Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap – Beberapa ahli akuntansi berpendapat Akuntansi merupakan sebagai salah satu seni dalam mengukur, berkomunikasi, dan menerjemahkan ataupun menguraikan latihan aktivitas finansial. Akuntansi sendiri berasal dari kata Accountancy atau Accounting yang dalam bahasa Indonesia berarti sebuah aktivitas dalam mengidentifikasi, mengklasifikasi, mencatat, mengolah, ataupun menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan maupun transaksi lainnya sehingga dapat mudah dipahami dalam mengambil sebuah keputusan.

Sedangkan definisi akuntansi menurut Wikipedia, Akuntansi merupakan pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang dapat membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan didalam suatu perusahaan, organisasi, ataupun lembaga pemerintah.

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru

Nah, berikut ada beberapa Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli yang terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya.

1. Definisi Akuntansi Menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA)

AICPA berpendapat bahwa Akuntansi merupakan sebagai seni pencatat, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat finansial termasuk menafsirkan hasilnya.

2. Definisi Akuntansi Menurut American Accounting Association (AAA)

AAA berpendapat bahwa Akuntansi merupakan proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi seputar aktivitas finansial untuk kemungkinan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi yang semua yang akan menggunakan informasi tersebut.

3. Definisi Akuntansi Menurut Abubakar A dan Wibowo

Akuntansi merupakan prosedur, mengakui, pencatatan, dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

4. Definisi Akuntansi Menurut C. West Churman

Akuntansi merupakan sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk mengambil keputusan dan pengalaman tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

5. Definisi Akuntansi Menurut Supawoto L

Berpendapat bahwa akuntansi sebagai suatu sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan kemudian memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal maupun eksternal didalam suatu perusahaan. Pihak eksternal ini terdiri dari investor, kreditur pemerintahan, serikat buruh, dll.

6. Definisi Akuntansi Menurut Littleton (Muhammad, 2002:10)

Menyatakan: “Tujuan utama dari Akuntansi merupakan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha), dan hasil (prestasi)”. Definisi ini adalah inti dari teori Akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan rujukan dalam mempelajari Akuntansi.

7. Definisi Akuntansi Menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison (Horngren Harrison, 2007:4)

Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, serta memproses data menjadi laporan, dan memberitahukan hasilnya kepada para pengambil keputusan di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

8. Definisi Akuntansi Menurut Warren dkk (2005:10)

Berpendapat bahwa “Secara umum, Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.

Nah itulah beberapa Definisi Akuntansi menurut para ahli terbaru dan terlengkap, ya meskipun belum selengkap itu. Tapi jika Anda punya referensi atau masukan mengenai definisi atau pengertian Akuntansi menurut para ahli silahkan tuliskan di kolom komentar.

Nah setelah tadi membahas sedikit mengenai definisi atau pengertian Akuntansi menurut para ahli terbaru, berikut ini juga akan saya bahas singkat mengenai Tujuan Akuntansi.

Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi

Tahukah Anda? Akuntansi memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber acuan informasi keuangan yang bisa dipercaya kebenarannya mengenai kewajiban, modal, serta sumber ekonomi.
  2. Mengawasi apabila terjadi perubahan pada sumber ekonomi serta kewajiban di dalam suatu perusahaan.
  3. Sumber informasi terpercaya dalam hal perubahan-perubahan serta perbandingan sumber ekonomi setelah terjadinya kegiatan usaha dari masa ke masa.
  4. Menyampaikan data-data secara detail, rinci, dan akurat untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan di dalam suatu perusahaan baik internal maupun eksternal.
  5. Membantu penggunanya dalam membaca informasi keuangan yang berfungsi untuk memperkirakan posisi perusahaan serta potensi perusahaan dalam menambah sumber ekonomi yang baru.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru dan Terlengkap, namun pada intinya setiap para ahli mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai Akuntansi. Tetapi pada dasarnya Akuntansi memiliki makna yang sama, yakni Akuntansi merupakan sebuah proses atau prosedur mengolah sebuah data yang berkaitan dengan aktivitas keuangan didalam suatu perusahaan yang bisa menghasilkan laporan untuk digunakan sebagai salah satu bahan mengambil sebuah keputusan.

Baca juga:

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s