Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya – Hallo apa kabar? semoga selalu dalam kondisi yang sehat dan harus terus tetap semangat dalam menuntut ilmu, supaya wawasan kita semakin luas dan berkembang ya. Kali ini Badrul Mozila akan memberikan referensi contoh teks eksplanasi yang singkat beserta strukturnya. Oleh karena itu mari simak artikel ini selengkapnya.

Mungkin sebagian dari masyarakat Indonesia belum banyak mengetahui apa itu Teks Eksplanasi, apalagi untuk pelajar yang lulus SMA pada tahun 2013. Ya, termasuk saya sendiri ini, saya sendiri sebenarnya sewaktu duduk di bangku sekolah SD, SMP, maupun SMA, belum pernah mendengar pelajaran sekolah yang membahas mengenai teks ekpslanasi. Bahkan hingga saat ini saya menginjak semester akhir perkuliahan pun, belum menemui mata kuliah yang membahas Teks Eksplanasi. Ya maklum saja, karena teks eksplanasi baru masuk kurikulum pendidikan di tahun 2013 pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII. Lalu apa itu Teks Eksplanasi?

Pengertian Teks Eksplanasi

Tahu gak sih kamu? Teks Eksplanasi itu merupakan teks yang berisi atau mengupas tentang suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” suatu proses maupun suatu peristiwa baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial budaya, dan lain sabagainya bisa terjadi. Sampai sini sudah paham? Nah, secara etimologi “Eksplanasi” berasal dari kata bahasa Inggris yakni “Explanation” yang artinya keterangan atau penjelasan.

Tentunya kalian sudah tahu dong, bila pada setiap peristiwa ataupun proses yang terjadi memiliki hubungan sebab dan akibat. Kita sendiri pun tentu saja sebenarnya bisa merasakan dan mengamati berbagai peristiwa dengan mudah. Sehingga kita bisa mempelajari dengan menggunakan aspek “bagaimana” dan “mengapa” pada berbagai peristiwa tersebut terjadi.

Tujuan Teks Eksplanasi

Adapun tujuan dari dibuatnya teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan fenomena yang terjadi disekitar kita dengan menggunakan struktur teks yang mudah dipahami oleh pembaca atau masyarakat luas
  2. Menjelaskan sebab dan akibat bagaimana suatu fenomena bisa terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Bagaimana membedakan teks ekplanasi dengan jenis teks yang lainnya? Nah, untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya itu sangat mudah. Berikut ini adalah Ciri-Ciri Teks Eksplanasi:

  1. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta yang sudah terjadi
  2. Fakta informasi yang dimuat bersifat ilmiah atau ilmu pengetahuan
  3. Memiliki 3 struktur, yakni pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi
  4. Bersifat informatif
  5. Menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Tak lain halnya dengan jenis teks yang ada, teks eksplanasi juga memiliki struktur teks yang tentunya dijadikan sebagai acuan dalam membuat teks eksplanasi. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada bagian Ciri-Ciri Teks Eksplanasi, teks eksplanasi memiliki 3 struktur. 3 Struktur Teks Eksplanasi tersebut antara lain adalah:

  1. Pernyataan Umum: Pada bagian ini merupakan bagian pembuka, berisikan pernyataan umum mengenai topik yang akan dimuat, dijelaskan, maupun dipaparkan mengenai suatu fenomena atau peristiwa
  2. Urutan Sebab Akibat: Pada bagian ini atau isi dari teks eksplanasi, berisikan penjelasan secara detail mengenai peristiwa yang sedang disajikan secara berurutan, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir terjadinya suatu peristiwa
  3. Interpretasi: Pada tahap yang terakhir yakni interpretasi atau penutup, berisikan kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya
sumber: writing.com

Pada setiap jenis teks tentunya memiliki kaidah kebahasaan masing-masing. Tak terkecuali dengan Teks Eksplanasi. Nah, berikut kaidah kebahasaan yang biasanya terkandung dalam teks eksplanasi.

  • Terdapat istilah ilmiah atau ilmu pengetahuan
  • Fokus pada hal umum, seperti bencana alam
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Teks eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi, yang artinya bahwa sesuatu yang dijelaskan merupakan benar adanya
  • Lebih banyak menggunakan kata kerja aktif
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, seperti; sebelum, sehingga, kemudian, dsb

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Sampailah kita pada inti artikel kali ini, yakni mencoba untuk melihat beberapa “Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Struktunya“. Nah berikut ini Badrul Mozila punya beberapa contoh teks eksplanasi yang bisa dijadikan sebagai referensi membuat sebuah teks eksplanasi singkat.

Contoh Teks Ekeplanasi Singkat Gempa Bumi dan Strukturnya:

GEMPA BUMI

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Strukturnya

Pernyataan Umum:

Gempa bumi merupakan getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba sehingga menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasanya disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Adapun beberapa daerah yang sering terjadi gempa bumi adalah daerah yang berada di sekitar gunung berapi yang masih aktif dan daerah di sepanjang lautan luas.

Urutan Sebab Akibat: 

Gempa bumi terjadi disebabkan oleh adanya suatu gerakan atau pergeseran lempengan bumi atau terjadinya gunung meletus yang sangat kuat, sehingga menciptakan guncangan yang disebut dengan Gempa Bumi. Tak hanya itu saja, terjadinya gempa bumi yang sangat kuat bisa mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar gempa bumi. Terjadinya gempa bumi yang sangat kuat bisa menciptakan guncangan yang sangat dahsyat yang menyebar ke berbagai penjuru arah. Yang pada akhirnya peristiwa tersebut mengakibatkan rusaknya fasilitas umum seperti jalan, bangunan, rumah, tempat ibadah, bahkan menelan korban jiwa.

Gempa bumi terbagi kedalam 2 jenis, yakni gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa vulkanik terjadi disebabkan karena gunung berapi yang meletus. Sedangkan gempa tektonik terjadi disebabkan karena pergeseran atau pergerakan lempeng bumi. Berdasarkan teori tektonik plate, bahwa ada beberpa lapisan buatan yang menjadi bagian dari bumi. Kebanyakan daerah yang berlapis kerak ini nantinya akan hanyut serta mengapung di suatu lapisan, seperti halnya dengan salju. Pergerakan lapisan ini begitu pelan, sehingga antara lapisan satu dengan yang lainnya bertabrakan dan terpecah. Hal demikianlah yang menjadi penyebab kenapa gempa bumi bisa terjadi.

Intrepretasi:

Gempa bumi tidak mengenal musim, gempa bumi bisa terjadi kapan saja. Walaupun begitu, gempa bumi sering terjadi di daerah-daerah tertentu saja. Misalnya seperti perbatasan plat pasifik. Seperti halnya Indonesia yang sebagian wilayah dikelilingi gunung berapi yang diantaranya banyak yang masih aktif. Oleh karenanya ilmuan menyebut Indonesia sebagai “Ring of Fire“, atau daerah dengan lingkaran api.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Hujan dan Strukturnya:

HUJAN

Contoh Teks Eksplanasi Hujan beserta Strukturnya

Pernyataan Umum:

Pada musim hujan, dibeberapa daerah di Indonesia sering mengalami bencana banjir. Seperti yang terjadi di Kota Semarang, khususnya di Kecamatan Genuk yang hampir setiap tahunnya dilanda banjir. Salah satu faktor penyebab banjir adalah intensitas hujan yang tinggi. Hujan sendiri merupakan sebuah peristiwa jatuhnya butir-butir air dari langit yang jatuh ke permukaan bumi yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi.

Urutan Sebab Akibat:

Proses umum terjadinya hujan diawali oleh proses penguapan air akibat terkena panas matahari. Uap yang dihasilkan tadi akan menuju ka atas sampai terjadi kondensasi sehingga terbentuk awan. Awan-awan yang terbentuk tadi akan terbawa oleh angin menuju daratan. Ketika awan satu dengan awan yang lainnya bertemu, maka akan membentuk awan yang lebih besar dan suhunya bertambah dingin. Awan yang tidak kuat menahan muatannya, yaitu kristal es dan butiran air akan menjatuhkan muatan tersebut, sehingga terjadilah hujan.

Intrepretasi:

Tidak hanya manusia yang membutuhkan air, makhluk hidup lainnya seperti tumbuh-tumbuhan pun juga membutuhkan air. Salah satunya air hujan, air hujan akan meresap ke tanah yang kemudian bisa menjadi sumber air bagi tumbuh-tumbuhan tersebut. Beberapa petani, pekebun pun juga membutuhkan air hujan untuk pengairan di lahan pertaniannya. Hujan tidak selalu berakibat buruk bagi lingkungan, karena hujan juga dibutuhkan oleh makhluk hidup yang hidup di bumi [referensi: infodotdetik.blogspot.com].

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sampah dan Strukturnya:

SAMPAH

Contoh Teks Eksplanasi Sampah beserta Strukturnya
sumber: lifestyle.kompas.com

Pernyataan Umum:

Sampah merupakan suatu benda yang sudah tidak dipakai atau tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan sampah sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jenis sampah terbagi menjadi 2 macam, yakni sampah organik dan sampah non-organik. Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai dengan mudah, bahkan bisa dimanfaatkan lagi dengan metode yang benar. Sedangkan sampah non-organik merupakan sampah yang memiliki bahan atau dasar yang sulit terurai.

Urutan Sebab Akibat:

Awal mulanya adanya sampah dikarenakan perilaku manusia yang hidup konsumtif dan juga tidak mau tahu mengenai barang-barang yang sudah dipakainya. Sehingga banyak sampah-sampah yang berserakan, bahkan sampah sebelumnya belum bisa terurai pun sampah yang baru sudah tambah lagi setiap harinya. Apalagi banyak manusia yang membuang sampah tidak pada tempat sampah. Tak jarang pula hal tersebut menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, maupun sumber penyakit.

Interpretasi:

Apabila kita terus memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan, dan tidak mau tahu mengenai keberadaan sampah yang semakin hari kian menggunung, maka kedepan tentunya juga akan ada dampak negatif yang akan terjadi. Oleh karena itu, meskipun hidup kita konsumtif ayolah untuk mencoba membuang sampah pada tempatnya dan berusaha untuk mengurai sampah yang ada disekitar lingkungan kita.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari referensi mengenai bagaiman cara membuat teks eksplanasi ataupun yang sedang mencari contoh teks eksplanasi singkat. Jika kamu memiliki ide yang menyangkut mengenai contoh teks eksplanasi yang berbeda dari contoh teks eksplanasi pada artikel ini, silahkan kirimkan contoh teks eksplanasi tersbut ke email Badrul Mozila, dan dapatkan hadiah menarik. Terima kasih sudah berkunjung, saya ucapkan banyak terima kasih.

Baca juga: 

 

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s