LiteSpeed Web Server Niagahoster
Sumber: Niagahoster.co.id

Saatnya Beralih Menggunakan LiteSpeed Web Server – Hallo bro-sis, kali ini saya ada informasi menarik nih buat kalian yang berkecimbung di dunia blogging maupun website. Tentunya untuk membangun sebuah website kita membutuhkan sebuah web server yang nantinya digunakan untuk keperluan aktifitas website kita. Nah salah satu teknologi web server yang digadang-gadang bisa memiliki kecepatan yang luar biasa adalah LiteSpeed Web Server.

Web server sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser. Dari pemintaan tersebut kemudian web server akan memberikan tanggapan dalam bentuk sebuah halaman web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML.

Cara Kerja Web Server, Teknologi LiteSpeed Web Server
Sumber: Niagahoster Blog

Lalu Apa Itu LiteSpeed Web Server?

LiteSpeed Web Server

Tahukah kamu bro-sis? LiteSpeed Web Server atau disingkat dengan LSWS merupakan sebuah teknologi web server yang memiliki kecepatan dibandingkan dengan teknologi web server sebelumnya. LiteSpeed sendiri untuk pertama kalinya diluncurkan pada tanggal 1 Juli 2003 dan pada tahun 2007, LiteSpeed Web Server menjadi LiteSpeed Web Server Enterprise dikonfigurasikan untuk menjadi pengganti Apache. 

LiteSpeed Web Server dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies, perangkat lunak ini merupakan pengganti drop-in Apache. Yang artinya LiteSpeed Web Server ini menggunakan konfigurasi atau format yang sama dengan Apache, sehingga untuk pengguna server Apache jangan khawatir, karena masih cocok atau compatible kok [sumber].

Keunggulan Teknologi LiteSpeed Web Server

Berikut ada beberapa keunggulan Teknologi LiteSpeed Web Server,

  1. Proses PHP 50% lebih cepat
  2. Memiliki akses “loading time” 6 kali lebih cepat dari Apache
  3. Teknologi LiteSpeed Web Server mampu menahan serangan DDOS Attack
  4. Cocok dengan mod_security dan mod-rewrite
  5. Mendukung .htaccess sehingga string cache akan otomatis terbuat dengan sempurna
  6. Meminimalisir overload server yang biasanya disebabkan oleh minimnya spesifikasi server

Fitur-Fitur Pada LiteSpeed Web Server

Fitur LiteSpeed Web Server
Sumber: cirebonweb.com

Setelah sebelumnya saya beberkan beberapa keunggulan yang dimiliki LiteSpeed Web Server, nah berikut ini juga akan saya beberkan fitur pada LiteSpeed Web Server dari keunggulan yang dimilikinya.

1. Dukungan HTTP/2

Mungkin sebagian dari bro-sis ada yang belum tahu HTTP/2 kan?. Nah jadi HTTP/2 itu merupakan sebuah protokol jaringan pengembangan protokol SPDY yang dikembangkan oleh Google dari versi sebelumnya yakni HTTP/1.1

HTTP/2 ini terbukti memiliki kecepatan untuk membuka sebuah halaman web lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Terutama untuk situs HTTPS dienkripsi, enkripsi yang kuat, ditambah dukungan sesuai yang diperlukan menjadikan kerahasiaan untuk pengalaman browsing menjadi lebih aman.

2. Lebih Cepat dan Stabil

Tahukah kamu? LiteSpeed Web Server dapat diinstal dan diaktifkan dengan Apache dalam waktu kurang dari 15 menit loh. Apalagi setelah terinstal, LiteSpeed Web Server mengambil pengaturan Apache dan proses mereka dengan arsitektur-event yang memungkinkan untuk merespon dengan cepat, stabil, tanpa downtime.

3. GZIP Compression

Fitur GZIP Compression pada LiteSpeed Web Server memungkin bro-sis untuk menghemat bandwidth dengan mengompresi file yang dikirim klient.

4.  Dukungan SPDY

LiteSpeed Web Server mendukung SPDY versi 2, 3, dan 3.1 dan akan mendukung semua versi baru segara mungkin setelah keluar versi terbaru.

5. WebSocket Proxiying

Fitur ini memungkinkan bro-sis untuk menggunakan teknologi real-time yang inovatif sambil mengendalikan koneksi WebSocket dengan fitur kinerja dan keamanan.

6. Operating System

LiteSpeed Web Server cocok pada berbagai OS seperti Linux, FreeBSD, Mac OSX, dan Solaris.

7. Concurrent Connections

Lisensi LiteSpeed Web Server 1-CPU dan diatasnya memungkinkan koneksi bersamaan yang tidak terbatas. Lisensi Ultra VPS memiliki batas 800 koneksi bersamaan, sedangkan lisensi VPS batas 500 koneksi bersamaan. Untuk edisi Standar LSWS memiliki batas 150 koneksi bersamaan, sedangkan untuk OpenLiteSpeed tidak memiliki batas koneksi bersamaan.

8. Fitur Lainnya

Dan tentunya masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa bro-sis nikmati diantaranya seperti,

  • Brotli Compression
  • Virtual Hosting
  • IPv4 dan IPv6
  • Scripting Languages
  • Server APIs
  • dll

Dimana Penyedia Jasa Hosting di Indonesia  Yang Sudah Memakai LiteSpeed?

LiteSpeed Web Server Niagahoster
Sumber: Niagahoster.co.id

Nah salah satu penyedia jasa hosting di Indonesia yang sudah menggunakan LiteSpeed adalah Niagahoster. Selain itu, Niagahoster terkenal dengan penyedia hosting murah dan juga terkenal sebagai penyedia hosting terbaik di Indonesia loh. Yuk langsung kepoin di websitenya.

Sekian artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Saatnya Beralih Menggunakan LiteSpeed Web Server Lebih Cepat. Semoga bisa membantu dan memberikan wawasan tambahan kepada teman-teman yang menggeluti dunia maya khususnya website.

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.