Jenis-Jenis Proposal Penelitian dan Penjelasannya – Sebelumnya badrulmozila.com sudah menjelaskan mengenai contoh proposal penelitian dan juga bagaimana cara membuat proposal kegiatan. Nah sekarang badrulmozila juga akan memberikan informasi apa saja sih jenis-jenis proposal beserta penjelasannya. Yuk simak artikel Jenis-Jenis Proposal dan Penjelasannya berikut ini.

Apa itu Proposal ?

Proposal biasanya indentik dengan surat pengajuan dana untuk suatu kegiatan atau surat pengajuan terhadap seponsor, sebenarnya proposal memiliki arti lebih dari itu. Untuk itu kali ini kita akan bersama-sama membahas pengertian dan contoh proposal kegiatan yang baik dan benar.

Tahukah kamu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Jadi pada dasarnya Proposal itu merupakan sebuah rancangan yang dibuat untuk suatu kegiatan, baik itu seminar, perlombaan, atau kegiatan lainnya suapaya rencana yang sudah dibuat bisa berjalan dengan baik sesuai yang tertulis dalam proposal

Baca juga: Proposal Kegiatan

Jenis-Jenis Proposal Penelitian dan Penjelasannya

Proposal penelitian sendiri dibagi menjadi 4 jenis proposal penelitian, jenis-jenis proposal penelitian dan penjelasannya tersebut yakni adalah sebagai berikut [1].

1. Proposal Penelitian Pengembangan

jenis-jenis proposal penelitian pengembangan dan penjelasannya
jenis-jenis proposal penelitian pengembangan dan penjelasannya

Proposal penelitian pengembangan digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang aktual. Dalam hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah.

Skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda.

Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mencari jawaban terhadap suatu permasalahan, sedangkan kegiatan pengembangan berupaya menerapkan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

jenis-jenis proposal penelitian kajian pustaka dan penjelasannya
jenis-jenis proposal penelitian kajian pustaka dan penjelasannya

Jenis-jenis proposal penelitian kajian pustaka dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan atau untuk keperluan baru.

Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan, atau sebagai dasar pemecahan masalah

3. Proposal Penelitian Kualitatif

jenis-jenis proposal penelitian kualitatif dan penjelasannya
jenis-jenis proposal penelitian kualitatif dan penjelasannya

Jenis-jenis proposal penelitian kualitatif yang dimaksudkan adalah untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.

Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.

4. Proposal Penelitian Kuantitatif

jenis-jenis proposal penelitian kuantitatif dan penjelasannya
jenis-jenis proposal penelitian kuantitatif dan penjelasannya

Jenis proposal penelitian kuantitatif pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.

Baca juga: Contoh Proposal Penelitian

Sumber referensi: [1] litstarss.blogspot.com

Nah, itulah kira-kira Jenis-Jenis Proposal Penelitian dan Penjelasannya yang mungkin bisa bermanfaat untuk teman-teman pengunjung blog Badrul Mozila. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Artikel terkait:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s