Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Ciri

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Cirinya

Diposting pada

Pengertian Kewirausahaan – Halo, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih banyak karena sudah mau mampir untuk membaca artikel Badrul Mozila kali ini. Pada kali ini sesuai dengan judul, artikel akan bertema mengenai kewirausahaan. Tentunya setiap orang memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam berwirausaha.

Berwirausaha memang terlihat mudah, namun sering kali untuk membangun suatu usaha yang besar dan sukses, diperlukan beberapa metode yang tepat. Selain itu juga, setiap wirausahawan yang sukses memiliki ciri-ciri dan teknik atau metode berwirausaha yang berbeda-beda.

Namun sebelum membahas mengenai ciri-ciri wirausaha yang bisa membangun bisinis dengan sukses, alangkah baiknya bila kamu pahami terlebih dahulu mengenai pengertian kewirausahaan dengan baik.

Sehingga ketika kamu akan terjun langsung untuk memulai suatu usaha, kamu sudah tidak kebingungan lagi dalam menghadapi berbagai masalah yang akan timbul selama menjalankan suatu usaha.

Lalu apa itu kewirausahaan? Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Tahukah kamu? secara umum Kewirausaahaan merupakan sebuah sikap mental yang aktif, inovatif, serta mempunyai kreativitas, untuk membuat sesuatu yang unik, baru dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Orang yang selalu mempunyai kemampuan dalam mengelola sebuah usaha kecil ataupun besar dengan baik, maka dia termasuk orang yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi.

Nah berikut ini ada beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menambah wawasan kamu atau tugas kamu. Berikut ulasan selengkapnya mengenai kewirausahaan menurut pendapat para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Robbin & Coulter

Kewirausahaan adalah proses mencari peluang dan menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif secara terencana dan terorganisisir. Usaha yang diciptakan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan orang lain dan masyarat luas pada umumnya.

Untuk itu orang yang diawal baru berwirausaha tidak akan memikirkan mengenai sumber daya terlebih dahulu, selama pada tahap awal ia bisa mengerjakannya sendiri.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Thomas W Zimmerer

Kewirausahaan adalah sebuah penerapan dari berbagai hal yang memiliki inovasi dan kreatifitas yang baru dan unik serta dapat berguna pada segala permasalahan yang sering dijumpai pada aktivitas sehari-hari.

Seorang wirausahawan akan memanfaatkan permasalahan tersebut untuk menciptakan peluang berwirausaha dan akan mencoba memecahkan masalah yang ada.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Arif F. Hadipranata

Kewirausahaan merupakan individu atau personal yang memiliki keinginan untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang dapat menghasilkan berbagai keuntungan baik berupa finansial ataupun non-finansial.

Arif F. Hadipranata juga menyampaikan bahwa seorang yang memiliki jiwa wirausaha, akan selalu memiliki keberanian dalam mengambil berbagai resiko yang mungkin muncul selama menjalankan bisnis.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz

Kewirausahaan merupakan salah satu yang aktivitas yang memiliki kesempatan untuk berubah menjadi sebuah ide yang bisa dijual, serta dapat memberikan nilai tambah, nilai jual melalui biaya, usaha, waktu dan ketrampilan yang bertujuan untuk membuat keuntungan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon (1775)

Menyebutkan bahwa Kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (Wirausaha). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga yang tidak menentu. Jadi, definisi pengertian ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lainnya

  • Thomas W Zimmerer, kewirausahaan merupakan sebuah keinovasian aplikasi dan kreativitas dalam memecahkan sebuah masalah dan memanfaatkan peluang yang lainnya yang dihadapi setiap hari.
  • Menurut Penrose (1963), kegiatan kewirausahaan merupakan identifikasi termasuk peluang dalam sistem ekonomi.
  • Andrew J Dubrin, kewirausahaan merupakan seseorang yang menjalankan dan membangun sebuah bisnis yang inovatif.
  • Jean Baptista Say, merupakan sebuah agen yang mampu menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai produk.
  • Kasmir, kewirausahaan merupakan jiwa seseorang pemberani yang berani mengambil resiko untuk memulai bisnis di berbagai kesempatan.
  • Raymond, kewirausahaan merupakan seseorang yang inovatif, dan kreatif sehingga mampu menciptakan sebuah produk dan mewujudkannya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dalam lingkungan dan masyarakat.
  • Peter F Drucker, sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Nah meskipun terdapat perbedaan istilah kewirausahaan dan wirausaha di setiap pendapat para ahli tersebut, pada umumnya kewirausahaan memiliki makna yang hampir sama dan tidak jauh berbeda.

Ciri-Ciri Kewirausahaan (Pelaku/Wirausahawan)

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Ciri

Beberapa ciri-ciri seorang wirausaha di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Percaya diri
  2. Selalu berorientasi pada tugas dan hasil
  3. Selalu berorientasi ke masa depan
  4. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik
  5. Berani mengambil resiko

Apabila seseorang telah memiliki ciri-ciri tersebut, maka ketika dia merintis sebuah usaha, dia akan dapat menjalankan serta mengelola usahanya dengan baik.

Bagi kamu yang merasa belum memiliki semua ciri-ciri tersebut namun ingin dapat berbisnis dengan baik, maka alangkah baiknya belajar terlebih dahulu dengan teman kamu yang sudah berpengalaman. Atau mungkin mengikuti seminar yang diisi oleh pembicara dari pengusaha/enterpreneur yang sukses sebelum terjun ke dunia bisnis.

Ciri-ciri wirausaha tersebut sesuai dengan pendapat dari Kathleen yang juga menyebutkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang dapat menjalankan dan mengatur suatu urusan dengan baik, serta berani mengambil semua resiko yang ada.

Dengan demikian sudah jelas bahwa seorang wirausaha yang akan sukses adalah yang berani, percaya diri, selalu kreatif dalam mencari solusi dan jalan keluar dari permasalahan yang ada, serta tidak mudah putus asa.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Cirinya. Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman dan bisa menambah wawasan pengetahuannya. Jangan lupa bantu saya untuk membagikan artikel-artikel yang ada di Badrul Mozila melalui media sosial kamu.

Baca juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata / 5. Pemilih saat ini:

Gambar Gravatar
Travel Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *