Perbedaan Diklat Dengan Bimtek

Perbedaan Diklat Dengan Bimtek Beserta Pengertiannya – Langsung saja lah ya, intinya di artikel Badrul Mozila kali ini akan membahas mengenai Diklat dan Bimtek. Baik itu dari perbedaanya, fungsi, tujuan, dan juga pengertiannya akan saya kupas di artikel ini.

Untuk Anda yang membaca artikel ini karena sebelumnya membaca artikel mengenai Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, maupun untuk Anda yang bingung mengenai perbedaan dari Diklat maupun Bimtek, maka artikel ini sangat pas untuk mengatasi kebingungan Anda.

Apa Perbedaan Diklat Dengan Bimtek?

Perbedaan Diklat Dengan Bimtek

Pada artikel ini yang mengenai perbedaan diklat dengan bimtek, saya akan menjelaskan perbedaannya dari beberapa sudut pandang. Yang pertama dari pengertiannya, fungsi dan tujuannya, perbandingannya, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ulasannya,

Pengertian Diklat dan Bimtek

Pada bagian ini saya akan memaparkan mengenai pengertian dari kedua kegiatan ini.

Pengertian Diklat

Pendidikan/Pelatihan atau yang lebih dikenal dengan Diklat merupakan sebuah kegiatan dimana peserta diberikan pelatihan ataupun dilatih untuk meningkatkan kompetensi yang bersifat teknis. Hal tersebut bertujuan untuk nantinya para peserta diharapkan bisa memecahkan permasalahan dan juga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan profesional.

Pengertian Bimtek

Sedangkan Bimtek atau Bimbingan Teknis merupakan penyelenggaraan sebuah proses belajar mengajar guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia. Tujuan dari penyelenggaraan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan, membangun karakter, mengembangkan nilai moral, sehingga diharapkan peserta yang ikut bisa mengerjakan tugas sesuai dengan fungsinya.

Sampai disini saya yakin ada sebagian dari Anda yang masih bingung dengan perbedaan antara Diklat dengan Bimtek. Memang dilihat dari pengertiannya sih hampir tidak ada perbedaannya. Nah berikut ada poin pembanding yang mungkin bisa menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan dari Diklat dengan Bimtek.

Perbedaan Diklat Dengan Bimtek

Berikut ada beberapa perbedaan antara diklat dengan bimtek yang di bagi kedalam beberapa poin.

No. Perbedaan Diklat Bimtek
1. Tujuan Peningkatan Kompetensi Penyelesaian Masalah
2. Peserta Pejabat Struktural dan Fungsional Semua Aparat Pemerintahan/Swasta
3. Tenaga Pengajar Widyaiswara Narasumber
4. Pelaksana Badan Diklat Berbasis SKPD
5. Metode Andragogi Tatap Muka/Ceramah
6. Substansi Kompetensi Dasar Masalah/Kasus
7. Kurikulum Berbasis Kompetensi Tidak Ada

Dengan paparan beberapa poin perbedaan diklat dengan bimtek yang saya jelaskan diatas, tentunya saya harapkan sampai sini Anda sudah paham.

Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kesempatan kali ini mengenai Perbedaan Diklat Dengan Bimtek Beserta Pengertiannya. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin mengikuti kegiatan diklat maupun bimtek.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.