Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Ramah Untuk Keluarga
Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Ramah Untuk Keluarga

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Paling Banyak Dikunjungi (Ramah Untuk Anak) – Hallo Assalammualaikum traveller, apa kabar? semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rejeki/uang jajannya yaa.. hehe Aaamin. Kali ini Badrul Mozila akan memberikan informasi yang menarik nih buat kalian yang mau liburan ke Ibu Kota Negara Indonesia, ya DKI Jakarta. Yang jelas artikel kali akan memberikan informasi mengenai Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Paling Banyak Dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Yuk langsung saja simak selengkapnya.

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahulah ya apa dan bagaimana dengan kondisi di Jakarta, macetnya.. polusinya.. glamournya.. ya meskipun lewat berita setidaknya tahulah dengan kondisi ibu kota negara kita. Namun dibalik itu semua, Jakarta punya pesona tersendiri loh dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ya salah satunya yaitu tempat wisata malam yang murah meriah, meskipun Jakarta sudah dicap atau di sebut-sebut oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sebagai kota yang serba mahal, biaya hidupnya baik nginep, makan, sembako, dll. Tapi Jakarta punya kok yang serba murah, ya seperti Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah tetapi ramah untuk keluarga kita berikut ini.

1. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Museum Fatahillah Malam Hari
Sumber: merahputih.com

Setiap kota besar di Indonesia tentunya menyimpan sejarah beserta peninggalan sejarah seperti kawasan wisata kota tua atau sebuah kawasan yang berdiri bangunan-bangunan tua bersejarah dengan arsitektur zaman penjajahan yang terus dilestarikan dengan ditetapkan sebagai cagar budaya. Tak lain halnya dengan Ibu Kota Jakarta, Jakarta sendiri merupakan sebuah kota bekas penjajahan Belanda yang dahulu dinamakan dengan Batavia.

Kini bangunan kuno nan tua itu diberikan fasilitas-fasilitas dan dijadikan sebagai sebuah objek wisata oleh pemerintah daerah setempat, sehingga menjadi sebuah daya tarik tersendiri oleh masyarakat Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta sendiri berdiri bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh nan ciamik serta tertata rapi yang menjadikan kita yang mengunjungi kawasan wisata kota tua Jakarta seolah-olah kembali ke zaman penjajahan dulu. Salah satu bangunan di kawasan kota tua Jakarta yang sekaligus menjadi landmark dari kawasan wisata kota tua Jakarta sendiri adalah Museum Fatahillah.

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Museum Fatahillah Malam Hari Tenang
Sumber: wisatajakarta.co.id

Pasti kamu sudah tahu kan tentang Museum Fatahillah yang berada di kawasan wisata kota tua Jakarta ini? pasti dong.. apalagi yang masih remaja nih kan biasanya diliput oleh media nasional dan juga banyak foto-foto yang tersebar di media sosial. Hal tersebut tentunya tak lepas dari banyaknya spot-spot foto yang menarik. Salah satunya ya Museum Fatahillah, salah satu bangunan wajib yang harus kamu jadikan sebagai background atau latar belakang foto narsis kamu loh. Selain view yang dihasilkan bagus.

Baca juga: Wisata Malam Jogja

Untuk masuk kedalam Museum Fatahillah kamu harus datang di waktu yang telah ditentukan, yakni mulai pukul 8 pagi – 5 sore. Harga tiket masuk Museum Fatahillah sendiri tergolong murah yakni Rp 5.000/orang untuk orang dewasa, Rp 3.000/orang untuk para mahasiswa (dengan menunjukan kartu mahasiswa yang masih aktif), dan Rp 2.000/orang untuk pelajar/anak-anak. Murah bukan? tapi untuk kamu yang datang saat malam hari, jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati suasana malam hari yang tentram di plataran Museum Fatahillah. Banyak jajanan beraneka macam yang murah-meriah tersedia di kawasan Museum Fatahillah.

Lokasi Kawasan Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta, khususnya Museum Fatahillah Jakarta berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Oh iya, di kawasan kota tua Jakarta, spot yang menarik tidak hanya Museum Fatahillah saja, tapi masih banyak spot-spot menarik yang cocok digunakan untuk sekedar nyantai, nongkrong, maupun foto-foto loh.. Yokk Explore!

2. Monumen Nasional (MONAS) Jakarta

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah MONAS Monumen Nasional
sumber: @la_violet_project (instagram)

Nah tempat wisata malam Jakarta yang berikut ini tentunya kamu pasti juga sudah mengetahuinya. Yaps, Monumen Nasional atau yang sering lebih diucapkan dan dikenal dengan MONAS. MONAS sendiri menurut Badrul Mozila merupakan salah satu tempat wisata malam Jakarta murah meriah yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Sekilas membahas mengenai Tugu Monas, seperti halnya dengan Tugu-Tugu yang ada di kota besar di Indonesia seperti Tugu Muda di Kota Semarang, Tugu Pahlawan di Kota Surabaya, dan tugu-tugu lainnya yang memiliki sebuah kisah dan sejarahnya yang tidak sekedar hanya sebuah tugu untuk mempercantik kota saja. Seperti halnya Tugu Monas yang memiliki ketinggian 132 meter, mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 [sumber: wikipedia]. Monumen Nasional (MONAS) didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Untuk masuk kedalam Tugu Monas, kamu harus datang di pukul 8 pagi – 3 sore (Senin-Minggu) dan untuk malam hari buka pukul 7 malam – 10 malam (Selasa-Minggu), buka setiap hari kok kecuali pada hari senin di pekan terakhir setiap bulannya. Harga tiket masuk Monas sendiri terbilang cukup terjangkau yakni Rp 20.000/orang untuk orang dewasa dan Rp 10.000/orang untuk anak-anak. Di Monumen Nasional kamu bisa menikmati suguhan tarian air mancur warna-warni yang indah.

Lokasi Monumen Nasional (MONAS) Jakarta

Monumen Nasional atau Monas Jakarta terletak di Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Atau untuk selengkapnya silahkan klik peta dibawah ini:

3. Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA)  Kalijodo Jakarta

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Taman Kalijodo Malam Hari
sumber: backpackerjakarta.com

Mungkin ada sebagian masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang taman kalijodo Jakarta, ya mungkin termasuk kamu?. Dahulu, Kalijodo merupakan sebuah tempat hiburan malam dewasa yang memiliki lingkungan sangat buruk. Alhamdulillah, sekarang bisa menjadi sebuah Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo Jakarta yang disulap oleh pemerintah setempat menjadi sebuah kawasan yang memiliki aktivitas dan kegiatan yang positif dan ramah untuk anak-anak cocok untuk tempat hiburan bersama keluarga.

Baca juga: Wisata Malam Malang Raya

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Taman Kalijodo Malam Hari 2
sumber: ayutanty.blogspot.com

Seperti dengan namanya RPTRA yakni Ruang Publik yang Terbuka Ramah untuk Anak-anak. Untuk itu jangan khawatir lagi bila kamu mengajak keluarga berkunjungi menikmati Taman Kalijodo Jakarta dimalam hari. Untuk harga tiket masuk ke RPTRA Kalijodo Jakarta sendiri tidak dipungut biaya, hanya saja membayar parkir kendaraan saja (bila membawa). Fasilitas yang tersedia di Taman Kalijodo Jakarta sendiri seperti lapangan volly, Lapangan Badminton, Lapangan Futsal, Arena Skateboard, Arena Sepeda BMX serta tersedia berbagai macam permainana anak-anak dan bahkan tersedia perpustakaan juga lohh wahh.. ramah nih buat berwisata malam hari dengan keluarga. Seperti halnya taman-taman lainnya, Taman Kalijodo ini terbuka untuk umum selama 24jam.

Lokasi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo

Untuk lokasi RPTRA Kalijodo sendiri terletak di Jalan Bidara Raya No. 18, RT.4 RW.5, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Untuk selengkapnya silahkan lihat peta dibawah ini:

4. Taman Menteng Jakarta

Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Taman Menteng
Sumber: limakaki.com

Selanjutnya wisata malam hari yang masih berhubungan dengan taman tentunya ramah, dan murah meriah, yakni Taman Menteng. Tahukah kamu? Taman Menteng merupakan salah satu taman kota favorit masyarakat Jakarta. Tahu kenapa? karena Taman Menteng memiliki fasilitas yang bikin kamu betah nongkrong dan nyantai disini lohh. Tahu sendiri lah apa yang bikin masyarakat Indonesia betah berlama-lama saat nongkrong??

