Tips Menentukan Asuransi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan

Diposting pada

Tips Menentukan Asuransi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan – Kesehatan merupakan aset terbesar yang harganya tidak ternilai. Jika dalam kondisi sehat, orang-orang mungkin menganggap kesehatan itu adalah hal yang sepele. Tetapi kalau sudah sakit, baru menyadari betapa mahal dan bernilainya kesehatan.

Menjaga kesehatan, sudah menjadi keharusan. Tapi sebagai manusia, penyakit terkadang bisa datang menyerang tanpa disangka-sangka. Meskipun sudah menjalankan pola hidup yang sehat, gangguan kesehatan bisa terjadi tiba-tiba, baik itu bersifat insidental seperti kecelakaan maupun yang diakibatkan karena imunitas menurun. Contohnya, seperti penyakit alergi, demam, gangguan pernafasan, dan lainnya dapat menyerang kapanpun dan di mana pun.

Ketika kita sakit, aktivitas yang biasanya menyenangkan, seperti traveling bersama keluarga, olahraga, dan lainnya akan terasa sangat berbeda. Bahkan makanan yang biasanya terasa enak, tampak tidak mengundang selera. Untuk itu, banyak orang yang  terpaksa menghabiskan banyak uangnya untuk bisa kembali sehat.

Tips Menentukan Asuransi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan

Tips Menentukan Asuransi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan

Berbicara soal kesehatan dan keuangan, keduanya memiliki banyak kaitan. Dalam perencanaan keuangan, diperlukan penganggaran dana khusus yang dialokasikan untuk kesehatan. Bahkan, kesehatan dalam jangka panjang merupakan suatu investasi yang manfaatnya akan dirasakan di hari tua kelak. Kita perlu menganggarkan dana untuk kesehatan dalam rancangan keuangan jangka panjang pribadi maupun keluarga, sehingga bisa mencegah terjadinya defisit keuangan.

Saat ini, sudah banyak platform asuransi yang menawarkan berbagai jenis jaminan kesehatan dengan berbagai keuntungan yang akan didapat. Pemilihan asuransi yang tepat dapat membantu anda mewujudkan perencanaan keuangan yang baik. Untuk itu, kita harus jeli dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat, baik itu untuk pribadi maupun untuk keluarga.

Lantas seperti apa cara menentukan asuransi yang tepat?

Berikut ada beberapa tips menentukan asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan.

Lakukan Assessment

Lakukan Assessment Terhadap Keuangan Untuk Asuransi

Tips menentukan asuransi yang tepat yang pertama kali, tentu kita harus melakukan assessment terhadap kondisi keuangan yang kita miliki. Dalam melakukannya, diperlukan kejujuran untuk bisa mengetahui dengan benar kondisi financial yang dimiliki. Yang jelas, kondisi keuangan harus sehat sebelum memilih jenis asuransi yang akan digunakan. Jika belum sehat, mungkin perlu diatur lagi pengeluaran rutin kita.

Pilih Jenis Asuransi

Pilih Asuransi Yang Tepat

Setelah mengetahui kondisi keuangan, langkah selanjutnya adalah memilih jenis asuransi yang tepat. Saat ini ada beragam asuransi yang tersedia di Indonesia. Asuransi juga memiliki tujuan masing-masing, seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan, dan juga ada asuransi plus investasi.

Pemilihan asuransi ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sementara untuk besaran preminya, anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Jangan memilih asuransi dengan benefit yang besar, sementara kesulitan dalam membayar premi.

Saat ini, pemilihan asuransi juga sudah lebih mudah. Dengan surfing di internet, ada berbagai jenis penawaran asuransi yang didapat. Bahkan sebagian juga ada yang dapat mendaftar secara online, seperti di Lifepal.

Kenali Sistem Asuransi Tersebut

Setelah memilih yang akan digunakan, maka tips menentukan asuransi yang tepat selanjutnya adalah mengenali lebih dalam dan mempelajari sistem yang digunakan dalam asuransi tersebut. Seperti apa tata cara klaim, penyakit apa saja yang masuk dalam coverage asuransi, berapa besar pembiayaan maksimal yang ditanggung saat menerima perawatan, apakah ada denda tunggakan, serta syarat dan ketentuan lainnya perlu jadi perhatian. Jangan sampai kita merasa dirugikan karena malas membaca terms and conditions dari asuransi tersebut.

Jika sudah mendaftar di salah satu asuransi, tugas anda selanjutnya adalah rutin membayar. Usahakan untuk tidak menunggak, agar nanti saat dibutuhkan tidak menyulitkan dalam proses klaim. Kita tentu tidak tahu kapan kondisi darurat terjadi, bukan?

Nikmati Pelayanan Asuransi Sesuai Kesepakatan Sebelumnya

Nah, ketika kita sakit, maka lakukanlah proses pengobatan dan klaim sesuai ketentuan yang berlaku. Seperti pemilihan fasilitas kesehatan, kelas layanan, dan sebagainya, harus mengikuti aturan yang sudah disepakati sebelumnya. Seperti yang sudah dijelaskan, pemahaman rinci terhadap syarat dan ketentuan membuat kita terhindar dari perasaan merugi. Bahkan, asuransi bisa jadi sangat membantu keuangan kita ketika tengah sakit.

Baca jugaHalodoc Konsultasi Dokter Jadi Lebih Praktis

Namun demikian, meski sudah memiliki asuransi, kita tetap dianjurkan untuk terus menjaga kesehatan. Karena kesehatan merupakan harta yang paling berharga dan aset tak ternilai. Nantinya pola hidup sehat di masa sekarang juga mempengaruhi kualitas hidup kita di masa yang akan datang. Hidup sehat juga membuat kita jadi lebih bahagia.

Jadi, bagaimana? Masih ragu untuk mendaftarkan diri kamu dan keluarga ke asuransi?  Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Tips Menentukan Asuransi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang tidak ingin gagal liburan karena sedang sakit.

Tinggalkan Balasan