Blogger VS Wordpress Mana Yang Terbaik

Blogger vs WordPress, Mana Yang Terbaik? Ini Jawabannya

Diposting pada

Blogger vs WordPress, Mana Yang Terbaik? Ini Jawabannya – Pilih WordPress atau blogger ya? Platform mana yang paling bagus kalau saya ingin blogging? Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan para blogger pemula. Untuk itu yuk simak ulasan artikel Badrul Mozila kali ini.

Sebenarnya kedua platform ini adalah raksasa blogging di dunia. Jadi secara umum keduanya cukup bagus. Kamu bisa menulis artikel sesuka hati dengan gratis di kedua platform ini tanpa ada biaya apapun. Saya sudah mencoba kedua platform ini bertahun-tahun. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

5 Alasan Kenapa Blogger adalah platform blogging terbaik

Tapi kalau menurut opini saya pribadi, saya lebih memilih Blogger daripada wordpress. Berikut beberapa alasannya kenapa lebih pilih Blogger.

1. Blogger Lebih Mudah digunakan

Blogger Mudah digunakan

Sebenarnya masalah sulit atau tidak adalah hal relatif. Hal sulit pun kalau sering dilatih akan terasa mudah. Namun dari pengalaman saya secara umum bagi pemula, blogger akan lebih mudah. Baik dari segi layout tampilan, dan juga fitur didalamnya.

Itu mengapa sampai saat ini lebih banyak orang Indonesia yang menggunakan blogger (kadang disebut blogspot) sebagai CMS blog mereka.

Apalagi ditambah sudah banyaknya artikel tutorial blogspot berbahasa indonesia yang akan semakin mempermudah proses pembelajaran blogging kamu. Silahkan baca disini tutorial cara membuat blog di blogspot kalau kamu mau info lebih lanjut.

Blogspot juga merupakan platform blogging terbaik untuk kamu yang ingin bereksperimen untuk mengedit template, dikarenakan template blogger menggunakan struktur kode yang lebih mudah untuk dipelajari oleh pemula.

Kedepannya kalau kamu sudah semakin paham dan mahir nanti, kamu bisa mencoba membuat website sendiri dengan custom domain blogspot atau bahkan juga membuat website pakai CMS wordpress.org dengan membeli hosting. Sebagai titik awal pembelajaran, blogspot/blogger adalah langkah yang tepat.

2. Blogspot adalah Platform Yang Benar-Benar Gratis

Blogger Platform Blog Gratis

Kamu tidak perlu sewa hosting bulanan, dan juga tidak perlu pusing berpikir untuk membeli domain dan membayar biayanya per tahun. Blogger.com murni memberikan semuanya secara gratis.

Saat kamu selesai mendaftar, maka detik itu juga blog kamu siap digunakan. Bahkan kamu bebas mengupload file image/gambar untuk postingan di blog kamu tanpa harus pusing memikirkan bandwith maupun kapasitas hosting. Semuanya sudah dihandle oleh server google.

Bila kedepannya nanti kamu memutuskan untuk membeli domain.com sendiri, kamu juga tetap bisa menggunakan blogspot. Silahkan baca disini cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula kalau kamu kedepannya mau menggunakan hosting dan domain sendiri.

Jika nanti kamu mau menggunakan domain sendiri, tapi tetap mau menggunakan blogspot. Kamu hanya tinggal melakukan custom domain, dan kamu tetap tidak akan kehilangan pengunjung, karena url blogspot yang lama akan secara otomatis dialihkan menuju url blog baru yang menggunakan domain top level. Jadi kamu hanya perlu bayar domain per tahun saja, tanpa harus memikirkan hosting.

3. Server Tangguh Milik Rakasasa Google Jarang Gangguan & Aman

Blogger Memiliki Server Yang Tangguh

Blogger merupakan produk dari Google yang merupakan raksasa mesin pencari dunia. Sepanjang saya menggunakan blogspot, sangat jarang ada kasus server down, kekurangan bandwidth, atau blogger di hack. Ini yang menjadi faktor utama saya sebenarnya, karena blog kita jadi jarang down dan bisa selalu diakses oleh pembaca.

Bahkan saya juga jarang mendengar ada kasus blogspot di hack karena memang semua teknis server ditangani oleh tim expert google. Lagian kita bisa bebas menggunakan kapasitas penyimpanan gambar di blogspot, tanpa harus memikirkan batasan hosting.

4. Banyak Pilihan Template Gratis Tersedia

Banyak Pilihan Template Gratis

Karena sudah begitu luasnya pengguna blogspot, kamu tidak perlu ragu jika menemui masalah/kendala pada blog kamu. Semuanya tutorialnya pasti hampir sudah ada.

Tidak ada bedanya untuk template tema tampilan blogger. Ada banyak diluar sana template blogger custom yang tampilannya keren, SEO friendly, fast loading, responsive tersedia gratis untuk di download. Kamu tinggal google saja free blogspot template, atau menggunakan kata kunci sejenisnya, maka akan banyak situs yang memberikan theme bagus dengan cuma-cuma. Termasuk untuk nantinya aspek kustomisasi theme, kamu jangan ragu karena semua ada panduannya.

5. Dapat menghasilkan uang dari Adsense tanpa modal

hosted account Adsense

Adsense dan blogger adalah sama sama produk dari google. Jika kamu mempunyai blog bersubdomain blogspot.com, kamu bisa mendaftarkannya ke adsense untuk mendapatkan uang tambahan dari internet tanpa modal apapun.

Dengan catatan blog kamu tetap mempunyai artikel yang berkualitas agar bisa diterima sebagai publisher adsense. Faktor terbesar kesuksesan sebuah blog memang ditentukan oleh kualitas artikel yang dihasilkan. Terlepas dari platform mana yang kamu gunakan.

Adsense tidak berlaku kalau kamu pakai blog berplaftorm wordpress.com, weebly.com, atau tumblr.com. Catatan: Kalau kamu mendaftar dengan subdomain bawaan blogspot alias tanpa modal, maka jenis akun yang kamu dapatkan adalah akun Hosted. Artinya akun anda tidak dapat digunakan untuk beriklan di blog atau situs dengan domain top level. Tetapi tenang saja, sewaktu-waktu saat anda ingin berganti domain, anda hanya tinggal upgrade akun Adsense saja.

Penutup Blogger vs WordPress, Mana Yang Terbaik

Blogger VS WordPress Mana Yang Terbaik

5 Hal tersebutlah mengapa menurut saya blogger adalah layanan blogging terbaik, terutama untuk pemula yang masih mau belajar diawal. Platform yang gampang untuk digunakan, gratis, servernya tangguh, banyak komunitasnya, dan juga bisa menghasilkan uang tambahan dari adsense; itulah beberapa kelebihan utama dari blogspot.com.

Sekali lagi platform blog yang terbaik tentunya tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Blogger vs WordPress yang terbaik tentunya tergantung dari kamu sendiri. Jika ingin membangun blog dengan biaya yang minim jelas terbaik adalah Blogger.

Mau coba blogging dari sekarang? Yuk buat akun baru gratis di blogger.com, semoga artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Blogger vs WordPress, Mana Yang Terbaik? Ini Jawabannya bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan