Mengenal Konsep Universitas Tanjungpura (UNTAN) Dalam Membangun Negeri – Assalammualaikum teman-teman, bagi kalian yang merupakan seorang mahasiswa maupun mahasiswi mungkin menganggap artikel BadrulMozila kali ini akan cukup menarik dan juga bermanfaat maupun berguna bagi kita semua. Ya sesuai dengan judul artikel kali ini, BadrulMozila akan membahas mengenai apa itu konsep Bersama UNTAN Membangun Negeri yang dimiliki oleh Universitas Tanjungpura. Yok simak selengkapnya artikel kali ini.

Mengenal Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Sumber: untan.ac.id

Bagi saya sebagai seorang blogger sekaligus mahasiswa, keberadaan suatu perguruan tinggi adalah hal yang sangat penting dalam membangun negeri. Perguruan tinggi sangat berperan aktif dalam menciptakan karya-karya dari penelitian mahasiswa/i yang berkolaborasi dengan dosen dalam melakukan penelitian untuk menemukan sebuah jalan keluar dari masalah yang ada di dunia khususnya di Indonesia yang nanti bisa berguna bagi masyarakat dan bangsa untuk kehidupan manusia.

Untuk itu, UNTAN sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia berkomitmen ikut serta dalam mengembangkan negeri seperti yang ada pada prinsip Bersama UNTAN Membangun Negeri dan juga tentunya bisa dilihat dari yang tertuang dalam visi dan misi UNTAN berikut ini:

  • Visi: Pada tahun 2020 UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional
  • Misi: Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, UNTAN tentu saja menyediakan fasilitas atau saran prasarana penunjang pendidikan untuk mahasiswa-mahasiswi didik mereka. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Ruang Kelas UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Ruang Kelas
Sumber: untan.ac.id

Setiap lembaga pendidikan wajib menyediakan tempat untuk belajar yakni berupa ruang kelas, apalagi sekelas perguruan tinggi untuk menunjang proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen. Tentu saja prinsip tersebut tidaklah hanya sebuah embel-embel saja. Tentu saja kamu tahu kan panasnya Kota Pontianak seperti apa? Nah, demi kenyamanan proses belajar mengajar antara mahasiswa/i dengan dosen, UNTAN memiliki ruangan kelas yang sudah modern kok di setiap jurusannya.

2. Laboratorium UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Laboratorium Fakultas Kedokteran
Laboratorium Kedokteran, sumber: kedokteran.untan.ac.id

Sarana penunjang kegiatan belajar praktik untuk mahasiswa/i di UNTAN pun terbilang sudah lengkap, mulai dari laboratorium bahasa, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium komputer, pusat budidaya tanaman darat dan air, hingga studio dan workshop pun di UNTAN sudah tersedia. Tersedianya fasilitas laboratorium ini memang sangat diperlukan untuk mendukung proses penelitian maupun pembuatan karya oleh mahasiswa/i.

3. Perpustakaan UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Perpustakaan by UPT Perpus UNTAN
Sumber: UPT Perpustakaan UNTAN

Yang tak kalah penting untuk mendukung mahasiswa/i dalam menciptakan karya atau mengembangkan penelitiannya adalah sumber referensi ilmu untuk dapat mewujudkan prinsip tersebut. Yaps perpustakaan, perpustakaan bagi saya merupakan tempat atau sumber informasi ilmu yang paling bisa dipercaya untuk digunakan dalam mengembangkan karya atau penelitian seorang mahasiswa/i. Jika dibandingkan dengan perpustakaan di kampus-kampus lain yang ada di Kalimantan Barat, perpustakaan UNTAN jauh lebih lengkap dan lebih bagus.

4. Auditorium UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Auditorium
Auditorium UNTAN, sumber: untan.ac.id

Tahukah Kamu? UNTAN memiliki sebuah Auditorium yang terdiri dari Hall Room, dan Open Stage, yang bisa digunakan untuk berbagai acara, baik itu seminar, acara kesenian, dsb. Nah, ketika sore hari biasanya open stagenya digunakan untuk latihan drama, tari, musik, dsb oleh mahasiswa atau mahasiswi dengan UKM terkait.

5. Sistem Akademik UNTAN (SIAKAD)

Bersama UNTAN Membangun Negeri SIAKAD

Tahukah Kamu? UNTAN sudah memiliki sistem informasi akademik yang berbasis online dalam mendukung mahasiswa/i UNTAN untuk mendapatkan informasi-informasi penting selama sedang menimpa ilmu di Universitas Tanjungpura loh. Dengan SIAKAD mahasiswa/i UNTAN bisa mendapatkan informasi berupa hasil nilai ujian, nilai selama kuliah beserta IPS & IPK, pembayaran, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), jadwal perkuliahan, dsb yang bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui smartphone maupun laptop masing-masing mahasiswa/i.

Lalu, Apa Tindakan Nyata UNTAN Dalam Membangun Negeri?

Berikut ini ada beberapa bentuk tindakan nyata yang telah dilakukan oleh Universitas Tanjungpura (UNTAN) sesuai dengan prinsipnya.

Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri UNTAN

Setidaknya sudah ada beberapa kerjasama yang sudah dilakukan oleh Universitas Tanjungpura baik itu kerjasama di dalam negeri maupun kerjasama di luar negeri. Kerjasama di dalam negeri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Asosiasi Guru Sains Indonesia PGRI Kalimantan Barat, dalam kerjasama untuk membina dan mengembangkan kompetensi Asosiasi Guru Sains Indonesia PGRI Kalimantan Barat
  2. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dalam kerjasama survey kualitas program siaran televisi
  3. Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, kerjasama dalam rangka seleksi penerimaan anggota POLRI
  4. The University of Groningen, The Netherlands, kerjasama tersebut dalam bentuk Exchange Programmes, based on their respective academic and educational
  5. Departement of Geography, College of Arts and Sciences, University of OregonCooperation about exhange of both Parties’ members, Exchange of scientific materials, publications and information, Details on imlpementation of the cooperative proyect set forth above shall be consulted on, agreed to, and confirmed in a written document.

Dan tentunya masih banyak kerjasama lainnya yang mendukung prinsip milik Universitas Tanjungpura tersebut. Sekian artikel BadrulMozila kali ini dalam Mengenal Konsep Universitas Tanjungpura (UNTAN) Dalam Membangun Negeri, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan juga berguna bagi bangsa dan negera. Wassalammualaikum.

Baca juga:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s