Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi Cover

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi – Halo bro-sis, apakabar? berbicara mengenai pendidikan, tentu saja kita semua khususnya yang sedang membaca artikel ini memiliki cita-cita atau keinginan bukan?. Nah untuk meraih cita-cita kita tersebut tentu saja kita harus mengasah ilmu, terus belajar, dan berusaha. Apalagi tak jarang saat kita sudah duduk di kelas 3 SMA/SMK, tentu banyak menanyakan kepada diri kita “setelah lulus mau kemana?, mau jadi apa?” ya.. termasuk diri kita sendiri yang bertanya seperti itu.

Tentu saja setelah lulus bro-sis bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau universitas, ataupun kerja? semua itu tentu pilihan masing-masing. Pada dasarnya banyak ilmu, banyak profesi, banyak pekerjaan yang ada di dunia ini. sehingga tentu saja banyak pula jurusan pendidikan yang ada, salah satunya Jurusan Farmasi. Nah sesuai dengan judul pada artikel kali ini, yakni Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi, Badrul Mozila kali ini akan membeberkan apa saja sih keuntungan dan kerugian ketika kita memilih jurusan farmasi?.

Langsung saja bro simak selengkapnya artikel kali ini…

Apa itu Jurusan Farmasi?

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi Apa itu Farmasi

Seperti biasa bro-sis, perkenankan saya untuk basa-basi terlebih dahulu ya sebelum beranjak ke inti artikel “Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi“. Tahukah kamu? Farmasi merupakan salah bidang profesional kesehatan yang mengkombinasikan ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Dalam pendidikan tinggi, Jurusan Farmasi merupakan jurusan yang berkaitan dengan ilmu kedokteran dan ilmu kimia ya bro-sis. Pada praktiknya, profesi farmasi memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan serta efektivitas dalam pemakaian obat-obatan. Baik itu penyediaan dan peracikan obat, pelayanan terhadap pasien baik pada layanan klinik, evaluasi efikasi, serta pemberian informasi obat.

Wah sepertinya susah juga ya profesi dari Jurusan Farmasi? hmm… setiap profesi tentu memiliki kesulitan masing-masing bro-sis. Jadi, itulah gunanya ada lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi

Nah berikut ini ada kelebihan dan kekurangan dari Jurusan Farmasi yang perlu bro-sis ketahui. Apa saja kelebihan dan kekurangan itu?

Kelebihan Jurusan Farmasi

1. Peluang Kerja Jurusan Farmasi

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi

Tahukah kamu bro-sis? saat ini di Indonesia masih banyak membutuhkan tenaga ahli dalam bidang kesehatan loh. Itu artinya peluang kerja jurusan farmasi ini sangat terbuka banyak dan menjanjikan. Nah berdasarkan survey dari HESA, sebanyak kurang lebih 94% lulusan jurusan farmasi yang berkaitan dengan kesehatan maupun obat-obatan dapat memperoleh pekerjaan dengan cepat. Benarkah begitu? ya memang jika dilihat seperti sekarang ini, lowongan pekerjaan untuk bidang kesehatan sangat banyak, memang sangat mungkin sekali. Apalagi banyak perusahaan besar diantaranya seperti;

  1. Kalbe Farma,
  2. Mead Johnson,
  3. Orangtua Group,
  4. Nestle,
  5. Indofood,
  6. Wingsfood,
  7. dsb

Sangat membutuhkan tenaga farmasi yang berkualitas. Tak hanya perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan saja yang membutuhkan lulusan jurusan farmasi, melainkan perusahaan manufaktur dalam bidang makanan pun tentunya membutuhkannya. Hal tersebut tentunya untuk memastikan kualitas dan mutu dari setiap produk yang dihasilkan memiliki standar yang baik.

2. Lulusan Jurusan Farmasi Salah Satu Jurusan Dengan Prospek Gaji Tinggi

Gaji yang tinggi? siapa sih yang gak kepengen? saya aja pengen kok, asal halal. Ya, konon katanya lulusan jurusan farmasi itu memiliki prospek gaji yang tinggi bro-sis. Ya diatas rata-rata lah katanya, kalau saya pribadi sih itu semua tergantung posisi yang di tempatinya. Tapi memang rata-rata lulusan jurusan farmasi itu memiliki prospek gaji yang cukup besar. Ya diatas 2 juta lah ya, itu pun tergantung pengalaman masing-masing orang. Tentu saja sebuah perusahaan tidak bakalan mau memberikan gaji besar secara cuma-cuma hanya untuk sebuah pekerjaan ringan dan mudah dong.

3. Jurusan Farmasi Tidak Bikin Bosan

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi

Wah jelas-jelas jurusan farmasi itu banyak ngitungnya ilmiah bangetlah pokoknya gak asik tuh, kok bisa tidak bikin bosan?. Ya gak ngitung tiap hari juga lah bro-sis, banyak kok mata pelajaran yang lainnya seperti logika atau nalar. Salah satunya memahami perilaku manusia pada mata kuliah “Perilaku Manusia”. Pada dasarnya mata kuliah tersebut di berikan supaya nantinya lulusan jurusan farmasi bisa memahami bagaimana keluhan dari orang saat sedang berinteraksi.

4. Jurusan Farmasi Dianggap Memiliki Etos Kerja Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi Pendidikan Lama

Tahukah kamu bro-sis? akademisi kesehatan memiliki etos kerja yang tinggi karena menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi jurusan farmasi membawa wibawa yang cukup tinggi loh bro-sis, yang dianggap setara dan pentingnya seperti dokter.

Kekurangan Jurusan Farmasi

Tentunya jika ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, nah berikut ini adalah kekurangan dari Jurusan Farmasi.

1. Pendidikan Cukup Lama

Tahukah kamu bro-sis? seorang akademisi farmasi membutuhkan pendidikan yang cukup lama loh. Hal tersebut tak lepas juga dari kebijakan dinas terkait yang ingin memoles terlebih dahulu akademisi kesehatan sebelum terjun ke masyarakat. Apalagi nantinya akan bersinggungan secara langsung dengan masyarakat, oleh sebab itu seorang akademisi harus punya kemampuan individu yang baik supaya bisa memecahkan masalah dengan tepat.

2. Siap Lembur

Tahukah kamu bro-sis? pekerjaan lulusan jurusan farmasi itu seperti halnya pekerjaan seorang kepolisian loh. Jadi bagi kalian yang akan mengambil jurusan farmasi harus siap mendapatkan pekerjaan kapan saja ya. Sudah banyah loh bro-sis apotek-apotek apalagi rumah sakit yang memperkerjakan lulusan jurusan farmasi dengan sistem shift atau part time lah. Tentu hal tersebut tak lepas dari etos profesi yang diemban oleh para ahli dalam bidang kesehatan demi misi kemanusian. Semangat!

3. Siap Dalam Tekanan

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi

Saya yakin setiap profesi atau bidang pastinya memiliki kesulitan masing-masing. Tak berbeda pula dengan jurusan farmasi nantinya, mungkin inilah tekanan terbesar yang harus dihadapi ketika masuk dalam dunia farmasi. Tekanan tersebut akan ditemui ketika nanti dinyatakan sebagai seorang lulusan farmasi dalam mengambil keputusan akan obat sampai resep yang harus sesuai dengan kadar dan kebutuhan untuk masyarakat. Jika salah sedikit saja tentu saja bisa membuat masalah yang baru.

Tentu tekanan tersebut bisa dihadapi dengan benar-benar giat belajar ketika kuliah atau melaksanakan pendidikan. Baik bisa belajar online, atau kursus online, oh iya jangan lupa meskipun bro-sis nanti mengambil jurusan farmasi tidak salahnya loh belajar digital marketing atau kursus digital marketing atau biasa dikenal dengan kursus internet marketing.

Bagaimana bro-sis? apakah Jurusan Farmasi masuk kedalam daftar jurusan favorit kamu nantinya? silahkan kirim komentar kamu di bawah yah. Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kali ini mengenai Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi. Semoga bisa menambah wawasan bro-sis yah.. khususnya yang masih duduk di bangku kelas SMA/SMK.

Baca juga:

Terimakasih bro-sis atas waktunya telah membaca artikel Badrul Mozila kali ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi.

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.