Pentingnya Memiliki Ketrampilan Membuat Video Menarik di Era Kekinian.jpg

Mungkin sebagian dari kita khususnya para generasi milenial tentunya memiliki keahlian dalam membuat sebuah video yang menarik merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi di era sekarang banyak media sosial yang dapat menampung video karya kita untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas. Media sosial tersebut diantaranya seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan masih banyak yang lainnya. Tentunya Anda sendiri sudah memiliki akun dari salah satu media sosial tersebut bukan? apa mungkin sudah memiliki semuanya? haha tentu saja. Saya yakin pasti Anda yang saat ini sedang membaca artikel ini memiliki salah satu akun media sosial.

Berikut ini ada video karya saya yang saya unggah ke Instagram. Ya sayangnya disaat itu, Instagram hanya bisa menampung video dengan berdurasi maksimal kurang dari 1 menit. Sehingga video yang sebenarnya berdurasi selama 2 menit lebih terpaksa harus terpotong. Namun, saat ini Instagram sudah mampu menampung video hingga berdurasi 10 menit melalui Instagram-TV. Ya memang meskipun masih terbatas, tapi cukuplah ya buat berkarya. Tapi kalau ingin bisa berdurasi selama berjam-jam Youtube punya.

Apa itu Video Editing

Tahukah Anda? Video Editing merupakan suatu proses memilih atau menyunting beberapa video ataupun beberapa gambar yang sudah direkam atau didapatkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah video yang bisa ditonton secara utuh. Wah gampang ya.. iya kelihatannya sih gampang, tapi sebenarnya video editing tidak sekedar menggabungkan klip video-video maupun gambar menjadi satu, tetapi lebih dari itu.

Seiring perkembangan teknologi, kini videografi juga ikut mengalami perkembangan dan perubahan baik itu dari segi transisi, backsound, effect, lighting, dll. Vlogger sendiri yang merupakan sebutan dari para kreator video kini saling berkompetisi untuk membuat sebuah video yang menarik yang bisa ditonton dan dikenal oleh masyarakat luas. Video menarik bukan berarti video tersebut dibuat dengan biaya yang mahal, tetapi video yang memiliki konten atau konsep positif yang bisa mendidik dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hal-hal tertentu.Youtuber Chandra Liow

Salah satu vlogger ataupun youtuber inspirasi saya yang selalu membuat video dengan konten yang sangat berkualitas dan menarik adalah Chandra-Liow. Chandra-Liow sendiri merupakan youtuber Indonesia yang sudah terkenal, memiliki nama asli Chandra Timothy Liow dan lahir di Jakarta. Pria yang akrab dipanggil dengan Chandra-Liow ini tentunya memiliki kemampuan dalam membuat video yang luar biasa, serta karya-karya videonya sangat enak ditonton. Tak jarang Chandra-Liow banyak tawaran kerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama. Wah gak heran deh Chandra-Liow punya penghasilan yang fantastis.

Nah berikut ini ada salah satu contoh video dari Chandra-Liow:

Keuntungan Memiliki Ketrampilan Video Editng

Tentunya Anda juga sudah mengetahui betapa berharganya sebuah dokumentasi terutama dalam bentuk video di masa lalu untuk di masa yang akan datang. Ya, salah satunya untuk mengingat momen ataupun sejarah di masa lalu untuk dikenang ataupun sebagai media pembelajaran di masa yang akan datang. Tetapi manfaat menguasai video editing tidak hanya itu saja, nah berikut ada beberapa manfaat video editing.

1. Media Belajar

Dengan menguasai video editing, tentunya Anda bisa membuat sebuah video untuk keperluan mendukung suatu proses pembelajaran. Apalagi jika Anda seorang guru, dosen, ataupun pembicara tentunya keahlian video editing sangat diperlukan dalam mendukung pekerjaan Anda tersebut. Melalui sebuah video tentunya Anda bisa menyampaikan informasi bahkan motivasi untuk para audiens Anda dengan lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan slide presentasi ataupun teks saja.

Tentunya dengan menggunakan sebuah video, imajinasi audiens Anda juga ikut dilatih sehingga informasi ataupun motivasi yang Anda sampaikan bisa ditanamkan dan diserap oleh audiens Anda.

2. Media Promosi

Bagi Anda yang memiliki sebuah produk ataupun jasa tentunya dengan menggunakan sebuah video, Anda bisa melakukan promosi produk/jasa Anda secara lebih efektif kepada masyarakat luas. Melalui video tersebut Anda bisa menjelaskan dan memberikan informasi mengenai kelebihan dari produk/jasa Anda secara lebih detail dan tentunya dengan menampilkan kelebihan-kelebihan produk/jasa Anda tersebut. Sehingga masyarakat juga ikut lebih percaya dan yakin untuk menggunakan atau membeli produk/jasa Anda tersebut.

Anda sendiri tentunya sering melihat iklan-iklan di televisi saat jeda acara berlangsung bukan? baik itu iklan mobil, motor, ataupun makanan. Nah, melalui iklan video tersebut secara tidak langsung Anda tentunya pernah tertarik untuk membeli produk/jasa dari iklan tersebut. Berbeda lagi jika iklan tersebut hanya menampilkan teks dan gambar yang tidak bergerak? tentu saja Anda tidak akan tertarik dengan iklan tersebut, bahkan mungkin Anda akan mengganti channel tv Anda atau mungkin pergi ke dapur atau meninggalkan tempat nonton Anda.

Jadi betapa pentingnya kemampuan video editing untuk Anda seorang wirausaha yang sedang ingin mengembangkan, mengenalkan, dan memasarkan produk/jasa Anda kepada masyarakat luas.

3. Dokumentasi

Siapa sih yang tidak ingin momen-momen penting dalam kehidupan kita tidak di dokumentasikan? baik itu saat kita sedang menikah, saat kita berlibur, berkempul dengan keluarga besar, ataupun momen penting yang lainnya. Ya pastinya ingin dong ya punya dokumentasi salah satunya dalam bentuk video, apalagi ketika kita berada di momen saat-saat sedang menikah.

Bagi saya pribadi sebagai seorang blogger, memiliki kemampuan untuk bisa membuat video yang menarik merupakan kewajiban. Video bagi saya merupakan salah satu komponen penting didalam membuat sebuah artikel yang menarik. Dengan menggunakan tambahan sebuah gambar dan video tentunya saya berharap pengunjung blog saya bisa mendapatkan informasi di setiap artikel yang saya buat di BadrulMozila.com. Tentu seperti yang kita ketahui membaca akan sangat terasa membosankan jika sebuah artikel hanya berisi teks saja.

Betapa Pentingnya Belajar Video Editing

Betapa pentingnya kita bisa memiliki keahlian dalam membuat sebuah video daripada menggunakan jasa pembuatan video setiap momen tertentu, tentunya akan menghamburkan uang kita. Untuk itu pentingnya Anda memiliki ketrampilan dalam membuat video yang menarik supaya bisa Anda manfaatkan untuk keperluan dalam mendukung pekerjaan Anda. Apalagi jika Anda benar-benar menekuni dunia video editing tentunya bisa memiliki penghasilan yang fantastis seperti youtuber Chandra-Liow.

beberapa software untuk membuat video

Kalau saya sendiri sih lebih suka menggunakan software dari Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect. Tapi untuk saat ini saya hanya bisa menguasai Adobe Primiere Pro saja, belum terlalu bisa menggunakan Adobe After Effect yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Melalui software Adobe After Effect saja Anda bisa membuat film ala-ala hollywood loh, dijamin keren deh kalau udah bisa menguasai Adobe After Effect. Mau bikin video buat iklan promosi, video buat presentasi, ataupun video buat film pun tentunya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Tentunya untuk bisa membuat sebuah video yang menarik kita harus belajar terlebih dahulu, baik itu belajar kepada teman atau sanak keluarga yang sudah menguasainya, ataupun belajar melalui kursus yang tentunya jauh lebih efektif. Salah satunya bisa kursus di Dumet School.

Kursus Motion Graphic Di Dumet School

Kursus Video Editing ya Dumet School saja! Dumet School sendiri merupakan sebuah lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan sejak tahun 2013. Wah jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas dari Dumet School. Dumet School sendiri menawarkan beberapa kursus salah satunya Kursus Motion Graphic yang akan mengajarkan Anda bagaimana cara membuat video untuk promosi atau video untuk presentasi yang menarik menggunakan software Adobe After Effect.

Kursus motion graphic di Dumet School akan mempelajari bagaimana cara membuat bumper opening video, video CV interaktif, video promosi yang menarik untuk iklan di Youtube, Facebook, dan Instagram. Jadi setelah Anda mengambil kursus motion graphic di Dumet School Anda diharapkan bisa menguasai:

  1. Membuat CV interaktif,
  2. Menggabungkan video dengan foto menjadi satu,
  3. Membuat sebuah bumper opening video,
  4. Membuat video promosi yang sangat menarik untuk media promosi Anda.

Berikut adalah salah satu contoh video motion graphic dari Dumet School.

Untuk estimasi selesai kursus yakni 2 minggu hingga 1 bulan dengan jatah waktu yang tidak terbatas alias seumur hidup dan sampai Anda bisa menguasainya.

Keuntungan Kursus Motion Graphic Di Dumet School

Wah enak juga ya dapat layanan konsultasi dan akan dibimbing sampai bisa. Usia, status, pekerjaan, latar belakang tidak menjadi masalah untuk memulai belajar Video Editing. Dumet School menerima murid dari berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, dosen, guru, hingga staff profesional sekaligus.

Testimonial murid dumet school

Oh iya, murid Dumet School juga tidak hanya berasal dari dalam negeri loh.. melainkan juga dari luar negeri seperti Malaysia. Ayo tunggu apalagi? segera daftarkan diri Anda dalam program Kursus Motion Graphic Dumet School, mumpung  juga ada diskon nih. Tidak ada kata terlambat, mulailah untuk belajar dari sekarang, karena tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat.

agustus2

Kantor Dumet School:

  • Kelapa Gading, Rukan Artha Gading Niaga Blok i-23, Jl. Boulevard Artha Gading Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240 (Belakang Mall Artha Gading), Telp: (021) 4585-0387
  • Grogol, Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No.23, Kel. Tanjung Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470 (Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II), Telp: (021) 2941-1188
  • Tebet, Rukan Crown Palace Blok A No. 12, Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 231 (Samping Universitas Sahid), Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam, Jakarta Selatan 12870, Telp: (021) 2298-3886
  • Srengseng, Ruko Permata Regensi, Blok B-18, Jl. Haji Kelik, Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630 (Depan Hutan Kota Srengseng), Telp: (021) 5890-8355
  • Depok, Ruko Jalan Kartini Raya No. 53 Pancoran Mas, Depok 16436, Telp: (021) 7720-7657

SMS / Whatsapp / Email

  • Kelapa Gading: 0851-0055-5666
  • Grogol: 0819-7555-666
  • Tebet: 0812-1999-9155
  • Srengseng: 0812-9933-3913
  • Depok: 0812-9393-3210
  • Email: info@dumetschool.com
  • Website: dumetschool.com

pentingnya belajar video editing (kesimpulan)

Penting gak sih kita belajar video editing? pendapat saya pibadi sih “sangat penting“. Meskipun saya kuliah tidak mengambil program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), tetapi ketrampilan dalam mengolah dan membuat video yang menarik merupakan nilai tambahan positif yang sangat bermanfaat sekali. Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, bahwa tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat untuk kehidupan kita. Ya salah satunya Video Editing.

Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, tentunya Anda tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menyewa jasa pembuatan video di setiap momen Anda. Apalagi jika Anda memiliki sebuah bisnis, tentu saja Anda bisa memanfaatkan ketrampilan tersebut sebagai media promosi Anda.

Saya sendiri sebagai seorang blogger ketrampilan Video Editing sangat saya perlukan dalam membuat video yang menarik untuk mendukung artikel saya. Belum lagi saya yang masih kuliah, tentunya ketrampilan tersebut bisa saya gunakan untuk membuat sebuah presentasi ketika ada tugas kuliah atau bahkan ketika saya sedang sidang. Tentunya presentasi menggunakan video akan jauh lebih menarik audiens dari pada menggunakan slide biasa.

Jadi, betapa pentingnya Video Editing untuk mendukung kuliah saya, hobi saya, dan mungkin di pekerjaan saya nanti. Cukup sekian artikel saya, terimakasih banyak sudah membaca.

Iklan

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s