Bahan Baku Sabun Transparan

Bahan Baku Sabun Transparan Lengkap Dengan Penjelasannya

Diposting pada

Bahan Baku Sabun Transparan – ya mungkin sebagian besar pembaca artikel Badrul Mozila kali ini sudah tidak asing dengan jenis sabun yang satu ini. Apalagi buat teman-teman travellers yang sering berpergian menggunakan jasa akomodasi penginapan seperti hotel. Kebanyakan hotel tentunya menggunakan jenis sabun ini, tapi yang jadi pertanyaan aman gak sih untuk kulit?

Nah pada kesempatan kali ini saya memcoba untuk mendalami apa itu sabun transparan, apa saja kandungannya, dan bagaimana proses pembuatannya.

Apa Itu Sabun Transparan?

Pada umumnya, sabun memiliki 2 jenis yakni padat dan juga cair. Begitu pula dengan sabun transparan yang memiliki 2 jenis tersebut padat dan cair. Sabun transparan sendiri sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang mudah diingat dan mudah disebut oleh masyarakat luas. Hal tersebut yang dikarenakan sabun transparan memiliki warna yang jernih atau tembus.

Sehingga dari situlah sabun ini dikenal dengan sebutan sabun transparan. Bagaimana kurang sependapat dengan hal tersebut? silahkan tulis di kolom komentar ya. Bukan sekedar warnanya yang indah dan berbeda, sabun transparan juga memiliki manfaat. Diantaranya dapat membersihkan kulit dari debu maupun kotoran selama seharian beraktivitas.

Teori Mengenai Sabun Transparan

Jika kamu tidak sependapat dengan penjelasan saya sebelumnya, kali ini saya coba untuk memaparkan teori mengenai sabun transparan.

Bahan Baku Sabun Transparan

Bahan Baku Sabun Transparan

Berikut ini ada beberapa bahan baku yang digunakan untuk membuat sabun transparan.

Virgin Coconut Oil (VCO)

Virgin Coconut Oil

Sabun transparan dibuat dari Virgin Coconut Oil (VCO) pilihan, VCO sendiri dipilih sebagi bahan dasar sabun transparan karena memiliki beberapa manfaat. Termasuk kemampuan antimikroba yang dapat memelihara kesehatan kulit wajah dan juga tubuh.

Virgin Coconut Oil (VCO) sendiri merupakan sebuah minyak murni yang didapat dari bahan kelapa segar dengan proses pemanasan atau tanpa sama sekali. Yang jelas dalam proses pembuatan virgin coconut oil tidak memerlukan bahan kimia sama sekali. Sehingga dalam proses tersebut bisa menghasilkan Virgin Coconuit Oil (VCO) yang berkualitas.

Mengapa VCO digunakan sebagai bahan baku sabun transparan? karena sifatnya yang mudah larut dalam air.

Trietilamina (TEA), Digunakan Sebagai Bahan Baku Sabun Transparan

Trietilamina merupakan dietanolamida yang terbuat dari minyak kelapa. Dalam formula sebuah produk kosmetik TEA berfungsi sebagai surafaktan dan penstabil busa. Surfaktan sendiri merupakan senyawa aktif penurun tegangan permukaan yang bermanfaat untuk manyatukan frasa minyak dengan frasa cair.

Lexaine-C

Lexaine-C berfungsi sebagai surfactant atau pembersih yang bersifat lembut, sehingga mampu menghasilkan busa dan menambah kekentalan. Tak hanya itu surfactant yang ada di lexaine-C juga sebagai anti iritasi. Sehingga biasanya digunakan untuk produk shampoo, sabun muka, dan juga sabun transparan.

Fixolid

Fixolid berfungsi untuk melembabkan kulit dan memberikan warna yang bening alias transparan.

Propilen Glikol

Propilen Glikol merupakan sebuah senyawa kimia (pelarut) yang digunakan untuk bahan pewangi yaitu sebagai pengikat bahan alami dan produk kosmetik. Propilen Glikol ini berupa cairan kental, transparan, dan tidak bahu.

Ethanol

Ethanol atau yang sering dikenal dengan alkohol merupakan senyawa organik yang berfungsi sebagai pelarut karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak.

Asam Stearat, Bahan Baku Sabun Transparan

Asam Stearat juga digunakan sebagai bahan baku sabun transparan. Asam stearat merupakan monokarboksilat berantai panjang yang bersifat jenuh karena tidak memiliki rangkap diantara atom karbonnya.

Natrium Hidroksida

Natrium Hidroksida (NaOH) atau yang disebut kaustik soda atau soda api ini bahan kimia yang harus ada dalam pembuatan sebuah sabun. Terutama sabun transparan, karena merupakan senyawa alkali yang bersifat basa dan mampu menetralisir asam.

Gliserin

Gliserin merupakan sebuah cairan jernih yang tidak berbau dan memiliki rasa manis. Gliserin merupakan salah satu bahan baku sabun transparan yang di proses dengan alkohol, dan sukrosa yang mampu membentuk struktur transparan (Ghaim and Volz, 2005).

Itu saja bahan baku sabun transparan? tentunya masih ada beberapa bahan baku yang disering digunakan dalam membuat sebuah sabun transparan. Nah Badrul Mozila memberikan kesempatan juga kepada pembaca untuk membantu memberikan jawaban akan hal tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Sabun Cuci yang Aman untuk Bayi

Dimana Kita Bisa Membeli Sabun Transparan?

Pertanyaan yang mudah untuk saya jawab, kamu bisa menemukan sabun transparan di beberapa minimarket ternama maupun supermarket. Kamu juga bisa menemukan sabun transparan di perusahaan rumahan seperti ADEV. Baca selengkapnya di Sabun Transparan ADEV Natural, artikel dari Kudune Blog.

Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman yang suka rela meluangkan waktunya untuk membaca artikel kali ini. Dengan judul Bahan Baku Sabun Transparan Lengkap Dengan Penjelasannya, semoga bisa menambah wawasan teman-teman akan dunia kimia. Cukup sekian artikel saya berikan, sekali lagi saya mengucapkan banyak terimakasih.

Baca juga: Sabun Transparan ADEV Natural Bukan Sekedar Sabun Mandi

Apakah artikel ini membantu Anda?

Beri tahu kami, silahkan pilih!

Hasil rata-rata / 5. Pemilih saat ini:

Iklan
Gambar Gravatar
Travel Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *