Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan Daun Meniran

Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan

Diposting pada

Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan – Halo bro-sis, seperti biasa kali ini Badrul Mozila akan memberikan informasi mengenai dunia kesehatan. Lebih tepatnya menganai khasiat dari tanaman Meniran untuk kesehatan. Apa itu Tanaman Meniran? dan apa saja kandungan dan khasiat yang dimiliki tanaman meniran? yuk langsung saja simak ulasannya.

Apa Itu Tanaman Meniran?

Tahukah kamu bro sis? Tanaman Meniran atau dalam bahasa latinnya Phyllanthus Niruri merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat dengan ketinggian kurang dari 50cm.

Tanaman Meniran dapat tumbuh secara liar pada tempat yang lembab, maupun berbatu loh bro-sis. Misalnya di semak-semak, tanah kosong, atau di antara rerumputan. Namun biasanya hidup di daerah pada dataran rendah sampai ketinggian 100mdpl.

Ciri-Ciri Tanaman Meniran

Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan Daun Meniran 1

Bagi yang bertanya-tanya bagaimana sih itu tanaman meniran? nah berikut ada ciri-ciri dari tanaman meniran yang bisa bro-sis temukan secara tidak sengaja.

  1. Memiliki ketinggian 30-50 cm
  2. Mempunya batang yang tegak dan bercabang banyak
  3. Batang tanaman meniran berwarna hijau pucat atau hijau kemerah-merahan.
  4. Berdaun tunggal
  5. Helaian daun berbentuk bundar telur, pada ujungnya tumpul

Kandungan Tanaman Meniran Di Daun Meniran

Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan Daun Meniran

Lalu apa sih kandungan dari tanaman meniran terutama pada daun meniran yang sering digunakan untuk kesehatan. Nah berikut adalah kandungan yang terdapat pada daun tanaman meniran.

Kandungan Senyawa Aktif Daun Meniran

Tahukah kamu bro-sis? pada daun meniran terdapat kandungan kimia loh, berikut daftar kandungan kimia pada daun meniran yang bisa manfaatkan untuk kesehatan. Kandungan kimia tersebut diantaranya seperti phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirurin, rutin, gallic acid, ascorbic acid, hinokinin, quercetin. Dan senyawa lain berupa beta-glucogallin, seco-4-hidroksilintetralin, hidroksinirantin, nirfilin, dan neolignan.

Kandungan Ilmiah

  • Ekstrak metanol
  • Flavonoid
  • Glikosida Flavonoid
  • ion-ion Na dan K
  • Antioksidan
  • Immunomodulator
  • Hepatoprotekto

Manfaat Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan Dalam Daun Meniran

Meskipun tanaman meniran ini tumbuh secara liar, tapi disisi lain tanaman meniran ini memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan loh bro-sis. Dan mungkin banyak dari bro-sis yang sedang membaca artikel khasiat tanaman meniran banyak yang tidak tahu dari istilah kandungan dari daun meniran yang telah saya jabarkan sebelumnya.

Yang jelas kandungan-kandungan yang terdapat pada daun meniran tersebut jika diolah dengan baik bisa dimanfaatkan untuk kesehatan loh. Nah berikut ini ada beberapa manfaat khasiat tanaman meniran untuk kesehatan.

Mengontrol Kinerja Sistem Dalam Tubuh

Senyawa yang terkandung pada daun meniran dapat mengontrol kinerja sistem tubuh dengan baik. Sehingga ketika tubuh dalam keadaan ngedrop, bisa terbantu mengembalikan kinerja tubuh supaya bisa pulih kembali.

Sebagai Sistem Imun

Bukan rahasia lagi bila kandungan yang dimiliki daun meniran dapat membantu kinerja sistem imun tubuh menjadi baik. Kandungan dalam daun meniran tersebut mampu merangsang aktivitas imunomodulator yang terjadi dalam tubuh. Sehingga hal tersebut bisa membuat tubuh tidak mudah sakit.

Jika bro-sis bisa mengolah daun meniran dengan baik tentunya bisa kok memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun jika bro-sis tidak ingin repot-repot juga bisa tuh beli produk yang sudah diolah oleh perusahaan farmasi terpercaya. Salah satunya bisa dari stimuno, stimuno sendiri tidak hanya untuk orang dewasa loh, namun stimuno untuk balita juga tersedia dan bisa dikonsumsi untuk anak-anak yang berusia 1-5 tahun.

Baca selengkapnya: Stimuno Untuk Balita Imunomodulator Terbaik Balita

Meredakan Nyeri

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, kandungan yang terdapat pada daun meniran dapat mengatasi rasa nyeri yang pada tubuh bro-sis loh. Penelitian itu sendiri dilakukan di Brazil.

Obat Kanker

Karena sifat daun meniran sebagai imunomodulator, ektrak daun meniran juga sering digunakan sebagai imunoterapi dan terapi pendamping untuk menemani pengobatan utama.

Hepatitis Kronis

Tahukah kamu bro-sis? hasil uji klinis di RS Soetomo membuktikan meniran ber-khasiat mengatasi hepatitis B. Benarkah demikian? Ekstrak daun meniran dapat memodulasi sistem imun melalui proliferasi dan aktivasi limfosit T dan B. Sedangkan hasil riset dari Haowie dalam Journal Laboratory Clinic Medicine menyebutkan bahwa meniran terbukti menghambat kinerja polimerisasi DNA oleh virus hepatitis B dan mengikat antigen virus tersebut.

Tentunya masih banyak khasiat tanaman meniran untuk kesehatan yang lainnya. Tapi untuk artikel Badrul Mozila cukup sekian saja, bila ada yang ingin menambahkan atau memberikan saran pada artikel ini silahkan tulis pada kolom komentar atau melalui email.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Khasiat Tanaman Meniran Untuk Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat dan mohon untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman bro-sis ataupun keluarganya, terima kasih.

Baca juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata / 5. Pemilih saat ini:

Iklan
Gambar Gravatar
Travel Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *