gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Prau
Sumber : penginapandieng.net

7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah (Seven Summit Jawa Tengah) – Pada artikel kali ini, badrulmozila akan mengupas mengenai gunung-gunung tertinggi yang berada di Jawa Tengah. Lalu, gunung mana saja yang masuk dalam 7 gunung tertinggi di Jawa Tengah ? yang jelas tidak kalah dengan 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat. Berikut inilah ke 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah :

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – Seven Summit Jawa Tengah

1. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Slamet (3.432 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - gunung slamet
Sumber : regional.kompas.com

Gunung tertinggi di Jawa Tengah yang paling tinggi diantara gunung-gunung di Jawa Tengah adalah Gunung Slamet, siapa sih yang mengenal Gunung Slamet?

Tahukah kamu? Gunung Slamet merupakan gunung berapi kerucut yang memiliki ketinggian 3.432 MDPL yang menjadikan Gunung Slamet ini menjadi salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia dan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, dan gunung tertinggi ke 2 di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet ini terletak di antara diantara 5 Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet cukup populer dikalangan pendaki Indonesia sebagai sasaran pendakian yang memiliki medan yang cukup sulit. Namun, dibalik gagahnya Gunung Slamet ini, gunung ini juga dikenal memiliki mitos dan misteri yang membuat masyarakat menjadi penasaran, salah satunya misteri Terbelahnya Pulau Jawa jika Gunung Slamet Meletus. ya Wallahu a’lam bish shawabi lah ya.

Baca juga : Fakta dan Misteri Gunung Slamet

2. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Sumbing (3.371 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - gunung sumbing
Sumber : bonvoyagejogja.com

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah kedua adalah Gunung Sumbing. Tahukah kamu? Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3.371 mdpl, yang membuat Gunung Sumbing menjadi Gunung Tertinggi di Jawa Tengah kedua, dan gunung tertinggi di Jawa ketiga setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung Sumbing berada persis di sebelah Gunung Sindoro yang dikenal dengan sebutan Gunung Kembar dan secara administratif gunung ini terletak di 3 wilayah kabupaten yakni : Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Sumbing termasuk gunung api yang masih aktif hingga saat ini.

Baca juga : Gunung Sumbing (3.371 MDPL) Gunung Kembarnya Jawa Tengah

3. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Sindoro (3.150 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Sindoro
Sumber : cacatanhariankeong.com

Setelah Gunung Sumbing, kali ini gunung tertinggi di Jawa Tengah ketiga adalah kembarannya Gunung Sumbing, yakni Gunung Sindoro. Tahukah kamu? Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 mdpl dan berdamping persis dengan Gunung Sumbing seperti yang sudah saya bahas pada poin sebelumnya, dan membuat kedua gunung ini (Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro) dikenal sebagai gunung kembar, kayak kakak adek dong? hehe.

Gunung Sindoro secara administratif terletak di Kota Temanggung, Provinsi Jawa Tengah dan merupakan gunung api yang masih aktif hingga saat ini.

Baca juga : Gunung Tertinggi di Indonesia

4. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Merbabu (3.142 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Merbabu
Sumber : journal.momotrip.co.id

Tahukah kamu? Gunung Merbabu merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah yang ke-empat dengan ketinggian yang mencapai 3.142 mdpl dan berdampingan persis disebelahnya Gunung Merapi. Puncak Gunung Merbabu dapat ditempuh melewati jalur pendakian dari Cunthel, Thekelan (Kopeng, Kabupaten Salatiga), Selo (Kabupaten Boyolali), dan bisa juga dari jalur pendakian Wekas (Kaponan, Kabupaten Magelang).

5. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Merapi (2.968 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Merapi
Sumber : tempat.co.id

Tahukah kamu? Gunung Merapi per tahun 2010 memiliki ketinggian 2.930 mdpl yang sebelumnya memiliki ketinggian sekitar 2.968 mdpl (sumber : Wikipedia). Gunung Merapi ini merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia, tentunya hal ini memberikan gunung ini menjadi gunung dengan pesona tersendiri dibandingkan gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah lainnya. Secara administratif Gunung Merapi terletak di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bagian lereng sisi selatan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah di sisi barat, dan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah di sisi utara dan sisi timur, dan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah di sisi tenggara.

6. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Prau (2.565 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Prau
Sumber : penginapandieng.net

Tahukah kamu? memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Gunug Prau terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Namun, secara administratif Gunung Prau terletak dianatara 3 kabupaten di Jawa Tengah yakni Kabupaten Wonosobo sendiri, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Batang. Siapa sih yang tidak mengenal Gunung Prau pemilik spot sunrise terbaik di Asia Tenggara ini? Untuk melakukan pendakian ke Gunung Prau bisa melalui jalur pendakian di Kabupaten Wonosobo yang setidaknya ada 3 jalur pendakian, salah satunya Jalur Pendakian Patak Banteng, dan juga bisa melalui Jalur Pendakian Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, dan Jalur Pendakian Kenjuran, Kabupaten Kendal.

Baca juga : Gunung Prau (2565 MDPL) Spot Sunrise Terbaik di Asia Tenggara

7. Gunung Tertinggi di Jawa Tengah : Gunung Rogojembangan (2.117 MDPL)

gunung tertinggi di jawa tengah - Gunung Rogojembangan
Sumber : manusialembah.com

Tahukah kamu? Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian 2.117 mdpl. Gunung Rogojembangan merupakan salah satu puncak dari Pegunungan Serayu Utara yang menjulang dari sebalah barat dieng sampai mendekati Gunung Slamet. Gunung Rogojembangan terletak di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan, namun secara administratif Gunung Rogojembangan ini berada di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. Gunung Rogojembangan memiliki 2 akses pendakian, yakni melalui Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara sendiri, dan melalui Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan.

Nah itulah 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah atau Seven Summit Jawa Tengah, dari daftar 7 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah yang sudah saya paparkan diatas, mana saja Gunung tertinggi di Jawa Tengah yang sudah kamu taklukkan? komen di kolom komentar ya.. Jika ada saran dan tambahan mengenai artikel ini, silahkan komen dikolom komentar dibawah, jika artikel ini membantu, silahkan like dan share ke teman-temanmu.

Baca juga : 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Iklan

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s