Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh – Bagi sebagian besar manusia, memiliki jerawat adalah gangguan kulit yang bisa membuat tingkat percaya diri menurun atau bisa dibilang “malu”. Tentunya hal tersebut bisa mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari. Kali ini saya akan sedikit membagikan pengalaman yang saya miliki mengenai Bagaimana sih Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh. Tahukah kamu? kebanyakan penderita kulit berjerawat ini dialami oleh remaja di usia 15-25 tahun, ya paling rentan terkena jerawat ya di usia itu. Ya salah satu penderita kulit berjerawat yakni saya sendiri. Saya berjerawat sejak duduk dibangku kelas 3 SMP, yang artinya saat itu usia saya adalah 15 tahun lebih beberapa bulan.

Saat itu saya berjerawat pada bagian muka, namun hanya beberapa saja dan tentunya masih bisa dihitung dengan jari. Ya, kebanyakan memang kulit yang sering berjerawat itu di area muka. Benar saja saat saya menderita kulit berjerawat, tingkat kepercayaan diri saya menurun apalagi saat bertemu dengan teman lawan jenis. Hmm, saat itu pula saya sering menjadi pendiam. Tapi stop! jangan tiru tindakan saya yang seperti itu, karena hal tersebut bisa membuat jerawat terus berkembang biak di muka kamu belum lagi bisa mempengaruhi proses belajar kamu.

Dan saat saya duduk di bangku SMA, muka saya malah bertambah jerawatan. Untuk itu, saya tekankan sekali lagi untuk tidak malu, apalagi stress memikirkan jerawat. CUEK SAJA!!!

Apa sih itu Jerawat ?

apa sih itu jerawat

Acne atau Jerawat sendiri merupakan suatu keadaan yang dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat merupakan salah satu yang memiliki penderita yang cukup besar, salah satunya di Indonesia yang umumnya terdapat lebih dari 2 juta kasus per tahun.

Seorang peneliti jerawat ternama bernama Kligmann menyebutkan bahwa “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Jadi, bila kamu sedang terkena jerawat, sudah jangan terlalu dipikirkan.

Jenis Jerawat

Berikut ada beberapa Jenis Jerawat diantaranya adalah:

1. Komedo

Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka ataupun tertutup. Komedo yang terbuka disebut dengan Blackhead, yakni terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup disebut dengan Whitehead, yakni memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti ada tonjolan putih kecil. Jerawat dengan jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati.

2. Jerawat Biasa

Jenis Jerawat Biasa ini mudah dikenal, yakni dengan ciri-ciri tonjolan kecil berwarna pink kemerahan. Jerawat Biasa disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan kemudian terinfeksi oleh bakteri.

3. Jerawat Batu

Custic Acne atau yang biasa dikenal masyarakat Indonesia dengan Jerawat Batu ini merupakan jenis jerawat yang memiliki bentuk paling besar diantara jenis jerawat yang lainnya dengan tekstur jerawat yang keras. Oleh sebab itu, sering disebut dengan jerawat batu. Dan yang paling menjengkelkan lagi dari Jerawat Batu ini adalah meninggalkan bekas yang cukup besar dan dalam di kulit atau biasa yang disebut dengan Bopeng.

Lalu, Apa Saja Penyebab Jerawat ?

Ada beberapa penyebab timbulnya jerawat pada kulit yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memperlajari Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh, untuk itu simak beberapa penjelasan penyebab timbulnya jerawat dibawah ini:

1. Kosmetik

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh Tanpa Kosmetik

Tentu kita semua tahu, bahwa kosmetik tidak bisa di pisahkan dengan perempuan. Bagi sebagian besar perempuan, kosmetik itu adalah wajib. Nah, tapi tahukah kamu? penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaaan kosmetik yang mengandung banyak minyak, sehingga tak jarang bila penggunaan kosmetik yang berlebihan akan menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk itu, bagi para perempuan yang ingin menggunakan make-up alangkah baiknya tidak berlebihan, dan yang paling penting pastikan kosmetik yang akan kamu pakai cocok dengan kulit wajah kamu.

2. Perubahan Hormon

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh Perubahan hormon

Tahukah kamu? diperkirakan bahwa jerawat itu muncul terjadi kepada orang-orang yang menginjak usia remaja-dewasa. Hal tersebut tak lepas dari perubahan hormon yang terjadi pada usia tersebut. 8 dari 10 kasus jerawat pada masa remaja-dewasa terjadi pada perempuan, karena perempuan lebih sering mengalami perubahan hormon yakni (menstruasi) dibandingkan laki-laki. Tapi juga tidak menutup kemungkinan laki-laki juga rentan terhadap penyakit kulit berjerawat di usia remaja.

3. Stres

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh Jangan Stress

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, jika stress merupakan salah satu penyebab yang bisa menimbulkan jerawat. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh adanya hormon yang keluar di saat seseorang mengalami stress, yang memungkinkan terjadinya jerawat. Tapi sebenarnya stress tidak menyebabkan timbulnya jerawat secara langsung.

4. Efek Samping Obat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh Efek samping obat

Mengkonsumsi obat kortikosteroid, baik obat minum maupun obat oles berpotensi mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, tentu hal tersebut dapat menimbulkan jerawat. Tak terkecuali dengan suplemen vitamin B2, B6, dan B12 juag dapat menyebabkan efek samping berupa timbulnya jerawat.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh Versi Badrulmozila.com

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang terbukti ampuh menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Kulit Jeruk

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah bisa menggunakan bahan-bahan yang alami. Salah satunya adalah bisa menggunakan Kulit Jeruk. Siapa sangka, buah jeruk yang memiliki rasa yang enak manis-kecut dan kaya akan vitamin C, ternyata kulitnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat.

Tahukah kamu? Vitamin C dan asam alpha hidroksi di dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati. Lalu, bagaimana cara mengolah kulit jeruk supaya bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat? berikut adalah cara mengolah kulit jeruk dna menggunakannya:

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering
  2. Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan sebelumnya
  3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk yang telah dihaluskan dan aduk rata hingga menjadi pasta atau menggumpal
  4. Kulit Jeruk siap untuk di oleskan ke bagian yang terkena jerawat dan diamkan selama beberapa menit
  5. Bilas dengan air hangat.

Lakukanlah secara rutin setiap hari menjelang tidur.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Pepaya

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Pepaya

Siapa sih yang gak kenal dengan buah yang satu ini? Ya, Pepaya.. Tahukah kamu? Buah Pepaya mengandung Enzim Papain yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin dapat mencerahkan kulit wajah. Nah, berikut adalah cara mengolah Buah Pepaya untuk menghilangkan jerawat.

  1. Bersihkan buah Pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan potongan buah Pepaya hingga menjadi seperti bubur
  3. Tambahkan 1 sendok madu atau lemon
  4. Aduk hingga rata
  5. Oleskan olahan buah Pepaya tadi ke bagian yang terkena jerawat
  6. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  7. Bilas dengan air hangat

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Lemon

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan LEMON

Lemon identik dengan kesegaran, ya biasanya lemon disajikan sebagai penghilang amis pada makanan, tak jarang juga disajikan dalam bentuk minuman yang menyegarkan. Tapi tahukah kamu? bila lemon memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Lemon mengandung Asam Askorbat-L yang berfungsi mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Berikut adalah cara mengolah Lemon yang dapat digunakan sebagai obat penghilang jerawat yang mudah pemakaiannya dibandingkan sebelumnya:

  1. Siapkan 1 buah Lemon
  2. Potong buah Lemon menjadi 2 bagian
  3. Peras lemon kedalam suatu wadah
  4. Oleskan perasan Lemon ke bagian wajah yang berjerawat
  5. Biarkan selama kurang lebih 15 menit
  6. Bilas menggunakan air dingin

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Mentimun

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Mentimun

Mentimun atau Ketimun tentunya sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Entah itu disajikan sebagai lalapan saat makan, maupun dimakan secara langsung karena rasanya yang tidak pahit dan tidak juga manis tetepi memiliki banyak air di dalamnya. Tapi tahukah kamu? Mentimun atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Cucumis Sativus kaya akan vitamin A, C, B, dan mineral seperti kalium, silika, magnesium serta mangan sehingg bagus untuk menghilangkan jerawat. Nah, berikut adalah cara mengolah mentimun untuk dijadikan sebagai obat menghilangkan jerawat secara alami.

