Cara Merawat Burung Kacer Agar rajin Berkicau Sambil Ngobra dan Buka Ekor Ala Duniakicau.net

Cara Merawat Burung Kacer Agar rajin Berkicau Sambil Ngobra dan Buka Ekor Ala Duniakicau.net

Diposting pada

Cara Merawat Burung Kacer Ala Duniakicau.net – Halo sobat Badrul Mozila, jarang-jarang nih saya bikin artikel mengenai hewan peliharaan. Saya yakin deh, buat bro-sis yang suka travelling tentunya di tempat tinggal memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan merupakan teman asik ketika kita berada di rumah sendiri.

Banyak sekali hewan peliharaan yang cocok di pelihara di rumah, salah satunya Burung Kacer. Siapa sih yang tidak tahu dengan burung yang memiliki suara atau kicauan yang indah ini? Nah kali ini Badrul Mozila juga ingin berbagi tips cara merawat Burung Kacer ala DuniaKicau.net. Untuk itu simak selengkapnya artikel kali ini ya bro-sis.

Cara Merawat Burung Kacer Agar rajin Berkicau Sambil Ngobra dan Buka Ekor Ala Duniakicau.net

Burung Kacer

Burung yang memiliki warna hitam dan putih ini memiliki karakter fighter. Saat dalam kondisi terbaiknya, ketika burung berkicau, burung kacer dapat mengeluarkan gaya khasnya, yaitu buka ekor dan ngobra.

Namun, Burung Kacer juga memiliki kondisi yang tidak bisa membuat sifat fighter muncul. Hal tersebut disebabkan karena pola perawatan yang kurang tepat, sehingga hasilnya burung mudah drop, mudah stress, dan kondisi mentalnya tidak stabil.

Membeli burung kacer anakan untuk di pelihara menjadi salah satu pilihan yang cukup banyak di gemari dari kalangan kicaumania. Hal tersebut karena harganya yang lebih murah di bandingkan dengan harga burung kacer yang sudah gacor yang memiliki harga yang lebih mahal.

Karena untuk mendapatkan suara kacer yang berkualitas membutuhkan perawatan yang panjang, hingga burung tersebut bisa gacor dengan baik.

Bukan hanya perlu waktu dalam merawatnya, anakan kacer memiliki kekurangan tersendiri, seperti mentalnya masih labil, mudah berubah-ubah, dan belum jinak. Padahal kedua hal tersebut merupakan hal penting untuk dimiliki burung supaya bisa tampil dengan maksimal.

Namun sebentar lagi, dengan membaca penjelasan dibawah ini, rekan-rekan kicaumania akan mengetahui tentang beberapa hal cara merawat Burung Kacer dengan benar. Sehingga burung bisa berkicau sambil ngobra dan memiliki mental Fighter. Oh iya, kicaumania sendiri merupakan sebutan untuk kalangan pecinta burung dengan kicauan yang indah, jadi jangan bingung ya.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Rajin Berkicau

Cara Merawat Burung Kacer Agar rajin Berkicau Sambil Ngobra dan Buka Ekor Ala Duniakicau.net

Di bawah ini, merupakan tips burung kacer yang sudah berkicau namun masih belum mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekornya.

1. Melatih dengan Burung kacer lainnya

Terapi untulan perlu dilakukan agar mental burung kacer naik, sehingga gaya khas ngobra burung mau keluar. Masukan untulan burung setiap harinya beberapa menit, hingga kacer mau mengeluarkan gaya ngobranya, dan lakukan selama 1 sampai 2 minggu secara rutin.

Baca juga: Cara Menjinakkan Burung Yang Masih Giras

2. Pengembuanan

Pada subuh hari sebelum matahari terbit, burung di keluarkan dari rumah dan menyimpannya di halaman rumah untuk mendapatkan suhu udara dingin pagi hari. Dengan melakukan hal ini dapat membantu meningkatkan stamina burung kacer dan untuk menjaga kondisi tubuhnya.

3. Full krodong

Ketika siang dan sore hari tiba, burung kacer disimpan di tempat yang sejuk dan nyaman sambil menutup sangkarnya dengan krodong secara full, untuk menciptakan kenyaman bagi burung kacer , sehingga mental fighternya akan bangkit kembali secara perlahan.

Setelah malam hari tiba, maka sangkar burung full krodong, agar burung kacer bisa beristirahat dengan cukup.

Sambil menyimpannya di tempat sejuk, rekan-rekan juga bisa sambil memutar suara terapi, seperti suara hemusan angin dan air mengalir untuk membantu merelaksasi burung.

Nah untuk mendapatkan suara burung kicauan untuk masteran dan suara terapi, maka anda bisa melihatnya di halaman Duniakicau.net, karena banyak kumpulan suara burung kualitas yang baik, seperti Suara burung lovebird , burung kacer, burung kenari dan berbagai macam jenis burung lainnya.

4. Perhatikan asupan Ekstrafooding

Ekstrafooding perlu di perhatikan dalam pemberiannya, karena bisa jadi burung tidak dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya karena kekurangan diperhatikan asupan tersebut, entah itu pemberiannya terlalu berlebihan dan bisa juga kekurangan, padahal kandungan protein pada ekstrafooding dapat mempengaruhi staminanya.

Perhatikan burung kacer rekan-rekan, jika terlihat kurang bergairah maka tambahkan pakan ekstrafooding tersebut, dan jika burung terlihat Over birahi, maka kurangi saja jumlah pakannya. Dan pakan ekstrafooding tersebut bisa di berikan seperti jangkrik, kelabang kering, kroto,ulat hongkong dan pakan sejenis lainnya yang memiliki kandungan protein hewani yang tinggi.

5. Terapi Sauna

Salah satu andalah para kacermania dalam merawat burung kesayangannya agar mau ngobra, dengan melakukan cara ini,karena cukup efektif untuk mengeluarkan mental burung tersebut dan rajin untuk berkicau.

Cara melakukannya gunakan krodong secara full, agar sangkar burung kacer ketutup semuanya, dan setelah itu simpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, tapi sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari, karena sinar mataharinya tidak terlalu panas, dan juga pastikan burung kacer tersebut dalam kondisi sangat prima.

6. Kurangi mandi

Pada saat perawatan ini, sebaiknya frekuensi mandi di kurangi dari jumlah mandi harian yang biasa dilakukan.

7. Simpan dikandang umbaran

Ketika burung di jemur pada pagi hari, burung kacer di pindahkan di kandang umbaran yang besar, agar bisa melakukan aktifitas lebih banyak, seperti terbang pendek-pendek dan melakukan hal lainnya yang tidak bisa dilakukan di sangkar harian.

Karena dengan memindahkan burung di sangkar umbaran beberapa jam perhari dalam meningkatkan mental burung menjadi lebih baik, sehingga burung menjadi rajin berkicau. Dan ketika burung telrihat puas bermain di kandang umbaran, maka pindahkan kembali ke sangkar harinnya tersebut untuk melakukan perawatan lainnya.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Rajin Berkicau Yang Lainnya?

Jika ada tips tambahan mengenai Cara Merawat Burung Kacer Agar rajin Berkicau Sambil Ngobra dan Buka Ekor Ala Duniakicau.net. Silahkan bantu kami untuk menginformasikan melalui kolom komentar di bawah.

Nah, demikianlah tips Badrul Mozila kali ini yang telah kami sampaikan, untuk merawat kacer kesayangan anda gacor sambil ngobra.

Baca juga: Misteri Burung Jalak Gading Gunung Lawu

Tinggalkan Balasan