Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Baik
Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Baik

Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Baik – Assalammualaikum warganet Indonesia khususnya pengungjung blog Badrul Mozila, apa kabar? semoga selalu berada dalam kondisi yang sehat ya.. Aamiin. Kali ini Badrul Mozila akan membahas mengenai salah satu kampus di Indonesia dan tentunya peran kampus di dalam suatu negeri, khususnya Indonesia. Nah, yuk langsung saja simak artikel berikut ini dengan tema Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Setiap negara di Dunia sadar betul bahwa pendidikan merupakan dasar pembangunan yang harus dimiliki dan dijalankan dengan baik untuk bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Melalui sumber daya manusia yang berkualitas ini lah sebuah negara akan terus berkembang ke arah yang lebih. Tak terkecuali dengan Indonesia, apalagi Indonesia sendiri merupakan negera kepulauan yang sangat luas, sehingga untuk membangun Indonesia tidaklah perkara yang mudah. Tentunya  dibutuhkan tenga ahli dari berbagai bidang serta peran aktif dari komponen masyarakat untuk ikut serta membangun negeri ini. Bayangkan saja bila Indonesia tidak memiliki sumber daya manusia berkualitas di setiap bidangnya, tentu yang terjadi adalah pemerintah Indonesia terpaksa mendatangkan tenaga ahli asing untuk mengelola kekayaan Indonesia. Tentu hal tersebut akan menjadi kerugian besar bagi Indonesia, mengingat kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sangatlah melimpah.

Peran Penting Pendidikan Dalam Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri Pentingnya Pendidikan
Sumber : nasional.tempo.co

Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia, dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Indonesia sudah berupaya dengan baik.  Hal tersebut bisa dilihat dari memperkenalkan pentingnya pendidikan kepada masyarakat sejak usia dini. Tak hanya pemerintah saja, namun masyarakat juga sadar betul memiliki kemampuan yang berkualitas adalah kebutuhan wajib untuk bisa bersaing dengan masyarakat yang lainnya. Tentu kita sebagai masyarakat Indonesia mengetahui tingkatan pendidikan di Indonesia, mulai dari Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS), Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK), hingga tingkat tertinggi yakni Perguruan Tinggi atau Universitas. Setiap tingkatan pendidikan tersebut pastinya memiliki sebuah proses yang penting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, khususnya pada tingkatan pendidikan Perguruan Tinggi yang bisa mampu menggerakkan sebuah negara kearah yang lebih baik.

Berbicara mengenai perguruan tinggi di Indonesia, Badrul Mozila jadi ingat betul bila ada salah satu perguruan tinggi yang sangat berkomitmen untuk ikut serta dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Universitas Tanjungpura atau biasa dikenal dengan mudah UNTAN adalah perguruan tinggi yang berkomitmen untuk ikut serta dalam membangun Indonesia melalui prinsipnya “Bersama UNTAN Membangun Negeri“. Tentu prinsip tersebut bukan sekedar jargon biasa untuk mendapatkan simpatik dari masyarakat Indonesia agar bisa bergabung bersama UNTAN. Untuk itu, Badrul Mozila akan mencoba membahas fakta-fakta seputar keikutsertaan UNTAN dalam membangun Indonesia.

Sekilas Tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Bersama UNTAN Membangun Negeri logo

Universitas Tanjungpura atau biasa disingkat dengan UNTAN merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Pontianak, tepatnya di Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi/ Jendral Ahmad Yani, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Tahukah kamu? Universitas Tanjungpura (UNTAN) berdiri sejak tahun 1959 tepatnya di tanggal 20 Mei 1959. Saat itu, UNTAN masih bernama Universitas Daya Nasional dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah perguruan tinggi swasta. Kemudian pada tanggal 16 Mei 1963 berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963. Kemudian pada tanggal 14 September 1965 berganti nama lagi menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI nomor 278 tahun 1965. Dan terakhir di tahun 1967 Universitas Dwikora berganti nama menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN) berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI nomor 171 tahun 1967.

Artinya UNTAN sudah berdiri selama lebih dari 59 tahun dengan berganti nama sebanyak 3 kali sebelum bernama Universitas Tanjungpura. Tentunya berdasarkan pengalaman tersebut, UNTAN menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Membangun, mengabdi kepada Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat bersama mahasiswa-mahasiswinya.

Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Baik

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Sumber: untan.ac.id

Bagi saya sebagai seorang blogger sekaligus mahasiswa, keberadaan suatu perguruan tinggi adalah hal yang sangat penting dalam membangun negeri. Perguruan tinggi sangat berperan aktif dalam menciptakan karya-karya dari penelitian mahasiswa/i yang berkolaborasi dengan dosen dalam melakukan penelitian untuk menemukan sebuah jalan keluar dari masalah yang ada di dunia khususnya di Indonesia yang nanti bisa berguna bagi masyarakat dan bangsa untuk kehidupan manusia.

Untuk itu, UNTAN sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia berkomitmen ikut serta dalam mengembangkan negeri seperti yang ada pada prinsip Bersama UNTAN Membangun Negeri dan juga tentunya bisa dilihat dari yang tertuang dalam visi dan misi UNTAN berikut ini:

  • Visi: Pada tahun 2020 UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional
  • Misi: Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, UNTAN tentu saja menyediakan fasilitas atau saran prasarana penunjang pendidikan untuk mahasiswa-mahasiswi didik mereka. Lalu, apa saja fasilitas, sarana prasarana yang disediakan? yuk simak ulasan berikut ini:

Fasilitas Sarana Prasarana Universitas Tanjungpura Dalam Mendukung Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bagi mahasiswa/i, tentunya keberadaan sebuah fasilitas sarana prasarana dari kampus merupakan kebutuhan mutlak yang harus didapatkan oleh mahasiswa/i khususnya mahasiswa/i UNTAN. Nah, berikut beberapa fasilitas sarana prasana yang dimiliki Universitas Tanjungpura (UNTAN) dalam mewujudkan “Bersama UNTAN Membangun Negeri“.

1.  Ruang Kelas UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Ruang Kelas
Sumber: untan.ac.id

Setiap lembaga pendidikan wajib menyediakan tempat untuk belajar yakni berupa ruang kelas, apalagi sekelas perguruan tinggi untuk menunjang proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen. Tentu saja kamu tahu kan panasnya Kota Pontianak seperti apa? Nah, demi kenyamanan proses belajar mengajar antara mahasiswa/i dengan dosen, UNTAN memiliki ruangan kelas yang sudah modern kok di setiap jurusannya. Di setiap kelasnya terdapat pendingin udara atau (AC) serta dilengkapi dengan multimedia. Tak hanya itu, diluar ruangan juga terdapat kawasan eco green yang berisi pepohonan yang cukup rindang dan taman yang hijau yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa/i untuk nongkrong bersama teman yang lainnya disela-sela menunggu jadwal mulai.

2. Laboratorium UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Laboratorium Fakultas Kedokteran
Laboratorium Kedokteran, sumber: kedokteran.untan.ac.id

Sarana penunjang kegiatan belajar praktik untuk mahasiswa/i di UNTAN pun terbilang sudah lengkap, mulai dari laboratorium bahasa, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium komputer, pusat budidaya tanaman darat dan air, hingga studio dan workshop pun di UNTAN sudah tersedia. Tersedianya fasilitas laboratorium ini memang sangat diperlukan untuk mendukung proses penelitian maupun pembuatan karya oleh mahasiswa/i. Sehingga karya yang diciptakan nantinya dapat berguna bagi bangsa dan masyarakat sesuai dengan yang tersirat didalam sloggan Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi lebih baik.

3. Perpustakaan UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Perpustakaan by UPT Perpus UNTAN
Sumber: UPT Perpustakaan UNTAN

Yang tak kalah penting untuk mendukung mahasiswa/i dalam menciptakan karya atau mengembangkan penelitiannya adalah sumber referensi ilmu untuk dapat mewujudkan prinsip Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi lebih baik. Yaps perpustakaan, perpustakaan bagi saya merupakan tempat atau sumber informasi ilmu yang paling bisa dipercaya untuk digunakan dalam mengembangkan karya atau penelitian seorang mahasiswa/i. Jika dibandingkan dengan perpustakaan di kampus-kampus lain yang ada di Kalimantan Barat, perpustakaan UNTAN jauh lebih lengkap dan lebih bagus.

4. Auditorium UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Auditorium
Auditorium UNTAN, sumber: untan.ac.id

Tahukah kamu? UNTAN memiliki sebuah Auditorium yang terdiri dari Hall Room, dan Open Stage, yang bisa digunakan untuk berbagai acara, baik itu seminar, acara kesenian, dsb. Nah, ketika sore hari biasanya open stagenya digunakan untuk latihan drama, tari, musik, dsb oleh mahasiswa atau mahasiswi dengan UKM terkait.

5. Sistem Akademik UNTAN (SIAKAD)

Bersama UNTAN Membangun Negeri SIAKAD

Tahukah kamu? UNTAN sudah memiliki sistem akademik yang berbasis online dalam mendukung mahasiswa/i UNTAN untuk mendapatkan informasi-informasi penting selama sedang menimpa ilmu di Universitas Tanjungpura loh. Dengan SIAKAD mahasiswa/i UNTAN bisa mendapatkan informasi berupa hasil nilai ujian, nilai selama kuliah beserta IPS & IPK, pembayaran, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), jadwal perkuliahan, dsb yang bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui smartphone maupun laptop masing-masing mahasiswa/i.

6. Sarana Olahraga UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Jogging Track
Sumber: ericopieter.blogspot.com

Kita sebagai manusia memang tak terlepas dari penyakit, tak lain halnya dengan mahasiswa/i UNTAN. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan mahasiswa/i UNTAN supaya masih tetap bugar dan sehat menjalani aktivitas perkuliahan, UNTAN juga menyediakan saran olahraga yang lengkap. Sarana olahraga tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Lapangan Tenis
  2. Lapangan Basket
  3. Tenis Meja
  4. Lapangan Bulu Tangkis Indoor
  5. Jogging Track
  6. Arena BMX & Skateboard
  7. dll

Tentunya, fasilitas-fasilitas olahraga tersebut bisa digunakan oleh setiap mahasiswa/i UNTAN tentunya dengan ikut bergabung bersama UKM terkait.

7. UPT Bahasa UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri UPT Bahasa UNTAN
Sumber: uptbahasa.untan.ac.id

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Tanjungpura merupakan unit pelaksana teknis di bidang bahasa Internasional atau bahasa asing. Bahasa Internasional tersebut antara lainnya adalah: Bahasa Korea, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, dan Bahasa Arab yang terbuka untuk mahasiswa maupun untuk masyarakat umum sebagai abdi Bersama UNTAN Membangun Negeri. Berbagai macam kegiatan biasanya di selenggarakan oleh UPT Bahasa UNTAN, diantaranya seperti talk show, camp, meet the expert, pemilihan duta bahasa Internasional, dan masih banyak yang lainnya.

7. Fasilitas & Sarana Prasarana UNTAN Lainnya

Bersama UNTAN Membangun Negeri Rumah Sakit
Sumber: untan.ac.id

Kemudian fasilitas sarana prasarana UNTAN yang lainnya adalah seperti Foud Court yang menjual aneka makanan maupun minum dengan harga yang bervariasi, Lahan Parkir UNTAN yang luas, terdapat ATM yang standby 24 jam di kawasan UNTAN, hingga terdapat Rumah Sakit Universitas Tanjungpura juga lohh. Dan tentunya masih banyak fasilitas yang lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Dengan tersedianya fasilitas sarana prasarana yang disediakan, tentunya Universitas Tanjungpura berharap bisa bekerjasama dengan mahasiswa/i dalam mewujudkan prinsipnya yakni Bersama UNTAN Membangun Negeri supaya bisa menjadi lebih baik dan tentunya berguna untuk masyarakat luas, khususnya masyarakat Kalimantan Barat.

Lalu, Program Studi apa saja yang Disiapkan Dalam Mendukung Bersama UNTAN Membangun Negeri?

Serta tak kalah pentingnya dalam UNTAN Membangun Negeri adalah jurusan atau program studi yang sudah tersedia di Universitas Tanjungpura. Hal tersebut bertujuan supaya masyarakat atau calon mahasiswa/i bisa memilih jurusan atau program studi sesuai dengan keahlian atau passion mereka masing-masing supaya kelak bisa menciptakan lulusan yang ahli di bidang tertentu dan dapat berguna dalam ikut serta membangun negeri ini.

Berikut adalah beberapa fakultas beserta Program Studi di Universitas Tanjungpura:

No. Fakultas Program Studi
1. Hukum
  • S2 – Hukum
  • S1 – Ilmu Hukum
2. Ekonomi & Bisnis
  • S3 – Ilmu Ekonomi
  • S3 – Ilmu Manajemen
  • S2 – Manajemen
  • S2 – Ilmu Ekonomi
  • S2 – Akuntansi
  • S1 – Ekonomi Pembangunan
  • S1 – Manajemen
  • S1 – Akuntansi
  • S1 – Ekonomi Islam
3. Pertanian
  • S2 – Agroteknologi
  • S2 – Agribisnis
  • S1 – Agroteknologi
  • S1 – Agribisnsis
  • S1 – Ilmu Tanah
  • S1 – Ilmu & Teknologi Pangan
  • S1 – Peternakan
  • S1 – Manajemen Sumber Daya Perairan
  • D3 – Budidaya Tanaman Pertanian
4. Teknik
  • S2 – Sipil
  • S2 – Elektro
  • S1 – Elektro
  • S1 – Informatika
  • S1 – Sipil
  • S1 – Arsitektur
  • S1 – Teknik Lingkungan
  • S1 – Teknik Industri
  • S1 – Teknik Pertambangan
  • S1 – Teknik Kelautan
  • S1 – Teknik Mesin
  • S1 – Teknik Kimia
  • S1 – Perencanaan Wilayah Kota
5. Ilmu Sosial & Ilmu Politik
  • S2 – Ilmu Administrasi Negara
  • S2 – Ilmu Politik
  • S2 – Ilmu Sosiologi
  • S1 – Ilmu Administrasi Negara
  • S1 – Ilmu Sosiatri
  • S1 – Ilmu Pemerintahan
  • S1 – Ilmu Politik
  • S1 – Ilmu Hubungan Internasional
  • S1 – Ilmu Sosiologi
  • S1 – Ilmu Komunikasi
  • S1 – Antropologi Sosial
  • D3 – Administrasi Perkantoran
  • D3 – Kearsipan
  • D3 – Kesekretariatan
6. Keguruan & Ilmu Pendidikan
  • S2 – Administrasi Pendidikan
  • S2 – Pendidikan Sosiologi
  • S2 – Teknologi Pembelajaran
  • S2 – Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S2 – Pendidikan Matematika
  • S2 – Pendidikan Ekonomi
  • S2 – Pendidikan Bahasa Inggris
  • S2 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 – Pendidikan Ekonomi
  • S1 – Pendidikan Kimia
  • S1 – Pendidikan Fisika
  • S1 – Pendidikan Matematika
  • S1 – Pendidikan Biologi
  • S1 – Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
  • S1 – Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 – Konseling
  • S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 – Pendidikan Jasmani & Kesehatan
  • S1 – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • S1 – Pendidikan Sosiologi
  • S1 – Pendidikan Seni Tari & Musik
  • S1 – Pendidikan Bahasa Mandarin
  • S1 – Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
  • S1 – Pendidikan Sejarah
  • S1 – Pendidikan Geografi
  • S1 – Pendidikan IPS
  • S1 – Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • D3 – Perpustakaan
7. Kehutanan
  • S2 – Ilmu Kehutanan
  • S2 – Ilmu Lingkungan
  • S1 – Kehutanan
8. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
  • S2 – Kimia
  • S1 – Sistem Informasi
  • S1 – Sistem Komputer
  • S1 – Matematika
  • S1 – Fisika
  • S1 – Biologi
  • S1 – Kimia
  • S1 – Geofisika
  • S1 – Ilmu Kelautan
  • S1 – Statistik
9 Kedokteran
  • S1 – Pendidikan Dokter
  • S1 – Farmasi
  • S1 – Farmasi (Profesi)
  • S1 – Keperawatan
  • S1 – Keperawatan (Profesi)

Wah, banyak banget ya program studi yang ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN)? Tentunya dong, untuk itu kamu bisa menggali lebih dalam keahlian kamu dan mendukung prinsip positif UNTAN untuk negeri yakni Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi lebih baik.

Bentuk Tindakan Nyata Universitas Tanjungpura UNTAN Dalam Membangun Negeri

Berikut ini ada beberapa bentuk tindakan nyata yang telah dilakukan oleh Universitas Tanjungpura (UNTAN) dalam keikutsertaannya membangun negeri.

Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri UNTAN

Setidaknya sudah ada beberapa kerjasama yang sudah dilakukan oleh Universitas Tanjungpura baik itu kerjasama di dalam negeri maupun kerjasama di luar negeri. Kerjasama di dalam negeri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Asosiasi Guru Sains Indonesia PGRI Kalimantan Barat, dalam kerjasama untuk membina dan mengembangkan kompetensi Asosiasi Guru Sains Indonesia PGRI Kalimantan Barat
  2. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dalam kerjasama survey kualitas program siaran televisi
  3. Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, kerjasama dalam rangka seleksi penerimaan anggota POLRI
  4. The University of Groningen, The Netherlands, kerjasama tersebut dalam bentuk Exchange Programmes, based on their respective academic and educational
  5. Departement of Geography, College of Arts and Sciences, University of OregonCooperation about exhange of both Parties’ members, Exchange of scientific materials, publications and information, Details on imlpementation of the cooperative proyect set forth above shall be consulted on, agreed to, and confirmed in a written document.

Dan tentunya masih banyak kerjasama yang lainnya yang tidak mungkin untuk saya sebutkan semuanya didalam artikel kali ini, untuk itu jika kamu penasaran apa saja kerjasama yang sudah dilakukan oleh UNTAN serta detailnya, silahkan klik link berikut: klik disini.

UNTAN Masuk Kedalam 50 Besar Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia

Bersama UNTAN Membangun Negeri Peringkat Universitas Tanjungpura
Sumber: webometrics.info

Tahukah kamu? Universitas Tanjungpura (UNTAN) menempati peringkat 40 dari 2.120 kampus terbaik yang ada di Indonesia versi Ranking Webometrics pada periode Januari 2018, artinya UNTAN naik 3 peringkat dari posisi sebelumnya di peringkat 43 pada periode Januari 2017. Peringkat tersebut meneguhkan UNTAN berada di peringkat top 50 Indonesia.

Universitas Tanjungpura (UNTAN) Miliki Halal Center

Bersama UNTAN Membangun Negeri Halal Center
Sumber: magfood.com

UNTAN Halal Center merupakan sebuah wadah unit kerja khusus pelayanan dan pengabdian masyarakat. Di tahun 2014 yang lalu, dengan terbitnya Undang-Undang RI Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang juga dihadiri oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), UNTAN diberi amanat untuk menghadirkan lembaga pemeriksa halal.

“Ini menunjukkan keseriusan UNTAN, dan kami punya tanggungjawab moral untuk sertifikasi halal ini. Orientasi kami tidak pada material tetapi bagaimana bisa membangun pemikiran masyarakat akan pentingnya produk-produk yang bersertifikat halal” ucap Rektor UNTAN, Prof. Dr. H. Thamrin Usman DEA,.

Sertifikasi halal sendiri merupakan sebuah jaminan kepada masyarakat bahwa produk-produk yang digunakan dan dikonsumsi masyarakat tidak hanya bersih, sehat, bergizi, tetapi lebih dari hal tersebut, yakni terdapat nilai-nilai keberkahan yang nanti akan melekat, imbuhnya.

Pengabdian Masyarakat Oleh Komponen UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Pengabdian Masyarakat
Sumber: himsos.blogspot.com

Seperti prinsip Bersama UNTAN Membangun Negeri tentunya Universitas Tanjungpura mengajak para mahasiswa-mahasiswi didiknya untuk peduli terhadap bangsa Indonesia, khususnya di lingkungan sekitar Kalimantan Barat. Melalui kegiatan pengabdian inilah, diharapkan mahasiswa-mahasiswi UNTAN tidak hanya dibekali ilmu untuk digunakan diri sendiri, namun juga berguna untuk masyarakat sekitarnya sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme.

Adapun pengabdian-pengabdian yang sudah dilakukan dari teman-teman mahasiswa/i Universitas Tanjungpura adalah sebagai berikut:

  1. Bina Desa IT yang dilakukan oleh mahasiswa/i Teknik Informatika, bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang berada di Desa Kubu, Kabupaten Kubu Raya akan pentingnya perkembangan teknologi informasi dalam rangka mendukung kehidupan sehari-hari serta untuk meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas masyarakat khususnya pemuda-pemudi dalam bidang desain grafis [sumber: thetanjungpuratimes.com].
  2. Pengabdian Masyarakat Oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HIMSOS), kegiatan ini diselenggarakan selama 6 hari di Desa Trimandayan, Dusun Saiyung, Kabupaten Sambas dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan diantaranya seperti seminar, bersih-bersih, dan yang paling terpenting adalah mahasiswa/i diajak untuk berkontribusi memberikan saran dan solusi dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat setempat khususnya masalah yang berhubungan atau bersinggungan dengan sosiologi [sumber: himsos.blogspot.com].
  3. Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), kegiatan ini mengangkat tema “Produksi Minyak Serai Wangi Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Daerah Tertinggal” yang diadakan di Desa Penjalaan, Kabupaten Kayong Utara. Dengan terselenggaranya kegiatan ini masyarakat setempat diharapkan dapat memanfaatkan lahan kosong untuk menanam serai wangi sehingga menjadi penghasilan tambahan untuk masyarakat, mengingat Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan dengan baik [sumber: thetanjungpuratimes.com].

Semua kegiatan tersebut tentunya didukung penuh oleh Universitas Tanjungpura dan diharapkan bisa membantu masyarakat setempat. Karena melalui kegiatan-kegiatan seperti itulah UNTAN bersama mahasiswa-mahasiswi ikut membangun negeri. Namun bagi saya pribadi dukungan pemerintah juga tidak kalah pentingnya untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Mari Bergabung Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bagimana, seru bukan kegiatan-kegiatan yang ada di Universitas Tanjungpura? Yuk ikut bergabung Bersama UNTAN Membangun Negeri ini menjadi lebih baik. Daftarkan diri kamu segera melalui:

  • Alamat: Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi/ Jendral Ahmad Yani, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (78124)
  • Telepon: (0561)-739630
  • Email: untan_59@untan.ac.id
  • Fax: (0561)-739637
  • Website: untan.ac.id

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Baik, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca blog badrulmozila.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, Wassalammu’alaikum.

Baca juga: 

Iklan

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s