Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar – Dalam artikel Badrul Mozila kali ini akan membahas mengenai sebuah surat yang berperan penting untuk digunakan dalam mengambil surat berharga milik Anda yang saat itu sedang dibawa oleh pihak lain. Untuk itu langsung saja simak artikel kali ini mengenai contoh surat kuasa.

Apa Itu Surat Kuasa?

Tahukah Anda? Surat Kuasa merupakan surat yang dibuat oleh pemohon atau yang bersangkutan kepada pihak ketiga yang secara resmi ditunjuk atau dipercaya oleh pemohon untuk mengambilkan barang miliknya di pihak kedua. Jadi untuk mengambil barang pemohon di pihak kedua, pihak ketiga harus membawa surat kuasa yang dibuat langsung oleh pemohon. Tanpa adanya surat kuasa tersebut, secara prosedur pihak kedua tidak bisa dan tidak boleh memberikan barang pemohon kepada pihak ketiga.

Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar

Saya berikan contoh seperti berikut ini deh: Jadi saya (pemohon) sedang membeli mobil supercar secara tunai dan lunas pada hari senin di Showroom IndoSport Car (pihak kedua). Nah pada saat itu, saya dengan pihak showroom sudah janjian untuk prosesi serah terima mobil dilakukan pada hari sabtu. Nah kebetulan di hari sabtu saya ada acara mendadak di luar negeri, secara otomatis saya tidak bisa mengikuti acara prosesi serah terima mobil pada hari sabtu. Nah saya merasa tidak enak jika saya tidak mengambil mobil baru saya tersebut di hari sabtu, karena mungkin pihak showroom sudah mempersiapkan acara tersebut dengan meriah. Untuk itu saya mengutus teman-saya (pihak ketiga) untuk mengambil mobil saya di Showroom pada hari sabtu.

Supaya pihak showroom percaya jika teman saya adalah utusan resmi dari saya untuk mengambil mobil saya, maka saya harus membuatkan surat kuasa pengambilan mobil. Nah kira-kira begitu, haha malah jadi kemana-mana ini.. yaudah kembali lagi ke topik utama Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB. Tak lain halnya dengan fungsi surat kuasa pengambilan BPKB.

Apa itu Surat Kuasa Pengambilan BPKB ?

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Surat Kuasa Pengambilan BPKB merupakan surat yang dibuat orang untuk memberikan kuasanya dalam mengambil surat BPKB yang diberikan seseorang.

Surat kuasa pengambilan BPKB ini isinya mirip dengan surat kuasa pada umumnya, disini yang membedakan surat kuasa pengambilan BPKB adalah isinya yang menyatakan bahwa pihak kedua diberikan kuasa, dipercayakan, diutus, untuk mengambil BPKB.

Dalam penulisannya pun menggunakan format penulisan surat kuasa pada umumnya, yakni terdapat surat kuasa di kepala surat, ada pihak utama selaku pemberi kuasa atau pemilik BPKB, identitas pihak kedua selaku orang yang dipercaya atau penerima kuasa, dan kata-kata memberikan kuasa untuk mengambil BPKB.

Serta tanda tangan pihak utama atau pihak pemberi kuasa sebagai syarat sahnya suatu surat kuasa. Hal tersebut dilakukan agar instansi yang dituju yakin bahwa surat kuasa tersebut tidak palsu. Oh iya sertakan juga tanggal pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB, supaya bisa diketahui bahwa surat kuasa tersebut tidak disalah gunakan pada waktu yang lama.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar

Berikut ini contoh surat kuasa pengambilan BPKB yang baik dan benar.

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan dibawah ini selaku pihak pertama:

  • Nama                            : Badrul Muhammad
  • Tempat/tanggal lahir : Demak, 01 Mei 1999
  • Pekerjaan                     : Pengusaha
  • Alamat                         : Krajan RT.05 RW.01 Betokan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Dengan surat ini memberikan kuasa kepada pihak kedua:

  • Nama                             : Yogho Purnomo
  • Tempat/tanggal lahir  : Demak, 1 April 1990
  • Pekerjaan                      : PNS
  • Alamat                           : Boterejo RT.12 Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Agar mengambilkan surat BPKB Motor* dengan rincian sebagai berikut ini:

  • Atas Nama                    : Badrul Muhammad
  • Merk Motor*                : Ducati Panigale V4
  • Warna                            : Merah Hijau
  • No. Rangka                   : 111998236
  • Tahun                            : 2018
  • Kapasitas (CC)              : 989 CC
  • No. Mesin                      : K45AB13456
  • No. Polisi                       : H 1 ABE

Demikian surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari siapapun. Dan semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih banyak.

Demak, 14 September 2018

Pihak Pertama,                                                Pihak Kedua,

(Materai 6000)

Badrul Muhammad                                            Yogho Purnomo

Surat kuasa pengambilan BPKB ini bisa Anda gunakan untuk mengambil BPKB motor maupun surat. Pada intinya adalah sama/mirip, yang menjadi beda hanyalah yang saya berikan tanda (*).

Download Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Untuk membantu Anda memudahkan dalam membuat surat kuasa pengambilan BPKB, berikut ini akan saya berikan download gratis surat pengambilan kuasa BPKB.

Klik: Download Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Nah, itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar semoga dapat membantu Anda dan memberikan tambahan wawasan. Sekian, atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah membaca artikel saya.

Baca juga:

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.