Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia
Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia

Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia

Diposting pada

Program UNICEF di Indonesia – Tentunya bro-sis sudah tahu dong dengan organisasi yang bergerak di bidang sosial yang satu ini. Ya UNICEF, seperti yang sudah saya singgung pada artikel sebelumnya lihat disini, bila UNICEF itu memiliki program penting di Indonesia.

Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah baiknya bila bro-sis mengetahui terlebih dahulu tentang UNICEF ini. Kita flashback dahulu di artikel sebelumya. Bila UNICEF ini merupakan sebuah organisasi dari PBB yang menangani masalah anak-anak dan perempuan di seluruh dunia.

UNICEF Sudah Lebih Dari 60 Tahun di Indonesia

Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia
Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia

Di Indonesia sendiri UNICEF sudah ada sejak tahun 1948, itu artinya UNICEF sudah lebih dari 60 tahun telah menjangkau anak-anak di Indonesia. Saya belum lahir itu mah, haha. Tapi hal tersebut dilakukan dengan cara bantuan pembangunan dan kemanusiaan.

Pada tahun 1948 UNICEF saat itu berfokus pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah kelaparan di Pulau Lombok. 1 tahun kemudian, UNICEF melakukan perjanjian kerjasama dengan Indonesia dalam membangun dapur susu di Yogyakarta yang saat itu menjadi pusat pemerintahan baru.

Tapi bukan hanya itu saja bro-sis, UNICEF hadir di Indonesia karena ingin memastikan bahwa tidak ada anak-anak yang tertinggal. Ini lah yang menjadi prioritas UNICEF berada di Indonesia.

Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia

Nah yang menjadi pertanyaan lalu tindakan nyata apa saja yang dilakukan oleh UNICEF untuk anak-anak di Indonesia. Berikut adalah Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia.

1. Perlindungan Anak

Program UNICEF, Perlindungan Anak
Perlindungan Anak, sumber: pixabay

Tujuan dari program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia yang satu ini adalah untuk menjaga anak-anak di Indonesia supaya aman dari kekerasan, penelantaran dan eksploitasi. Namun tentunya UNICEF tidak semudah itu melakukan semua itu tentunya ada rintangan yang memang telah diketahui sebelumnya. [sumber]

Tantangan UNICEF Dalam Melakukan Perlindungan Anak di Indonesia

Intimidasi dan dipermalukan merupakan sebuah yang biasa terjadi di sekolah-sekolah di Indonesia. Dengan presentase 18 persen anak perempuan dan 24 persen anak laki-laki yang terpengaruh. Anak laki-laki terutama menghadapi risiko serangan fisik di sekolah.

Banyak diantaranya adalah guru yang juga menggunakan hukuman fisik dan emosi untuk mendisiplinkan anak-anak. Mereka juga tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali dan melaporkan kekerasan yang merujuk siswa ke layanan untuk mengatasi masalah yang mereka alami.

Sedangkan anak perempuan remaja cenderung lebih rentan terhadap praktek tradisional yang berbahaya dibandingkan dengan anak laki-laki seperti perkawinan anak. Satu dari setiap sembilan anak perempuan menikah sebelum usia 18 tahun.

Dan anak-anak perempuan dari keluarga miskin 5 kali lebih mungkin menikah pada usia sangat dini dibandingkan teman-temannya yang lebih kaya. Tingkat mutilasi alat kelamin perempuan (FGM) masih tinggi, yaitu 52 persen.

Solusi Dari UNICEF Dalam Melakukan Perlindungan Anak di Indonesia

UNICEF membantu membangun sistem perlindungan anak yang komprehensif secara nasional untuk mencegah dan menanggulangi kekerasan, pelecehan, penelantaran dan eksploitasi.

