Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar

Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar – Hallo bro-sis, sesuai dengan judul artikel yang memang topiknya sedang bro-sis cari. Ya tentunya kali ini Badrul Mozila akan memberikan gambaran dan contoh surat pesanan barang yang benar maupun tahapan alur dari pembuatan surat pesanan barang.

Dalam menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis ritel atau jual-beli suatu barang tentunya sangat membutuhkan berbagai surat. Surat yang digunakan pun cukup beragam, mulai dari surat dinas, maupun surat resmi lainnya seperti surat pesanan barang. Surat pesanan barang tersebut digunakan sebagai barang bukti maupun sebagai data penjualan kita yang tentunya juga bisa digunakan sebagai alat evaluasi pada sebuah perusahaan.

Apa Itu Surat Pesanan Barang?

Contoh Surat Pesanan Barang, Fungsi Surat Pesanan Barang

Lalu apa itu Surat Pesanan Barang? Jadi surat pesanan barang merupakan salah satu jenis surat niaga yang dibuat oleh pelanggan/pembeli yang berisi mengenai permintaan pembelian terhadap suatu barang tertentu. Jadi surat pesanan barang tersebut dari calon pelanggan/pembeli dan ditujukan kepada penjual.

Biasanya surat pesanan barang disediakan oleh penjual, ada juga memang diajukan dari calon pembeli. Ya memang tergantung dari kasusnya, apalagi di era digital saat ini proses jual-beli jauh lebih mudah dengan menggunakan sebuah perangkat digital saja. Surat pesanan barang tersebut pun berbentuk sebuah file digital yang dikirimkan ke email pembeli ketika sudah melakukan pesanan barang. Melalui surat pesanan barang tersebutlah calon pembeli/pelanggan akan menyetujui beberapa peraturan yang sebelumny sudah dibuat oleh penjual.

Apa Fungsi Dari Surat Pesanan Barang?

Fungsi Surat Pesanan Barang

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, bilamana surat pesanan barang tersebut digunakan sebagai alat bukti pembelian. Yang pastinya surat ini digunakan untuk memesan sebuah barang dari seorang calon pembeli kepada penjual, baik bisa perorangan mauapun kelompok/perusahaan. Selin itu dengan adanya surat pesanan barang, maka penjual bisa lebih tahu dan jelas barang atau jasa apa yang akan dibelinya.

Cara Membuat Surat Pesanan Barang

Cara Membuat Surat Pesanan Barang

Untuk membuat sebuah surat pesanan barang tidak lah susah bro-sis. Yang terpenting memaparkan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh penjual. Dan tentunya bro-sis harus memperhatikan beberapa langkah cara membuat surat pesanan barang berikut ini.

  1. Jika pemesan barang atau jasa merupakan sebuah badan usaha, maka surat pesanan menggunakan kepala surat atu KOP surat.
  2. Jika pemesan barang atau jasa merupakan individu atau perorangan, maka surat pesanan cukup ditulis di kertas.
  3. Tuliskan tanggal pemesanan di sudut kanan atas setelah kepala surat.
  4. Cantumkan nomor surat di bagian kiri setelah baris informasi tanggal pemesanan.
  5. Cantumkan juga lampiran atau perihal dibawah nomor surat (masih di bagian kiri surat).
  6. Berikanlah salam pembuka.
  7. Pada isi surat berikanlah informasi yang lengkap mengenai jasa/barang pesanan, baik itu jumlah, ukuran, nama produk, warna, dll.
  8. Berikan informasi mengenai jasa kurir untuk pengiriman pesanan barang nantinya, baik melalui kapal, kereta, kurir A, atau lainnya.
  9. Jangan lupa berikan informasi alamat pengiriman pesanan barangnya selengkap-lengkapnya, supaya pengiriman tidak terkendala atau nyasar. (kasian kurirnya bor-sis kalau nyasar)
  10. Tulislah penutup surat yang baik, hal tersebut dimaksudkan untuk menjalin silahturahmi atau kerjasama.

Isi Surat Pesanan Barang Yang Benar

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, pada bagian isi surat pesanan barang pun bro-sis harus benar dan lengkap. Seorang pembeli memang harus menyebutkan secara jelas dan detail mengenai apa saja yang dikehendaiknya dalam surat pemesanan. Nah berikut ini merupakan Isi Surat Pesanan Yang Benar.

  1. Nama Barang: cantumkan nama barang yang akan bro-sis pesan, supaya penjual tidak bingung mencari barang yang bro-sis maksud. Apalagi yang namanya penjual tidak hanya memiliki 1 produk saja kan.
  2. Jenis Barang: sebutkan juga jenis barang, poin ini untuk melengkapi detail dari nama barang yang bro-sis maksudkan.
  3. Kualitas Barang: bro-sis harus paham mengenai kualitas barang yang akan bro-sis pesan.
  4. Jumlah Barang: cantumkan jumlah barang yang akan bro-sis pesan.
  5. Pengiriman Barang: cantumkan informasi mengenai pengambilan pesanan, baik itu mau diambil sendiri, ataupun dikirim melalui kurir.
  6. Syarat Penyerahan Pesanan: jika ada syarat penyerahan, silahkan cantumkan juga ya bro-sis.

Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar

Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar

Setelah bro-sis sudah tau apa saja isi dari surat pesanan barang yang benar dan bagaimana cara membuatnya dengan baik, baru deh liat contohnya. Bagi bro-sis yang belum paham dari penjelasan yang telah dipaparkan sebelumnya, silahkan lihat contoh surat pesanan barang yang benar berikut ini.

Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik

Kita semua tentunya tahu dong bro-sis, di era sekarang barang-barang elektronik salah satu kebutuhan pokok yang juga harus dipenuhi. Nah berikut ada contoh surat pesanan barang elektronik.


PT. BADRUL MOZILA MEDIA
Jalan Pemuda No. 1, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
No Telp: (024) 9900 877, Email: info@badrulmedia.com, Website: badrulmedia.com


Kota Semarang, 24 November 2018

Nomor        : 010/IVB/2018/OI
Lampiran   : –
Perihal        : Pesanan Barang Elektronik

Kepada Yth,
PT. Jaya Pandu Elektronik
Jl. Sawah Besar No. 21, Jakarta Selatan
DKI Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang telah PT. Jaya Pandu Elektronik ajukan, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang elektronik sebagai berikut:

No. Nama Produk Jumlah Keterangan
1. Kulkas Mini 809 5 Unit Semua warna hitam
2. Mesin Foto Copy Epson 100P 3 Unit Semua warna silver
3. Printer 10 Unit 5 unit warna hitam, dan 5 unit warna putih
4. AC Pandu 700 1pk 2 Unit Semua warna hitam
5. Kipas Angin Pandu Tipe C 1 Unit Warna putih

Pembayaran akan kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari PT. Jaya Pandu Elektronik. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah kami menerima barang dalam keadaan baik. Untuk pengirimannya sendiri bisa dilakukan melalui jasa kargo oleh PT. Wuzz Express.

Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

PT. Badrul Mozila Media
Badrul Muhammad
Direktur Utama


Nah contoh surat pesanan barang diatas merupakan salah satu contoh kasus dari perusahaan Badrul Mozila yang sebelumnya dapat tawaran dari PT Jaya Pandu Elektronik. Jika surat ini diajukan dari pihak individu atau tidak berbadan usaha, bisa tanpa kop surat dan langsung bisa menggunakan identitas diri diawal surat. Contoh lainnya bisa lihat pada gambar berikut ini bro-sis.

Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik Badrul Mozila

Contoh Surat Pesanan Barang Sesuai Dengan Penawaran Katalog

Surat pesanan barang diterbitkan oleh calon pembeli dikarenakan ada beberapa kemungkinan, salah satunya adanya penawaran dari pihak penjual. Berikut ini contohnya bro-sis.


CV. BADRUL MOZILA MEDIA
Jalan Pemuda No. 1, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
No Telp: (024) 9900 877, Email: info@badrulmedia.com, Website: badrulmedia.com


Kota Semarang, 24 November 2018

Nomor       : B001/IVB/2018/OI
Lampiran  : –
Perihal       : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Direktur PT. Sida Kertas
Jl. Sawah Besar No. 21, Jakarta Selatan
DKI Jakarta

Dengan hormat,

Terimakasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak No.018/10/2018 pada tanggal 28 Oktober 2018 yang lalu. Dengan diterbitkannya surat ini kami sampaikan bahwa kami tertarik dengan produk dari PT. Sida Kertas, selanjutnya kami berkeinginan untuk memesan beberapa produk sebagai berikut:

No. Nama Produk Jumlah Katalog
1. Kertas Sida A4 70gr 10 Rim Katalog No. 100A
2. Kertas Sida F4 10gr 3 Rim Katalog No. 7B
3. Sida Book 30 Halaman 10 Unit Katalog 1
4. Sida HVS Tebal 3 Pax Katalog 2B
5. Sida Folio 70X30 10 Pax Katalog 33A

Pembayaran akan kami lakukan saat menerima barang dalam keadaan baik di kantor kami. Untuk pengirimannya sendiri bisa dilakukan melalui jasa kargo oleh PT. Wuzz Express.

Kami berharap bisa menerima barang paling lambar pada tanggal 1 Januari 2019. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

CV. Badrul Mozila Media
Badrul Muhammad
Direktur Utama


Mungkin jika pesanan dari yang benar-benar perusahaan memiliki jumlah pesanan yang besar ya bro-sis. Jadi surat pesanan barang diatas hanya contoh semata.

Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar Berdasarkan Iklan

Nah berikut ini contoh surat pesanan barang yang benar berdasarkan iklan yang dilihat oleh calon pembeli. Contoh surat pesanan berikut ini menjadi contoh surat terakhir yang Badrul Mozila berikan.


PT. BADRUL MOZILA MEDIA
Jalan Pemuda No. 1, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
No Telp: (024) 9900 877, Email: info@badrulmedia.com, Website: badrulmedia.com


Kota Semarang, 24 November 2018

Nomor       : A111/IVB/2018/OI
Lampiran  : –
Perihal       : Pemesanan Barang

Kepada Yth,
PT. Lancar Jaya
Jl. Pahlawan No. 1, Kabupaten Kudus
Jawa Tengah

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi iklan produk yang kami ketahui melalui iklan di Koran Kompas yang terbit pada tanggal 20 November 2018 lalu, kami tertarik untuk memesan beberapa produk PT. Lancar Jaya sebagai berikut:

No. Nama Produk Jumlah Keterangan
1. Freezer Mini 3 Unit Semua warna hitam
2. Mesin Foto Copy Epson 100P 1 Unit Semua warna silver
3. Printer 3 Unit Bebas, warna yang tersedia
4. Lem 2 pcs Semua warna hitam
5. Kertas 80gram 1 Rim Kode produk: 001B

Pembayaran akan kami lakukan secara lunas sesuai dengan ketentuan dari PT. Lancar Jaya saat setelah kami menerima pesanan kami. Untuk pengirimannya sendiri bisa dilakukan melalui jasa kargo oleh PT. Wuzz Express.

Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

PT. Badrul Mozila Media
Badrul Muhammad
Direktur Utama


Baca juga:

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Contoh Surat Pesanan Barang Yang Benar. Dari ketiga contoh diatas bisa bro-sis kembangkan lagi dengan baik. Yang terpenting gunakan lah bahasa yang sopan dan baik, serta format penulisan yang rapi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.