Sejarah Bank Mandiri Sebagai Perusahaan Perbankan Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Sejarah Bank Mandiri Sebagai Perusahaan Perbankan Terbesar dan Terbaik di Indonesia – Hallo sedulur Badrul Mozila, semoga tetap dalam kesehatan yang baik ya. Kali ini Badrul Mozila akan membahas mengenai sebuah perusahaan perbankan yang ada di Indonesia yang memiliki aset terbesar saat ini (tahun 2018) berdasarkan laporan publikasi bank yang belum di Audit. Siapakah perusahaan tersebut?

Bank Mandiri, ya tentunya sudah tahu dong dengan perusahaan perbankan di Indonesia yang satu ini dengan sejarah Bank Mandiri yang begitu luar biasa? Bank Mandiri saat ini tercatat memiliki total aset sebesar Rp 1.125 Triliun di tahun 2017 loh.. aset Bank Mandiri tersebut melampaui aset milik PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang hanya tercatat memiliki aset sebesar Rp 1.076 pada tahun lalu [sumber: klik disini]. Yang artinya Bank Mandiri saat ini tercatat sebagai perusahaan perbankan terbesar di Indonesia. Yee.. Mantul! Mantap Betul!

Lalu Bagaimana Sejarah Bank Mandiri di Indonesia

Sejarah Bank Mandiri Sebagai Perusahaan Perbankan Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Tahukah Anda mengenai Sejarah Bank Mandiri? Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Nah di tahun 1999 tepatnya pada bulan juli, 4 bank pemerintah yakni Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia digabungkan menjadi Bank Mandiri. Dimana ke empat bank pemerintah tadi masing-masing memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Bangsa Indonesia.

Hingga saat ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia. Dari sejarah Bank Mandiri tentunya bank ini tidak perlu diragukan lagi dong kualitasnya.

Sejarah Bank Mandiri: Konsolidasi dan Integrasi Bank Mandiri

Setelah melalui proses konsolidasi dan integrasi menyeluruh di segala bidang, Bank Mandiri berhasil membangun organisasi bank yang solid dan mengimplementasikan Core Banking System baru yang terintegrasi menggantikan core banking system dari ke-empat bank legacy sebelumnya yang terpisah.

Lalu Apa Itu Core Banking System?

Core Banking merupakan salah satu elemen paling penting penyusun teknologi informasi di sebuah perusahaan perbankan, yang artinya core banking ini sendiri merupakan jantung dari suatu bank.

Tahukah Anda? didalam core banking tersimpan data nasabah beserta rekening mereka termasuk semua transaksi sejak nasabah membuka rekening hingga menutup rekeningnya.  Fungsi core banking yang paling utama adalah melayani nasabah dalam kebutuhan funding, lending, dan deposit uang. Fungsi lainnya adalah merekam semua transaksi pembayaran.

Sejarah Bank Mandiri: Program Transformasi Bank Mandiri

Di tahun 2005 menjadi titik balik Bank Mandiri, diamana Bank Mandiri memutuskan untuk menjadi bank yang unggul di regional (Regional Champion Bank) yang diwujudkan ke dalam program tranformasi yang dilaksanakan melalui 4 strategi utama yakni:

Baca juga: Bayar Belanja Online

  1. Implementasi budaya,
  2. Pengendalian tingkat NPL secara agresif,
  3. Meningkatkan pertumbuhan bisnis yang melebihi rata-rata,
  4. Pengembangan dan pengelolaan program aliansi.

Untuk meraih aspirasi menjadi predikat Regional Champion Bank, Bank Mandiri melakukan transformasi secara bertahap melalui 3 tahap, yakni:

  1. Tahap 1 (2006-2007): Back on Track,
  2. Tahap 2 (2008-2009): Outperform The Market,
  3. Tahap 3 (2010): Shaping The End Game

Sejalan dengan transformasi bisnis Bank Mandiri tersebut, Bank Mandiri juga melakukan transformasi budaya dengan merumuskan kembali nilai-nilai budaya untuk menjadi pedoman para pegawai Bank Mandiri dalam berperilaku. Nilai-nilai budaya tersebut terbagi menjadi 5 nilai budaya perusahaan yang disebut “TIPCE”.

  1. Trust, yakni Kepercayaan.
  2. Integrity, yakni Integritas.
  3. Professionalism, yakni Profesionalisme.
  4. Customer Focus, yakni Fokus kepada Pelanggan.
  5. Excellence, yakni Kesempurnaan.

Sumber referensi: bankmandiri.co.id

Sejarah Bank Mandiri Sebagai Perusahaan Perbankan Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Tak hanya itu, Bank Mandiri juga terus berupaya memberikan layanan terbaik untuk para nasabahnya. Layanan tersebut salah satunya melalui Mandiri Online, dengan Mandiri Online para nasabah bisa merasakan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online apalagi ketika sedang melakukan transaksi bayar belanja online.

Nah itulah Sejarah Bank Mandiri Sebagai Perusahaan Perbankan Terbesar dan Terbaik di Indonesia yang semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang ingin menambah wawasannya. Jika ada informasi yang sekiranya melenceng dan tidak diperkenankan di dalam artikel ini, silahkan berikan masukan atau komentarnya melalui kolom komentar dibawah ya. Terimakasih.

Baca juga:

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s