Jadi Reseller
Coba Jadi Reseller gih!

Mau Punya Penghasilan Tambahan Lebih? Coba 6 Bisnis Sampingan Ini!

Diposting pada

Sering kali pemasukan kita tidak sebanding dengan pengeluaran. Namun, gaji yang diterima dari tempat kerja hanya segitu-gitu saja. Tentu kita harus berusaha mencari tambahan penghasilan dan salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Berikut adalah ide-ide bisnis yang bisa coba kamu lakukan, baik bagi kamu yang masih baru dalam hal berjualan atau yang sudah sering berjualan:

Ide Bisnis Sampingan

Berikut beberapa ide bisnis sampingan menurut Badrul Mozila yang bisa kamu coba.

1. Reseller

Jadi Reseller
Coba Jadi Reseller gih!

Reseller ini sangat banyak dilakukan masyarakat Indonesia saat ini, mulai dari kalangan remaja sampai ibu-ibu karena reseller begitu mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mencari produk-produk yang ingin kamu jual sesuai dengan budget yang kamu punya, kemudian kamu bisa mulai menjual produk-produk tersebut kepada kolega dan kerabatmu atau dengan cara melakukan promosi di sosial media kamu.

2. Kursus Private

Buka Jasa Kursus
Buka Kelas Kursus

Jika kamu punya latar pendidikan yang bagus atau mahir dalam sebuah mata pelajaran, kamu bisa mulai memberikan kursus privat kepada siswa SD, SMP atau SMA misalnya untuk pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan pelajaran sulit lainnya. Kamu bisa mulai menawarkan kepada tetangga kamu atau melalui aplikasi yang digunakan siswa untuk mencari guru les privat dan kamu bisa memilih memberikan kursus di rumahmu atau mendatangi rumah siswa.

3. Penyewaan Apartemen

Kalau kamu mempunyai modal yang cukup besar untuk memulai usaha, kamu bisa berinvestasi dengan apartemen, ini adalah investasi yang sangat diminati kini. Tanpa perlu banyak menyita waktu dan tenaga milikmu, apartemen yang kamu sewakan akan mendatangkan passive income untuk kamu. Salah satu kawasan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk investasi apartemen adalah Meikarta di daerah Cikarang, Bekasi terutama Cikarang sedang berupaya mengembangkan diri menjadi kota industri modern saat ini dan banyak pekerja yang berdatangan untuk tinggal di daerah Cikarang ini.

Bagi kamu yang memang tertarik untuk membeli apartemen guna untuk disewakan nantinya, apartemen Meikarta ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Kawasan ini pasti akan menarik banyak peminat karena juga menyediakan banyak fasilitas seperti rumah sakit bertaraf internasional, hotel bintang lima dan juga pusat perbelanjaan. Bisnis properti seperti apartemen ini juga sangat menjanjikan karena harganya selalu naik dari tahun ke tahun terutama jika letaknya strategis.

4. Usaha Kuliner

Buka Usaha Kuliner
Buka Usaha Kuliner aja!

Jika kamu suka memasak atau jago memasak, peluang usaha dibidang kuliner sangat terbuka. Mulai dari ditawarkan di daerah rumah, promosi melalui sosial media dan bisa juga menjadi mitra Go-Food atau Grab-Food. Pilih dulu masakan apa yang ingin kamu jual, harga yang akan kamu kenakan serta pesaing produk makanan kamu di pasaran. Sebelum itu ada baiknya juga kamu melakukan survei masakan kamu, semacam melakukan food testing untuk mengetahui pendapat orang lain tentang rasa makanan yang akan kamu jual.

5. Jasa Laundry

Ide Bisnis Laudry
Buka Usaha Laundry

Walaupun sudah banyak usaha serupa di masyarakat tetapi kamu juga masih bisa mencoba untuk membuka toko laundry dengan memberikan penawaran yang lebih menarik seperti harga yang lebih murah, kualitas sabun cuci yang lebih baik, proses pencucian lebih cepat atau tidak membuat baju menjadi kusut. Tentu kamu juga perlu memilih tempat yang lebih strategis seperti di area kampus, perkantoran, atau tempat kos yang kebanyakan warganya sibuk dengan kegiatan sekolah atau pekerjaan sehingga tidak sempat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju sendiri.

6. Penyedia Gas dan Air Isi Ulang

Penyedia gas dan air isi ulang ini selalu dibutuhkan di mana-mana karena dua hal tersebut merupakan kebutuhan pokok untuk minum dan juga memasak, walaupun sudah banyak saingan, kalau kamu memberikan harga dan layanan yang lebih baik, tidak menutup kemungkinan usaha pengisian air isi ulang dan penyedia gas milik kamu akan lebih laris daripada yang sudah ada.

Yang terpenting dari berbisnis adalah kamu harus mencobanya terlebih dahulu. Tidak perlu memikirkan rugi atau tidak akan ada yang membeli karena pasti akan ada yang membeli barang jualanmu atau bisnis yang kamu lakukan, tetap semangat dan pantang menyerah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi!

Nah itulah artikel Badrul Mozila kali ini mengenai beberapa ide bisnis samping yang bisa menjadi penghasilan tambahan.

Tinggalkan Balasan