Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer 4 Jutaan

Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer Mantap
5
(1004)

Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer 4 Jutaan – Saat ini bisnis percetakan sangat diminati oleh para pengusaha menengah kebawah. Bisnis percetakan sendiri terbagi kedalam segmen yang berbeda-beda dengan jenis bisnis yang banyak. Salah satu bisnis percetakan yang saat ini dibilang cukup mendatangkan keuntungan yang banyak adalah Cetak Undangan Dengan Printer.

Untuk itu Badrul Mozila kali ini akan memberikan ulasan mengenai bisnis percetakan undangan dengan menggunakan printer. Baik itu cara memulainya, anggaran dana yang harus di persiapkan, serta alat apa saja yang harus dimiliki. Untuk itu jangan baca setengah-setengah saja ya, dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini melalui media sosial yang kamu miliki.

Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer 4 Jutaan Untung Banyak

Seperti yang sudah saya bilang di awal, bila bisnis atau usaha cetak undangan merupakan salah satu usaha atau bisnis yang memiliki peluang bagus saat ini. Usaha ini juga sangat cocok dijalankan oleh teman-teman yang memiliki modal yang minim untuk membangun sebuah bisnis.

Tak hanya itu saja, untuk menjalankan bisnis ini juga tidak diperlukan keahlian yang khusus. Cukup belajar 2 sampai 3 jam saya yakin kamu sudah bisa mengoperasikan seluruh prosedur bisnis ini.

Mulai dari menjalankan laptop, printer, membeli bahan, tinta, dan proses mencetak saya yakin kamu bisa dengan mudah mempelajarinya. Bagaimana untuk pemasaran? nah ini yang memang sebagian besar sangat ditakuti oleh sebagian besar teman-teman pengusaha.

Setiap bisnis tentu saja perlu melakukan pemasaran, hanya saja untuk bisnis cetak undangan pernikahan, syukuran, dan sebagainya tidak terlalu sulit. Apalagi bagi kamu yang tinggal di perdesaan saya yakin bisnis ini cukup bisa diandalkan. Namun kamu juga setidaknya harus memasarkan melalui media sosial kamu, baik itu facebook, instagram, maupun ke platform jual beli online.

Dan kamu juga harus memiliki sebuah perlengkapan untuk mendukung bisnis ini, salah satunya banner. Lalu apa saja sih alat atau perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk menjalankan bisnis cetak undangan dengan printer supaya untuk banyak? yuk simak selengkapnya.

Perlengkapan Yang Harus Dimiliki Untuk Bisnis Cetak Undangan

Nah berikut ini ada beberapa perlengakapan atau alat yang harus kamu miliki untuk menjalankan bisnis cetak undangan dengan printer.

1. Laptop

laptop untuk usaha cetak undangan

Ada beberapa situs yang menyarankan untu memakai komputer saat operasional bisnis ini. Namun saya menyarankan untuk menggunakan laptop saja. Karena pendapat saya, laptop itu lebih praktis dan juga lebih mudah perawatannya. Bisa dipindah atau dibawa kemana saja, bahkan bisa kamu gunakan untuk keperluan lain.

Untuk spesifikasi laptop saya sarankan setidaknya menggunakan spesifikasi minimal dengan standar dibawah ini.

  • RAM: minimal 2GB namun 4GB jauh lebih baik toh juga harga bekasnya cukup terjangkau
  • VGA: minimal 1GB
  • Hardisk: minimal 160GB
  • Procesor: minimal i3
  • Lainnya: bisa wifi, DVDRW, USB, LAN

Untuk bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang saya sarankan diatas, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang murah. Selangkapnya baca pada bagian Rincian modal bisnis cetak undangan dibawah.

2. Printer

Printer Cetak Undangan

Alat yang satu ini juga merupakan salah satu alat yang paling penting untuk menjalankan bisnis cetak undangan. Tapi kamu juga harus bisa memilih printer yang layak digunakan untuk mencetak undangan ya. Supaya tinta yang dihasilkan di kertas khusus undangan nantinya tercetak dengan baik.

Printer yang digunakan bisa kamu pilih dari berbagai merk seperti canon, epson, dll. Yang terpenting printer ini bisa digunakan untuk mencetak warna ya.

3. Banner

Contoh Banner Bisnis Cetak Undangan

Banner merupakan komponen pemasaran yang paling utama yang harus kamu miliki untuk menjalankan bisnis cetak undangan. Oleh karena itu, kamu bisa memesannya untuk dipasang didepan rumah atau lokasi pemasaran bisnis cetak undangan ini.

Untuk ukuran bisa menyesuaikan rumah atau tempat pemasaran kamu, namun saya sarankan untuk memesan banner yang memanjang atau horizontol seperti di gambar.

4. Kertas Undangan

contoh kertas undangan pernikahan

Bisnis cetak undangan memang paling banyak menarget kepada masyarakat yang akan mempunyai hajatan seperti pernikahan. Nah untuk itu, kamu harus bisa mencari supplier atau produsen kertas undangan yang memiliki harga terjangkau.

Banyak kok produsen, supplier kertas undangan yang bisa bro-sis temukan. Nah untuk itu, jalin silahturahmi antara kamu dengan pihak supplier kertas. Supaya kamu bisa memiliki komunikasi yang baik, sehingga ketika ada pelanggan yang menginginkan kertas sesuai seleranya bisa kamu tanyakan ke supplier dulu. Sehingga kamu tidak perlu membeli kertas yang tidak pasti digunakan.

Namun saya sarankan untuk bisnis cetak undangan dengan printer supaya untung banyak, kamu membeli kertas undangan sebagai jaga-jaga.

5. Smartphone

smartphone untuk bisnis cetak undangan

Lah kok smartphone? memang buat apa smartphonenya? Ya ini juga merupakan alat yang cukup penting loh. Memang dibeberapa situs yang menyarankan untuk menggunakan modem. Lah justru modem menurut saya kurang efektif digunakan untuk menjalankan bisnis ini.

Untuk itu saya lebih menyarankan untuk menggunakan smartphone, saya yakin deh kamu saat ini sudah memiliki smartphone. Apalagi sebagian besar pembaca Badrul Mozila ini mengunjungi dengan mengunakan smartphone. Hayo loh, nah saya juga yakin smartphone yang kamu miliki sudah bisa digunakan untuk menjelajah dunia maya. Tentunya hal tersebut juga bisa dibuat untuk “Tethering” alias hotspot untuk mengoperasikan wifi laptop.

Untuk itu kenapa saya menyarankan tadi minimal beli laptop yang bisa ada wifinya. Nah selain itu smartphone yang kamu miliki juga bisa digunakan untuk pemasaran, untuk komunikasi dengan calon pelanggan. Jadi lebih efektif smartphone ketimbang modem yang hanya bisa digunakan untuk mengoperasikan wifi saja.

Modal Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer

Nah sekarang masuk ke pembahasan rincian modal yang digunakan untuk bisnis cetak undangan dengan printer ini. Jika sebelumnya sudah saya paparkan alat atau perlengkapan yang harus kamu miliki, sekarang adalah anggaran yang harus kamu siapkan.

1. Harga Laptop

Setelah saya riset atau mencari laptop di sejumlah platform jual beli online. Dengan harga Rp 2.300.000 kamu bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi berikut.

  • RAM 4GB DDR3
  • Core i5 M20 @2.40 GHz
  • Hardisk 320 GB
  • LCD 14 inch
  • VGA Intel HD
  • LAN
  • Wifi
  • Usb
  • DVDRW

Nah laptop dengan spesifikasi tersebut tentu saja sangat memenuhi untuk digunakan dalam bisnis cetak undangan. Hampir sama dengan laptop yang saya gunakan nih, toh juga bisa dibuat edit tuh.

2. Harga Printer

Untuk printer kamu bisa membeli printer dengan harga Rp 810.000 dengan merk EPSON. Printer tersebut bisa digunakan untuk mencetak undangan. Yah setidaknya untuk sebuah printer yang bisa digunakan untuk mencetak undangan memiliki harga dikisaran Rp 800.000 – Rp 2.000.000 tergantung kemampuan dan spesifikasinya.

3. Harga Banner

Banner per meter saat ini rata-rata dijual Rp 20.000/meter, asumsikan Rp 150.000 untuk banner.

4. Harga Kertas Undangan

Kertas undangan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 750/pcs, itupun bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah jika mendapatkan supplier utama. Setidaknya setiap pelanggan itu memesan 1.000 undangan sehingga 1000 x 750 sama dengan Rp 750.000.

5. Harga Tinta Printer

Tinta sendiri memiliki harga di kisaran Rp 40.000 – Rp 150.000 per warna. Nah untuk printer warna sendiri setidaknya ada 4 warna tinta yakni hitam, merah, kuning, biru, sehingga kita asumsikan Rp 40.000 dikalikan 4. Sehingga untuk segmen tinta kamu perlu mengeluarkan uang setidaknya Rp 160.000.

Rincian Modal Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer

Nah berikut rincian modal yang harus kamu miliki untuk mengembangkan bisnis cetak undangan dengan printer.

  • Laptop: Rp 2,300,000
  • Printer: Rp 810,000
  • Banner: Rp 150,000
  • Kertas Undangan: Rp 750,000
  • Tinta: Rp 160,000
  • Total: Rp 4,170,000

Modal bisnis diatas terbilang cukup jangkau dibandingkan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Wajar saja bila disetiap awal memulai bisnis tentunya kita harus mengeluarkan uang yang ekstra. Nanti ketika sudah berjalan tentunya bisnis cetak undangan ini biaya operasionalnya cukup terjangkau. Paling-paling keluar untuk membeli kertas ketika ada pesanan, dan juga tinta untuk pengisian ulang.

Itupun modal diatas bisa jauh lebih sedikit jika kamu bisa mencari barang dengan baik dan di orang yang tepat. Loh kenapa smartphone tidak ikut dihitung? lah saya asumsikan untuk pembaca artikel ini sudah memiliki smartphone.

Penutup Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer 4 Jutaan

Sebelum memulai bisnis cetak undangan, alangkah lebih baiknya bila bro-sis membaca Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar. Supaya jika tidak punya modal bisa mencari modal melalui pengajuan proposal yang baik dan benar.

Baca juga:

Untuk menjalankan bisnis ini juga kamu harus semangat tidak putus asa. Karena sekecil bisnis itu jika baru dimulai tentunya harus perlu dibantu dengan kerja keras di awal. Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer Mantap. Tidak perlu panjang-panjang lagi supaya membaca juga jadi lebih nyaman.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata 5 / 5. Pemilih saat ini: 1004

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: