Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian #BukaInspirasi

Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian #BukaInspirasi – Setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk bisa menjadi seorang yang sukses. Sukses disini dalam konteks berwirausaha yah, yang artinya usaha ataupun bisnis yang sedang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya dan menghasilkan keuntungan. Untuk itu, artikel Badrul Mozila kali ini akan memberikan inspirasi kepada Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis untuk menjadi seorang wirausahawan sukses di era kekinian. Era kekinian yang saya maksud disini adalah kita sudah masuk di era digital, oleh karena itu mari #BukaInspirasi.

Tahukah Anda? Berwirausaha sendiri merupakan suatu kegiatan usaha yang melibatkan kemampuan untuk melihat kesempatan-kesempatan usaha yang kemudian mengatur, mengorganisir, mengambil resiko, dan mengembangkannya sehingga bisa mendulang keuntungan. Tentunya Anda sudah memiliki rencana usaha apa saja yang akan Anda jalankan nantinya bukan? Kalau belum ada gambarannya, berikut saya akan memberikan beberapa usaha atau bisnis dengan prospek bagus untuk Anda kembangkan di era kekinian.

Kiat Sukses Berwirausaha: 3 Bisnis Dengan Prospek Bagus Di Era Kekinian #BukaInspirasi 

  1. Kuliner: Anda bisa memulai berbisnis dengan kuliner yang memiliki beraneka macam varian yang menarik dan menggoda selera. Tentu bukan rahasia lagi bila kuliner merupakan suatu hal yang sangat dicari setiap harinya. Apalagi sekarang ini, banyak makanan tempo dulu yang dikemas secara “epic” yang bisa menarik perhatian untuk dibeli.
  2. Fashion Style: Cobalah untuk menjual pakaian sesuai dengan eranya, baik itu baju, kaos, tas, celana, topi, ataupun aksesoris lainnya. Bikinlah produk tersebut semenarik mungkin dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar.
  3. Elektronik: Tidak hanya hp, televisi, kamera, ataupun laptop saja, barang elektronik pendukung lainnya seperti powerbank, earphone, RAM, memori, dsb juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini.

Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian #BukaInspirasi

Apalagi perkembangan teknologi di era sekarang ini sangatlah pesat. Tidak jarang pula tercipta teknologi inovatif yang bisa digunakan manusia untuk membantu aktivitas dalam kehidupan, salah satunya dalam urusan berwirausaha. Ya kiat sukses berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi yang sudah tersedia dengan berbagai macam kegunaan, tentunya Anda dapat memanfaatkannya untuk memasarkan produk/jasa yang sedang Anda jalankan.

Komunikasi, siapa sih yang mau menganggap sepele bentuk pelayanan yang satu ini kepada para pelanggannya? Tanpa adanya komunikasi yang baik, tentunya Anda dengan calon pelanggan Anda atau yang sudah menjadi pelanggan Anda tidak bisa menjalin hubungan dengan baik. Sehingga hal tersebut akan berdampak buruk kepada reputasi Anda sebagai penjual, dan yang paling mengerikan lagi pelanggan Anda tersebut kecewa dengan pelayanan Anda, ataupun kapok membeli atau menggunakan jasa Anda tersebut. Nah untuk itu, teknologi seperti chatting, dan sebagainya sangat berguna sekali untuk membantu menjalankan usaha Anda.

Tak hanya itu saja, didalam urusan berwirausaha tentunya ada beberapa kiat sukses yang harus Anda ketahui dan bisa Anda praktekkan nantinya. Nah, berikut ini ada beberapa kiat sukses berwirausaha di era kekinian. #BukaInspirasi

5 Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian #BukaInspirasi

Berikut ada 5 Kiat Sukses Berwirausaha di Era Kekinian yang bisa Anda pelajari dan mungkin Anda praktekan dalam berwirausaha.

1. Kenali Kebutuhan Pelanggan (Cek Pangsa Pasar)

Sebagai seorang wirausahawan, tentunya Anda harus bisa menggali potensi dan kebutuhan dari calon pelanggan Anda terlebih dahulu. Anda harus bisa mengenali latar belakang calon pelanggan Anda yang nantinya akan Anda tawari produk/jasa Anda. Apalagi, kiat sukses berwirausaha dalam mengenali prospek pelanggan sangat cukup penting supaya Anda bisa menjual dengan lebih efektif. Jadi, Anda bisa mengetahui berapa banyak kebutuhan dari target pelanggan Anda membutuhkan suatu produk/jasa. Sehingga nantinya Anda tidak perlu takut lagi, jika produk yang Anda jual tidak laku di pasaran. Tetap optimis! #BukaInspirasi

2. Menguasai Produk

Setelah Anda mengetahui kebutuhan pelanggan Anda, nah kiat sukses berwirausaha kali ini Anda juga harus mengenali dan menguasai produk yang akan Anda jual. Sebagai seorang yang berada di posisi untuk menjual produk atau menawarkan produk, maka sebisa mungkin Anda harus bisa menguasai “Product Knowledge” yang akan Anda tawarkan kepada para calon pelanggan Anda. Jadi pastikan terlebih dahulu, Anda menguasai dan mengetahui segala bentuk informasi mengenai produk yang Anda pasarkan.

