Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar
Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar

Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar – Masih seputar surat-menyurat, artikel kali ini Badrul Mozila juga akan memberikan contoh surat dinas resmi yang benar. Tentu bagi teman-teman bro-sis yang sedang berada di sebuah instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta membutuhkan sebuah surat dinas. Apalagi teman-teman yang saat ini sedang menjabat atau bertanggung jawab mengurus sebuah aktivitas/kegiatan diluar perusahaan maupun komunitas.

Apa Itu Surat Dinas Resmi?

Contoh Surat Dinas Resmi Undangan Orangtua Wali Murid

Sebelum saya memberikan contoh surat dinas resmi yang benar, alangkah lebih baiknya bila teman-teman mengetahui apa itu surat dinas resmi. Bagaimana tahapan membuat surat dinas resmi yang benar dan juga apa fungsinya.

Tahukah Anda? Surat Dinas Resmi merupakan surat yang dibuat oleh sebuah dinas maupun lembaga baik itu dari pemerintahan maupun swasta. Secara umum, surat dinas resmi ini digunakan sebagai sarana penyampaian informasi, baik itu pengumuman, pemberian suatu izin, informasi kunjungan kerja, pemberian tugas, dll. Pada intinya surat ini digunakan untuk keperluan pekerjaan pada lingkungan sebuah instansi atau lembaga.

Surat dinas resmi tidak hanya dipakai oleh perusahaan saja, melainkan juga dipakai oleh kalangan mahasiswa maupun pelajar. Baik itu di aktivitas organisasi dan lain sebagainya.

Fungsi Surat Dinas Resmi

Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwasannya surat dinas resmi ini digunakan untuk mendukung kepentingan aktivitas atau proses bisnis pada lingkungan instansi atau lembaga. Pada umumnya sih surat dinas resmi ini digunakan sebagai sarana dalam memberikan sebuah instruksi, perintah, undangan, atau lainnya yang terkait kedinasan.

Yang jelas pada artikel kali ini mengenai “Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar” tidak akan dibahas secara detail mengenai peranan dari surat dinas. Hal ini supaya teman-teman yang sedang mencari contoh surat dinas melalui Google tidak kecewa dengan artikel ini.

Cara Membuat Surat Dinas Resmi Yang Benar

Tentunya dalam membuat surat dinas resmi yang benar tidaklah sembarangan, karena surat ini nantinya akan dibaca oleh orang penting dalam mendukung kegiatan instansi. Untuk itu, berikut ini ada beberapa kerangka surat dinas resmi yang benar yang harus Anda ikuti.

Kerangka Surat Dinas Resmi Yang Benar

Kerangka Surat Dinas Resmi Yang Benar
Kerangka Surat Dinas Resmi Yang Benar

Ikutilah alur atau tahapan pembuatan surat dinas dengan menggunakan patokan kerangka surat dinas resmi berikut ini.

1. KOP (Kepala Surat)

Pada KOP atau kepala surat, berikanlah informasi mengenai bagian instansi yang terlibat termasuk juga nama instansi atau lembaga tersebut. Oh iya jangan lupa juga berikan informasi mengenai alamat dari instansi atau lembaga termasuk juga layanan informasi atau nomor telepon.

2. Tanggal Surat

Berikan informasi berupa hari, tanggal, bulan, dan tahun dibuatnya surat tersebut. Hal tersebut untuk menghindari disalahgunakannya surat tersebut oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Posisi tanggal surat dinas resmi berada di pojok kanan atas setalah kepala surat.

3. Nomor Surat

Tentunya Anda sudah tahulah ya mengenai kerangka yang satu ini. Yang jelas nomor surat merupakan identitas dari sebuah surat. Ibarat kalau kita (manusia) identitasnya berupa KTP lah ya. Nah pemberian nomor surat ini tentunya supaya menunjukkan bahwa surat yang akan diberikan kepada orang yang berkepentingan merupakan surat resmi dan asli.

4. Lampiran

Berikan lampiran atau dokumen pendukung, jika ada dokumen pendukung yang dilampirkan silahkan dicantumkan. Jika tidak ada, cukup berikan tanda garis/strip (-).

5. Perihal

Berikan informasi mengenai tujuan diberikannya surat dinas resmi ini. Cantumkan dengan singkat namun jelas tidak bertele-tele.

6. Alamat Tujuan

Pada kerangka surat dinas resmi ini berisi mengenai alamat atau nama instansi yang akan diberikan surat dinas tersebut. Selengkapnya bisa baca di bagian Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar dibawah.

7. Salam Pembuka

Tak jauh berbeda dengan surat-surat lainnya, surat dinas resmi pun tetap harus ada salam pembuka sebagai bentuk rasa hormat. Salam pembuka bisa berupa, Dengan hormat, Yth, atau lain sebagainya.

8. Isi Surat

Pada tahap ini dalam kerangka surat dinas resmi, diberikan sebuah inti informasi mengenai kegiatan atau aktivitas yang akan dilaksanakan. Termasuk didalamnya dicantumkan detail kegitan, baik itu nama kegiatan, lokasi/tempat kegiatan, maupun tangggal dan waktu kegiatan.

9. Salam Penutup

Tentunya kita semua tahu lah ya, jika pada surat resmi kalau ada salam pembuka ya harus ada salam penutup. Yang jelas salam penutup ini dicantumkan sebagai tanda ucapan terimakasih sebelumnya.

10. Nama, Jabatan, dan Tanda Tangan

Cantumkanlah nama, jabatan, serta tanda tangan Anda di surat dinas resmi untuk mengetahui orang yang membuat surat tersebut. Letak kerangka ini berada di bagian bawah kanan setelah isi surat.

11. Tembusan

Kerangka surat dinas resmi ini berisi tembusan, artinya bagian pada surat ini juga dipakai untuk menunjukkan adanya orang lain yang juga menerima surat ini. Jika tidak ada ya gak usah diisi lah, hahaha.

Setelah Anda tahu bagaimana dan apa saja kerangka Surat Dinas Resmi, kemudian buat deh sesuai dengan kerangka yang sudah dijelaskan diatas. Nah berikut ini saya akan memberikan beberapa Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar.

Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar

Badrul Mozila akan memberikan beberapa contoh surat dinas resmi yang benar dan baik dari berbagai kasus. Baik itu surat dinas kunjungan kerja, surat dinas pengumuman, surat dinas permohonan izin, surat dinas pemberian tugas, dll.

Contoh Surat Dinas Permohonan Izin Resmi


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 1 SEMARANG
Jalan Pemuda No. 02, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp: (024) 9087 605, Website: www.sman1semarang.ac.id


21 November 2018

Nomor      : 034/2111/IVII/2018
Lampiran : –
Perihal      : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Kota Semarang

Dengan hormat,

Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, SMA Negeri 1 Kota Semarang menyelenggarakan lomba futsal tingkat SLTA se-kota Semarang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada,

Hari, tanggal   : Minggu, 25 November 2018
Waktu               : 08.00 WIB – selesai
Tempat             : Knight Stadium Kota Semarang

Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin yang diberikan kami ucapkan terimakasih.

 Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Kota Semarang

—-ttd—-

Muhammad Badrul Muhayad
NIP. 001332950956


Nah contoh surat dinas resmi diatas merupakan kasus permohonan izin dari pihak sekolah kepada dinas pemuda & olahraga. Surat dinas tersebut pada intinya memohon izin untuk menyelenggarakan kegiatan yang memang berhubungan kegiatan tersebut masuk dalam lingkungan dinas terkait.

Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan Cuti Bersama


PT. BADRUL MOZILA MEDIA TECHNOLOGY
KOTA SEMARANG
Jalan Imam Bonjol No. 31-34, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp: (024) 0011 112, Website: www.badrulmozila.com


21 Mei 2018

Nomor      : 011/2111/IV/2018
Lampiran : –
Perihal      : Cuti Bersama

Kepada Yth,
Seluruh Pegawai PT Badrul Mozila Media Tech
Di Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati hari raya idul fitri 1439 H yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2018, maka melalui surat ini kami beritahukan bahwa akan diadakan cuti bersama. Cuti bersama tersebut akan berlangsung mulai tanggal 13 Juni 2018 hingga 17 Juni 2018. Untuk itu, pada tanggal 18 Juni 2018 kepada seluruh pegawai PT. Badrul Mozila Media Tech di mohon untuk beraktivitas kembali seperti biasa.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Kota Semarang, 21 Mei 2018

—-ttd—-

Direktur PT. Badrul Mozila Media Tech
Muhammad Badrul Muhayad, M.Kom


Contoh surat dinas resmi diatas merupakan contoh dari pemberitahuan cuti bersama yang akan dilakukan pada lingkungan sebuah perusahaan. Anda bisa memberikan variasi kalimat yang lainnya supaya informasi yang disampaikan bisa di terima dengan baik. Yang terpenting adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sopan dan sesuai EYD.

Contoh Surat Dinas Resmi Undangan


DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KOTA SEMARANG
Jalan Pahlawan No. 01, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp: (024) 7097 403, Website: www.pariwisatasmg.org


21 November 2018

Nomor      : 034/2111/IV A/2018
Lampiran : –
Perihal      : Undangan

Kepada Yth,
Keluarga Besar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kota Semarang

Dengan hormat,

Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari budaya nasional, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang menyelenggarakan festival budaya semarangan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada,

Hari, tanggal   : Sabtu, 24 November 2018
Waktu               : 08.00 WIB – selesai
Tempat             : Halaman Depan Kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata
Kota Semarang

—-ttd—-

Dr. Muhammad Badrul Muhayad, M.Kom
NIP. 001332950956

Tembusan:

  1. Kepala Bagian Arsip
  2. Kepala Bagian IT

 


Nah itu contoh surat dinas resmi di sebuah instansi pemerintahan dalam keperluan mengundang seluruh jajarannya untuk berpartisipasi di sebuah kegiatan.

Kesimpulan Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar

Yang jelas contoh surat dinas resmi yang sudah saya jabarkan sebelumnya bisa Anda kembangkan kembali. Sesuaikan dengan kebutuhan pada aktivitas atau kegiatan yang akan diselenggarakan. Yang jelas gunakan lah bahasa baku yang sopan, serta perhatikan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan juga tanda baca.

Serta format yang rapi, sehingga pembaca atau penerima surat bisa nyaman membaca surat tersebut. Dan yang jelas saya makin demen nih bikin artikel beginian, lah gimana tidak? nama saya punya title besar. Haha bisa berhalu punya perusahaan sendiri. Hahaha sudah-sudah, yang jelas lagi Anda disini sudah punya standar sendiri dalam membuat sebuah surat dinas resmi ya.

Baca juga:

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman pembaca artikel ini. Salam sukses bahagia 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.