Review Dusun Semilir Wisata Terbaru Di Semarang

Diposting pada

Review Dusun Semilir Wisata Terbaru Di Semarang – Kemarin hari Jum’at tanggal 14 Juni 2019 Badrul Mozila mengunjungi wisata di Kabupaten Semarang yang baru di buka untuk umum. Ya Dusun Semilir, awalnya saya tahu wisata baru di Semarang ini dari Instagram milik teman saya yang di unggah melalui insta storynya.

Sebagai netijen yang budiman tentunya saya penasaran dong, alhasil stalkinglah ke akun Instagram resmi dusun semilir di @dusunsemilir. Wah sepertinya sih saya tidak asing dengan bangunan iconic milik Dusun Semilir tersebut. Bangunan utama sebagai landmark atau icon Dusun Semilir tersebut merupakan bangunan dengan arsitektur kubah stupa yang berjumlah 7 dengan 1 pohon besar yang berada di pusatnya.

Awalnya saya menganggap arsitektur tersebut terinspirasi dari bawang putih, haha tapi ternyata salah. Yang benar bangunan Iconic Dusun Semilir tersebut merupakan representasi dari logo Provinsi Jawa Tengah. Namun untuk menjadikannya lebih menarik Dusun Semillir memadukannya dengan ciri khas Jawa Tengah yakni candi atau stupa, alam, dan juga arsitektur kekinian.

Bisa dilihat dari arsitektur utamanya yang berbentuk kubah stupa yang berjumlah 7 tersebut dengan lilitan (entah itu terbuat dari apa) yang jelas terlihat seperti akar berwarna coklat pekat yang menjulang ke atas. Serta dipadukan dengan kaca-kaca yang berfungsi sebagai pencahayaan untuk di dalam bangunan. Sehingga ketika pengunjung berada di dalam bangunan ini bisa merasakan seakan-akan sedang berada di alam.

Tapi jangan berharap kamu bisa melihat pohon yang menjulang ke atas tersebut dari luar ya, karena memang pohon tersebut jika di lihat dari luar tidak akan kelihatan. Tapi tenang, pohon tersebut bisa kamu lihat ketika kamu sudah berada di dalam. Dan itupun bisa kamu gunakan sebagai salah satu spot foto, yang memang juga merupakan salah satu spot foto favorit pengunjung Dusun Semillir.

Apa Itu Dusun Semilir?

Logo Desa Semilir

Dusun Semilir sendiri merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang mengusung konsep Eco Park. Nah buat teman-teman yang mungkin sudah mengetahui Dusun Bambu yang berada di Bandung, ya kurang lebih Dusun Semilir konsep wisatanya sebelas – dua belas lah dengan Dusun Bambu.

Ada penginapan dengan mengusung khas pedesaan daerah tersebut, restoran, jajanan khas daerah tersebut, tempat bermain, dll. Pada tanggal 28 Mei 2019 yang lalu, Dusun Semilir resmi soft opening atau pembukaan pada tahap pertama.

Ya memang di Dusun Semilir di gadang-gadang memiliki banyak fasilitas seperti kolam renang, taman hewan, kereta dengan roda, hingga penginapan khas pedesaan yang saat ini belum jadi. Penasaran apa saja fasilitas yang ada di Dusun Semillir yang sudah jadi dan bakal menyusul jadi? makanya baca terus sampai akhir ya bro-sis!

Fasilitas Dusun Semilir

Berikut ada beberapa fasilitas yang ada di Dusun Semilir, namun hanya ada beberapa yang baru siap untuk digunakan pengunjung.

Warisan Indonesia Dusun Semilir

Warisan Indonesia Dusun Semilir.jpg

Warisan Indonesia merupakan salah satu fasilitas andalan dari Dusun Semilir. Kok bisa? karena iconic Dusun Semilir yang berbentuk kubah stupa seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Nah bangunan tersebut digunakan sebagai lobby dan sekaligus sebagai penjualan kerajinan-kerajinan asli Indonesia yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi khususnya dari Jawa Tengah.

Bentuk stupa dalam candi merupakan sebuah warisan arsitektur dari masa lampau yang patut untuk di lestarikan. Dusun Semilir sendiri memiliki tekad dalam melestarikan warisan Indonesia salah satunya iconic Jawa Tengah yakni Candi Borobudur. Sehingga gak heran zona atau fasilitas yang satu ini adalah Warisan Indonesia.

Di Warisan Indonesia sendiri terdapat koleksi barang-barang unik dari seluruh Nusantara yang lengkap loh. Tak hanya itu, disini juga banyak makanan atau jajanan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sepoi-Sepoi Foodpark

Sepoi Sepoi Foodpark Dusun Semilir

Sesuai dengan nama fasilitasnya lah ya, tentunya fasilitas yang satu ini memang wajib ada di sebuah tempat wisata. Nah di Dusun Semilir, resto atau foodparknya diberi nama Sepoi Sepoi Foodpark. Sesuai dengan namanya yakni Sepoi Sepoi tentunya resto ini mengusung konsep terbuka.

Jadi bangunan dari resto ini tidak memiliki dinding yang tertutup, supaya pengunjung yang berada di areal tersebut bisa merasakan hembusan angin yang menyejukkan. Sehingga enak buat menyantap hidangan yang ada di Sepoi Sepoi Foodpark ini. Untuk kulinernya sendiri tersedia beraneka macam, mulai dari asem-asem, soto, pecel, dll. Minumannya sendiri juga banyak kok variannya, mulai dari kopi, jus, teh, air es (ngohaha), dll.

Untuk harganya sendiri saya belum cukup tahu, karena kemarin disini saya cuman beli kopi latte yang harganya Rp 25.000 (MasyaAllah saldoku). 25 ribu itu 1 gelas itupun diminum untuk berdua, saya dan pacar saya. Buset untung pacar saya gak jijik sama saya.

Teras Gunung

Spot Foto Teras Gunung Dusun Semilir

Lanjut dengan fasilitas yang selanjutnya, yakni teras gunung. Teras Gunung ini merupakan sebuah spot yang berada di luar lobby atau bangunan dari stupa. Disini terdapat sebuah anak tangga yang juga berfungsi sebagai tribun yang menghadap ke arah selatan yang menyuguhkan pemandangan gunung.

Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset jika memang cuaca sedang mendukung. Dari sini pula kamu juga bisa melihat Aqua Jungle (belum jadi) dan taman-taman yang tedapat bunga-bunga. Kamu juga bisa ke taman tersebut dengan menuruni anak tangga yang berada di sebelah kanan. Sayangnya saat saya berkunjung, tamannya masih dalam tahap penyempurnaan.

Jembatan Senggol Dusun Semilir

Jembatan Senggol Dusun Semilir

Fasilitas yang satu ini juga merupakan salah satu spot terfavorit pengunjung Dusun Semilir, termasuk saya dan pacar saya. Mengapa? karena memang jembatan ini memiliki arsitektur yang tidak biasa, yang jarang ditemui di tempat wisata lain. Eh sebelum itu, apa sih Jembatan Senggol? untuk penamaannya sendiri saya belum tahu pasti. Namun Jembatan Senggol ini merupakan sebuah jembatan layang yang menghubungkan bangunan utama atau lobby dengan Sepoi-Sepoi Foodpark.

Wajarlah ya, Dusun Semilir berada pada kontur permukaan yang tidak rata yang memang cukup ekstrim. Untuk itulah jembatan layang ini diberikan untuk memberikan kenyamanan dan juga spot foto bagi para pengunjung. Tapi yang saya lihat, desain jembatan senggol yang ada di website resmi Dusun Semilir sangat berbeda dengan jembatan senggol yang saya datangi kemarin.

Spot Foto Jembatan Senggol Terbaru
Tertawa atau Bahagia?

Atau memang itu hanya implementasi arsitektur sementara sembari menunggu fasilitas yang lainnya jadi. Tapi yang pasti arsitektur Jembatan Senggol Dusun Semilir saat itu sudah sangat bagus dan layak untuk pengunjung. Bahkan saya menemui pengunjung yang memang sedang sakit kakinya menggunakan kursi roda melewati jembatan senggol untuk menuju Sepoi Sepoi Foodpark (cerita selengkapnya ada pada review di bawah ya).

