Toyota Calya, MPV Murah Toyota Calon Mobil Sejuta Umat

Toyota Calya MPV Murah Toyota
Toyota Calya MPV Murah Toyota

Jakarta – Nama Toyota sejak lama menelurkan mobil-mobil yang terjangkau dengan perawatan yang mudah. Setelah sukses merilis Kijang lalu Avanza, PT Toyota Astra Motor di 2016 memperkenalkan sosok Toyota Calya.

Ya, mobil ini disiapkan sebagai mobil sejuta umat selanjutnya, meneruskan kiprah Avanza yang hadir sebagai MPV murah Toyota. Peluncuran Toyota Calya ini juga sudah sangat dinantikan dari dulu.

Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini memperluas lini model Toyota di segmen LCGC yang sebelumnya hanya mengandalkan Agya. Rancang bangun Toyota Calya mengusung konsep desain, spesifikasi teknis, serta beragam fitur cukup berkualitas di kelasnya.

Berdasarkan sisi penampilan, Calya memperlihatkan desain modern dan stylish sehingga jauh dari kesan murahan. Bentuknya memiliki sedikit kemiripan dengan Avanza, hanya berbeda dari segi ukuran. Calya sedikit lebih pendek dan ramping ketimbang kakaknya.

Desain Toyota Calya, Versi Mungilnya Avanza

Desain Calya memang mengadopsi dari gaya dari Avanza, yang terdapat beberapa penyesuaian ukuran. Melihat sosok Calya, bisa terbayang kombinasi Avanza-Innova. Toyota Calya dimensinya serupa dengan Daihatsu Sigra, memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm.

Desain Exterior Toyota Calya
Desain Exterior Toyota Calya

Secara desain, Toyota Calya mengusung konsep desain yang begitu elegan dengan gaya keen look. Patut diakui desain Toyota Calya memang lebih good looking ketimbang rival utama di kelasnya.

Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan Toyota Avanza. Pada bagian sisi belakang bergaya ala All New Innova dengan lampu berdesain boomerang yang dikombinasikan dengan reflector horizontal di pintu bagasinya.

Kabin Toyota Calya Cukup Lega

Ukuran mungil tidak berarti kabinnya sempit. Toyota merancang MPV murah mereka supaya bisa tetap mengakomodir penumpang dan barang secara optimal. Patut diapresiasi bagaimana perancang Toyota bekerja keras memaksimalkan dan mengatur ruang kabin sedemikian rupa.

Konsep desain bubble head lining, yaitu bentuk atap pilar C yang lebih menggembung ke atas. Ini sangat akomodatif bagi keluarga yang bepergian dengan membawa banyak barang. Bahkan, volume bagasi hingga 263 liter.

Sebagai catatan, baris ketiga MPV murah Toyota ini ukurannya cukup sempit untuk orang dewasa. Maka dari itu, kursi paling belakang lebih cocok untuk tempat anak-anak.

Dengan postur sekitar 170 cm, ruang kepala di baris ketiga juga oke lewat desain cekungan pada plafon. Agar tidak sesak di ruang kaki, maka jok baris kedua pun dapat dimajukan untuk memberikan ruang kaki yang lebih luas di baris ketiga.

Toyota Calya Didukung Fitur Keselamatan Mumpuni

Fitur Keselamatan Toyota Calya
Hasil Tes Keamanan Toyota Calya Dari NCAP

Berbicara soal aspek keamanan dan keselamatan, mobil ini sudah ada airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, 3 point seatbelt di setiap kursi, parking sensor, alarm immobilizer dan ABS.

Berdasarkan hasil pengujian ASEAN NCAP, lembaga yang berfokus pada aspek keselamatan kendaraan, Toyota Calya di tahun 2016 lalu meraih skor bintang empat dari total lima bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Nilai yang sama juga diraih untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak.

Ini menunjukkan bila Calya memiliki perlindungan optimal, dengan kata lain bukan MPV murah dengan fitur ala kadarnya. Fitur keselamatannya melindungi secara optimal.

Performa Toyota Calya

Pantaslah jika Toyota memberikan nama Calya yang memiliki arti ‘sempurna’. Performa mobil ini memang terbukti sempurna untuk menjelajahi berbagai medan jalan, sekalipun di jalanan kasar.

Selanjutnya kita akan membahas performa Calya, berdasarkan test drive yang dilakukan oleh Carmudi. Karakter mesinnya kurang ideal sebagai city car karena tarikannya terasa lebih baik di putaran mesin 3.000-4000 rpm.

Ketika pada putaran bawah, mesin terasa ngeden dengan suara gerungan yang terdengar. Karakter seperti ini lebih nyaman digunakan untuk kondisi lalu lintas agak lengang seperti jalan antar kota. Bobot mobil yang hanya 975 kilogram ini menguntungkan saat bermanuver lincah di jalan yang ramai.

Toyota Calya mengusung mesin berkode 3NR, dengan kapasitas 1,2 liter. Mesin ini juga dipakai Daihatsu pada Sigra.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: