Mengenal PT Asuransi MSIG Indonesia Lebih Dekat

Mengenal PT Asuransi MSIG Indonesia Lebih Dekat

Diposting pada

Mengenal PT Asuransi MSIG Indonesia Lebih Dekat – Halo bro-sis, jika sebelumnya saya telah menerbitkan artikel yang berjudul Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas. Kali ini saya juga akan menerbitkan artikel pendukung artikel tersebut. Karena memang ada beberapa pembaca artikel Badrul Mozila sebelumnya yang belum mengetahui siapa itu PT Asuransi MSIG Indonesia.

Apa Itu PT Asuransi MSIG Indonesia?

Logo MSIG Indonesia PNG

Seperti yang sudah saya singgung pada artikel sebelumnya. PT Asuransi MSIG Indonesia merupakan sebuah perusahaan asuransi yang ingin memberikan kontirbusi terhadap pengembangan masyarakat serta membantu mengamankan masa depan yang berkesinambungan. PT Asuransi MSIG Indonesia merupakan cabang dari MSIG Holdings (Asia) Pte. Ltd.

PT Asuransi MSIG Indonesia juga merupakan anggota dari grup Asuransi MS & AD, yakni salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Kisah PT Asuransi MSIG Indonesia

Mengenal PT Asuransi MSIG Indonesia Lebih Dekat

Pada awalnya MSIG menggabungkan praktik terbaik di tingkat domestik dan internasional. Anak-anak perusahaan inti dan afiliasi dari MSIG Holdings (Asia) yang terbesar di ASEAN dan Hongkong dan juga telah menyediakan solusi asuransi umum selama lebih dari 100 tahun.

MSIG didukung oleh dasar yang kokoh dan warisan yang kaya dari Asuransi Mitsui Sumitomo Company, Limited, sebuah perusahaan asuransi yang telah mapan dengan peringkat keuangan yang kuat dari lembaga pemeringkat terkemuka, termasuk Standard & Poor’s dan Moody`s.

Saat ini MSIG menjadi salah satu dari “litle” asuransi umum asing yang mempunyai perwakilan di setiap negara ASEAN termasuk Indonesia. Ini merupakan bukti kekuatan, jangkauan, dan tekad dari MSIG. MSIG juga telah menerima manfaat sebagai anggota dari bagian MS & AD Insurance Group Dunia.

Memanfaatkan multi jaringan distribusi, kemitraan yang kuat dengan perantara dan jaringan geografis yang luas, MSIG dapat memberikan berbagai solusi asuransi personal dan komersial. MSIG membangun dan membina hubungan jangka panjang, membangun kemitraan yang erat di segala situasi.

Sejarah PT Asuransi MSIG Indonesia

Berikut ini adalah beberapa Sejarah panjang PT Asuransi MSIG Indonesia.

Tahun 1970

PT. Maskapai Asuransi Indonesia mulai bertindak sebagai Agen Umum untuk Taisho Marine and Fire Insurance Co, Ltd, Jepang. Pertumbuhan ekonomi Indonesia kemudian mempercepat perkembangan bisnis asuransi di negara ini.

Lingkungan yang kondusif yang didukung oleh peraturan Pemerintah mendorong pembentukan perusahaan patungan asuransi umum.

Tahun 1990

Sejak Desember 1990, Modal Disetor meningkat menjadi Rp 15,000,000,000 komposisi saham menjadi 79,60% dimiliki oleh pihak Jepang sedangkan 20,40% sisanya oleh pihak Indonesia.

Tahun 1996

Pada tanggal 1 April 1996, nama Perusahaan PT. Asuransi Insindo Taisho telah diubah menjadi PT. Asuransi Mitsui Marine Indonesia mengikuti perubahan nama induk perusahaan dari Taisho Marine and Fire Insurance Co., Ltd. menjadi Mitsui Marine and Fire Insurance Co., Ltd.

Tahun 1999

Pada tanggal 16 Desember 1999 Modal Dasar ditingkatkan menjadi Rp 40,000,000,000 dengan tidak ada perubahan dalam komposisi saham.

Tahun 2001

Pada tanggal 1 Oktober 2001 terjadi perubahan pada nama induk perusahaan di Jepang menjadi Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd yang merupakan hasil dari penggabungan usaha antara Mitsui Marine and Fire Insurance Co., Ltd dengan Sumitomo Marine and Fire Insurance Co., Ltd

Maka sejak saat itu, pemegang saham mayoritas berubah nama menjadi Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd dengan tidak ada perubahan dalam komposisi saham.

Sejak tanggal 21 Desember 2001 komposisi pemilikan saham PT. Asuransi Mitsui Marine Indonesia menjadi 80% pihak Jepang dan 20% pihak Indonesia.

Tahun 2003

Pada tanggal 31 Maret 2003 PT. Asuransi Sumitomo Marine and Pool mengalihkan portofolio bisnis termasuk karyawannya kepada PT. Asuransi Mitsui Marine Indonesia.

Pada tanggal 1 April 2003, nama Perusahaan PT. Asuransi Mitsui Marine Indonesia telah diubah menjadi PT. Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia mengikuti nama baru induk perusahaan Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd., Jepang dan juga dengan dialihkannya portofolio bisnis PT. Asuransi Sumitomo Marine and Pool ke PT. Asuransi Mitsui Marine Indonesia.

Pada saat yang sama PT. Asuransi Sumitomo Marine and Pool kemudian dibubarkan oleh perusahaan induknya.

Pada tanggal 16 September 2003, 20% saham perusahaan yang dimiliki oleh PT. Maskapai Asuransi Indonesia dialihkan kepada Bapak Rudy Wanandi.

Tahun 2007 – 2008

Pada tanggal 30 Juni 2007, PT. Aviva Insurance di Indonesia berintegrasi ke dalam PT. Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia mengikuti akuisisi perusahaan-perusahaan asuransi umum Aviva di Asia oleh Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. Jepang.

Pada tanggal 1 April 2008, nama Perusahaan PT. Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia berubah menjadi PT. Asuransi MSIG Indonesia.

Pada tanggal 30 September 2008, 80% saham Perusahaan yang dimiliki oleh Mitsui Sumitomo Insurance Co, Ltd, Jepang dipindahkan kepada MSIG Holdings (Asia) Pte, Ltd., Singapura; anak perusahaan sepenuhnya milik Mitsui Sumitomo Insurance Co, Ltd, Jepang.

Tahun 2010

Pada tanggal 1 October 2010, sejalan dengan integrasi antara Mitsui Sumitomo Insurance, Aioi Insurance dan Nissay Dowa Insurance di Jepang, PT. Asuransi MSIG Indonesia dan PT. Asuransi Aioi Indonesia juga telah menyelesaikan integrasinya di Indonesia melalui transfer portofolio bisnis dari PT. Asuransi Aioi Indonesia ke PT. Asuransi MSIG Indonesia. [Sumber: msig.co.id]

Nah sejarah panjang PT Asuransi MSIG Indonesia tersebut tentunya menjadikan MSIG Indonesia dalam mencapai misinya.

Produk PT Asuransi MSIG Indonesia

Produk PT Asuransi MSIG Indonesia

Lalu apa saja sih produk PT Asuransi MSIG Indonesia, berikut ini adalah beberapa produknya.

Produk Asuransi Personal

Adapun beberapa produk asuransi personal PT Asuransi MSIG Indonesia terdiri dari.

  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Home Shield
  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Perjalanan Internasional
  • Asuransi Perjalanan Domestik

Produk Asuransi Komersial

Sedangkan produk asuransi komersial yang ditawarkan oleh PT Asuransi MSIG Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Asuransi Pengangkutan Barang
  • Asuransi Harta Benda
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi Teknik

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Mengenal PT Asuransi MSIG Indonesia Lebih Dekat. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman dalam mengetahui perusahaan asuransi yang satu ini.

Baca juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata / 5. Pemilih saat ini:

Gambar Gravatar
Travel Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *