Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita
Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita – Halo sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Anda yang telah menyempatkan mampir di Badrul Mozila. Sesuai dengan judul artikel, tentunya pada kesempatan ini saya ingin memberikan tips cara menyembuhkan masuk angin yang terjadi pada anak balita atau anak di usia 1 tahun keatas.

Tahukah Anda? saat anak merasa tidak enak badan yang biasanya ditandai dengan gejala mual-mual, sehingga tak jarang sampai muntah dan terkadang diiringi dengan demam, orangtua pasti akan menduga bahwa si anak sedang masuk angin.

Nah istilah ‘masuk angin’ memang akrab ditelinga masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Padahal dalam dunia medis, masuk angin bukan merupakan sebuah penyakit. Masuk angin sendiri merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang pada umumnya menyerang daerah pernafasan dan juga pencernaan.

Gejala ini biasanya terjadi saat sang anak terlambat sarapan atau makan, kehujanan atau terlalu lama terkena paparan udara luar. Sehingga hal tersebut berpengaruh menurunnya daya tahan tubuh anak. Hal itu kemudian ditandai dengan rasa mual yang terkadang diikuti muntah, pusing dan demam.

Baca selengkapnya: Tips Menjaga Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tentunya Anda sebagai orangtua tidak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut, karena gejala penyakit ini bisa disembuhkan dengan mudah dan bisa sembuh dengan sendirinya seiring meningkatnya sistem imun tubuh anak.

Tetapi gejala ini tentunya menimbulkan rasa yang membuat tidak nyaman pada sang anak, Nah Anda sebagai orangtua tentunya bisa meredakannya dengan menggunakan cara-cara alami berikut ini.

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita

Berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan masuk angin pada anak balita menggunakan bahan-bahan alami.

Air Jahe

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita Dengan Jahe

Tahukah Anda? Jahe mempunyai khasiat untuk meredakan batuk, mual, tak hanya itu air jahe yang hangat dapat membuat tubuh jauh lebih hangat. Cara menyembuhkan masuk angin pada anak balita yang berikut ini sangat mudah kok.

Nah Anda juga bisa memberikan sedikit air rebusan jahe kedalam secangkir teh hangat untuk meredakan masuk angin pada anak balita Anda.

Bawang Merah

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita Dengan Bawang Merah

Selain dikenal sebagai bumbu masakan yang membuat cita rasa masakan menjadi lebih enak, ternyata bawang merah juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala masuk angin loh.

Nah Anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk meredakan masuk angin pada anak Anda. Berikut ini adalah caranya:

  1. Ambil bawa merah 1 lengkuas saja atau secukupnya tidak perlu banyak-banyak
  2. Kemudian potong-potong dan ditumbuk/dihancurkan
  3. Kemudian campurkan dengan minyak kayu putih
  4. Oleskan racikan tadi ke tubuh anak seperti di area punggung dan juga perut

Minyak Kayu Putih

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita Dengan Minyak Kayu Putih

Bukan menjadi rahasia lagi bila minyak kayu putih memang diperuntukan untuk membantu menghangatkan tubuh anak. Jadi minyak kayu putih merupakan salah satu cara menyembuhkan masuk angin pada anak balita yang banyak digunakan.

Tak hanya anak-anak saja, namun orang dewasa ketika sedang merasakan tidak enak badan tentunya akan menggunakan minyak kayu putih yang akan dioleskan ke badan, terutama bagian perut dan juga kepala serta dihirup tipis-tipis.

Sup Hangat

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita Dengan Sup Hangat

Semangkuk sup hangat juga mampu menyembuhkan masuk angin pada anak yang biasanya diawali rasa mual ataupun kembung yang ditimbulkan oleh masuk angin.

Anda juga bisa memberikan sup ayam atau sup jagung hangat kepada anak Anda untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh serta mengembalikan nafsu makannya.

Daun Jarak

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Dengan Daun Jarak
Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Dengan Daun Jarak

Sejak duhulu kala daun jarak dikenal sebagai penangkal gejala masuk angin. Nah pada cara menyembuhkan masuk angin pada anak balita kali ini, Anda hanya cukup menempelkan satu atau dua lembar daun jarak yang sudah dicuci bersih, yang kemudian dioleskan sedikit dengan minyak kayu putih sebelum ditempelkan ke perut anak.

Daun Meniran

Daun meniran merupakan tumbuhan dengan kandungan imunomodulator terbaik, imunomodulator ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh pada anak. Namun jika Anda salah atau tidak berhati-hati dalam mengolah daun meniran, bukan tidak mungkin bila kandungan imunomodulator dapat hilang.

Nah untungnya ada sirup yang terbuat dari ekstrak daun meniran yang memang dikhususkan untuk anak balita. Ya stimuno untuk balita, Apa itu stimuno untuk balita? merupakan sebuah sirup yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak membaik kembali.

Baca selengkapnya: Stimuno Untuk Balita Imunomodulator Terbaik Balita

Menggunakan cara alami untuk mengobati masuk angin pada anak lebih baik daripada menggunakan obat-obatan dengan kandungan kimia. Namun, jika gejala disertai dengan demam, maka tidak ada salahnya untuk memberikan obat penurun panas.

Dan selama proses penyembuhan, alangkah baiknya bila hindarkan anak pada pemakaian kipas angin atau AC yang terlalu dingin. Serta pastikan sang anak merasa nyaman dan cukup istirahat.

Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kali ini mengenai Cara Menyembuhkan Masuk Angin Pada Anak Balita. Jangan lupa bantu saya untuk membagikan artikel-artikel blog ini untuk perkembangan blog ini menjadi lebih baik.

Baca juga:

One comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.