Ciremai merupakan gunung api magmatik yang masih aktif  semenjak tahun 1600 dan berbentuk strato, tak heran Gunung Ciremai memiliki 2 kawah ganda, yakni Kawah Barat yang beradius 400 meter terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Goa Walet.

Baca juga : Gunung Tertinggi di Indonesia

2. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Pangrango (3.019 MDPL)

gunung Pangrango Gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : supranaturaljawa.com

Tahukah kamu? Gunung Pangrango memiliki ketinggian yang mencapai 3.019 mdpl, yang artinya Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang kedua setelah Gunung Ciremai. Gunung Pangrango merupakan kembaran atau masih satu kawasan dengan Gunung Gede. Secara administratif Gunung Pangrango ini terletak di 3 wilayah yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Kamu bisa melakukan pendakian Gunung Pangrango melalui Jalur Cibodas, Kabupaten Cianjur, via Jalur Cipanas Gunung Putri, Kabupaten Cianjur, maupun via Jalur Selabintana, Kabupaten Sukabumi.

3. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Gede (2.958 MDPL)

gunung gede gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : tribunnews.com

Tahukah kamu? Gunung Gede mempunyai ketinggian 2.958 mdpl dan masih satu kawasan bersebelahan dengan Gunung Pangrango. Secara administratif Gunung Gede berada di 3 wilayah yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Untuk melakukan pendakian di Gunung Gede, kamu bisa melalui jalur pendakian yang sama dengan jalur pendakian Gunung Pangrango yakni melalui Jalur Cibodas, Kabupaten Cianjur, via Jalur Cipanas Gunung Putri, Kabupaten Cianjur, maupun via Jalur Selabintana, Kabupaten Sukabumi. Tapi bila kamu ingin jalur terpopuler kamu bisa melalui Jalur Cipanas Gunung Putri dan Jalur Cibodas.

4. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Cikuray (2.818 MDPL)

gunung cikuray gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : id.wikipedia.org

Tahukah kamu? Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.818 mdpl, dan merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut. Untuk mencapai Gunung Cikuray kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan umum dari Kota Bandung atau dari Kabupaten Tasikmalaya menuju ke terminal Guntur, kemudian diteruskan dengan angkotan kota menuju jalur pendakian. Secara administratif Gunung Cikuray terletak di Desa Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan sebuah gunung bertipe Stratovolcano yakni gunung berapi kerucut atau biasa dikenal gunung berapi komposit serta tidak memiliki kawah yang aktif.

Untuk melakukan pendakian di Gunung Cikuray kamu bisa melalui 3 jalur pendakian, yakni via Jalur Bayongbong, via Jalur Cikajang, maupun via Jalur Dayeuhmanggung, ketiga jalur pendakian tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing, salah satunya Jalur Bayongbong yang terkenal dengan jalur paling terjal, namun dapat cepat sampai kepuncak.

5. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Papandayan (2.665 MDPL)

gunung papandayan gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : nativeindonesia.com

Tahukah kamu? Gunung Papandayan memiliki ketinggian yang mencapai 2.665 mdpl. Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Gunung Papandayan tergolong ramah bagi para pendaki karena titik awal pendakian dimulai dari ketinggian 2.200 mdpl. Untuk destinasi alamnya tak kalah memukau dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia lainnya, termasuk Gunung Prau yang berada di Provinsi Jawa Tengah, seperti beberapa kawah yang indah yakni Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk, serta hutan mati dan tegal alun, yang membuat Gunung Papandayan ini menjadi lebih istimewa.

6. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Patuha (2.386 MDPL)

gunung patuha gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : tripadvisor.com

Tahukah kamu? Gunung Patuha memiliki ketinggian 2.386 mdpl, Gunung Patuha terletak di Selatan Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Patuha ini memiliki kawah putih yang eksotis hasil dari letusan gunung ini. Selain itu, di Gunung Patuha juga terdapat beberapa hutan, yakni Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung.

7. Gunung Tertinggi di Jawa Barat : Gunung Malabar (2.343 MDPL)

gunung malabar gunung tertinggi di jawa barat
Sumber : sisikotabandung.blogspot.com

Gunung Malabar memiliki ketinggian 2.343 mdpl, yang terletak di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Malabar memiliki beberapa puncak diantaranya Puncak Malabar, Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman. Nama Gunung Malabar adalah sumber inspirasi dari nama Kereta Api Malabar, kereta api eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC yang melayani Bandung-Malang.

Nah, itulah 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat atau Seven Summit Jawa Barat yang tentunya berada di Provinsi Jawa Barat. Dari daftar 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat diatas, gunung mana saja yang sudah kamu daki? atau mungkin akan kamu daki esok? silahkan komentar dikolom komentar, dan jangan lupa untuk like dan share ke teman-teman kamu.

Baca juga : 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

*DILARANG KERAS MERUSAK ALAM INDONESIA, MARI BERSAMA MENJAGA ALAM INDONESIA YANG INDAH INI.

Advertisements
Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.