7 gunung tertinggi di Indonesia puncak jaya
Sumber : biodiversitywarriors.org

Kamu Harus Tahu : 7 Gunung Tertinggi di Indonesia – Wilayah Indonesia memang dikenal sebagai wilayah cincin api yaitu wilayah yang dikelilingi gunung-gunung api yang masih aktif, jadi tak heran bila dibeberapa wilayah di Indonesia sering mengalami Gempa Bumi. Gunung sendiri merupakan gundukan tanah yang sangat besar dan menjulang tinggi ketas. Gunung digolongkan dengan gundukan tanah diatas 600 meter dari permukaan laut (mdpl). Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang tentunya memiliki gunung-gunung yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, hingga Pulau Papua.

Dari sinilah badrulmozila kali ini akan mengupas mengenai gunung tertinggi di Indonesia atau puncak tertinggi di Indonesia atau yang biasa disebut para pendaki adalah Seven Summits Indonesia yang sebelumnya sudah mengupas Gunung Tertinggi di Jawa Barat dan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Berikut adalah daftar Gunung Tertinggi di Indonesia :

7 Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Gunung Tertinggi di Indonesia : Cartensz Pyramid / Puncak Jaya (4.884 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia puncak jaya
Sumber : biodiversitywarriors.org

Tahukah kamu? Puncak Jaya atau biasa dikenal Cartenz Pyramid merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari barisan sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Barisan Sudirman sendiri atau sebutan lainnya Barisan Nassau dan Dugunduguoo merupakan barisan pegunungan di Papua, Indonesia yang diambil dari nama Jendral Sudirman, barisan pegunungan ini sendiri memiliki salah satu puncak tertinggi di dunia, dan puncak tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jaya atau Cartensz Pyramid. Puncak Jaya atau Cartensz memiliki ketinggian yang mencapai 4.884 mdpl yang menjadikan Puncak Jaya atau Cartensz Pyramid menjadi gunung tertinggi di Indonesia dan satu satunya gunung yang memiliki es di puncaknya.

2. Gunung Tertinggi di Indonesia : Puncak Mandala (4.760 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia puncak mandala
Sumber : id.wikipedia.org

Tahukah kamu? Pada masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana, Puncak Mandala sendiri merupakan salah satu gunung di Papua, Indonesia yang memiliki ketinggian yang mencapai 4.760 mdpl yang menjadikan Puncak Mandala sebagai gunung tertinggi di Indonesia yang kedua setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada di dekat perbatasan Papua Nugini. Pegunungan Bintang sendiri merupakan pegunungan yang masuk didalam daerah Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Indonesia.

Baca juga : Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

 

3. Gunung Tertinggi di Indonesia : Puncak Trikora (4.751 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia puncak trikora
Sumber : id.wikipedia.org

Tahukah kamu? Puncak Trikora merupakan sebuah gunung yang terletak di Provinsi Papua Barat, Indonesia yang memiliki ketinggian yang mencapai 4.751 mdpl yang menjadikan Puncak Trikora menjadi gunung tertinggi di Indonesia yang ketiga setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan sebutan Wilhelminatop atau Puncak Wilhelmina yang diambil dari nama salah satu ratu dari Belanda yakni Ratu Wilhelmina.

4. Gunung Tertinggi di Indonesia : Gunung Kerinci (3.805 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia gunung kerinci
Sumber : id.wikipedia.org

Tahukah kamu? Gunung Kerinci atau dikenal masyarakat sekitar dengan Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, atau Puncak Indrapura merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl. Gunung Kerinci sendiri terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat di Pegunungan Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Kota Padang. Gunung Kerinci masuk kedalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang dikelilingi oleh hutan lebat dan merupakan habitat dari Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Gunung Kerinci juga memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Disebelah timur kamu juga bisa melihat Danau Bento, Rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Gunung Kerinci merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009.

Baca juga : Gunung Tertinggi di Jawa Barat

5. Gunung Tertinggi di Indonesia : Gunung Rinjani (3.726 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia gunung rinjani
Sumber : rinjaninationalpark.com

Tahukah kamu? Gunung Rinjani memiliki ketinggian yang mencapai 3.726 mdpl. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki luas sekitar 41.330 hektar dan akan diusulkan penambahannya menjadi 76.000 hektar ke arah barat dan timur. Tak heran, Gunung Rinjani menjadi salah satu favorit gunung yang ada di Indonesia oleh para pendaki lokal maupun pendaki internasional karena keindahan pemandangannya. Secara administratif Gunung Rinjani berada di wilayah 3 kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Barat.

6. Gunung Tertinggi di Indonesia : Gunung Semeru (3.676 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia gunung semeru
Sumber : news.liputan6.com

Tahukah kamu? Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl, yang menjadikan Gunung Rinjani menjadi gunung tertinggi di Jawa Timur dan gunung tertinggi di Jawa. Gunung Rinjani sendiri merupakan gunung api kerucut, dan secara administratif Gunung Rinjani terletak di 2 kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Gunung Semeru memiliki kawah di puncak yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

7. Gunung Tertinggi di Indonesia : Gunung Sanggar (3.492 MDPL)

7 gunung tertinggi di Indonesia gunung sanggar
Sumber : masterplesir.blogspot.com

Tahukah kamu? Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.492 mdpl, Gunung Sanggar ini berada di kawasan yang sama dengan Gunung Rinjani. Meskipun Gunung Sanggar ini merupakan salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia, Gunung Sanggar ini tidaklah setenar dan seterkenal dengan tetangganya Gunung Rinjani. Tapi meski begitu, Gunung Sanggar ini tidak kalah indahnya dengan Gunung Rinjani sebagai salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia.

Nah, itulah 7 Gunung Tertinggi di Indonesia atau Seven Summits Indonesia versi badrulmozila.com, bagaimana menurutmu? mana gunung tertinggi di Indonesia diatas yang sudah kamu daki? hmm rata-rata gunung tertinggi di Indonesia itu berada di Pulau Papua ya, pantas saja pembangunan faslitas untuk saudara-saudara kita di Papua sangatlah minim.

Peringatan :

MOHON JANGAN MERUSAK ALAM INDONESIA YANG INDAH INI, KARENA PELINDUNG MANUSIA DI DUNIA INI ADALAH ALAM. JADI, MARI BERSAMA MENJAGA ALAM INDONESIA YANG INDAH INI.

Iklan

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s