Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Tentunya setiap dari kita ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan harapan kita. Baik itu bisa bekerja sebagai pekerja tetap, maupun bisa kerja di perusahaan atau instansi favorit kita. Tak lain halnya dengan penulis Badrul Mozila. Tentu saja untuk bisa diterima sebagai karyawan dan bisa bekerja di perusahaan yang kita inginkan, tentunya kita harus melewati tahapan-tahapan seleksi yang diberikan. Salah satunya yakni menawarkan diri kepada suatu perusahaan melalui sebuah surat. Ya Surat Lamaran Kerja, untuk itu kali ini BadrulMozila.com akan memberikan beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dan juga Cara Membuatnya.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja ?

Tapi sebelum itu, Badrul Mozila akan menjelaskan singkat mengenai Surat Lamaran Kerja. Tahukah kamu? Surat Lamaran Kerja merupakan sebuah surat yang digunakan untuk menyampaikan permohonan dalam rangka melamar pekerjaan di suatu perusahan atau perorangan.

Baca juga: Apa Itu Surat Pengunduran Diri (Resign)

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Tips

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan, yakni:

1. Kualifikasi Pendidikan dan Kemampuan

Perusahaan yang akan mencari karyawan baru akan melakukan seleksi dengan baik supaya bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas sesuai dengan harapan mereka. Nah tentunya di dalam surat lamaran kerja akan juga dilampirkan sebuah daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang memuat mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja kita. Berikan kesan menonjol atau kelebihan kita untuk dipamerkan (istilahnya lah ya) kepada calon perusahaan kita.

Baca juga: Contoh Curriculum Vitae (CV) yang Menarik

2. Kualitas Perusahaan

Pertimbangkan kualitas perusahaan yang akan kita lamar ya. Usahakan carilah terlebih dahulu sejarah ataupun seluk beluk perusahaan tersebut. Saya sendiri juga pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan. Jadi ceritanya saya ngelamar kerja di sebuah perusahaan, dan beberapa hari kemudian dapat panggilan wawancara. Eh gak taunya sampai dilokasi alamat dan bentuk fisik kantor perusahaannya tidak sesuai dengan apa yang mereka jabarkan ketika sedang mencari karyawan baru.

Alhasil zonk!!! buang-buang bensin dah. Niat nyari kerja buat dapet uang eh.. malah ngeluarin uang sia-sia. Jadi pertimbangkanlah poin yang satu ini.

3. Adaptasi Lingkungan

Saya yakin setiap orang harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan lingkungan baru yang dia kenal. Oleh sebab itu, perhatikanlah perusahaan yang akan kita lamar tersebut. Baik itu dari segi lingkungan, karyawannya, aturannya, tekannya. Supaya bisa bekerja dengan rasa nyaman dan aman.

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Nah, lalu apa saja sih bagian-bagian dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar itu? Nah berikut ini ada beberapa bagian-bagian dari Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.

  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran Kerja
  2. Perihal
  3. Salam Pembuka
  4. Isi Surat
  5. Identitas Diri (Nama, Nomer handphone, Alamat, Email, dsb. Bisa dilihat di Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dibawah)
  6. Lampiran
  7. Salam Penutup
  8. Tanda Tangan dan Nama Terang

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar menurut Badrul Mozila.

1. Buatlah Surat Lamaran Pekerjaan Diatas Kertas Folio Garis

Menurut saya, surat lamaran pekerjaan alangkah lebih baik jika ditulis tangan oleh yang bersangkutan atau pelamar kerja. Jika proses lamar kerja dilakukan melalui online bisa kok discan atau difoto menggunakan kamera atau smarphone (asalkan surat lamaran kerja terlihat dengan jelas), toh juga harga scannya cuman Rp 1.000/scan disetiap fotocopy yang sudah ada print-printan tentunya sudah memiliki alat tersebut.

Memang kadang ada juga yang menggunakan softcopy ataupun diketik menggunakan komputer. Ya kembali kepada diri masing-masing lah ya, mau menggunakan tulis tangan atau ketik menggunakan komputer.

2. Ikuti Langkah Pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan

Ikuti cara membuat surat lamaran pekerjaan sesuai dengan bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang sudah saya cantumkan diatas. Cantumkanlah informasi sesuai dengan kenyataannya atau sejujur-jujurnya

3. Tulis Dengan Rapi

Jika Anda menggunakan tulisan tangan, saya sarankan jangan ada coretan sedikitpun maupun. Dan usahakan tulisan Anda mudah dibaca.

Baca juga: Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa Badrul Mozila share kepada teman-teman pejuang amplop coklat.

Demak, 08 Agustus 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Badrul Mozila Tech
Jl. Pemuda No. 1 Blok B1-323
Kabupaten Demak

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan penawaran pekerjaan dari PT. Badrul Mozila Tech, seperti yang termuat di (sesuaikan dengan iklan pekerjaan yang Anda lihat ya, contoh: website badrulmozila.com). Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya untuk mengajukan diri melamar kerja sebagai Webmaster di PT. Badrul Mozila Tech. Berikut adalah data diri saya.

       Nama : Badrul Muhammad
       Tempat & Tanggal Lahir : Demak, 1 Mei 1998
       Pendidikan Terakhir : Sarjana Komputer (S.Kom) Universitas Dian Nuswantoro
       Alamat : Jalan Pemuda No. 32 RT. 05/RW.01, Kabupaten Demak (59512)
       No. Handphone : 087831318451
       Email : info.badrulmozila@gmail.com
       Status Pernikahan : Belum Menikah

Saat ini saya memiliki kondisi kesehatan yang baik. Saya sudah terbiasa bekerja menggunakan komputer maupun laptop. Saya sudah pernah membuat sebuah website, saya juga menguasai bahasa pemrograman, PHP, Database, CSS, Framework CI, dan juga paham mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun secara tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup,
  2. SKCK,
  3. Legalisir Ijazah Sarjana Komputer,
  4. Fotocopy Sertifikat Pelatihan,
  5. Hasil Karya Website Pribadi,
  6. Pas Foto 4X6.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan secara lebih detail tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatiannya Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

      Hormat saya,

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Badrul Muhammaxd

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Menggunakan Tulisan Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tentunya beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar versi Badrul Mozila diatas bisa Anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan. Contoh surat lamaran kerja diatas hanya sebagai patokan saja, selebihnya bisa Anda kembangkan sendiri.

Artikel terkait:

Sekian artikel mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman khususnya yang sedang berjuang mencari pekerjaan sesuai dengan harapannya masing-masing, Terimakasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s