Yap.. WIFI!! Taman Menteng Jakarta memiliki fasilitas Wifi gratis. Tak hanya itu, Taman Menteng Jakarta juga memiliki fasilitas lainnya seperti lapangan futsal, lapangan basket, trek jogging, taman bermain anak, serta dilengkapi juga dengan gedung parkir. Oleh karena itu, tak heran bila banyak komunitas-komunitas yang bersinggah dan beraktivitas di Taman Menteng ini seperti Kelompok Teater Detak, New Squad Shuffle, Barian Menteng Street Workout, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, Taman Menteng juga memiliki spot foto yang sangat menarik favorit para pengunjung khususnya anak muda. Yakni adalah sebuah rumah kaca dengan memiliki bentuk segita yang menyerupai piramida dengan berisikan berbagai bibit-bibit tanaman. Jika kamu mulai merasa lapar, jangan khawatir.. karena di sekitar Taman Menteng terdapat para penjual makanan dengan aneka macam makanan, mulai dari rujak buah, dimsum, nasi goreng, tahu gejrot, dan masih banyak yang lainnya.

Lokasi Taman Menteng Jakarta

Taman Menteng Jakarta sendiri terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

5. Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah di Taman Ismail Marzuki (TIM)
Sumber: panduanwisata.id

Yang berikut ini tempat wisata malam Jakarta murah meriah masih bertemakan sebuah taman yang tentu saja ramah untuk keluarga. Ya taman rekreasi tersebut adalah Taman Ismail Marzuki atau biasa disingkat dengan TIM Jakarta, Taman Ismail Marzuki bukan sembarangan taman biasa. Namun taman ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai aneka macam kegiatan maupun acara. Mulai dari Teater, Bioskop, Art Gallery, Perpustakaan Daerah, Planetarium, Mushola, ATM dan gedung-gedung yang biasa digunakan untuk berbagai acara.

Namun untuk bisa menikmati Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, kamu harus datang paling tidak di sore hari, karena jam tayang Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta ini beroperasi mulai pukul 8 pagi – 3 sore. Tiket masuk ke Planetarium Taman Ismail Marzuki sendiri terbilang murah yakni Rp 12.000/orang untuk orang dewasa, dan Rp 7.000/orang untuk anak-anak atau pelajar. Wahh selain murah, juga edukatif. Namun bila kamu datang dengan rombongan, ada kok paketan harganya.

Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah Teater Taman Ismail Marzuki (TIM)
Sumber: panduanwisata.id

Namun untuk kamu yang datang malam hari, jangan khawatir.. banyak gedung-gedung dengan bermacam acara dan kegiatan yang masih buka hingga malam kok.

Lokasi Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta

Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta berlokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Atau selengkapnya bisa kamu klik maps di bawah ini ya.

Update:

6. Taman Lapangan Banteng Jakarta

Wisata Malam Jakarta Taman Lapangan Banteng
sumber: CNN Indonesia

Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada bulan Juli 2018 lalu, kini Lapangan Banteng terlihat lebih bersahabat untuk dikunjungi di malam hari setelah dilakukan revitalisasi. Taman Lapangan Banteng berada di Jalan Lapangan Banteng Barat, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Taman Lapangan Banteng dibuka dari jam 05.00 – 22.00 WIB, wah ini tempat wisata malam Jakarta yang instagramble deh. Belum lagi banyak fasilitas yang disediakan di Lapangan Banteng ini, seperti lapangan futsal, basket, dll.

Nah, itulah beberapa Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah paling banyak dikunjungi dan tentunya ramah untuk keluarga yang sudah Badrul Mozila rangkum dan saring dari berbagai informasi serta sumber terpercaya. Sekian artikel dari Badrul Mozila mengenai Tempat Wisata Malam Jakarta Murah Meriah semoga dapat membantu teman-teman yang sedang berlibur di Jakarta bersama keluarga tercinta. Yok explore Jakarta! dan Sukseskan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang.

Baca juga:

Iklan

7 komentar

  1. Wah kalau saya dengan anak-anak lebih suka wisata malam jakarta ke monas. Karena selain harga terjangkau pemandangan di monas juga indah, dan gak kalah keren ketika kita bisa ke puncak monas. Tapi yang mau kesini malam-malam, tolong dipersiapin jaket atau pakaian yang agak tebal ya.. karena di membran monas anginnya cukup kencang.

    Suka

  2. Suka sama monas yang sekarang.. recommended deh monas buat wisata malam di Jakarta. Apalagi sekarang lagi ada permainan laser untuk monas karena Jakarta sedang menyambut tamu 45 negara Asia. Asian Games 2018 Indonesia Juara!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s