Hal tersebut tentunya dilakukan dengan tujuan supaya Anda bisa memberikan informasi keunggulan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan para calon pelanggan Anda tersebut. Apalagi sebagai pembeli atau calon pelanggan tentunya akan menggali informasi suatu produk terlebih dahulu untuk di bandingkan dengan produk yang lain sebelum membelinya. Nah disinilah poin penting kiat sukses berwirausaha untuk menguasai produk yang Anda tawarkan, supaya Anda bisa memberikan informasi keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor Anda. Ingat Anda tidaklah penjual tunggal, banyak kompetitor Anda diluar sana. #BukaInspirasi

3. Kondisi Produk

Kiat sukses berwirausaha selanjutnnya adalah mengenali produk. Setiap pelanggan tentunya selalu menginginkan produk yang mereka beli dalam keadaan yang bagus bahkan sempurna. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus mengecek produk Anda secara berkala dan memastikan produk yang akan Anda berikan kepada pelanggan dalam keadaan yang tidak rusak, kadaluwarsa, ataupun cacat. Disinilah kiat sukses berwirausaha mengenali produk juga dibutuhkan, karena Anda harus mengetahui bagaimana cara perawatan produk Anda tersebut dengan baik, sehingga tidak terjadi kerusakan dan sebisa mungkin meminimalisir kerugian.

Yang pasti kiat sukses berwirausaha di poin ini bertujuan supaya reputasi Anda sebagai penjual tidak buruk. Sehingga pelanggan bisa memberikan poin plus dan ulasan atau testimonial baik.

4. Berikan Pelayanan Baik

Saat menawarkan produk Anda sebisa mungkin Anda menyampaikannya dengan baik, sopan, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan tentunya tidak kasar. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, komunikasi di dalam berwirausaha merupakan elemen atau salah satu faktor penting dalam terwujudnya sukses berwirausaha. Tak hanya komunikasi saja, melainkan pelayanan seperti ketepatan, kecepatan, serta kenyamanan harus Anda berikan kepada pelanggan Anda.

Kiat sukses berwirausaha dalam poin ini bertujuan supaya pelanggan Anda bisa nyaman saat sedang melakukan jual-beli dengan Anda. Dan yang paling penting, jangan sampai Anda membuat pelanggan Anda menunggu lama ataupun merasa bosan ketika sedang ingin mendapatkan barangnya. Hal tersebut tentunya akan bisa berakibat dengan ketidaknyamannya pelanggan Anda.

5. Berikan Garansi

Nah, kiat sukses berwirausaha yang terakhir adalah memberikan sebuah garansi kepada pelanggan Anda. Garansi bukan berarti memberikan produk yang baru ketika barang pelanggan Anda terjadi kerusakan atau sebagainya, melainkan garansi tersebut diberikan sebagai jaminan yang tentunya dengan ketentuan dan syarat yang harus Anda buat sebelumnya. Kiat sukses berwirausaha tersebut dilakukan supaya calon pelanggan Anda bisa percaya dan yakin untuk membeli produk Anda.

Saya yakin ke 5 Kiat Sukses Berwirausaha di Era Kekinian akan menjadi tidak berguna lagi bila Anda tidak menggunakan bantuan teknologi. Apalagi Anda saat ini sudah memasuki di zaman yang sudah serba maju, cepat, aman, dan mudah. Jika Anda menerapkan ke 5 kiat sukses berwirausaha tersebut dengan menggunakan pemasaran tradisional atau cara pemasaran yang lama saja, tentunya Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor Anda.

Memanfaatkan Teknologi Untuk Mendukung 5 Kiat Sukses Berwirausaha

Nah, untuk itu alangkah lebih baiknya bila Anda juga memanfaatkan teknologi yang sekarang ini yag sudah tersedia dengan berbagai macam kegunaan. Banyak kok yang tersedia gratis, salah satunya dengan memanfaatkan perusahan e-commerce atau perusahaan marketplace yang menyediakan lapak online secara gratis untuk memperluas jaringan pemasaran produk/jasa Anda. Ya, salah satunya Bukalapak.

Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian Bersama Bukalapak

Siapa sih yang tidak tahu mengenai Bukalapak? Tentunya sudah tahu dong, ya paling tidak sudah pernah mendengar dong. Bagi Anda yang belum tahu, Bukalapak sendiri merupakan sebuah perusahaan marketplace atau pasar daring terbesar dan terpercaya di Indonesia yang mempertemukan penjual dengan pembeli dengan cara yang mudah dan aman. Jadi, Bukalapak menyediakan lapak online secara gratis kepada para calon wirausahawan yang memiliki produk sendiri maupun produk lainnya untuk dijual ke pasar yang lebih luas.

Bukalapak sendiri sudah berdiri sejak tahun 2010, sampai saat ini Bukalapak sudah memiliki lebih dari 2 juta pelapak dengan berbagai macam produk yang dijual mulai dari produk kecantikan, elektronik, fashion, kesehatan, hingga kuliner sudah tersedia di Bukalapak. Apalagi menyambut HUT Republik Indonesia yang ke-73 kemarin, Bukalapak ikut memeriahkannya melalui Promo Hari Kemerdekaan Indonesia yang memberikan promo yang menarik untuk para pelanggan Bukalapak.

Baca juga: Sejarah Bukalapak

Wah banyak juga ya kompetitornya? Ya pastinya dong, oleh sebab itu Anda harus bisa menyelaraskan kedua elemen yakni “5 kiat sukses berwirausaha” yang sudah saya jelaskan sebelumnya dan juga “memanfaatkan teknologi informasi yang sudah tersedia“.

Fitur Keunggulan Bukalapak Untuk Penjual

Nah berikut ini ada beberapa fitur keunggulan yang tersedia di Bukalapak yang cocok di kolaborasikan dengan Kiat Sukses Berwirausaha untuk para penjual dalam memasarkan produknya.

Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian Dengan Bukalapak

  1. Chat: Seperti chatting pada umumnya, fitur ini tersedia di Bukalapak yang akan memudahkan Anda dengan calon pelanggan Anda berkomunikasi secara real-time.
  2. Promo: Fitur yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengubah harga awal dengan harga diskon sesuai yang Anda inginkan tanpa harus menghilangkan harga awal.
  3. Tutup Toko: Fitur ini bisa digunakan ketika Anda sedang ingin berlibur atau tidak bisa melayani pembelian selama beberapa hari sesuai dengan jangka waktu yang bisa Anda tentukan sendiri.
  4. Push: Fitur ini membantu produk Anda bisa berada di puncak sesuai dengan kategori produk Anda.
  5. Feedback: Fitur ini berfungsi sebagai reputasi dari pelapak, fitur ini juga sangat penting untuk pelanggan yang sedang ingin mencari produk mereka di pelapak yang memiliki reputasi bagus. Untuk itu, berikanlah pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan Anda.
  6. Dan masih banyak fitur lainnya yang tidak bisa saya sebutkan di dalam artikel ini.

Yang jelas beberapa fitur tersebut tentunya dapat membantu mewujudkan ke 5 Kiat Sukses Berwirausaha yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Untuk itu, Anda juga harus bisa merealisasikan kiat sukses berwirausaha yang lainnya yang tentunya hanya bisa dilakukan murni oleh penjual. Salah satunya seperti pemberian garansi/jaminan maupun pelayanan.

Lalu, Bagaimana Cara Bergabung Sebagai Pelapak dan Menjual Produk di Bukalapak?

kiat sukses berwirausaha di era kekinian bersama Bukalapak Cara Bergabung

Berikut adalah cara mudah untuk Anda bergabung menjadi seorang pelapak di Bukalapak, dan bisa mendapatkan lapak online secara gratis di Bukalapak.

  1. Daftar diri Anda di halaman Pendaftaran Bukalapak atau klik disini
  2. Kemudian isi formulir yang telah disediakan sesuai dengan identitas Anda yang sebenarnya.
  3. Masukkan email, no. telepon, password, nama akun, dsb dengan benar.
  4. Verifikasi email dan no.telepon Anda
  5. Setelah akun Anda terverifikasi, Anda bisa menjual produk Anda melalui menu halaman profil kemudian pilih “Jual Barang” di sisi kiri atas pojok para layar Anda.
  6. Silahkan posting produk Anda termasuk melengkapinya dengan foto, deskripsi yang menarik sesuai dengan Kiat Sukses Berwirausaha yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  7. Jika Anda masih belum paham dengan penjelasan saya, silahkan baca bantuan berjualan.

Saya sendiri merupakan salah satu pelapak di Bukalapak yang merasakan kemudahan yang diberikan oleh Bukalapak. Tentunya Anda tahu dong betapa khawatirnya seorang pelanggan yang ingin membeli barang yang diinginkannya tanpa melihat atau mengeceknya secara langsung. Tetapi dengan hadirnya Bukalapak, persepsi pelanggan akan kekhawatirannya mulai hilang. Hal tersebut bisa dilihat dengan besarnya transaksi di Bukalapak yang mencapai 1 Triliun rupiah setiap bulannya. [Sumber berita].

Baca juga:

Jadi, tunggu apalagi? Jadilah wirausahawan yang sukses dengan kiat sukses berwirausaha yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Jangan takut untuk mencoba, dan jangan menyerah untuk memperjuangkannya. Sekian artikel Badrul Mozila kali ini yang berjudul Kiat Sukses Berwirausaha Di Era Kekinian #BukaInspirasi semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadi seorang yang sukses. #BukaInspirasi

Advertisements
Iklan

11 comments

  1. Pelayanan ini sering kali menjadi prioritas, ya. Meskipun produk bagus, penjual menguasainya tapi kalau pelayanannya buruk, bye bye deh, orang tidak mau balik lagi jadi susah dapat repeat order.

  2. Wah nah ini, sangat memotivasi sekali kak kiat sukses berwirausahanya. Semoga kedepan saya juga bisa menerapkan kelima kiat sukses berwirausaha di atas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.