Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar awal
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar awal

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar – Pada dasarnya manusia memiliki sifat bosan dan ingin mencoba yang baru. Tak terkecuali dengan pekerjaan, banyak karyawan ataupun pekerja yang sudah bekerja lama di suatu perusahaan ingin melakukan pengunduran diri alias Resign. Tentu banyak alasan dibalik pengunduran diri tersebut, baik itu bosan, sudah tidak sejalan dengan visinya, ataupun karena faktor lingkungan kerja. Nah untuk itu Badrul Mozila kali ini akan memberikan Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Resmi dan Benar.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri (Resign)?

Tapi sebelum membahas mengenai contoh surat pengunduran diri (resign) alangkah lebih baiknya bila BadrulMozila menjelaskan terlebih dahulu apa itu Surat Pengunduran Diri (Resign). Surat Pengunduran Diri atau juga bisa diartikan dengan Resign merupakan surat yang digunakan untuk menyatakan bahwa dirinya akan berhenti bekerja dari tempat kerjanya saat itu, baik itu bekerja di perusahaan swasta maupun pemerintahan.

Dengan diterbitkannya surat pengunduran diri (resign) tersebut tentunya karyawan yang mengajukan pengunduran diri tersebut berharap pengundurannya bisa berjalan sesuai dengan etika karyawan/pekerja, dan bisa diakui oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar awal
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar

Berikut ini adalah beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) resmi dan benar yang telah badrulmozila.com rangkum dari berbagai sumber:

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Benar dan Resmi Pertama:

Demak, 1 Januari 2018

Perihal: Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia/HRD
PT. Badrul Mozila Tech
Jl. Pemuda No. 1, Kabupaten Demak

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                  : Muhammad Badrul
  • Bagian/Jabatan : Webmaster
  • NIP                      : WEB0001912
  • Alamat               : Jl. Imam Bonjol No. 32, Kota Semarang, Jawa Tengah

Dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri dari PT. Badrul Mozila Tech terhitung sejak tanggal 7 Januari 2018. Saya mengajukan pengunduran diri ini karena (………..alasan Anda………..*tidak berkenan dikasih juga tidak apa-apa). Oleh sebab itu, demi kelancaran hal tersebut saya perlu mengundurkan diri dari PT. Badrul Mozila Tech. Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Badrul Mozila Tech. Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Badrul Mozila Tech apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Badrul Mozila Tech.

Demikianlah surat pengunduran diri yang saya ajukan. Atas dukungan dan segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar

 

 

Muhammad Badrul
NIP: WEB0001912

Nah itulah Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Benar dan Resmi. Tentunya dari contoh surat pengunduran diri diatas bisa Anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsep dari surat pengunduran diri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep surat lamaran kerja. Yang mana inti dari kedua surat tersebut yakni sama-sama melakukan permohonan.

Baca juga: Contoh Proposal Penelitian Terbaru dan Terlengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar Kedua:

Berikut contoh surat pengunduran diri (resign) versi gambar yang mungkin lebih jelas untuk Anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar

Namun ada yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sebuah Surat Pengunduran Diri (Resign) seperti pada Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Benar dan Resmi berikut ini.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Benar dan Resmi

Berikut beberapa yang harus Anda perhatikan dalam membuat Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Benar dan Resmi:

1. Buatlah Surat Pengunduran Diri (Resign) Dengan Menggunakan Tulisan Tangan Anda

Seperti halnya dengan surat lamaran kerja yang pembuatannya lebih baik menggunakan tulisan tangan. Namun seiring berjalannya waktu, sudah banyak pengajuan surat pengunduran diri menggunakan sarana komputer atau dalam bentuk print-out

2. Menggunakan Bahasa Sopan

Tentunya dalam pembuatan surat pengunduran diri (resign) wajib menggunakan bahasa yang sopan dan juga menggunakan kata atau kalimat dengan bahasa resmi sesuai EYD

3. Menyampaikan Maksud Tanpa Bertele-Tele

Alangkah lebih baiknya bila surat pengunduran diri ditampilkan sesuai dengan maksud dan tujuan Anda, istilahnya to the point. Agar orang yang bersangkutan tahu mengenai maksud dan tujuan Anda memberikan surat tersebut.

Baca juga: Cara Membuat SKCK

4. Menyampaikan Ucapan Terimakasih

Sampaikan ucapan terimakasih atas segala yang telah diberikan perusahaan kepada Anda selama ini. Sampaikan juga permohonan maaf bila Anda mungkin telah atau pernah melakukan kesalahan selama bekerja di perusahaan tersebut.

5. Penyelesaian Tanggung Jawab

Dan yang terakhir adalah menyelesaikan tanggung jawab yang sebelumnya memang aktivitas maupun tanggung jawab tersebut milik Anda. Bukan berarti setalah Anda mengirimkan surat permohonan pengunduran diri Anda bisa lepas dari tanggung jawab yang sebetulnya adalah tugas Anda.

Nah itulah Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi dan Benar dari Badrul Mozila yang semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari lingkungan kerja sesuai dengan harapan dan kenyamanannya. Sekian dan terimakasih banyak.

Baca juga:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s