Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu – Assalammualaikum, berhubungan kali ini saya sedang ingin rehat mengerjakan skripsi, pada kesempatan kali ini melalui blog Badrul Mozila saya juga ingin curhat kepada kalian. Mungkin juga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang kedepan juga akan atau bakal mengerjakan skripsi.

Bagi saya, skripsi merupakan aktivitas yang mengukur sejauh mana dirikita dapat menguasai materi atau keahlian sesuai dengan bidang program studi yang kita ambil. Bisa dibilang skripsi merupakan tolak ukur kesiapan dirikita menghadapi dunia kerja. Apalagi tujuan kita untuk bisa kuliah adalah bisa kerja dengan jabatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan dibawahnya.

Skripsi, Apa Yang Saya Rasakan Saat Mengerjakan Tugas Paling Penting Ini?

Pokoke sing jelas saiki aku lagi ngelu rak karuan, oleh karena itu kali ini saya pengen rehat sebentar ngerjain tuh skripsi. Sekalian ngecek blog saya, juga sekalian curhat melalui artikel ini. Mungkin bagi sebagian para mahasiswa, skripsi merupakan momok yang menakutkan dalam masa kuliahnya. Ya sama halnya seperti apa yang saya rasakan ketika akan mengambil mata kuliah skripsi ini.

Hmm.. tapi buanglah pikiran tersebut jauh-jauh, karena malah bikin diri kita semakin takut gak karuan nantinya. Nah berikut ini saya akan berbagi sedikit tips mengenai Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu.

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Berikut ini ada beberapa cara menyelesaikan skripsi tepat waktu menurut Badrul Mozila:

1. Buang Pikiran Mengenai “Skripsi Itu Menakutkan”

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Jangan Berpikir Skripsi Itu Menakutkan
Sumber: 4muda.com

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, buanglah jauh-jauh mengenai pikiran kita yang menggap skripsi itu menakutkan. Karena jika kita memiliki pikiran tersebut tentunya akan membuat dirikita semakin takut ketika menghadapi hari-hari semasa mengerjakan skripsi. Bahkan mungkin yang bisa saya takutkan adalah bisa membuat kita menjadi “ngedrop” dan akhirnya tidak bisa mengerjakan atau bimbingan dengan beberapa hari.

Pokoknya dijaga kesehatan mental, kesehatan otak, dan kesehatan fisik. Jangan sampai kehilangan hari-hari kita ketika sedang berjuang menyelesaikan skripsi. Kan eman-eman jika kita kehilangan beberapa hari dalam berjuang menyelesaikan skripsi tepat waktu.

2. Pilih Dosen Pembimbing Sesuai Dengan Karakter Kita

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Dosen Pembimbing
Sumber: papasemar.com

Nah yang kedua ini tentunya ada hubungannya dengan poin sebelumnya, ya memilih dosen pembimbing. Memilih dosen pembimbing itu penting loh, jangan anggap remeh poin cara menyelesaikan skripsi tepat waktu yang satu ini. Kriteria memilih dosen pembimbing yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Dosen tersebut menguasai topik atau metode penelitian yang akan kita jadikan sebagai bahan penyelesaian skripsi kita. Jadi pilih dosen pembimbing yang menguasai topik yang akan kita bahas ya. Ingat, dosen pembimbing yang akan menyesuaikan, bukan mahasiswa yang harus menyesuaikan dengan keahlian dosen pembimbing.
  2. Pilih dosen pembimbing yang paling kita kenali. Karena dengan mengenali karakter dosen tersebut, kita bisa tahu apa saja yang tidak boleh kita lakukan dan harus kita lakukan ketika sedang bekerjasama dengan dosen tersebut. Ya pokoknya pilih dosen yang menurut kita itu paling srek dengan hati kita.
  3. Pilih dosen pembimbing yang memiliki banyak waktu berada di kampus. Jangan sampai deh pilih dosen pembimbing yang jarang di kampus.

Nah ketiga kriteria memilih dosen pembimbing diatas merupakan salah satu faktor dari cara menyelesaikan skripsi tepat waktu yang bisa kita pertimbangkan. Kalau saya pribadi selain 3 kriteria diatas, yang penting dosen pembimbing gak ribet. Gak banyak aturan dan bisa di ajak komunikasi melalui chatting seperti Whatsapp, udah jaman modern bro/sis jadi pilih yang efektif saja.

3. Mengerjakan Skripsi Bareng Teman Seperjuangan

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Mengerjakan dengan Teman Seperjuangan
Sumber: educationgrant.org

Cara menyelesaikan skripsi tepat waktu kali ini juga mempengaruhi perkembangan skripsi kita loh bro/sis. Saya jamin deh ketika kita ngerjain skripsi sendirian di rumah atau di kos terus-terusan bakalan gak ada kemajuan yang signifikan. Sekali-kali carilah suasana baru dalam mengerjakan skripsi, ya mungkin bisa bareng pacar, gebetan, dan tentunya teman seperjuangan.

Dengan mengerjakan skripsi bareng teman seperjuangan tentunya kita dapat termotivasi dalam mengerjakan skripsi lebih cepat. Apalagi dengan kumpul bersama teman-teman seperjuangan, kita lebih tahu mengenai perkembangan mengenai aktivitas atau kegiatan skripsi di program studi kita. Baik itu tanggal pembukaan dan penutupan sidang, pembukaan wisuda, dll. Belum lagi kita bisa minta pencerahan mengenai bagian-bagian yang bingung. Yang jelas lagi poin ini penting banget dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu.

4. Cari Tempat Yang Bisa Bikin Nyaman

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Memilih Tempat Nyaman
Sumber: sebandung.com

Tidak jauh berbeda dengan poin cara menyelesaikan skripsi tepat waktu sebelumnya. Pada poin cara menyelesaikan skripsi tepat waktu kali ini juga amat penting, yakni memilih tempat untuk mengerjakan skripsi yang nyaman. Jadi pilihlah tempat yang bisa membuat kita nyaman ketika sedang menyelesaikan skripsi. Saya yakin setiap orang memiliki kriteria yang berbeda-beda mengenai tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi.

Kalau saya pribadi, tempat yang bisa membuat nyaman dalam membuat skripsi adalah rumah, perpustakaan, dan tempat cafe yang notabene-nya memiliki suasana tidak terlalu ramai. Tapi saya selang-seling terus supaya setiap harinya suasana hati saya tidak bosan, dan terus semangat setiap harinya.

5. Menguasai Topik Skripsi

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Menguasai Topik Skripsi
Sumber: freepik.com

Poin cara menyelesaikan skripsi tepat waktu yang terakhir adalah kita harus menguasai topik yang akan kita angkat. Pilihlah topik yang paling kita kuasai. Saya yakin setiap program studi memiliki beberapa metode penyelesaian penelitian yang bisa dipilih salah satu untuk digunakan sebagai penelitian skripsi. Jangan sampai deh kita memilih topik yang tidak kita kuasai, bisa jadi nanti menghambat penyelesaian skripsi kita.

Kalau perlu jauh-jauh hari pelajari ulang topik atau metode penelitian yang sudah kita pelajari sebelumnya. Kalau perlu ikut kursus online deh supaya kita makin mantap dengan topik yang akan kita gunakan untuk skripsi kita.

6. Rajin Beribadah dan Berdoa

Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu Rajin Beribadah dan Berdoa
Sumber: tribunnews.com

Eh ternyata poin diatas belum yang terakhir bro/sis, haha. Nah ini poin yang terakhir cara menyelesaikan skripsi tepat waktu, ya rajin berdoa dan beribadah. Jangan lupa dengan poin yang satu ini ya bro/sis, karena setelah kita sudah berjuang dan berusaha kita harus mengimbanginya, mendukungnya dengan ibadah dan doa.

Kalau yang bergama Islam bisa menjalankan sholat 5 waktu kalau perlu berjamaah, ngaji, dan berdoa. Kalau yang beragama Kristen bisa beribadah langsung ke gereja, mungkin yang biasanya hanya disetiap hari Minggu dan Jum’at kalau bisa ditambah lagi, dan juga tentunya dengan agama yang lainnya pokoknya tambahin lagi doa dan ibadahnya. Serta jangan lupa minta doa dan ijin kedua orangtua.

Baca juga:

Semangat ya bro/sis yang sedang atau yang akan mengerjakan dan ingin menyelesaikan skripsi. Semoga dilancarkan segala urusan skripsinya, baik itu bimbingan, revisi, sidang, hingga nanti di wisuda, Aamiin. Bagikan artikel 5 Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu ini jika bermanfaat.

Nah itulah Cara Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu menurut Badrul Mozila. Ya memang saat ini saya juga sedang berusaha menyelesaikan skripsi saya, doakan saya bro/sis. Mungkin ada yang mau ditambahkan? atau ada tips menurut versi kamu bro/sis? silahkan tambahkan saja melalui kolom komentar di bawah ya. Terimakasih sudah membaca artikel kali ini bro/sis, semoga bisa bermanfaat. Wassalammualaikum.

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.