Cara pertama:

  1. Potong mentimun tipis-tipis
  2. Tempelkan mentimun yang sudah di potong tadi ke bagian yang berjerawat
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat.

Cara kedua:

  1. Kupas mentimun, kemudian di parut
  2. Saring parutan sebelumnya, untuk di ambil airnya saja
  3. Tambahkan 1 sendok gula atau madu, lalu aduk rata
  4. Oleskan olahan ke bagian yang berjerawat
  5. Biarkan sampai mengering
  6. Bilas dengan air dingin

Lakukan secara rutin supaya hasil yang diinginkan bisa terwujud.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Meskipun jerawat bisa mulai menghilang atau mungkin sudah hilang, bukan tidak mungkin jerawat akan muncul kembali. Oleh sebab itu alangkah baiknya bila kamu berjaga-jaga. Berikut adalah tips mencegah timbulnya jerawat kembali lagi:

  1. Rajin membersihkan wajah
  2. Hindari Makeup berlebihan
  3. Menjaga pola makan yang sehat
  4. Rajin berolahraga
  5. Jangan terlarut dalam kondisi yang membuat kamu menjadi lebih stress
  6. Jangan banyak begadang
  7. Kalau ada jerawat, jangan dipencet

Penglaman saya mengenai Jerawat:

Menyambung cerita pembuka pada artikel kali ini, saat duduk dibangku SMA jerawat saya malah bertambah banyak seiring saya menggunakan obat-obat penghilang jerawat yang ditawarkan lewat iklan televisi. Jadi, saya sarankan untuk tidak menggunakan obat-obat jerawat yang tidak dianjurkan oleh dokter kamu ya.

Bukannya jerawat menghilang, tapi bertambah banyak. Ditambah saat itu akan memasuki kelas 3 SMA yang akan memikirkan Ujian Nasional. Wah, pikiran tambah kacau jerawat pun bertambah. Ketika akan memasuki kelulusan SMA, saya mulai rutin melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan terkenal. Alhasil alhamdulillah.. jerawat mulai menghilang dan bekasnya pun mulai memudar.

Akhirnya pun saya memutuskan untuk tidak lagi melakukan perawatan wajah karena anggapan saya saat itu, kulit saya sudah tidak lagi berjerawat. Namun, setelah beberapa bulan saya tidak melakukan perawatan di klinik tersebut jerawat saya mulai muncul dan ada sebagian jerawat yang meradang. Sudah beberapa klinik saya datangi untuk melakukan perawatan wajah saya. Alhasil ketika beberapa bulan saya tidak melakukan perawatan, pasti wajah saya kembali berjerawat. Dan saat itu saya memutuskan untuk tidak lagi melakukan perawatan.

Alhasil dari perawatan-perawatan yang saya jalani selama ini, kini meninggalkan bekas jerawat yang berlubang, alias bopeng. Hal tersebut mungkin disebabkan alat-alat yang digunakan untuk menghilangkan jerawat selama proses perawatan dulu.

Untuk itu, saya hanya menyarankan untuk menghilangkan jerawat menggunakan pengobatan secara alami saja dan menerapkan pola hidup yang sehat. Lama tidak masalah yang penting pasti. Dari pada instan tapi alhasil rusak? dan selama proses perawatan saya sarankan untuk menghindari dan menerapkan hal-hal berikut ini:

  1. Menghindari makan pedas
  2. Tidak makan kacang-kacangan dulu
  3. Rajin berolahraga
  4. Jangan begadang
  5. Rajin cuci muka (cuci muka menggunakan sabun muka maksimal 2 kali sehari saja pagi dan malam menjelang tidur)
  6. Banyak beribadah
  7. Hindari stres berlebihan
  8. Ikut kegiatan positif
  9. Banyak minum air putih
  10. untuk sementara yang lain masih lupa, mungkin kalau sudah keingetan nanti bakal saya update kok

Nah, itulah Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Terbukti Ampuh semoga saja dapat membantu teman-teman pembaca yang sedang terkena jerawat. Yang terpenting jangan panik, cuekin aja, nanti juga hilang. Ada pertanyaan? jika ada, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ya… dan jangan lupa untuk Subscribe untuk mendapatkan informasi dan referensi bermanfaat dari badrulmozila.com terimakasih.

Artikel pilihan:

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s