Download Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign (.DOCX) – Tentunya Anda yang saat ini sedang membaca artikel ini sudah mengetahui apa itu Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign bukan? Apalagi bagi Anda yang sedang membaca artikel ini untuk mendapatkan form surat resign untuk nantinya dipakai. Tapi sebelum saya memberikan contoh surat pengunduran diri tersebut, seperti biasa lebih afdolnya bila saya akan menerangkan sedikit mengenai apa itu surat pengunduran diri.

Apa itu Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign?

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign

Tahukah Anda? Surat Pengunduran Diri atau juga sering disebut dengan Surat Resign adalah surat yang menyatakan diri kita akan berhenti bekerja atau mengundurkan diri dari tempat kerja kita saat itu secara resmi dan yang lebih penting lagi adalah sopan. Entah itu mau diperusahaan swasta, perusahaan BUMN, di instansi pemerintahan, atau dimanapun itu wajib hukumnya bagi seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri untuk membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu.

Lalu, wajib gak sih kita membuat surat pengunduran diri? pengunduran diri bekerja dilakukan secara lisan atau tertulis?

Wajibkah Membuat Surat Pengunduran Diri?

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign

Wajib tidak sih kita membuat surat pengunduran diri saat kita ingin berhenti bekerja dari tempat kerja kita? Secara hukum dan etika jelas hal tersebut harus dilakukan ketika Anda ingin mengundurkan diri dari tempat bekerja Anda.

Aturan tentang pengunduran diri terdapat dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 162 ayat 3 loh. Didalam undang-undang ketenagakerjaan tersebut menyebutkan aturan sebagai berikut:

  1. Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri,
  2. Tidak terikat dalam dinas, dan
  3. Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal pengunduran dirinya.

Jadi, sudah jelaskan? jika kita ingin mengundurkan diri bekerja dari tempat kerja kita, wajib membuat surat pengunduran diri atau tidak? pengunduran diri dilakukan secara lisan atau tertulis?

Secara hukum sih sudah diatur, jelas itu memang harus dilakukan oleh setiap karyawan/pekerja yang ingin mengundurkan diri dari tempat kerjanya. Dan memang di dalam undang-undang menyebutkan pengunduran diri dilakukan secara tertulis, yang artinya melalui sebuah surat, yakni Surat Resign atau Surat Pengunduran Diri. Tapi sah-sah saja Anda juga melakukannya hal tersebut dengan lisan, asal yang pertama tadi adalah tertulis.

Sedangkan secara etika membuat surat pengunduran diri itu wajib dilakukan, karena Anda saat masuk kerja saja melalui proses seleksi yang artinya hal tersebut Anda lakukan ibarat bertamu dan mengucapkan salam kepada tempat kerja. Masak iya, Anda keluar-keluar saja tanpa ada pamitan terlebih dahulu?

Saya yakin deh, pekerja atau orang yang sudah bekerja apalagi di dalam suatu perusahaan tentunya sudah memiliki usia yang sudah dewasa. Jadi etika juga harus Anda tunjukkan dengan baik, Anda bukan lagi seorang yang seperti anak TK yang kalau ingin keluar tinggal keluar. Etika bukan persoalan tinggi rendahnya pendidikan seseorang, tapi kemauan dan perilaku sehari-hari yang sering Anda lakukan.

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Demak, 14 September 2018

Perihal: Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Direktur Utama PT. Badrul Mozila Tech

Jl. Pemuda No. 1, Kabupaten Demak

Jawa Tengah

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku karyawan dari perusahaan PT. Badrul Mozila Tech berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta Undang-Undang ketenagakerjaan yang mencakupi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama                 : Badrul Muhammad
  • Departemen     : PT. Badrul Mozila Tech
  • Jabatan              : Webmaster
  • No. Karyawan  : WM00089
  • Alamat               : Krajan RT.05/01, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Maka dengan surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan di PT. Badrul Mozila Tech terhitung sejak hari Senin, 1 Oktober 2018. Hal ini dikarenakan saya memiliki masalah di dalam perusahaan, yang membuat saya tidak merasa nyaman untuk bekerja.

Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada PT. Badrul Mozila Tech yang telah menerima saya bekerja selama 5 tahun ini dan juga tidak ketinggalan kepada rekan-rekan kerja yang selalu mendukung serta mau bekerjasama dengan saya. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf kepada perusahaan dan juga karyawan lain bilamana selama saya bekerja terdapat kesalahan baik dalam tutur kata maupun perbuatan. Saya juga berharap perusahaan dapat memahami posisi saya saat ini dan memberikan izin mengundurkan diri dari pekerjaan saya.

Saya juga berharap di kemudian hari PT. Badrul Mozila Tech dapat menjadi salah satu perusahaan yang dapat diperhitungkan dalam dunia bisnis di Indonesia dan bahkan merambah ke kancah Internasional.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan sampaikan, atas perhatian dan izin yang yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Badrul Muhammad

Download Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign (.DOCX)

Berikut ini ada beberapa file contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang bisa Anda download dengan format (.docx) atau MS. Word secara gratis.

Download disini

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Download Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign (.DOCX) semoga bisa membantu Anda dalam membuat surat pengunduran diri. Atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Baca juga:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s