Fakta Tentang Burung Lovebird
Fakta Tentang Burung Lovebird

Fakta Tentang Burung Lovebird – Tentu bro-sis sudah tahu dong dengan burung yang satu ini? Ya burung yang memiliki pawakan seperti burung kakak tua namun versi mini ini adalah satu dari sembilan dari jenis spesies Genus Agapornis. Nah itu adalah salah satu dari 10 Fakta Tentang Burung Lovebird yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

Untuk itu yuk terus ikuti dan ketahui selengkapnya burung populer di Indonesia yang satu ini.

7 Fakta Tentang Burung Lovebird

Fakta Tentang Burung Lovebird
Fakta Tentang Burung Lovebird

Nah berikut ini ada beberapa fakta tentang burung lovebird yang perlu bro-sis ketahui.

1. Asal Mula: Fakta Tentang Nama Burung Lovebird

Menjadikan burung sebagai hewan peliharaan di rumah merupakan salah satu hal yang biasa bagi masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali dengan memilihara Burung Lovebird, banyak yang menyebutnya dengan burung lovebird.

Lalu kenapa burung yang menggemaskan ini di panggil dengan lovebird? Nah tahukah Kamu? Burung Love-bird memiliki nama latin loh yakni Agapornis. Agapornis sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Agape yang berarti Cinta, dan Ornis yang berarti Burung.

Jadi kalau dalam bahasa Indonesia berarti Burung Cinta, nama itu sendiri diambil dari perilaku burung ini. Sepasang burung ini akan selalu berdekatan dan saling menyayangi. Bahkan kesetiannya kepada pasangannya, burung ini setia sampai mati.

2. Memiliki 9 Spesies Genus Agapornis

Menyambung dari Fakta Tentang Burung Lovebird pada poin sebelumnya, burung yang satu ini ternyara ada 9 spesies loh. Ya Burung Spesies Agapornis ini memiliki 9 spesies yang masing-masing memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Berikut 9 Spesies Burung Lovebird yang harus untuk Kamu ketahui.

1. Agapornis Personata

Agapornis Personata 9 Spesies Lovebird
sumber image: wikipedia

Burung lovebird yang satu ini memiliki warna yang sebagian besar berwarna hijau dengan warna hitam pada area wajah hingga leher. Selain itu dadanya berwarna kuning, memiliki paruh berwarna merah.

2. Agapornis Fischeri

Agapornis Fischeri 9 Spesies Lovebird
Agapornis Fischeri

Bertolak belakang dengan jenis pesonata, burung lovebied fischeri memiliki warna yang cukup cerah. Yakni pada area kepala memiliki warna orange yang berpadu warna hijau.

3. Agapornis Lilianae

Agapornis Lilianae 9 Spesies Lovebird
Agapornis Lilianae

Memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan fischeri. Hanya saja spesies Lilianae memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan fischeri, yakni 13cm.

4. Agapornis Nigrigenis

Agapornis Nigrigenis 9 Spesies Lovebird
Agapornis Nigrigenis

Berbeda dengan spesies-spesies sebelumnya, Nigrigenis memiliki warna yang cukup gelap pada semua bagian tubuhnya. Dominasi warnanya adalah coklat berpadu warna hijau dengan corak kuning pada bagian dadanya.

5. Agapornis Roseicollis

Agapornis Roseicollis 9 Spesies Lovebird
Agapornis Roseicollis

Spesies lovebird yang satu ini memiliki khas yang berbeda dengan spesiesnya. Yang paling mudah untuk ditebak dari spesies ini adalah mukanya. Ya mukanya memiliki corak merah yang melingkar pada ujungnya, dan berdampingan dengan warna hijau. Corak tanpa gradasi inilah yang menjadikan spesies ini berbeda dengan yang lainnya, karena memiliki corak seperti topeng.

6. Agapornis Taranta

Agapornis Taranta 9 Spesies Lovebird
Agapornis Taranta

Nah satu lagi yang memiliki corak seperti topeng. Namun spesies yang satu ini memiliki corak yang lebih rapi. Dengan corak warna merah pada kepala yang bergaris tegas dari paruh hingga kebelakang kepala yang menyambung. Sementara pada bagian bawahnya didominasi warna hijau muda.

7. Agapornis Pullarius

Agapornis Pullarius 9 Spesies Lovebird
Agapornis Pullarius

Hampir sama dengan spesies Roseicollis, yang membedakan hanya warna didominasi merah dan hijau tua saja. Dengan kaki yang berwarna abu-abu gelap.

8. Agapornis Canus

Agapornis Canus 9 Spesies Lovebird
Agapornis Canus, keren nih lovebirdnya

Nah ini yang saya suka dari sembilan spesies yang ada, kenapa? Karena warna yang dimiliki oleh spesies ini berbeda dari spesies lainnya. Warna  cerah mendominasi burung lovebird yang satu ini. Mulai dari paruh yang berwarna putih kelabu muda, pada bagian tubuh bawah atau dada berwarna hijau muda. Sementara bagian tubuh atas atau punggung dan sayap berwarna hijau. Tak ketinggalan juga warna kaki dari spesies burung lovebird ini adalah putih kelabu muda.

9. Agapornis Swindernianus

Agapornis Swindernianus 9 Spesies Lovebird
Agapornis Swindernianus

Spesies burung lovebird yang terakhir ini memiliki ciri-ciri warna yang sebagian besar didominasi oleh warna hijau. Mulai dari area kepala, dada, sayap, hingga ekor didominasi warna hijau. Sementara paruh dan kaki berwarna abu-abu tua atau gelap.

Jadi burung lovebird peliharaan bro-sis di rumah masuk ke dalam jenis agapornis yang mana?

3. Asal Daerah Burung Lovebird

Tahukah Kamu? Burung Lovebird berasal dari beberapa negara. Seperti yang sudah saya singgung pada poin-poin Fakta Tentang Burung Lovebird sebelumnya. Burung yang memiliki 9 spesies ini juga berasal dari berbeda-beda daerah.

Berikut ulasan fakta tentang burung lovebird asal daerahnya.

  • Lovebird Personata: Tanzania, Kenya, dan Burundi
  • Lovebird Fischeri: Tanzania Utara
  • Lovebird Lilianae: Malawi
  • Nigrigenis: Zambia
  • Roseicollis: Namibia, Afrika Selatan, dan Angola
  • Taranta: Ethiopia Selatan, Eritrea Selatan
  • Pullarius: Afrika Tengah
  • Lovebird Canus: Madagaskar
  • Lovebird Swindernianus: Afrika

Wah fakta tentang burung lovebird asal mula daerahnya jauh-jauh ya sebenarnya. Namun bro-sis sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi untuk bisa memiliki lovebird. Karena di Indonesia sudah banyak peternak Indonesia yang mampu mengembangkan burung lovebird. Jadi bro-sis bisa membelinya di pasar burung yang ada di daerah bro-sis.yang menjual lovebird

4. Fakta Tentang Burung Lovebird (Ukuran, Bentuk, Berat)

Fakta tentang burung lovebird berikutnya adalah mengenai ukuran, nah Tahukah Kamu? Burung lovebird memiliki ukuran 13 cm (Agapornis Lilianae dan Canus) hingga 16,5 cm (Agapornis Taranta). Secara umum burung lovebird memiliki ekor yang pendek dan berparuh besar. Beratnya pun berkisar antara 40 sampai 60 gram.

5. Fakta Tentang Burung Lovebird: Terbagi 3 Grup Besar

Lovebird atau Agapornis terdiri dari 3 grup besar, yakni Grup Dimorfic, Menengah, dan Kacamata.

6. Burung Lovebird Memiliki Suara Berisik

Fakta tentang burung lovebird berikutnya adalah mengenai suara. Ya lovebird merupakan salah satu burung yang jinak yang dipelihara sebagai salah satu burung kicau. Dan tahukah Kamu bro-sis? lovebird memiliki suara yang cukup berisik.

Awalnya di rumah saya ada 1 ekor burung lovebird, 1 ekor saja sudah bisa kedengaran hingga sebrang sungai. Jaraknya sih sekitar 10 – 15 meter. Apalagi saat ini lovebird di rumah saya bertambah 3 ekor lagi, yang artinya sudah ada 4 ekor. Wah kebayang dong suaranya brisiknya seperti apa? Apalagi burung ini kalau ketemu sesama spesiesnya makin menjadi kicauannya.

7. Bisa Ngekek Panjang

Siapa sangka burung lovebird juga bisa dijadikan burung kicau, dengan salah satu keistimewaannya adalah bisa ngekek panjang. Ya inilah fakta tentang burung lovebird yang berikutnya.

Tentunya untuk menjadikan burung lovebird bisa ngekek panjang harus disertai dengan perawatan yang baik dan benar. Untuk perawatan burung lovebird yang baik dan benar bisa bro-sis pelajari melalui situs hewanpedia.co recommended. Kemudian setelah bro-sis melakukan perawatan yang baik, disarankan juga untuk memancingnya dengan suara burung lovebird.

Bro-sis bisa mendapatkan suara burung lovebird yang ngekek panjang di situs mp3burung.com secara gratis.

Kesimpulan Fakta Tentang Burung Lovebird

Pada kesimpulannya, saya bisa memberikan pendapat bahwa burung lovebird layak dijadikan sebagai peliharaan di rumah. Jinak, perawatan mudah, murah, dan bisa menghasilkan suara yang bagus.

Selain itu burung lovebird memiliki nama latin Agapornis, yang diberikan berdasarkan perilaku spesies burung ini. Nah bagaimana bro-sis? tertarik untuk memelihara salah satu dari spesies burung lovebird? Kalau tertarik, spesies apa yang ingin Kamu pinang? kalau saya sih tetap Canus.

Nah sekian artikel Badrul Mozila pada kesempatan kali ini mengenai 7 Fakta Tentang Burung Lovebird. Semoga bisa memberikan referensi untuk mencari hewan peliharaan di rumah.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: