Tips Sukses Mengelola Blog Versi Badrul Mozila

Tips Sukses Mengelola Blog – Hallo bro-sis, Badrul Mozila pada kesempatan kali ini akan berbagi pengalaman mengenai dunia blogging. Tahukah kamu bro-sis? bila badrulmozila.com pada bulan November 2018 ini menginjak umur 1 tahun loh. Saya sendiri sebagai pengelola blog Badrul Mozila tidak percaya bila blog ini telah berkarya selama 1 tahun. Untuk itu pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tips nih kepada bro-sis yang ingin terjun ke dunia blogging.

Sebelum melangkah lebih mendalam mengenai tips sukses mengelola blog, alangkah lebih baik bila saya terlebih dahulu menjelaskan sebagai berikut:

  1. Apa itu blog?
  2. Bagaimana cara kerja sebuah blog?
  3. Manfaat blog untuk kehidupan kita? 

Apa itu Blog?

Tips Sukses Mengelola Blog Apa itu Blog

Tahukah kamu bro-sis? Blog itu singkatan dari Web Log yang merupakan sebuah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dipublikasikan pada suatu halaman web [Sumber: wikipedia]. Tak heran sekarang ini, blog banyak digunakan sebagai wadah atau media untuk menyampaikan uneg-uneg kita maupun menyampaikan informasi dari pengalaman kita untuk masyarakat luas. Nah seiring berjalannya waktu, blog kini digunakan sebagai salah satu alat pemasaran oleh para pelaku usaha. Jadi blog tidak hanya digunakan sebagai wadah menyampaikan uneg-uneg saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai media pemasaran.

Tentunya bro-sis tahu dong bagaimana potensi penjualan jika juga dilakukan melalui online, yang kita ketahui internet itu memiliki jaringan sangat luas. Jadi gak heran deh jika sekarang ini banyak yang memiliki blog untuk memanfaatkan keuntungan tersebut. Salah satunya seperti saya ini, “Lah kan mas Badrul gak punya bisnis? emang mau memasarkan apa? buang-buang waktu saja”. Eits jangan salah bro-sis, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, blog tidak cuman digunakan sebagai alat pemasaran produk kita saja. Melainkan juga bisa digunakan sebagai media penyampai informasi kita kepada masyarakat luas. Contohnya seperti yang sudah saya lakukan selama 1 tahun ini melalui Blog Badrul Mozila, “Emang kamu main blog gak rugi mas?”.

Tentu saja “Tidak” bro-sis, malah kebalikannya “Saya untung” asalkan menerapkan tips sukses mengelola blog menurut Badrul Mozila. Nanti pada bagian akhir artikel akan saya beritahukan tips sukses mengelola blog kok, santai. Kenapa bisa begitu? karena dengan saya membuat sebuah artikel yang bermanfaat untuk masyarakat luas, tentu saja banyak masyarakat yang membaca artikel tersebut. Sehingga otomatis pengunjung blog saya terus meningkat, alhasil iklanpun bisa diterapkan di blog saya ini. Melalui iklan tersebut blogger seperti saya bisa menghasilkan uang loh bro-sis. Belum lagi jika sudah terkenal, bakalan banyak tawaran kerjasama yang sangat menguntungkan blogger itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Sebuah Blog?

Tips Sukses Mengelola Blog

Perlu kamu ketahui bro-sis, bila untuk membuat sebuah blog itu sangatlah mudah. Apalagi saat ini banyak jenis platform yang membantu bro-sis dalam membuat sebuah blog. Macam-macam platform blog yang bisa bro-sis pakai di antaranya adalah sebagai berikut.

10 Platform Blog Terkenal

  1. Blogspot (blogger.com)
  2. WordPress (wordpress.com atau wordpress.org*)
  3. Wix (wix.com)
  4. Joomla (joomla.org*)
  5. Drupal (drupal.org*)
  6. Weebly (weebly.com)
  7. Yola (yola.com)
  8. Hubpages.com
  9. Tumblr.com
  10. Medium.com

Keterangan = * (self-hosted)

Sebetulnya masih banyak platform blog yang lainnya bro-sis, tapi disini saya hanya menyebutkan yang terkenal dan mudah digunakan saja. Dan perlu bro-sis ketahui, platform blog itu memiliki 2 tipe yakni self-hosted dan hosted. Jadi untuk tipe platform blog yang hosted itu gratis yang bisa langsung diakses melalui website platform resmi tersebut. Namun untuk tipe hosted memiliki alamat domain atau alamat blog bawaan platform tersebut (misal: namablogkamu.wordpress.com). Sedangkan untuk tipe self-hosted, bro-sis bisa mengkustom sendiri alamat blog bro-sis nantinya (misal: namablogkamu.com, namablogkamu.id, namablogkamu.net, badrulmozila.com) ya contohnya seperti blog Badrul Mozila ini. Saya sendiri memakai platform dari wordpress bro-sis, karena di platform ini menyediakan plugin-plugin gratis dan sesuai dengan kebutuhan saya.

Nah untuk bisa memiliki blog yang bisa di kustomisasi seperti blog Badrul Mozila, bro-sis harus memiliki wadah atau penyimpanan online untuk blog bro-sis. Lebih tepatnya sih “Hosting“, nah jadi hosting itu merupakan sebuah tempat ataupun wadah penyimpanan data-data untuk blog kita nanti via online. Penyedia hostingan di Indonesia ada banyak kok, salah satu tempat penyedia hosting yang berkualitas dan terbaik menurut Badrul Mozila ya (Hostinger.co.id). Banyak pilihan spesifikasi hosting yang tentunya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita. Coba deh bro-sis lihat paket web hosting nya dulu, dijamin cocok sesuai dengan kebutuhan kita kok. Apalagi hostinger.co.id mau ngadain promo Diskon Black Friday Hostinger.

Nah kemudian setelah blog bro-sis sudah terdaftar dan sudah mengudara di dunia maya (internet maksudnya) langsung deh bikin artikel. Buatlah artikel yang berkualitas yang sekiranya banyak dicari oleh masyarakat luas. Ingat, jangan bikin artikel yang melanggar ketentuan google (misal: konten porno, judi, atau tindakan kriminal lainnya).  Nah nanti lebih detailnya akan saya jelaskan pada bagian Tips Sukses Mengelola Blog di akhir artikel. Hal tersebut dilakukan supaya blog bro-sis nantinya banyak dikunjungi oleh masyarakat tanpa melanggar ketentuan yang sudah dibuat oleh Google maupun mesin pencari lainnya. Jika blog bro-sis sudah memiliki banyak pengunjung, lalu daftarin deh ke Google Ads atau WordAds, untuk di monetisasi blognya.

Manfaat Blog Untuk Kehidupan Kita

Tips Sukses Mengelola Blog Keuntungan

Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana sih blog Badrul Mozila masih bisa mengudara? masih bisa berkarya hingga saat ini?. Kok bisa gitu loh, secara kan mas Badrul belum memiliki pekerjaan? belum lagi mas Badrul kan berasal dari keluarga yang sederhana.

Jawabannya mudah kok bro-sis, blog Badrul Mozila ini masih bisa berkarya hingga saat ini ya karena blog Badrul Mozila, bingung kan?. Tahukah kamu bro-sis? bila saya sebagai pengelola blog ini, merasa sangat bersyukur sekali masih bisa berkarya bersama blog ini. Dulu pada awalnya, blog ini hanyalah sebuah blog gratisan yang terlihat cupu (Emang sekarang gak cupu?, ya.. masih sih haha). Namun seiring saya terus menulis (lebih tepatnya mengetik) dengan menerapkan perpaduan visualisasi yang enak untuk dibaca, banyak tuh perusahaan yang tertarik dengan tulisan saya. Sehingga saya pun ditawari kerjasama dan bisa mendapatkan penghasilan dari kerjasama tersebut, alhamdulillah sekali deh pokoknya. Dari penghasilan yang saya dapatkan tersebut, langsung deh buat beli domain.

  • Semula: badrulmozila.wordpress.com
  • Saat ini: badrulmozila.com

Menurut bro-sis mana yang lebih mudah diingat? yang badrulmozila.com kan? singkat dan memiliki kesan profesional. Dalam dunia blog atau web nama tersebut sih disebut dengan Top Level Domain (TLD). Sehinga bisa memikat para pelaku usaha maupun perusahaan yang akan menawarkan kerjasama. Bro-sis bisa mendapatkan domain TLD dan juga paket hostingan di salah satu penyedia terrbaik di Indonesia kok yakni (Hostinger.co.id). Coba deh lihat paket web hosting nya dulu bro-sis, ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bro-sis kok. Dan benar saja bro-sis.. Alhamdulillah setelah blog ini menjadi blog TLD, banyak tawaran kerjasama yang masuk ke email pribadi saya. Belum lagi Google lebih memprioritaskan artikel dengan blog yang sudah TLD, sehingga artikel bisa muncul pada halaman 1 Google. Dan itu bisa meningkatkan trafik kunjungan blog.

Memang saya belum memiliki pekerjaan, namun hobi saya menulis di blog Badrul Mozila bisa mencukupi kehidupan pribadi saya. Jadi yang tadinya saya minta ke orangtua buat beli pakaian, buat jajan, maupun buat jalan-jalan, sekarang tidak melakukan hal tersebut lagi, alhamdulillah. Saat ini penghasilan blog Badrul Mozila berasal dari kerjasama, monetisasi atau iklan, dan juga lomba blog. Oh iya bro-sis, blog Badrul Mozila hingga saat ini sudah memperoleh lebih dari 20 penghargaan loh. Selengkapnya bisa cek di: Kerjasama Badrul Mozila. Jadi memiliki blog dengan mengelolanya dengan benar bisa memberikan manfaat bagi kehidupan kita kok.

Namun seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa saat ini banyak sekali blog maupun website yang telah didaftarkan. Tak tanggung-tanggung, di Indonesia sendiri saja sudah ada lebih dari ratusan ribu, bahkan jutaan blog. Wah.. banyak sekali ya, berarti persaingannya sangat ketat dan susah ya. Maka dari itu, bro-sis harus menyiapkan strategi, ataupun benar-benar mengelola blog bro-sis dengan menggunakan tips sukses mengelola blog menurut Badrul Mozila. Lalu apa sih tips sukses mengelola blog yang benar supaya bisa bersaing seperti blog Badrul Mozila?

Nah berikut ini adalah bagian penting yang memang inti dari pembahasan pada artikel kali ini, yakni Tips Sukses Mengelola Blog.

Tips Sukses Mengelola Blog Menurut Badrul Mozila

Nah ini nih bagian pada artikel ini yang ditunggu-tunggu, apa sih tips sukses mengelola blog menurut mas Badrul?. Nah berikut ini ada beberapa tips sukses mengelola blog yang akan saya beberkan berdasarkan pengalaman saya di dunia Blogging.

Tips Sukses Mengelola Blog: Rajin Menulis

Kunci tips sukses mengelola blog yang pertama itu adalah rajin-rajinlah membuat konten menarik untuk blog bro-sis. Usahakan setiap hari setidaknya 1 artikel yang bisa di publikasikan di blog bro-sis. Ya kalau belum bisa setiap hari, paling tidak setiap minggunya bisa update 3 artikel.

Tips Sukses Mengelola Blog Artikel Berkualitas
Contoh Artikel Berkualitas Milik Badrul Mozila (Mendapatkan Juara 2 Nasional)

Dan jangan asal membuat artikel ya bro-sis, buatlah artikel yang berkualitas, tidak menduplikasi dari artikel yang sudah ada. Artikel berkualitas menurut Badrul Mozila dalam tips sukses mengelola blog diantaranya sebagai berikut:

  1. Artikel memiliki panjang minimal 500 kata
  2. 100% bebas plagiat, yang bisa bro-sis cek di smallseotools
  3. Memiliki bahasa maupun alur artikel yang berbeda dengan yang lain
  4. Memiliki gambar sebagai visual setidaknya 1-2 gambar termasuk gambar utama sebagai thumbail artikel
  5. Tidak mengandung unsur pornografi, judi, maupun tindakan kriminal lainnya

Tips Sukses Mengelola Blog: Perkenalkan Blog atau Artikel ke Webmaster

Tips Sukses Mengelola Blog

Nah tips kunci sukses mengelola blog yang kedua ini juga sangat penting bro-sis. Jadi setelah bro-sis membuat artikel dan sudah mempublikasikannya, langsung deh daftarin ke webmaster google. Kalau teman-teman blogger bilang itu sih untuk meng-index artikel maupun blog kita ke mesin pencari. Gampangannya itu memperkenalkan artikel ke Google sebagai mesin pencari paling fenomenal bro-sis, sehingga artikel bro-sis bisa ada di otaknya mesin pencari Google. Sehingga artikel bro-sis nantinya bisa di lihat oleh masyarakat luas yang kebanyakan diantaranya mencari sebuah informasi melalui Google. Nah lebih detailnya bro-sis bisa belajar teknik Search Engine Optimization (SEO). Mungkin kedepan akan saya bikin deh artikel tentang teknik SEO.

Tips Sukses Mengelola Blog: Pelajari Teknik SEO

Tips Sukses Mengelola Blog Dengan Teknik SEO

Seperti yang sudah saya singgung pada tips sukses mengelola blog pada poin sebelumnya, bahwa bro-sis harus mengenal teknik SEO. Hal ini dilakukan supaya blog maupun artikel bro-sis bisa masuk kedalam jajaran top page 1. Jadi bisa meningkatkan pengunjung blog bro-sis deh.

Pilih Penyedia Hosting Terbaik

Nah selanjutnya tips sukses mengelola blog ini juga penting loh bro-sis, apalagi ini menyangkut performa blog. Oleh sebab itu, pilihlah penyedia hosting yang berkualitas, yang memiliki track record yang jelas dikalangan blogger. Salah satunya seperti Hostinger.co.id, yang memiliki pengalaman dan pelayanan dengan kualitas yang sangat baik. Apalagi bentar lagi Hostinger.co.id akan mengadakan Diskon Black Friday Hostinger.

Diskon Black Firday Hostinger
Diskon Black Firday Hostinger

Dengan memilih hosting di penyedia hosting yang terbaik, nantinya jika ada masalah teknis pada blog bro-sis, baik itu down karena server dan sejenisnya, bisa deh langsung konsultasikan kepada customer service. Hal ini harus dilakukan supaya menghindari terjadinya kehilangan pengunjung blog yang sia-sia.

Berusaha dan Berdoa

Tips Sukses Mengelola Blog, Berusaha Pasti Bisa
Percayalah, kamu pasti bisa!

Tips sukses mengelola blog yang berikut ini juga jangan di sepelekan loh bro-sis. Saya yakin deh, dalam mengelola blog itu tidak akan selamanya berjalan mulus. Pasti akan banyak rintangannya, untuk itu disini saya menekankan kepada bro-sis supaya tidak menyerah begitu saja ketika sedang menghadapi rintangan tersebut. Jangan terlalu di buat pusing mengenai turun atau anjloknya pengunjung blog bro-sis, jangan sampai stress deh. Jika ada rintangan alangkah lebih baik bila bro-sis itu berdoa maupun beribadah, daripada memikirkan lebih dalam mengenai masalah yang sedang dihadapi.

Nah cukup sekian artikel Badrul Mozila pada kali ini mengenai Tips Sukses Mengelola Blog Versi Badrul Mozila yang semoga bisa bermanfaat. Salam sukses dan selamat hari jadi Badrul Mozila yang pertama, semoga bisa terus berjaya.. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.