#1 Pengertian Visi Misi dan Contohnya Yang Benar

Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli
Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli

Pengertian Visi Misi dan Contohnya – Menurut bro-sis seberapa penting kah visi misi? Eh sebelum bertanya mengenai itu harusnya yang terlebih dahulu ditanyakan adalah apa itu visi misi? Nah bro-sis sudah tahu belum mengenai visi-misi ini? Jika belum, kebetulan Badrul Mozila ingin membahas mengenai visi mis, yuk simak selengkapnya.

Tentunya bro-sis sering melihat dong visi misi ada di sekolahan, perusahaan, atau di pemerintahan. Nah mengapa sih mereka pada menggunakan visi misi, memang apa itu sebenarnya visi misi? Saya yakin bro-sis juga bertanya-tanya demikian dong, nah yuk kita mulai ke topik pengertian visi misi.

Pengertian Visi Misi

Jadi apa sih itu visi misi, nah berikut ada beberapa pengertian visi misi menurut para ahli atau pada umumnya. Pada umumnya visi misi digunakan sebagai pedoman suatu perusahaan dalam menentukan arah atau tujuan dari perusahaan tersebut. Melalui visi misi lah perusahaan atau organisasi mampu berjalan sesuai dengan tujuan utama yang telah ditetapkan.

Sehingga dengan adanya visi misi tersebutlah perusahaan mampu untuk berfokus pada tujuannya dan tidak melenceng. Lalu bagaimana pengertian visi misi menurut para ahli?

Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli

Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli
Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli

Nah berikut ada beberapa pengertian visi misi menurut para ahli, yang bisa bro-sis jadikan sebagai referensi. Akan saya pisah antara visi dan misi, supaya bro-sis mudah untuk memahaminya.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Berikut ada beberapa pendapat para ahli mengenai visi, diantaranya ada yang berpendapat visi merupakan sebuah kalimat yang hendak di wujudkan.

1. Wibisono

Wibisono dalam pengertian visi menurut para ahli berpendapat sebagai berikut. Visi merupakan sebuah rangkaian kalimat yang mengungkapkan impian atau cita-cita dari suatu perusahaan atau organisasi di masa mendatang.

2. Indrakalaresa

Visi adalah suatu bentuk pencerminan dari beberapa keyakinan dan asumsi dari semua pihak yang terlibat dalam suatu perusahaan atau organisasi mengenai masalah masalah ilmu, kemanusiaan, politik, ekonomi, budaya, dan etika.

3. H. Dawan Rahardjo (Wawasan dan Visi “Pembangunan abad-21”)

H. Dawan Rahardjo melalui Visi adalah sebuah bayangan mengenai masa depan suatu perusahaan atau organisasi atau lembaga.

4. Burt Nanus (Kepemimpinan Visioner)

Burt Nanus dalam pengertian visi menurut para ahli berpendapat mengenai pengertian visi. Bahwa visi adalah sebuah pandangan masa depan dari suatu perusahaan yang realistis, bisa dipercaya, atraktif.

5. Longman (Dictionary of Language and Culture)

Visi merupakan sebuah kemampuan untuk memandang dan memahami apa yang akan diwujudkan di masa mendatang.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Selain pengertian visi menurut para ahli, ada juga pengertian visi menurut KBBI. Jadi dalam KBBI visi merupakan kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan, segala apa yang terpikir. Kemampuan dalam menciptakan gambaran di masa depan yang akan dilakukan untuk mencapai atau mendapatkan sebuah tujuan.

Pada intinya pengertian visi menurut para ahli diatas dapat disimpulkan jika visi adalah suatu cita-cita atau impian yang akan diwujudkan di masa depan.

Baca juga: [Teori Lengkap] Jenis dan Pengertian Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Pengertian Misi Menurut Para Ahli

Sesuai dengan judul artikel yang akan membahas Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli, tentunya pada segmen ini akan membahas Misi. Lalu apa pengertian misi menurut para ahli? yuk simak berikut ini.

1. Dr. Sapta Nirwandar (Makalah Seminar)

Misi adalah sebuah langkah atau kegiatan yang harus dilakukan untuk merealisasikan tercapainya visi.

2. Webster Third New International Dictionary

Misi merupakan sebuah tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang.

3. Edwin A. Locke & Associates (Esence Kepemimpinan)

Misi adalah suatu tindakan strategis untuk mencapai/meraih visi yang telah ditetapkan didalam organisasi.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika sebelumnya disebutkan pengertian misi menurut para ahli, kali ini menurut KBBI. Misi adalah tugas yang dilakukan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi tercapainya visi.

Pada dasarnya pengertian visi misi menurut para ahli sepakat bahwa visi misi merupakan sebuah komponen paket yang harus dimiliki. Visi merupakan sebuah cita-cita atau impian yang berasal dari pikiran, wawasan, gagasan yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan Misi adalah langkah-langkah atau kegiatan aktivitas yang harus dilaksanakan untuk mencapai visi tersebut.

Perbedaan Visi Misi

Perbedaan Visi Misi
Perbedaan Visi Misi

Lalu apa perbedaan visi misi? Tentunya ada perbedaan visi misi dari berbagai segi. Diantaranya bisa bro-sis lihat pada tabel berikut ini.

Perbedaan Visi Misi
Definisi Pernyataan Langkah/Tindakan
Tujuan Menginspirasi Menginformasikan
Jangka Panjang Pendek
5W1H Apa? Kenapa?
Aktivitas Melihat Melakukan
Sumber Pikiran Hati
Efek Tantangan Klarifikasi

Contoh Visi Misi Yang Benar

Contoh Visi Misi Yang Benar
Contoh Visi Misi Yang Benar

Setelah bro-sis mengetahui pengertian visi misi menurut para ahli diatas serta perbedaannya. Berikut ini untuk memperdalam visi misi alangkah baiknya bro-sis melihat contoh visi misi yang benar berikut ini.

Contoh Visi Misi Udinus (Universitas Swasta)

Visi: Menjadi universitas prioritas utama untuk dipilih dalam pendidikan dan kewirausahaan.

Misi:

  • Melakukan universitas berkualitas tinggi
  • Menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas dan inovasi sivitas akademika yang memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat, pemerintah, dan sektor bisnis

Contoh Visi Misi Kalbe (Perusahaan Farmasi)

Visi: Menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik dengan skala internasional yang didukung oleh inovasi, merek yang kuat, dan manajemen yang prima.

Misi: Meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.

Contoh Visi Misi Pokphand (Perusahaan Pakan)

Visi: Menyediakan pangan bagi dunia yang berkembang.

Misi: Memproduksi dan menjual pakan, anak ayam usia sehari, dan makanan olahan yang memiliki kualitas tinggi dan berinovasi.

Contoh Visi Misi SMA Negeri 1 Demak

Visi: Berprestasi Unggul, Berbudaya Santun, dan Agamis, Peduli Lingkungan, Bersih dan Hijau serta Mampu Berkompetisi di Era Global.

Misi:

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang memiliki semangat Keunggulan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis ICT dan Bahasa Inggris.
  2. Melaksanakan proses Pembelajaran dan bimbingan konseling bilingual berbasis ICT sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal dan memiliki bekal dalam persaingan global.
  3. Melaksanakan program ekstrakurikuler dan pembiasaan yang mampu menumbuhkan perilaku santun berlandaskan budaya bangsa, memiliki rasa nasionalisme, memiliki semangat beragama, dan memiliki komitmen dalam pergaulan global.
  4. Melaksanakan program pembinaan dan pengembangan potensi peserta didik dalam memenangkan lomba akademik dan non-akademik pada tingkat nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan manajemen partisipasif, terbuka, dan akuntabel untuk memfasilitasi pengembangan sekolah, khususnya infrastruktur sekolah yang mampu mendukung pencapaian Sekolah Bertaraf Internasional.
  6. Menumbuh kembangkan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran yang berkelanjutan.

Kesimpulan Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli

Jadi dapat saya simpulkan dari beberapa pengertian visi misi menurut para ahli, perbedaan, serta contoh visi misi. Kesimpulan tersebut antara lain sebagai berikut ini.

  • Visi Misi merupakan sebuah landasan awal dalam merumuskan perencanaan strategis
  • Visi merupakan imajinasi/gambaran masa depan suatu organisasi/perusahaan
  • Misi merupakan penjabaran dari visi yang memberikan produk/layanan kepada publik
  • Misi berperan untuk mengenalkan para anggota organisasi terhadap peran dan fungsi mereka

Nah jadi mana pengertian visi misi menurut para ahli yang ingin kamu jadikan sebagai patokanmu? Tentu lebih baik semuanya dong, karena referensi itu kalau bisa ya banyak tidak hanya satu saja.

Sekian artikel Badrul Mozila kali ini mengenai Pengertian Visi Misi Menurut Para Ahli dan Contohnya Yang Benar. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mendalami visi dan misi.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: