Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah
Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai SunnahAssalammu’alaikum bro-sis, pada kesempatan kali ini Badrul Mozila akan bikin artikel yang bermanfaat. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas, Aamiin. Ya sesuai judul tentu bro-sis tahulah, artikel kali ini akan membahas apaan, gak usah basa-basi lagi yok langsung saja.

Tentu setiap selesai menjalankan sholat wajib alangkah lebih baiknya kita berdzikir atau membaca bacaan dzikir, bahkan tidak hanya ketika sholat wajib saja. Setelah selesai sholat sunah pun kita di sarankan untuk membaca bacaan dzikir terlebih dahulu. Saya sendiri sebagai seorang muslim tentu setelah selesai sholat berjamaah di mushola pasti ikut membaca bacaan dzikir dzikir bersama imamnya. Ya memang terkadang sering sekali sehabis sholat jamaah selesai saya langsung cus pulang.

Ya setalah makin kesini makin saya tahu, betapa pentingnya membaca bacaan dzikir setalah selesai menunaikan sholat. Oleh sebab itu, jangan tinggalkan dzikir setelah sholat berjamaah ya bro-sis. Kalau masih belum hafal tinggal ikutin imamnya saja. Tapi jika bro-sis memang ingin bisa, bisa kok dipelajari di dalam artikel ini.

Manfaat Ber Dzikir Setelah Sholat

Tahukah kamu bro-sis? bacaan dzikir setelah sholat merupakan kumpulan dari berbagai macam kalimat Thayyibah dan doa. Thayyibah sendiri dalam bahasa merupakan sebuah perkataan yang baik. Kalimat Thayyibah setiap ucapan yang mengandung kebenaran dan kebajikan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Kembali lagi ke topik, bacaan dzikir setalah sholat tentunya sangat bermanfaat sekali, dan mengandung keutamaan yang InsyaAllah bisa menghapus dosa kita. Serta memudahkan urusan dunia dan di akhirat kelak. Dalam ber dzikir tentunya kita akan membaca bacaan istighfar, bacaan tahlil, kalimat tauhid, ayat kursi, bacaan tasbih, tahmid, takbir, dll.

Urutan Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Sebagaimana yang telah saya jabarkan sebelumnya, bacaan dizikir yang dibaca setalah selesai sholat ini terdiri dari beberapa bacaaan. Yang mana kumpulan bacaan tersebut mengandung komposisi yang tepat untuk berdzikir atau mengingat kepada Allah SWT.

Lebih jelasnya bisa bro-sis lihat urutan bacaan dzikir setelah sholat berikut ini:

  1. Membaca istighfar sebanyak 33 kali
  2. Membaca kalimat tauhid sebanyak 3 kali
  3. Membaca doa selamat sebanyak 3 kali
  4. Membaca surat Al-Fatihah 1 kali
  5. Membaca ayat kursi 1 kali
  6. Membaca tasbih sebanyak 33 kali
  7. Membaca tahmid sebanyak 33 kali
  8. Membaca takbir sebanyak 33 kali
  9. Membaca kalimat tauhid yang disambung dengan bacaan hauqolah
  10. Membaca doa setelah sholat

Panduan Lengkap Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Untuk lebih detailnya bro-sis bisa simak penjelasannya berikut ini.

1. Membaca Istighfar 33 Kali

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Istighfar

Bacaan Latinnya:Astaghfirullahal’adziim alladzii Laailaha illaahuwal khaiyulkoiyuum wa’atuubu ‘ilaiih“.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung, tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya“.

2. Membaca Kalimat Tauhid 3 Kali

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Kalimat Tauhid

Bacaan Latinnya:Laa’ilaha illallahu wakhdahu laasyariikalah, Lahulmul kuwalahulkhamdu yukhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kullisyai ‘inkodiir

Artinya:Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya miliknya segala kerajaan dan hanya miliknya segala puji, dialah dzat yang kuasa atas segala sesuatu“.

3. Membaca Doa Selamat

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Doa Selamat

Bacaan Latinnya:Allahumma ‘antassalaam, waminkassalaam, wa ‘ilaika ya’uudussalaamu fakhaiyyinaa robbanaa bissalaami wa adkhilnal jannata daarossalaami tabaaroqta robbanaa wata’aalaita yaa dzaljalaaliwal ‘iqhroom“.

Artinya: “Ya Allah engkau lah dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya dirimu lah keselamatan dan kepadamu lah segelama keselamatan itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat, masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan. Engkau lah dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur engkau, Ya Tuhan kami yang dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Al-Fatihah

Bacaan Latin Surat Al-Fatihah:

  • Bismillaahirrokhmaanirrokhiim,
  • [1] Alkhamdulillaahi robbil ‘aalamiin,
  • [2] Arrokhmaa nirrokhiim,
  • [3] Maaliqi yaumiddiin,
  • [4] Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta ‘iin,
  • [5] Ihdinash shirootol mustakiim,
  • [6] Shiroo tolladziina an’amta ‘alaihim, Ghoirilmagh dhuubi ‘alaihim waladh dhooolliin.

Arti Surat Al-Fatihah:

  • Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang,
  • [1] Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
  • [2] Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
  • [3] Pemilik hari pembalasan,
  • [4] Hanya kapada Engkau lah kami menyembah dan hanya kepada Engkau lah kami memohon pertolongan,
  • [5] Tunjukkanlah kami jalan yang lurus,
  • [6] (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

5. Membaca Ayat Kursi

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Ayat Kursi

Bacaan Latin:A’uudzu billahi minash syaitoo nirrojiim, bismillahirrokhmanirrokhiim, Allahu laa ‘ilaha ‘illaa huwalkhaiyul koiyyuum laa ta’ khudzuhu sinatuwwalaa nauum, lahumaa fiissamaa waatiwamaa filardh mandzalladzii yashfa’u ‘indahu illaa bi’idznih ya’lamu maa baina ‘aidiihim wamaa kholfahum walaa yukhiitu na bisyai’immin ‘ilmihi illaa bimaa syaa’, wasi’aqur siyyuhussamaa waa ti walardho walaa ya’uu duhu khif dhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adziim”.

Artinya: “Allah, tiada Tuhan yang haq disembah melainkan Ia (Allah) dzat yang hidup kekal abadi serta terus menerus dalam mengurus makhluknya. Tidak pula mengantuk ataupun tidur, milik-Nya lah apa yang ada di langir dan apa yang ada di bumi. Tiada orang yang mampu memberi syafaat di sisi-Nya kecuali atas izin-Nya. Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka (yang nampak) dan apa yang ada di belakang (yang bersembunyi) mereka. Dan mereka tidak diliputi sesuatu (tidak tahu apa-apa) dari ilmu Allah melainkan dengan sesuatu yang dikehendaki-Nya. Luas kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat menjaga keduanya, dan Dia lah Dzat yang Maha Luhur dan Maha Agung”.

6. Membaca Tasbih

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Tasbih

Bacaan Latinnya:Ilahana robbanaa ‘anta mau laanaa subkhanallah, Subhanaallah..33 kali

7. Membaca Tahmid

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Tahmid

Bacaan Latinnya:Subkhanallahi wabikhamdihi daa ‘iman ‘abadan alkhamdulillah, Alkhamdulillah..33 kali

8. Membaca Takbir

Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Membaca Takbir

Bacaan Latinnya:Alkhamdu lillahi ‘alaa kulli khaalin wafii kulli khaalin wani’mah, Allahuakbar..33 kali

Setelah itu membaca berikut ini,

للهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Baca juga: Tata Cara Sholat Dhuha Serta Keistimewaannya

Setelah bacaan dizikir selesai, bro-sis bisa membaca doa setalah sholat. Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah. Jika pada artikel ini ada isi yang perlu diralat atau diperbaiki silahkan langsung saja komentar di bawah ya bro-sis. Terimakasih banyak sudah berkunjung, Wasalammu’alaikum.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.