Istilah APBN bagi orang ekonom atau mahasiswa yang pernah kuliah di fakultas ekonomi mungkin tidak asing lagi, namun bagi masyarakat awam istilah APBN cukup asing ditelinga, atau mungkin tahu namun hanya sebatas pernah dengar saja dari berita-berita televisi.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau disingkat APBN merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah yang disetujui oleh DPR. Dalam APBN terdapat informasi mengenai anggaran pendapatan negara, anggaran belanja, dan anggaran pembiayaan negara.

APBN 2018

Jika kita melihat postur APBN, terdapat pos pendapatan dan belanja negara. Pos pendapatan dibagi menjadi pendapatan dalam negeri dan penerimaan hibah dimana pendapatan dalam negeri terdiri dari penerimaan perpajakan dan penerimaan negara bukan pajak. Pada pos belanja dibagi menjadi belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah & dana desa.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pendapatan negara salah satunya adalah berasal dari pajak yang mana semua masyarakat Indonesia merupakan subjek pajak. Jadi ketika kita membayar pajak yang pada akhirnya menjadi pendapatan negara bisa disimpulkan bahwa APBN merupakan uang kita bersama. Nah disinilah poin pentingnya, ketika kita mengetahui bahwa APBN merupakan uang kita bersama maka penting juga mengetahui digunakan untuk apa saja uang APBN tersebut.

Melalui APBN kita bisa melihat digunakan untuk apa saja uang kita; belanja negara apa saja yang sedang digalakkan oleh pemerintah; berapa utang negara; bagaimana kondisi keuangan negara, surplus atau defisit. Sebagai informasi, surplus adalah keadaan ketika pendapatan negara lebih besar daripada belanja negara, sedangkan defisit adalah keadaan ketika pendapatan negara lebih kecil daripada belanja negara (kalau kondisi defisit biasanya akan ditambal dengan pembiayaan seperti utang).

Pada saat suatu periode APBN berakhir, kita dapat mengetahui realisasi APBN. Melalui realisasi APBN tersebut kita bisa melihat seberapa besar anggaran pendapatan yang diperoleh dan diserap melalui belanja negara. Dengan demikian kita dapat menilai kinerja pemerintah.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengerti tentang APBN. Apabila kita paham tentang APBN maka kita dapat mengkawal pelaksanaannya. Sehingga apabila masyarakat ikut mengkawal pelaksanaan APBN maka akan tercipta pemerintahan yang terkendali dan bijaksana.

Sumber referensi :

rusitikalwa.wordpress.com/2018/03/29/tahukah-kamu-tentang-apbn/

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s