Aman tidak sih Jembatan Senggol Dusun Semilir? mengingat ketinggian jembatan layang ini dari permukaan tanah yang cukup tinggi. Aman, karena saya lihat struktur jembatan terbuat dari beton dan juga baja. Yang kemudian baru di lapisi kayu-kayu untuk menjadikan jembatan tersebut lebih unik. Tak hanya itu, di sepanjang jembatan kamu juga bisa menemukan stand kuliner khas tradisional seperti cilok, sosis, minuman, hingga eskrim.

Washtavel Jambatan Senggol Semilir

Oh iya, buat kamu yang jajan di jembatan senggol bisa kok menyantapnya di kursi yang disediakan, namun kursi di jembatan senggol masih terbatas. Dan jangan lupa bila makanan habis tolong di buang di sampah! karena sudah disediakan sampah, ada sampah utama yang berada di jembatan yang dilengkapi dengan washtavel.

Disini juga terdapat juga stand topup atau pengecekan saldo Smartcard Dusun Semilir. Namun memang masih banyak stand kosong yang belum ada jualannya, ya semoga kedepan makin ramai stand-stand yang menjual kuliner khas Jawa Tengah khususnya.

Fasilitas Dusun Semilir Yang Belum Jadi

Dan beberapa fasilitas Dusun Semilir yang belum jadi atau dalam tahap penyelesaian adalah sebagai berikut.

  • Taman Cantik
  • Banyu Biru
  • Pet Village
  • Play Park
  • Area Aktivitas
  • The Villas
  • Exotic Village
  • The Villas Glamping

Wah banyak kan fasilitas yang ada di Dusun Semilir? bakal gak kalah deh dengan Dusun Bambu yang ada di Bandung.

Baca selengkapnya: Tempat Wisata Malam Lembang Paling Populer

Aturan-Aturan Penting Di Dusun Semilir

Seperti halnya dengan tempat wisata pada umumnya yang memiliki peraturan, tentu Dusun Semilir juga memiliki aturan-aturan yang harus di patuhi oleh pengunjung. Untuk itu sebelum kamu berkunjung ke wisata terbaru di Semarang yang satu ini, ada baiknya bila kamu harus mengetahui aturan-aturan yang ada di Dusun Semilir.

  1. Jagalah kebersihan, buang sampah pada tempatnya
  2. Merokok di tempat yang sudah di sediakan
  3. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar
  4. Dilarang membawa hewan perliharaan
  5. Jangan memetik bunga atau tanaman di seluruh area di Dusun Semilir
  6. Budayakan antri dan tertib
  7. Bantu merawat fasilitas yang ada, dengan tidak merusak instalasi
  8. Hargai sesama pengunjung dan petugas Dusun Semilir
  9. Gunakanlah pakaian yang nyaman karena cukup panas di siang hari dan sejuk di malam hari
  10. Jagalah barang berharga Anda
  11. Smartcard hanya digunakan di Restoran dan Gerobak saja
  12. Seluruh transaksi pembayaran pada area Restoran dan Foodcourt hanya menggunakan smartcard Dusun Semilir

Review Dusun Semilir Bawen Semarang

Berikut adalah review jujur saya mengenai Dusun Semilir, tempat wisata terbaru di Semarang. Semoga review ini bisa berguna buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Wisata Terbaru Di Semarang ini.

Lokasi Dusun Semilir

Dusun Semilir sendiri berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jadi lokasinya berada di Kabupaten Semarang loh ya, bukan Kota Semarang, jelas bedanya. Kalau dari Kota Semarang jaraknya itu sekitar 34 km atau sekitar 44 menit. Kalau dari Kota Semarang menggunakan jalan non tol atau dari Ungaran, Dusun Semilir berada di kanan jalan.

Sedangkan jika dari arah Solo/Jogja/Temanggung atau menggunakan jalan tol, Dusun Semilir berada di kiri jalan. Lokasinya jelas sangat mudah ditemukan, ya seperti di awal artikel bila saya tidak asing dengan bangunan iconic Dusun Semilir. Karena memang jika saya pergi ke Magelang, Solo, atau Jogja menggunakan motor lihat bangunan tersebut yang belum jadi seperti saat ini.

Namun buat teman-teman yang masih bingung, silahkan menggunakan Google Maps dengan keyword Dusun Semilir. Atau bisa klik disini supaya lebih mudahnya.

Jam Operasional Dusun Semilir

Berikut jam operasional wisata terbaru di Semarang ini:

  • Senin – Jum’at (09.30 – 21.00 WIB)
  • Sabtu – Minggu (09.30 – 22.00 WIB)

Harga Parkir & Tiket Masuk Dusun Semilir

Harga Parkir Dan Tiket Masuk Dusun Semilir

Sistem parkir sistemnya sama halnya dengan parkir di mall pada umumnya. Namun disini bisa menggunakan Smartcard, namun jika belum memilikinya bisa tekan tombol biasa. Untuk tarifnya sendiri saat itu saya hanya kena Rp 2.000 saja. Itu menggunakan sepeda motor satu, untuk mobil ya tentunya tidak jauh dari itu. Itupun saya masuk pada pukul 12.55 WIB sehabis Jum’atan dan keluar pukul 16.09 WIB, murah banget lah ya untuk durasi selama itu.

Sedangkan untuk harga tiket masuk hanya dikenakan Rp 5.000/orang dibayar dengan tunai. Pembelian tiket masuk ataupun pembuatan dan topup saldo bisa dilakukan lobby yang berada di kiri pintu masuk.

Mekanisme Pembelian Kuliner Di Jembatan Senggol

Stand Kuliner Dusun Semilir

Berikut tahapan yang akan kamu lalui ketika ingin membeli kuliner di Jembatan Senggol

  1. Pesan atau membeli kuliner yang kamu inginkan sesuai dengan stand yang ada
  2. Pesan menu yang kamu inginkan di stand tersebut
  3. Penjual akan memberikan sebuah Bill yang harus kamu bayar
  4. Bayarlah di stand kasir yang terdekat dengan stand kuliner kamu
  5. Berikan Smartcard, kemudian petugas kasir akan memprosesnya
  6. Kamu akan diberikan sebuah bukti pembayaran
  7. Serahkan bukti pembayaran kepada penjual, dan pesanan kamu siap di bikin

Stand Kasir Di Jembatan Senggol

Ya memang agak ribet sih harus bolak-balik, harusnya ada tap kartu di setiap stand penjualan. Supaya pembeli tidak mondar mandir. Namun untuk pembayaran di Sepoi-Sepoi Foodpark pembayaran langsung di tempat kok.

Mekanisme Berwisata Di Dusun Semilir

Buat yang ingin mengunjungi tempat wisata terbaru di Semarang ini namun masih bingung, takut salah, malu, berikut ada ulasannya dari Badrul Mozila.

  1. Membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.
  2. Tidak diwajibkan membuat Smartcard atau topup saldo, karena smartcard hanya digunakan jika kamu mau jajan atau membeli di area Dusun Semilir. Mau bikin silahkan, tidak juga silahkan.
  3. Jika ingin membeli jajanan atau makanan di Dusun Semilir, harus menggunakan Smartcard, tidak menerima uang tunai.

Informasi Penting Mengenai SmartCard Dusun Semilir

Setelah saya singung sebelumnya, transaksi pada restoran maupun stand di Dusun Semillir hanya bisa menggunakan Smartcard Dusun Semilir. Berikut informasi penting mengenai Smartcard Dusun Semilir.

  1. Pembuatannya di lobby
  2. Harga Smartcard Dusun Semilir adalah Rp 50.000 dengan saldo yang tersedia sebesar Rp 40.000, itu artinya kartunya sendiri berharga Rp 10.000
  3. Untuk topup atau menambah saldo bisa dilakukan di lobby atau stand topup yang berada di Jembatan Senggol atau Sepoi Sepoi Foodpark
  4. Besaran topup minimal adalah RP 10.000, berlaku kelipatan
  5. Smartcard hanya berlaku di kawasan Dusun Semilir termasuk masuk dan bayar parkir
  6. Saldo pada kartu hanya berlaku 30 hari
  7. Sisa saldo pada kartu bisa dicairkan ketika sudah tidak dipakai di lobby (hanya di lobby)

Waktu itu saya membeli kartu sebesar Rp 50.000 dan sekalian topup Rp 50.000, sehingga saldo yang saya miliki saat itu sebesar Rp 90.000. Saya sendiri kaget, bila sisa saldo di kartu tersebut bisa di cairkan. Padahal sisa saldo saya saat itu adalah Rp 28.000 saja, dan itu bisa di tarik semua.

Wah keren deh, berikut aturan atau mekanisme refund atau pencairan saldo Smartcard Dusun Semilir.

Refund Saldo Smartcard Dusun Semilir Semarang

  • Saldo bisa diambil atau diuangkan semua
  • Seperti yang saya bilang, harga kartu Dusun Semilir itu Rp 10.000 jadi saat itu saya diberikan tawaran. Kartunya mau diambil atau dikembalikan, jika saya ambil saya hanya bisa mendapatkan uang tunai Rp 28.000 saja. Namun jika kartu dikembalikan otomatis saya bisa mendapatkan uang sebesar Rp 38.000. Alhasil saya pilih opsi pertama, yang memilih membawa pulang kartu.
  • Ingat, untuk topup menggunakan kartu kredit atau debit tidak bisa di refund.

Ketemu Pengunjung Baik dan Buruk

Saat berkunjung kemarin, saya menumui pengunjung yang bikin emosi dan juga bikin sejuk. Saya sih tidak tahu pengunjung buruk tersebut, saya baru sadar ketika pengunjung baik tersebut memunguti sampah makanan yang berserakan di Jembatan Senggol. Siapa lagi kalau bukan dari kalangan kita (pengunjung)? yang membuang sampah sembarang tersebut.

Namun siapa pun Anda yang telah memunguti sampah yang berserakan dan menyimpannya sementara untuk dibuang ke tempat sampah, Anda Pengunjung Baik. Terimakasih, sudah peduli di tempat wisata milik orang lain dan memang milik masyarakat bersama. Kami tidak sempat mengabadikan ibu-ibu baik tersebut, karena pada saat itu saya sedang menikmati cilok yang baru kami beli.

Ada Beberapa Fasilitas Tidak Bisa Digunakan

Fasilitas Washtavel Jembatan Senggol Rusak
Abaikan Muka Saya :(

Menyambung cerita dari jembatan senggol, yang sebelumnya juga saya berikan foto. Dalam foto tersebut saya sedang membuang sampah sehabis makan sosis. Waktu itu saya sih sombong sama pacar saya, makan sosisnya menggunakan tangan dan menikmati sausnya dengan tangan pula.

Waktu itu saya bilang “Tenang, kan ada washtavel (sambil nunjuk ke belakang arah washtavel berada)“. Sehabis membuang sampah sosis tadi, lalu saya berniat untuk mencuci tangan di washtavel tersebut. Eh gak taunya airnya kagak keluar, set dah dalam hati “Malu nih sama tuh bocah (pacar) sombong dulu sih“.

Semoga pengelola ataupun pegawai terkait yang membaca artikel ini segera untuk memperbaikinya. Kalau perlu menambah jumlahnya setidaknya 2 fasilitas ini di zona Jembatan Senggol. Kan tidak nyaman kalau cuci tangan harus masuk ke zona Warisan Indonesia atau Sepoi Sepoi Foodpark, keburu kering tuh saus di tangan.

Pelayanan Yang Bagus

Fasilitas Desa Semilir Layak Untuk Teman-Teman Yang Sedang Sakit

Nah menyambung dari potongan cerita saya di bagian Jembatan Senggol sebelumnya. Saya menemui teman-teman pengunjung di Dusun Semilir yang menggunakan kursi roda. Awalnya sih saya tidak tahu dan sadar soal kursi roda tersebut. Namun saya baru tahu ketika akan pulang dan keluar dari lobby ke halaman parkir. Benar saja, kursi roda yang dipakai oleh beberapa pengunjung yang saya lihat sebelumnya ternyata disediakan oleh pihak Dusun Semilir.

Hal tersebut diperkuat dengan saya melihat secara langsung sticker Dusun Semilir yang menempel pada kursi roda tersebut. Wah, Aplause deh buat pelayanannya, tapi tetap ya untuk harga jajannya masih mahal. Hehe

Belum lagi seluruh area Duusun Semilir saat ini ramah untuk teman-teman yang sedang sakit atau sedang menggunakan kursi roda. Hanya saja untuk melewati jembatan senggol teman-teman yang menggunakan kursi roda sebaiknya harus di dampingi yah.

Perlu Biaya Berapa Untuk Berwisata Ke Dusun Semilir?

Saat itu saya hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 74.000 untuk 2 orang. Ya menurut saya sih tidak terlalu menguras kantong atau tabungan lah ya. Tapi kembali lagi itu bisa lebih sedikit bila memang kamu disini hanya jajan sedikit.

Asumsikan Rp 100.000 untuk 2 orang berwisata malam minggu sangat cukup dan masih sisa lah ya. Nah berikut rincian dari total modal yang kami keluarkan tersebut.

Jenis Pengeluaran Biaya
Parkir Motor Rp 2.000
Tiket Masuk Rp 10.000 untuk 2 orang
Sosis Jumbo Panjang Rp 22.000
Cilok Rp 15.000
Es Kopi Latte Rp 25.000
Total Rp 74.000

Update, untuk harga tiket masuk per 11 Juli 2019 adalah sebagai berikut.

  • Hari senin – jum’at: Rp 8,000
  • Hari sabtu – minggu: Rp 10,000

Rekomendasi Jam Terbaik Berkunjung Ke Dusun Semilir Semarang

Berikut rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi Dusun Semilir yang ada di Semarang. Saran saya sih kamu yang ingin berlibur menikmati Dusun Semilir bisa datang pada pukul 3 sore. Karena jikalau siang, tentunya cuaca akan terasa panas, namun jika kamu lagi beruntung seperti saya cuaca mendung namun tidak hujan sih enak santai aja.

Jika kamu datang pada sore hari, kan tentunya juga bisa sekalian atau sempat untuk mandi sore kan? Nah tentunya kamu bisa menikmati dan berlibur di Dusun Semilir hingga malam hari. Pemandangan Dusun Semilir malam hari juga tidak kalah indahnya kok. Bahkan dengan kamu bisa menikmati 2 cuaca dan 2 suasana yang berbeda yakni sore (terang) dan malam hari (gelap) tentunya menambah spot-spot foto menjadi lebih banyak dan keren.

Sehingga stok foto kamu dari Dusun Semilir cukup untuk 2 bulan kedepan haha. Apalagi harga tiket masuk yang masih murah meriah, untung banyak dong.

Harapan Besar Untuk Wisata Terbaru Di Semarang Ini

Besar harapan saya untuk wisata baru iconic di Jawa Tengah ini diantaranya adalah Mempertahankan harga tiket masuk di bawah Rp 10.000/orang syukur-syukur masih Rp 5.000/orang. Meskipun spot atau zona atau fasilitas yang ada di Dusun Semilir yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian sudah jadi semua nantinya.

Review Desa Semilir Bawen Semarang

Sistem yang berjalan sejauh ini menurut saya sudah bagus. Dengan harga tiket masuk yang murah yakni sebesar Rp 5.000/orang pengunjung bisa menikmati seluruh spot keren Wisata Terbaru di Semarang ini.

Pengunjung pun tidak diwajibkan untuk membeli kartu atau top-up saldo, namun jika pengunjung ingin membeli makanan maupun pernak-pernik di Dusun Semilir harus menggunakan smartcard resmi. Itupun jika di dalam kartu masih terdapat sisa saldo pengunjung bisa mengambil atau mencairkan sisa saldo seluruhnya di lobby tanpa ada batas minimal pengambilan.

Tentu dengan sistem wisata tersebut sangat menyejukkan kantong masyarakat yang ingin berwisata di tempat yang indah nan kekinian bersama keluarga.

Baca juga:

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Dusun Semilir Wisata Terbaru Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi. Semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial kamu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata / 5. Pemilih saat ini:

Iklan
Gambar Gravatar
Travel Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *