Contoh Proposal Penelitian
Contoh Proposal Penelitian

Contoh Proposal Penelitian Terbaru dan Terlengkap – Hallo apakabar warganet Indonesia, kali ini badrulmozila.com akan berbagi tips atau tutorial tentang Bagaimana sih “Cara Membuat Proposal Penelitian Terbaru Dengan Baik dan Benar dan Contohnya Terlengkap“. Untuk itu, mari simak artikel kali ini. Tapi sebelum melangkah ke yang lebih jauh mengenai Contoh Proposal Penelitian Terbaru dan Terlengkap yang benar dan baik. Tapi sebelum itu, alangkah lebih baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Proposal Penelitian.

Apa itu Proposal Penelitian?

Tahukah kamu? Proposal Penelitian merupakan sebuah karya ilmiah yang berisikan sebuah rancangan penelitian dari mahasiswa atau mahasiswi yang ingin melakukan sebuah penelitian di objek tertentu. Proposal penelitian didalamnya akan menjelaskan detail atau rincian dari penelitian yang akan dilakukan nanti, rincian tersebut antara lain seperti alasan melakukan penelitian, metode yang akan digunakan didalam penelitian, dan hasil yang ingin dicapai nantinya.

Jenis Proposal Penelitian

Ada beberapa jenis proposal penelitian diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Proposal Penelitian Kuantitatif:
  2. Proposal Penelitian Kualitatif:
  3. Proposal Penelitian Ilmiah:
  4. Proposal Penelitian Pendidikan
  5. Proposal Penelitian Kesehatan
  6. dll

Baca juga: Jenis-Jenis Proposal

Seperti yang kita ketahui, penelitian sendiri memiliki tujuan yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya proposal penelitian memiliki inti (isi) yang sama.

Apa Sih Fungsi Proposal Penelitian ?

Tentu Anda sendiri sudah mengetahui apa saja fungsi dari proposal penelitian lah ya, jadi tidak perlu untuk saya jelaskan kembali lah ya. Namun bila Anda belum mengetahui hal tersebut akan saya jelaskan ringkas mengenai fungsi dari proposal penelitian.

Cara Membuat Proposal Penelitian Terbaru Dengan Baik dan Benar dan Contohnya

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat proposal penelitian dengan baik dan benar. Adapun beberapa bagian-bagian dalam membuat proposal penelitian yang harus kamu perhatikan, bagian-bagian proposal penelitian tersebut antara lain seperti halaman judul, latar belakang, batasan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian, dll. Untuk detailnya bisa dilihat pada bagian-bagian proposal penelitian terbaru.

Baca juga: Cara Membuat Proposal

Bagian-Bagian Proposal Penelitian Terbaru

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwasannya proposal penelitian memiliki bagian-bagian yang harus diperhatikan. Berikut detail penjelasannya mengenai Bagian-Bagian Proposal Penelitian yang Baik dan Benar.

1. Halaman Judul

Contoh Proposal Penelitian
Contoh Proposal Penelitian

Pada bagian halaman judul proposal penelitian akan memuat judul penelitian, jenis laporan, lambang perguruan tinggi (universitas), nama kamu, nomer induk mahasiswa (NIM), program studi, fakultas, nama perguruan tinggi, dan tahun. Berikut penjelasan detailnya.

  • Judul: Judul penelitian bisa kamu tulis dengan singkat dan padat, yang terpenting judul tersebut menggambarkan konsep maupun topik penelitian yang akan Anda angkat, serta terdapat keterkaitan antara variable, lokasi penelitian, serta metode penelitian Anda. Judul ditulis dengan menggunakan huruf kapital atau besar semua (A,B,C,D,E,dst.)
  • Jenis Laporan: Usulan penelitian
  • Lambang Perguruan Tinggi: Logo universitas Anda, silahkan cari logo universitas Anda dengan format gambar yakni (.png) dan logo perguruan tinggi tersebut berwarna sesuai dengan logo umumnya universitas tinggi Anda tersebut.
  • Nama dan NIM: Cantumkan juga nama dan NIM Anda sesuai dengan data dari perguruan tinggi Anda.
  • Program Studi: Program studi Anda
  • Fakultas: Fakultas Anda
  • Nama Perguruan Tinggi: Nama universitas sesuai dengan nama universitas Anda
  • Tahun Pengajuan: Tahun pengajuan proposal penelitian Anda

2. Halaman Persetujuan

Pada bagian halaman persetujuan proposal penelitian berisikan judul usulan penelitian, waktu persetujuan, dan tanda tangan dosen pembimbing.

3. Daftar Isi

Contoh Proposal Penelitian Daftar Isi
Kurang lebih seperti ini daftar isi dari proposal penelitian

Pada bagian daftar isi proposal penelitian berisi mengenai isi dari proposal penelitian, baik itu bab maupun sub bab dari proposal penelitian tersebut. Tentunya Anda sendiri tahulah apa fungsi dari daftar isi. Tentunya ya untuk mempermudah pembaca dalam mencari informasi yang sedang dicari. Jadi, susunlah daftar isi tersebut sesuai dengan halaman dan sub bab maupun bab yang ada pada proposal penelitian Anda nantinya.

4. Isi Proposal Penelitian

Pada bagian isi proposal penelitian terdapat beberapa bab yang akan menjelaskan tujuan dari penelitian yang akan Anda lakukan nantinya. Beberpa bab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Ceritakan secara singkat namun padat mengenai permasalahan yang ada di objek atau lokasi penelitian yang akan Anda bahas dan yang akan berkaitan dengan topik dari penelitian Anda. Uraikan masalah tersebut, oleh sebab itu diperlukan data studi awal dari lokasi penelitian.

Latar belakang tersebu juga harus bisa menjawab mengepa Anda memilih topik tersebut.

2. Perumusan Masalah

Pada perumusan masalah proposal penelitian berisi mengenai perumusan dalam bentuk kalimat tanya yang menggambarkan mengenai kondisi permasalahan yang terjadi di lokasi penelitian Anda dan tentunya yang berhubungan dengan topik Anda dengan jelas.

3. Batasan Masalah

Pada batasan masalah atau pembatasan ruang lingkup proposal penelitian berisi mengenai sebuah batasan-batasan yang harus Anda jelaskan supaya penelitian yang Anda lakukan nantinya tidak melebar kemana-mana yang tidak berhubungan dengan topik Anda. Pembatasan ruang lingkup tersebut meliputi; topik/tema penelitian, area penelitian/sumber informasi, serta waktu penelitian. Selain itu, pembaca juga bisa memahami dan mengetahui arah atau alur dari penelitian Anda.

4. Tujuan Masalah

Tujuan masalah pada proposal penelitian terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum sendiri meliputi tujuan yang akan dicapai secara menyeluruh yang akan menjawab topik/tema penelitian. Sedangkan tujuan khusus sendiri meliputi jabaran atau rincian dari tujuan umum secara operasional sesuai dengan perumusan dan pembatasan masalah. Tujuan khusus akan menggambarkan hasil dan pembahasan yang akan diperoleh dari penelitian ini.

5. Manfaat Penelitian

Pada bagian ini Anda akan menjabarkan manfaat dari penelitian yang dilakukan bagi objek/lokasi penelitian, bagi Anda, maupun bagi perguruan tinggi dalam upaya pengembangan pengetahuan ilmu.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Tinjauan pustaka pada proposal penelitian sendiri akan berisi informasi-informasi yang bersinggungan dengan topik/tema penelitian Anda, baik itu berupa materi, definisi, maupun gambar dari sumber terpercaya (media terkenal, tokoh, dll). Tinjauan pustaka disusun berdasarkan tujuan penelitian, pertanyaan penelitian dan masalah yang akan dipecahkan. Sumber yang dipakai dalam tinjauan pustaka harus disebutkan dengan mencantumkan nama penulis dan tahun terbit dengan model Vancouver.

Berikut ada beberapa sub bab yang terdapat pada BAB II TINJAUAN PUSTAKA proposal penelitian:

1. Landasan Teori

Landasan teori pada proposal penelitian sebetulnya sama pada umumnya, yakni menguraikan materi yang berasal dari referensi-referensi para ahli terpercaya maupun jurnal atau buku.

2. Hipotesis

Pada bagian hipotesis proposal penelitian akan memuat pertanyaan singkat yang disimpulkan atau berdasarkan referensi pada landasan teori. Hipotesis pada proposal penelitian tidak harus ada, tapi tergantung dari jenis dan tujuan dari penelitian.

Ciri-Ciri Hipotesis:

  1. Berkaitan dengan bidang ilmu atau topik yang sedang diteliti
  2. Dapat diuji, diukur, serta dibandingkan sehingga bisa mendapatkan hasil yang objektif
  3. Dinyatakan dalam bentuk pernyataan bukan kalimat tanya

BAB III METODE PENELITIAN

Pada Bab III proposal penelitian yakni metode penelitian, memuat sebagai berikut:

  1. Jenis Penelitian: Berisi mengenai alur atau langkah-langkah yang akan diambil untuk membuktikan kebenaran hipotesis atau berdasarkan metode dari topik yang diangkat
  2. Lokasi dan Waktu Penelitian: Berisikan mengenai informasi mengenai tempat penelitian dan waktu pelaksanaan penelitian
  3. Teknik Pengumpulan Data: Berisikan mengenai cara pengumpulan data, yakni bisa berupa data primer maupun data sekunder. Cara pengumpulan data bisa berupa observasi, wawancara, maupun angket.

5. Daftar Pustaka

Daftar pustaka proposal penelitian tidak berbeda dengan laporan-laporan pada umumnya, yakni berisikan sumber referensi yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam pembuatan penelitian maupun laporan tugas akhir.

6. Lampiran

Lampiran proposal penelitian bisa berisikan keterangan atau informasi yang diperlukan selama saat proses penelitian.

Contoh Proposal Penelitian

Berikut adalah beberapa Contoh Proposal Penelitian yang Badrul Mozila kumpulkan dari berbagai referensi.

  1. Contoh Proposal Penelitian 1: download disini
  2. Contoh Proposal Penelitian 2: download disini

Sekiranya seperti itulah Contoh Proposal Penelitian Terbaru Baru Beserta Cara Membuat Proposal Penelitian Dengan Baik dan Benar. Namun perlu diingat, Contoh Proposal Penelitian pada artikel badrulmozila kali ini tidak menjadi patokan dalam membuat proposal penelitian. Namun bisa Anda gunakan sebagai sumber referensi yang bisa Anda gabungkan dari referensi-referensi yang lainnya.

Nah itulah artikel badrulmozila.com kali ini semoga artikel mengenai Contoh Proposal Penelitian Terbaru dan Terlengkap bisa bermanfaat bagi teman-teman yang akan melakukan penelitian. Sekian dan terimakasih banyak.

Baca juga:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s