Hal ini dilakukan dengan menghasilkan bukti-bukti yang dapat diandalkan untuk mendukung informasi dalam advokasi. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Mereformasi undang-undang dan memperbarui kebijakan sesuai dengan standar HAM internasional
  2. Mengembangkan pakar profesional perlindungan anak
  3. Penyaringan serta pelacakan anggaran untuk meningkatkan manajemen keuangan publik bagi anak-anak

2. Kesehatan

Tujuan program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia yang satu ini adalah untuk memberi peluang terbaik untuk bertahan hidup bagi anak-anak. Lalu apa saja tantangan dari UNICEF dalam melakukan upayanya dalam bidang kesehatan untuk anak-anak Indonesia?

Berikut upaya UNICEF Indonesia dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia.

  1. UNICEF melakukan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses ke layanan berkualitas bagi ibu, bayi baru lahir dan anak-anak, terutama yang paling rentan.
  2. Di tingkat nasional, UNICEF mendukung pemerintah dengan memperkuat sistem kesehatan supaya bisa mencapai cakupan kesehatan universal. Dukungan ini termasuk memfasilitasi penyusunan kebijakan kesehatan berbasis bukti yang dapat diandalkan dan komprehensif, perencanaan program dan penganggaran.

3. Pendidikan

Program Pendidikan UNICEF untuk Anak-Anak Indonesia
Program Pendidikan UNICEF untuk Anak-Anak Indonesia, sumber gambar: pixabay

Program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia dalam sektor pendidikan bertujuan untuk membantu anak-anak dan remaja menjadi yang terbaik sesuai kemampuan mereka.

UNICEF bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dan kualitas pendidikan untuk anak-anak yang paling terpinggirkan. Biasanya yang berusia 3-18 tahun, termasuk anak-anak dengan disabilitas dan mereka yang berada dalam situasi kemanusiaan.

Kemudian UNICEF dan pemerintah ingin mengurangi tingginya jumlah anak putus sekolah tetap menjadi prioritas utama bagi Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan 4 pada pendidikan inklusif dan berkeadilan pada tahun 2030.

Dukungan UNICEF ini berfokus pada pembuatan bukti, advokasi kebijakan dan penguatan sistem untuk akses yang adil terhadap pendidikan, peningkatan hasil pembelajaran, dan pengembangan keterampilan bagi remaja. [sumber]

4. Nutrisi

Program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia dalam sektor nutrisi ini bertujuan untuk mengatasi beban ganda malnutrisi di Indonesia.

Adapun beberapa perhatian UNICEF di sektor nutrisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Bertubuh pendek (Stunting)
  2. Bertubuh kurus (Wasting)
  3. Kegemukan dan obesitas pada orang dewasa

5. Wash

Program Wash UNICEF di Indonesia

Program UNICEF di Indonesia yang satu ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih untuk hidup, bermain, dan belajar bagi anak-anak.

UNICEF mendukung Pemerintah Indonesia untuk mempercepat akses ke pasokan air, sanitasi, dan kebersihan yang dikelola dengan aman.

Baca juga: Macam Jenis Donasi di UNICEF Indonesia

Di tingkat nasional, upaya ini difokuskan dengan melakukan advokasi tingkat tinggi dan kemauan politik bersama dengan menyelaraskan kebijakan dan program WASH dengan realitas dasar dan memastikan bahwa kebijakan didasarkan pada informasi dan data yang andal dan terkini.

Dukung Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia

Nah sekarang bagaimana kita sebagai masyarakat ikut mendukung program dan upaya UNICEF di Indonesia? Ya tentunya kita bisa mendukungnya melalui donasi yang dibuka untuk umum. Perlu bro-sis ketahui bahwa kita sebagai masyarakat bisa melakukan donasi untuk anak-anak Indonesia melaui UNICEF dengan mudah loh.

Donasi tersebut bisa dilakukan melalui online, donasinya pun ada donasi jangka panjang dan juga donasi satu kali. Jika bro-sis melakukan donasi jangka panjang jangan khawatir, Cara Berhenti Donasi UNICEF juga mudah dilakukan kok.

Baca selengkapnya: 2 Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia 100% Mudah

Nah itulah artikel Badrul Mozila pada kali ini mengenai Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia. Semoga bisa menginspirasi kita semua dan makin peduli dengan lingkungan di sekitar kita termasuk anak-anak.

 

Tinggalkan Balasan