Contoh Teks Eksposisi Yang Benar Dan Pengertiannya

Contoh Teks Eksposisi Yang Benar
5
(2)

Contoh Teks Eksposisi Yang Benar – Halo, sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih karena sudah mau mampir di Badrul Mozila. Seperti halnya dengan teks eksplanasi maupun jenis teks yang lain, teks eksposisi juga mempunyai karakter tertentu, struktur kalimat, faktor bahasa, beragam contoh yang membuat perbedaan teks eksposisi dibandingkan dengan teks yang lainnya.

Contoh teks eksposisi singkat merupakan salah satu contoh teks eksposisi yang banyak digunakan.

Pengertian Teks Eksposisi

Sebelum kamu membaca dan memahami seperti apa itu contoh teks eksposisi, alangkah lebih baiknya bila kamu tahu terlebih dahulu apa itu teks eksposisi. Teks Eksposisi merupakan sebuah karangan atau hasil tulisan yang isinya bertujuan untuk menerangkan ataupun menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut dengan menggunakan gaya penulisan yang singkat tapi padat dan jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi yang membedakan dengan teks lainnya adalah sebagai berikut:

  • Bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang informatif
  • Penyampaian secara lugas, jelas dan dimengerti oleh pembaca
  • Penggunaan bahasa yang baku
  • Memaparkan berbagai macam berita-berita dengan kategori ilmu pengetahuan
  • Penjelasannya disertai data-data yang dapat dipertanggung jawabkan dan akurat
  • Bersifat objektif atau netral, tidak berpihak kepada siapapun ataupun juga tidak memaksakan keinginan dari penulis kepada pembacanya
  • Memperlihatkan sebuah fakta yang berfungsi sebagai alat konkretisasi dan kontribusi nyata
  • Berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat diuraikan dengan akal atau penalaran

Struktur Contoh Teks Eksposisi

Sedangkan struktur teks eksposisi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Tesis atau Pandangan Penulis

Pada bagian pertama dalam struktur teks eksposisi adalah sebuah Tesis, dimana pada bagian ini berisikan pandangan atau pendapat dari penulis. Tesis pada teks eksposisi juga merupakan bagian teks eksposisi yang menguraikan sudut pandang dari penulis kepada setiap keadaan yang akan dibahas atau sesuai dengan topiknya.

Tentunya sebuah tesis berdasarkan dari sebuah wujud pernyataan yang nantinya akan didukung dengan sebuah argumen. Pada umumnya, tesis berada di bagian awal teks eksposisi, meskipun ada kemungkinan kita dapat juga menemukannya pada bagian akhir dari sebuah teks eksposisi. Tesis sangatlah penting untuk merangkai contoh teks eksposisi.

2. Argumentasi

Pada bagian selanjutnya dalam struktur teks eksposisi terdapat Argumentasi teks eksposisi yang terdiri atas kalimat-kalimat yang memuat argumentasi untuk mendukung Tesis yang telah uraikan di awal oleh penulis. Ciri-ciri argumentasi yang baik sendiri adalah argumentasi yang berisi argumentasi dan juga penjelasan untuk mendukung pandangan atau perkiraan pada bagian tesis, serta menambahkan bukti pendukung dan hasil data yang telah didapatkan.

Namun pada kenyataannya, argumentasi juga dapat digunakan untuk menyangkal atau bahkan menolak suatu pernyataan dari pihak lain.

3. Penegasan

Pada bagian struktur teks eksposisi selanjutnya terdapat penegasan yang memuat pendapat penulis mengenai pandangan atau prediksi yang telah dipaparkan sebelumnya. Hal tersebut bertujuan untuk penguatan kembali atas pendapat yang memuat fakta-fakta pada argumentasi.

Bagian ini adalah bagian kesimpulan yang memberikan penegasan kembali dari tesis yang diuraikan di awal teks eksposisi dan sekaligus untuk mendukung argumentasi yang disertakan dengan fakta.

Gampangnya, teks eksposisi ini memiliki struktur yang di setiap bagiannya berisi sebuah informasi ataupun pendapat penulis yang saling mendukung satu sama lain.

Jenis-Jenis Serta Contoh Teks Eksposisi

Tahukah kamu? Teks Eksposisi memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui, jenis-jenis teks eksposisi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Teks Eksposisi Pengerjaan

Teks Eksposisi pengerjaan merupakan sebuah teks eksposisi yang memaparkan langkah-langkah / metode-metode dalam melaksanakan sesuatu secara urut dari permulaan hingga akhir atau selesai.

Teks Eksposisi Gambaran

Teks Eksposisi gambaran adalah sebuah ragam alinea yang memaparkan berita atau pembahasan-pembahasan suatu topik dengan metode menunjukkan gambaran atau penjelasan yang simpel berkaitan sebuah topik dengan topik yang lainnya yang mempunyai persamaan baik sifat atau kemiripan dalam suatu hal tertentu.

Teks Eksposisi Laporan

Jenis teks eksposisi laporan merupakan ragam dari alinea eksposisi yang menerangkan laporan dari suatu peristiwa maupun dari suatu penelitian yang ditetapkan.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi perbandingan merupakan ragam alinea eksposisi yang terdapat ide atau gagasan utamanya diuraikan dengan memberikan perbandingan atau membandingkan dengan suatu hal lain yang berbeda atau sama.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi pertentangan merupakan suatu ragam alinea atau karangan yang memuat perihal hal pertentangan berkaitan suatu hal dengan hal yang lain.

Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi definisi merupakan ragam alinea eksposisi yang hanya menerangkan pengertian / definisi pada satu topik tertentu secara mendalam.

Contoh Teks Eksposisi Yang Benar

Berikut ada beberapa contoh teks eksposisi yang benar yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam membuat teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Ekonomi

Meramal Perekonomian Indonesia di Tahun 2040 Mendatang

Saat ini Indonesia tengah menjadi sorotan dunia ketika sidang tahunan IMF yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 12 Oktober – 14 Oktober 2018 silam. Dilansir pada lama tribunnews bahwa Presiden Bank Dunia yakni Jim Yong Kim menyebut Indonesia merupakan negara yang tangguh, hal itu dibuktikan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini terus meningkat meskipun di Indonesia sedang banyak terjadi bencana alam.

Keyakinan tersebut diperkuat oleh indikator kemiskinan di Indonesia telah berkurang 19,1 persen pada tahun 2000 menjadi 9,8 persen di tahun 2018.

Hingga saat ini laju transformasi Indonesia sangat pesat untuk menuju ke arah sana.
Berangkat dari sidang akbar IMF lalu yang mengingatkan akan perkembangan yang terjadi menyadarkan kita bahwa potensi Indonesia sangat besar.

Akan tetapi momentum yang baik tersebut terlalui begitu saja karena kita terlalu sibuk dengan urusan lain. Sehingga investor tersebut tidak pernah terwujud.

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Pendidikan
Sumber: Banjarmasin Post

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Yang Lebih Baik Demi Indonesia Lebih Baik

Pendidikan merupakan sebuah pondasi dan juga merupakan senjata yang paling ampuh untuk menaklukkan dunia. Melalui pendidikan, sarana dan fasilitas yang baik dan mendukung akan mengantarkan sebuah bangsa menjadi sebuah bangsa yang besar dan berkembang maju.

Sementara Indonesia saat ini terus berupaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Berbagai kebijakan dan fasilitas terus diperbarui untuk menjadikan pendidikan dengan kualitas yang terbaik. Tinggal bagaimana peserta didik bisa memanfaatkan segala fasilitas yang diberikan oleh pemerintah yang berkaitan dengan dunia pendidikan tersebut.

Saat peserta didik dengan fasilitas pendidikan bisa berselaras dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan Indonesia semakin diakui oleh dunia melalui SDM handal yang tercipta dari kualitas pendidikan yang bagus tersebut. Dengan demikian semakin banyak investor asing yang tentunya ingin dan akan berinvestasi di Indonesia dan membuat perekonomian Indonesia jauh lebih baik.

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Dengan Tema Lingkungan

Hutan Sebagai Sumber Nafas Kehidupan

Semua makhluk hidup khususnya manusia, pada dasarnya sadar betul bahwa membutuhkan keberadaan makhluk hidup yang lainnya seperti tumbuh-tumbuhan tak terkecuali keberadaan hutan. Hutan sendiri merupakan sumber kehidupan yang dapat memberi keseimbangan ekosistem di dunia. Keberadaan hutan secara tidak langsung memberikan dukungan kehidupan bagi manusia, dengan adanya hutan udara terbebas dari polusi sehingga dapat dinikmati dengan sehat dan segar. Hutan juga sangat menolong dalam mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Namun banyak juga manusia yang tidak sadar dengan hal tersebut yang tertutup oleh kepentingan pribadi. Terbukti dengan begitu banyaknya oknum yang tanpa merasa bersalah melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan dan dijadikan sebagai lahan sawit. Sehingga tanpa mereka sadari bisa mengakibatkan bencana baru berupa kabut asap yang berdampak pada penyakit pernapasan bagi manusia, bahkan longsor dan banjir.

Hutan adalah sumber pernafasan yang bisa dibilang sebagai jantung kehidupan makhluk hidup, tak hanya manusia, namun juga binatang. Namun semakin lama fungsi hutan tersebut mulai dilupakan oleh manusia. Mereka berhenti peduli dengan keadaan hutan dan lebih senang mengubahnya menjadi pundi-pundi uang.

Catatan Untuk Contoh Teks Eksposisi Yang Baik Kali Ini

Perlu kamu ketahui, bila contoh-contoh teks eksposisi di atas cukup dijadikan sebagai bahan referensi saja. Jangan dijadikan tugas perkuliahan, ataupun tugas sekolah, karena pasti akan salah jika tanpa adanya pengembangan dalam teks eksposisi di atas.

Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kali ini mengenai Contoh Teks Eksposisi Yang Benar Beserta Struktur Dan Pengertiannya. Semoga bisa bermanfaat, dan mohon dukungannya untuk membagikan artikel yang ada di blog ini ke media sosial kalian untuk perkembangan blog ini ke arah yang lebih baik. Terimakasih sebelumnya, sampai jumpa pada artikel lainnya.

Baca juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata 5 / 5. Pemilih saat ini: 2

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: