Rekomendasi Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi – Halo Assalammualaikum, terima kasih saya ucapkan karena telah mau mampir di Badrul Mozila. Seperti biasa sesuai dengan judul artikel ini tentunya saya akan berbagi informasi mengenai makanan yang cocok untuk bayi 9 bulan. Untuk itu yuk simak selengkapnya artikel kali ini.

Makanan merupakan sumber utama tenaga manusia untuk kehidupan, tak terkecuali dengan anak yang masih bayi. Namun ada hal yang harus perlu diperhatikan dalam memberikan makanan untuk bayi. Menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi tentunya berbeda dengan menu makanan anak yang sudah memiliki gigi.  Untuk itu kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi rongga mulut dari sang bayi. Agar makanan yang Anda berikan tidak cuman merangsang pertumbuhan rongga mulutnya, tetapi juga dapat dinikmati oleh bayi.

Mengenal Karakteristik Anak Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Mengenal Karakteristik Bayi Belum Punya Gigi
Sumber: Pixabay Regina Zulauf

Dalam mempersiapkan makanan untuk anak tentunya bisa menjadikan hal yang membahagiakan dan juga menantang. Tak terkecuali dengan menyiapkan makanan bayi usia 9 bulan. Di usia anak yang baru menginjak 9 bulan, tentunya bayi sangatlah eksploratif. Ia tentunya sudah mulai mengeksplore dirinya sendiri, mulai dari belajar berdiri, belajar duduk sembari perlahan-lahan berjalan dengan keadaan merambat dan juga lain sebagainya.

Tak terkecuali dalam aktivitasnya saat makan, bayi tak kalah eksploratif. Bayi akan seperti memainkan makanan yang telah Anda persiapkan, sehingga tak jarang Anda yang melihatnya menjadi gemas bahkan tak sabaran untuk langsung menyuapinya.

Tetapi ternyata hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak bagian dari perkembangan motorik halusnya. Pada umumnya ia akan menolak disuapi serta ingin memegang makanannya sendiri. Ia akan mencoba memindahkan makanan dari satu tangan ke tangan lainnya sebelum pada akhirnya dimasukkan ke mulutnya.

Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Nah berikut ini ada beberapa menu makanan untuk bayi 9 bulan belum tumbuh gigi. Rekomendasi menu makanan bayi 9 bulan berikut ini bisa Anda jadikan referensi, namun untuk pertimbangannya silahkan tanyakan kepada dokter ahli yang Anda percaya.

Jus Buah

Anda bisa memberikan aneka jus buah seperti berikut ini,

Jus Apel Jeruk

Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi by StockSnap
Sumber: Pixabay StockSnap

Bahan:

  • 100gr daging apel, buang kulitnya termasuk bijinya
  • 50gr jeruk pontianak dan buang bijinya
  • Lelu blender

Jus Jambu Biji Pepaya

Jus Pepaya Cocok Untuk Bayi Belum Punya Gigi

Bahan:

  • 50gr pepaya merah, kupas dan buang bijinya
  • 75gr daging jambu biji yang sudah dibersihkan
  • Blender hingga halus

Jus Mangga Alpukat

Bahan:

  • 75gr daging buah mangga
  • 50gr daging buah alpukat
  • Lalu blender

Nasi Tim Saring

Nasi Tim Saring, Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Nasi Tim Saring sendiri merupakan makanan untuk bayi sebagai pendamping ASI. Nasi dengan jenis ini tentunya dibuat untuk dikonsumsi bayi, supaya lebih mudah dicerna oleh sang bayi. Nah berikut ini adalah beberapa aneka menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi yang berupa Nasi Tim Saring.

Nasi Tim Saring Ikan Tuna

Bahan:

  • 20 gram (2 sdm) beras
  • 2,5 gelas (625 ml) air
  • 25 gram daging ikan tuna
  • 25 gram tempe
  • 25 gram bayam
  • ½ sdt mentega
  • ½ sdt kecap manis

Cara Membuat:

  1. Cuci semua bahan sebelum diolah
  2. Campurkan air, beras, ikan tuna dan tempe, kemudian rebuslah hingga lunak
  3. Masukkan bayam, rebus sebentar
  4. Sajikan

Note: jika ingin lebih halus konsistensinya, bisa Anda saring atau diblender.

Tim Saring Ayam Isi Keju

Bahan:

  • 20 gram beras, dicuci bersih
  • 625 ml air
  • 25 gram daging ayam giling
  • 25 gram buncis
  • 25 gram tomat
  • 5 gram keju

Cara Membuat:

  1. Campurkan air, beras, dan daging ayam, kemudian rebus hingga menjadi bubur
  2. Tambahkan buncis dan tomat, kemudian masak hingga matang
  3. Masukkan keju parut, aduklah hingga semua menjadi lunak
  4. Terakhir, sajikan (boleh disaring/dihaluskan lagi)

Nasi Tim Saring Jamur

Anda memerlukan 1 sdm irisan daun bawang, 1/2 siung bawang putih, 1 sdm makan daging sapi, 4 buah jamur kancing segar, 400 ml air dan 4 sdm makan beras. Cucilah beras sampai bersih, lalu cincang sampai halus jamur kancing, bawang putih dan daging sapi.

Masaklah beras dengan air sembari sesekali diaduk sampai airnya terserap. Masukanlah irisan daun bawang, bawang putih, jamur dan daging sapi. Masaklah sampai daging sapi matang, kemudian angkat. Tuangkan nasi di dalam panti tim. Tim kurang lebih sekitar 30 menit ataupun sampai tekstur nasi menjadi lunak. Lalu angkat dan hidangkan di dalam piring saji.

Nasi Tim Saring Brokoli Patin

Ada memerlukan 1 sdm bawang bombay, 40 gram fillet ikan patin, 30 gram brokoli, 400 ml air dan 4 sdm beras. Cucilah brokoli dan beras secara bersih. Potong brokoli kecil-kecil. Cincanglah secara fillet ikan patin serta bawang bombay. Masak bawang bombay, fillet ikan patin dan masak beras dengan air sampai airnya terserap.

Tambahkanlah brokoli, masak sebentar, kemudian airnya terserap. Tuanglah nasi di dalam panci tim. Tim kurang lebih 30 menit ataupun sampai tekstur nasi menjadi lunak serta seluruh bahan matang. Angkatlah kemudian masukkan di dalam piring saji. Nasi timb brokoli patin pun siap untuk dihidangkan

Tips Membuat Menu Makanan Bayi 8/9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Nah berikut ini ada tips dalam membuat menu makanan bayi dengan usia 8 atau 9 bulan belum tumbuh gigi.

  1. Buatlah menu makanan yang semi padat, akan tetapi tidak terlalu keras. Yang jelas makanan tersebut harus mudah dicerna. Sebab, bayi belum sempurna untuk mengunyah, apalagi belum ada giginya. Tentu Anda bisa membantu melembutkan dengan cara memblender atau menggepuk dengan benda yang higienis.
  2. Berikan buah-buahan yang kaya akan rasa, contohnya seperti pisang, pepaya, dan buah-buah yang sekiranya memiliki tekstur lembut. Kalau perlu dilembutkan terlebih dahulu sebelum diberikan ke bayi.
  3. Makanan yang mudah lumer di dalam mulut, seperti biskuit khusus bayi.
  4. Mengombinasikan beberapa bahan makanan untuk memperkenalkan kepada anak dengan beragam cita rasa.

Nah setelah bayi Anda sudah menginjak usia 1 tahun, bisa Anda berikan multivitamin seperti Stimuno Untuk Balita.

Baca selengkapnya: Stimuno Untuk Balita Imunomodulator Terbaik Balita

Usahakan Jangan Memberi Bahan Berikut Ini Pada Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Jangan Berikan Bahan Ini Ke Menu Makanan Bayi Anda

Garam

Garam tidaklah harus ditambahkan kedalam makanan bayi usia 9 bulan. Tekanan darah bayi dapat meningkat jika bayi mengkonsumsi garam yang ada didalam makanannya. Tentunya hal tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Sementara itu, ginjal yang berumur di bawah 1 tahun belum bisa memprosesnya.

Oleh Karena itu Anda tidak harus menambahkan garam kedalam makanan bayi Anda, dikarenakan dalam beberapa bahan makanan seperti daging, sayur dan kacang-kacangan terdapat kandungan garam alami yang diperlukan bayi. Bagi bayi dengan usia 6 sampai 12 bulan, garam hanyalah diizinkan diberikan sebesar 1 gram dengan 0,4 gram natrium setiap harinya

Gula

Sama halnya seperti dengan garam, gula juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi yang berada di usia 1 tahun ke bawah. Hal tersebut dikhawatirkan dapat merusak gigi serta mengakibatkan kegemukan serta diabetes di kemudian hari nantinya.

Telur Setengah Matang

Pastikanlah telur dimasak dengan matang sampai bagian putih dan kuningnya mengeras. Memasak sebuah telur sampai matang itu berfungsi untuk mencegah bakteri yang terdapat pada telur itu benar-benar mati. Yang mana bakteri tersebut pada umumnya tidak terlalu berbahaya bagi orang dewasa di jumlah terbatas.

Jenis-jenis Ikan Tertentu

Tundalah untuk memberikan bayi Anda makanan yang mengandung ikan, seperti ikan marlin, cucut dan hiu dikarenakan dapat menjadikan kandungan merkuri yang bisa memberikan pengaruh sistem saraf bayi. Serta hindarkan juga memberikan kerang bagi bayi Anda supaya mengurangi resiko keracunan.

Madu

Kenapa Madu tak dianjurkan untuk diberikan hingga bayi seminimal-minimalnya berumur 1 tahun? Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan bakteri yang dapat merusak usus bayi Anda. Kandungan gulanya pun juga tidak baik untuk gigi bayi yang baru saja tumbuh.

Saran Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Intinya sajikanlah makanan yang bervariasi, supaya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang juga beragam. Pemberian karbohidrat tidaklah harus terlalu banyak, karena asi sudah cukup sebagai pengganti karbohidrat. Anda juga bisa mencoba memberikan gandum kepada bayi Anda, karena gandum tinggi akan serat dan mineral, tetapi di sisi yang lain rendah lemak.

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Rekomendasi Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi. Semoga bisa bermanfaat dan

Baca juga:

Advertisements
Iklan
NOTE
Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Article Name
Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Description
Menu Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi - Salah satu menu makanan bayi yakni, Nasi Tim Saring yang merupakan makanan untuk bayi sebagai pendamping ASI
Author
Publisher Name
Badrul Mozila

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.